Memilih cincin emas wanita tidak bisa asal atau karena jumlah karatnya saja. Cincin emas dengan batu berlian biasanya merupakan pilihan pertama para calon pengantin saat mencari perhiasan untuk kebutuhan mas kawin ataupun pelengkap isi seserahan. Namun banyaknya model, bentuk, dan jenis cincin sering juga membuat proses pemilihannya jadi panjang. Bagaimana ya cara memilih dan membeli cincin emas berlian yang baik?

Berikut ada beberapa tips, yang kami kutip dari All Women Stalk. Tips-tips ini diberikan oleh seorang ahli perhiasan dari Shira, James Ellen. Check it out!

5 Cara Memilih Cincin Emas

Mau menggunakan logam apa?

Ada banyak pilihan logam mulia yang biasanya akan ditawarkan saat kamu akan beli cincin emas. Kamu harus make sure logam apa yang mau kamu pilih untuk cincin kamu. Berikut, ada sedikit penjelasan dari setiap jenisnya.

  1. Emas: Perhiasan emas adalah pilihan yang paling populer dan klasik untuk isi seserahan dan cincin tunangan atau cincin pernikahan. Emas memiliki tingkat karat yang berbeda-beda, semakin tinggi karatnya semakin besar juga persentase kandungan emasnya.
  2. Emas Putih: Emas putih punya warna yang lebih cepat pudar daripada emas kuning. Emas yang berwarna putih juga cenderung tampak lebih modern. Apapun warna kulitmu, bila yang kamu beli cincin emas putihpasti akan cocok di jari manismu. Karena warnanya yang putih, cincin emas putih memang akan blend dengan segala warna kulit pemakainya. Hal ini membuat tingkat kepopulerannya pun sedikit di atas emas kuning.
  3. Palladium: Jenis logam yang ini agak mirip dengan emas putih karena warnanya sama-sama putih. Namun, palladium lebih padat dan lebih tahan goresan jika dibandingkan dengan emas, tapi tidak lebih tahan lama daripada emas putih. Palladium biasanya tidak menimbulkan alergi pada kulit. Harga cincin palladium sedikit di bawah harga emas.
  4. Titanium: Logam yang satu ini tidak begitu mahal. Pembuatannya tidak memerlukan keahlian khusus karena ukurannya yang tidak dapat diubah. Walaupun begitu, perhiasan dari bahan titanium ini tahan lama.

Dimana harus berbelanja?

Setelah tahu akan membeli cincin berbahan apa, carilah toko mana yang paling tepat untuk kamu datangi. Beli cincin emas bisa dilakukan di toko secara langsung dan secara online. Jika kamu butuh banyak waktu untuk menentukan pilihan, membeli melalui toko online tentu lebih praktis, kamu tidak perlu mondar-mandir dari satu toko perhiasan ke toko lainnya.

Zaman sekarang, membeli barang online bukan lagi sesuatu yang baru. Jadi kamu tidak perlu khawatir saat memilih akan membeli perhiasan emas kamu melalui toko perhiasan online, tetapi, pastinya kamu harus pastikan dulu keterpercayaannya toko online tersebut, ya.

Bagaimana K2WP-nya?

Apakah itu K2WP dalam berlian? K2WP dalam berlian itu adalah karat, kemurnian, warna, dan potongan, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan 4C carat (karat), clarity (kemurnian), color (warna), dan cut (potongan). Sebelum kamu memutuskan untuk beli cincin emas berlian yang harganya, tentu saja tidak murah, pastikanlah kamu sudah tahu-menahu tentang K2WP ini. Jadi, kamu bisa pilih berlian yang K2WP-nya pas dengan selera kamu.

Style berliannya seperti apa?

Style berlian seperti apa yang cocok dengan kamu? Penempatan berlian pada logam mulia, punya beberapa gaya. Cari tahu terlebih dulu ragam style-nya dan tentukan favorit kamu sebelum membeli cincin emas. Berikut kami punya sedikit penjelasannya.

  1. Prong: Bentuk prong adalah bentuk dimana berlian didudukan dan dicengkram cakar logamnya. Bentuk cincin ini yang paling sering digunakan, terlebih untuk cincin dengan satu batu berlian berukuran besar. Cincin dengan prong style akan terlihat luar biasa indah dan mewah di jari manismu.
  2. Pave: Bentuk pave adalah bentuk dimana batu-batu berlian kecil “ditanam” di dalam logamnya. Diamond style yang satu ini membuat cincin kamu terlihat seolah terbuat dari batu-batu kecil berlian. Kesannya simple, tapi begitu menawan.
  3. Bezel: Bentuk bezel adalah bentuk dimana batu berlian didudukan dan dikelilingi dengan pelek logam yang menahannya. Jika kamu ingin terlihat bold dan elegan, beli cincin emas dengan berlian style inilah yang paling tepat untuk kamu.
  4. Tension: Bentuk tension adalah bentuk dimana batu berlian seperti “berdiri” ditahan oleh dorongan dua ujung logam. Cincin dengan diamond  style yang satu ini memang terlihat sangat luar biasa, tapi sayangnya, ukuran cincinnya tidak dapat di-resize.

Pilih bentuk dan cutting yang seperti apa?

Bentuk dan cutting berlian sangat penting dalam menentukan model cincin seperti apa yang akan kamu beli. Berlian punya beberapa berbentuk, ada oval, marquise (bentuk oval memanjang dengan ujung yang runcing), pear (menyerupai bentuk tetesan air), heart (hati), emerald cut (berbentuk seperti persegi panjang atau kotak dengan potongan di sudut-sudutnya), princess cut (bentuk kotak dengan sudut berkilauan dan tajam), asscher cut (kotak dengan ujung pendek), dan baguette cut (persegi panjang dengan sisi yang cukup panjang dan sudut yang tajam). Mana yang kamu suka? Kamu bisa beli cincin  emas berlian kamu, setelah kamu sudah oke dengan bentuk dan cutting-nya.

Setelah melewati 5 tips sebelum memilih cincin emas berlian ini, kamu pasti akan puas dengan cincin pilihan kamu. Kamu juga dapat menghemat uang kamu dalam jangka panjang. Jika sudah membeli yang kamu suka, kamu tidak akan ingin mengganti-ganti lagi.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin