10 Cara Mudah Mengetahui Anting Berlian Asli, Wajib Kamu Coba!

Anting berlian adalah sebuah perhiasan atau aksesoris yang dipasang di telinga yang bertujuan memberikan kesan cantik untuk pemakainya. Dari berbagai jenis anting berlian asli yang beredar di pasaran, ternyata terdapat ciri-ciri yang sangat spesifik.

Dalam menggunakan anting berlian perlu kehati-hatian yang ekstra sebab terdapat berbagai risiko yang sering menghampiri, salah satunya adalah tentang pemalsuan berlian. Namun tidak perlu khawatir, terdapat berbagai cara mengetahui antara anting berlian asli dan yang palsu.

Jika kamu sedang mempersiapkan pernikahan yang sedang mencari anting berlian dan tidak ingin merasa tertipu atas hal yang telah dijelaskan di atas, Berikut adalah beberapa ciri yang bisa membantu Anda mengidentifikasi anting berlian asli:

Sertifikat Keaslian

sertifikat berlian asli
GIA

Berlian asli biasanya disertai dengan sertifikat keaslian dari lembaga gemologi terkemuka, seperti GIA (Gemological Institute of America) atau AGS (American Gem Society). Periksa sertifikat untuk memastikan keaslian berlian. Ini adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan berlian milikmu asli atau palsu.

Uji Batu Uji Cahaya

 

Berlian asli memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya dengan cara yang unik dan indah. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan uji keaslian berlian dengan meletakkannya di bawah cahaya dan memeriksa bagaimana ia memantulkan cahaya. Berlian asli akan memantulkan cahaya dengan warna warni yang indah, sementara berlian palsu atau batu buatan akan tampak kusam atau tidak memiliki kilau yang sama.

Cara ini tidak kalah penting untuk kamu coba, biasanya cara tersebut banyak dilakukan oleh orang awam atau pemula yang baru mengetahui tentang berlian. Sebab hal tersebut cukup mudah dilakukan oleh siapa saja.

Uji Goresan

Tidak semua orang berani untuk melakukan cara ini, Berlian asli sangat keras dan tidak mudah tergores. Cobalah menggoreskan berlian dengan benda keras lainnya. Jika berlian tergores dengan mudah, itu mungkin palsu. 

Orang yang cinta terhadap perhiasan berlian cenderung akan melakukan apa saja untuk sesuatu yang ia sukai, termasuk tentang berlian. Jika kamu merasa ragu atas anting berlian yang kamu beli maka cobalah untuk menggoreskan terlebih dahulu ke benda yang lebih tajam.

Jika pemilik pertama sungkan dan tidak mau melakukannya maka dapat diidentikan bahwa berlian itu palsu. Sebab seperti yang dijelaskan di atas berlian asli tidak akan tergores sedikitpun.

Uji Panas

Berlian asli dapat menghantarkan panas dengan baik. Gunakan ujung jarum logam dan panaskan sedikit. Sentuh berlian dengan jarum tersebut. Jika berlian adalah konduktor panas yang baik, ia akan merasa dingin pada awalnya dan kemudian menjadi hangat seiring waktu. Berlian palsu tidak akan menghantarkan panas dengan baik.

Cara ini sering dilakukan banyak orang pada beberapa waktu silam sebelum modernisasi muncul seperti sekarang ini, sehingga menguji suatu berlian dapat dilakukan dengan cara uji panas terhadap berlian yang terindikasi palsu.

Pemeriksaan dengan Loupe

Faktor yang Mempengaruhi Harga Berlian Asli
Foto: RCI

Penggunaan loupe (kaca pembesar) dapat membantu Anda melihat lebih dekat ke dalam berlian. Berlian asli biasanya memiliki inklusi atau cacat alami yang dapat terlihat dengan loupe. Sementara itu, berlian palsu pada umumnya tidak memiliki inklusi atau memiliki inklusi yang terlihat terlalu sempurna.

Jika kamu merasa tidak yakin atas berlian yang kamu miliki, kamu bisa mengujinya dengan cara pemeriksaan secara rinci dengan kaca pembesar. Biasanya dengan menggunakan kaca pembesar maka berlian palsu atau asli akan terlihat dengan jelas secara langsung.

Uji Air

Salah satu cara sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keaslian berlian adalah dengan cara mengujinya dalam air. Berlian asli biasanya tidak mengambang dalam air karena densitasnya yang tinggi. Jika berlian mengapung di atas permukaan air, itu mungkin palsu. 

Walaupun berlian palsu di era yang serba modern ini cenderung memiliki densitas yang sama, tetapi kamu bisa membedakan hal tersebut dengan berbagai cara yang telah dijelaskan di atas.

Uji Pernafasan

Tidak hanya cara-cara di atas yang bisa dilakukan untuk menguji anting berlian asli dengan yang palsu. Kamu juga dapat meniup berlian dengan napas kamu sendiri. Kaca dan sebagian besar batu buatan akan berkabut, sementara berlian asli akan tetap bersih.

Tidak heran apabila banyak dari kolektor melakukan cara sederhana ini jika ingin membelinya dari seorang kolektor lain. Hal tersebut bisa saja terbukti dan bisa saja gagal karena pengujian cara ini tidak secara nyata memberikan penjelasan.

Perhatikan Hologram

Selanjutnya cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan hologram yang terdapat pada kemasan atau berlian itu sendiri. Beberapa produsen berlian menggabungkan hologram atau tanda khusus pada berlian mereka untuk menunjukkan keasliannya. Namun, ini tidak selalu ada pada semua berlian asli.

Pentingnya Perhiasan

Anting berlian asli
Anting Berlian Landra DE000459

Berlian asli sering ditempatkan di pengaturan perhiasan yang terbuat dari logam mulia seperti emas, perak, atau platinum. Periksa markas perhiasan untuk melihat apakah memiliki catatan seperti “750” yang menunjukkan bahwa perhiasan terbuat dari emas 18 karat.

Jika perlakuan terhadap benda yang dianggap penting saja tidak sebanding dengan harga, maka dapat disimpulkan bahwa berlian tersebut palsu dan tidak memiliki nilai jual lebih.

Perbandingan dengan Berlian Lainnya

Anting berlian wanita
Anting Berlian DE000281

Jika memungkinkan, bandingkan berlian yang mencurigakan dengan berlian asli yang kamu ketahui keasliannya. Perbandingan langsung dapat membantumu melihat perbedaan dalam kilauan, kejelasan, dan warna. Biasanya dengan cara membandingkan langsung dari dua objek yang berbeda maka akan terlihat secara jelas mana berlian asli dan mana berlian yang palsu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menguji keaslian berlian mulai dari yang sederhana hingga yang sangat canggih.

Jika kamu masih ragu tentang keaslian anting berlian yang kamu miliki, sangat disarankan untuk berkonsultasi pada seorang ahli gemologi atau membawa berlian tersebut ke toko perhiasan yang terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut. Sebab, dengan cara-cara tersebut berlian yang kamu miliki dapat terlihat asli, dengan berbagai pembuktian seperti sertifikat, hingga pengujian lanjutan yang dilakukan secara langsung.

Selain itu kamu juga bisa membeli perhiasan dan anting berlian di V&Co Jewellery yang sudah terjamin kualitas dan keasliannya dengan sertifikat GIA. Berbagai metode pembayaran tersedia, serta terdapat berbagai diskon cuma-cuma untuk kamu. Tunggu apa lagi, saatnya beli perhiasan tanpa ragu di vncojewellery.com!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *