Kriteria Menentukan Mas Kawin Unik

Kriteria Menentukan Mas Kawin Unik

Banyak calon pengantin menginginkan mas kawin unik karena tidak mainstream dan akan berkesan seumur hidup.

Berbicara mengenai pernikahan dan kemudian mempersiapkannya tentu saja tidak memakan waktu singkat atau proses yang sederhana, bukan begitu, ladies? Tentunya kita yang hidup di zaman serba canggih bersama kaum millennial menginginkan suatu pernikahan yang tidak pasaran. Bukan hanya dari segi gaun pengantin yang indah, atau dekorasi yang megah, atau mengundang pemusik yang terkenal saja, tapi harus ada setidaknya satu hal yang membedakan. Bagaimana jika mas kawin unik, huh?

Besar atau kecilnya mas kawin bukanlah harga beli. Mas kawin merupakan salah satu bentuk penghargaan dari laki-laki kepada perempuan yang kemudian akan dijadikan mempelainya tersebut. Mas kawin memiliki aturan khusus dimana mas kawin harus disesuaikan dengan status dan kekayaan keluarga pihak perempuan karena berfungsi sebagai ganti rugi bagi pihak keluarga yang merelakan anak perempuannya dibawa pergi.

Di zaman sekarang, mas kawin tidak lagi diukur dari besar atau kecilnya, atau apakah sesuai dengan status keluarga mempelai wanita, tetapi mas kawin lebih dilihat sebagai bentuk janji atau komitmen dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan.

Kenapa Mas Kawin Disebut Unik?

Kelebihan Cincin Emas Putih

Sebenarnya tingkat keunikan dari mas kawin unik itu tidaklah dipandang dari segi nilai jualnya, melainkan persepsi. Ada yang memandang Iphone-6 sebagai mas kawin unik, tapi ada juga yang melihat itu biasa-biasa saja jika dibandingkan dengan uang 120 juta Yuan.

Mas kawin, yang menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam suatu pernikahan, bisa dijadikan momentum tersendiri dalam acara pernikahan kamu. Ada 2 poin penting jika kamu menginginkan mas kawin unik, yaitu:

Serupa tapi Tidak Sama

Pastikan mas kawin kamu benar-benar belum banyak yang memiliki. Jika mas kawin kamu sudah ditetapkan berupa kitab suci dan cincin kawin, kenapa tidak mendiskusikan sesuatu lainnya sebagai tambahan kepada calon pasangan kamu?

Tambahannya tidak perlu mahal atau sulit dicari. Bagaimana jika mas kawin uniknya berupa handmade dari calonmu? Bukankah itu akan terasa sangat spesial, mengingat ada satu hal yang secara harfiah dibuat langsung dari tangan the beloved one? Bisa saja ada sisi kreatif dari dia yang membuat buket bunga kesukaanmu yang dirangkai sendiri, tapi bunganya berupa foto-foto kalian berdua? Sangat romantis dan tidak mungkin dibuang karena memang tidak akan layu, right?

Berdua itu Lebih Special

Mas kawin unik tidak hanya terbatas dilakukan seorang diri oleh calon pasanganmu. Kamu berhak membantunya untuk mencari juga, jadi dia tidak merasa tambah direpotkan dengan segala urusan pernikahan kalian. Kamu boleh saja membantu dengan mengusulkan lokasi dimana dia bisa mencarinya, jika memang mas kawin yang kamu inginkan ternyata terbatas pada satu tempat atau toko saja.

Kamu juga bisa mengusulkan untuk membuatnya berdua, misalnya mas kawin kamu berupa cincin kawin dengan ukiran nama panggilan kesayangan masing-masing dan tidak sekedar hanya inisial nama kalian saja, atau batu permata kalian tidaklah berada diluar lingkaran melainkan di dalam.

Banyak pilihan mas kawin unik yang bisa kamu rundingkan bersama calon pasanganmu, ladies. Ingat, mas kawin memang hanyalah simbolisme, tapi kenapa tidak jika bisa membuatnya lebih special lagi?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *