check list sebelum pernikahan

Check List Sebelum Pernikahan itu Penting!

Untuk momen pernikahan yang paling spesial dan hanya dilakukan sekali seumur hidup, apa kamu yakin jika persiapan pernikahanmu sudah matang? Tak hanya soal cincin kawin, seserahan, mahar saja lho. Untuk menciptakan momen pernikahan yang tak terlupakan, kamu perlu persiapan pernikahan lengkap, menyeluruh, tanpa terlupa sesuatu apapun. Di balik setiap dekorasi, detail motif gaun, hingga pemilihan kata-kata dalam souvenirmu, terdapat persiapan pernikahan yang mendetail dan seksama. Maka dari itu, kamu memerlukan check list sebelum pernikahan.

Saat kamu memulai persiapan pernikahanmu, kamu akan mulai menyadari betapa banyaknya pilihan yang harus diputuskan dan juga disiapkan di hari pernikahanmu. Berikut check list sebelum pernikahan yang bisa membantumu mempersiapkan pernikahanmu dari A sampai Z. Mulai dari desain undangan, daftar tamu pernikahan, dekorasi acara resepsi pernikahanmu, sampai gaun pernikahan spesial yang didesain khusus untukmu agar momen perkawinanmu semakin berkesan!

1 Mendatangi pameran pernikahan atau wedding expo

Sebelum kamu memulai persiapan pernikahanmu, mulailah untuk mengumpulkan informasi dan konsultasi dengan berbagai vendor-vendor pernikahan. Lihat jadwal pameran pernikahan terdekat di kotamu dan luangkan waktu di akhir pekan untuk mulai mampir ke pameran-pameran ini. Sebagai seorang calon pengantin, kamu bisa mulai berkonsultasi, melihat portofolio dan produk-produk dari berbagai penyedia jasa pernikahan di pameran. Kumpulkan informasi dan mulailah pertimbangkan mengenai budget pernikahan impianmu. Segera tentukanlah budget pernikahanmu sehingga pemilihan vendor dan lokasi acara menjadi lebih mudah.

2 Memilih tanggal resepsi pernikahan & timeline

Dalam memulai persiapan pernikahan, mulailah dengan memasang timeline pernikahanmu. Kamu bisa menghitung mundur dari tenggat waktu untuk menyiapkan semuanya. Menentukan tanggal pernikahan itu yang paling penting. Apa kamu tipe yang menyukai tanggal cantik seperti 14 Februari yang bertepatan dengan Hari Valentine atau tipe yang praktis yang bebas memilih tanggal?  Jangan lupa untuk mulai membuat checklist semua hal yang harus kamu siapkan dan cek progress persiapan pernikahanmu dari minggu ke minggu!

3 Memilih venue untuk resepsi pernikahanmu

Bagaimana kamu membayangkan acara resepsi pernikahanmu? Apa kamu sudah memiliki daftar lokasi-lokasi impian favoritmu untuk melaksanakan pernikahanmu? Outdoor garden party in the city? Atau resepsi dengan prosesi tradisi Bali ditemani matahari tenggelam dan keluarga tercinta? Atau mungkin kamu lebih senang merayakan acara pernikahanmu di rumah bersama keluarga besar dan teman?

Mulai persiapan pernikahanmu dengan berkomunikasi dengan wedding hall vendors. Tanyakan kepada mereka jadwal, harga, fasilitas, dan ketersediaan ruang resepsi pernikahan sesuai dengan tanggal resepsi idealmu! Konsultasikan juga mengenai dekorasi, nuansa, dan tema pernikahan yang ada di bayanganmu untuk memastikan wedding hall vendor tersebut dapat merealisasikan visi hari pernikahanmu. Banyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan memilih resepsi pernikahan. Misalnya bila banyak tamu datang dari luar kota atau luar negeri, merayakan resepsi pernikahanmu di hotel tentu akan lebih mudah bagi mereka. Carilah tempat lokasi pernikahan yang strategis, apalagi bila banyak tamu-tamu pernikahanmu terpusat di satu area.

4 Membuat list tamu undangan

Checklist sebelum pernikahan yang satu ini merupakan hal yang penting dan harus dibuat dengan hati-hati. Jangan sampai ada anggota keluarga atau teman yang lupa diundang! Mulailah mengumpulkan daftar nama keluarga dan teman dari sisi keluargamu dan sisi keluarga pasanganmu. Lalu mulailah untuk membuat satu master list tamu undangan pernikahanmu di spreadsheet. Hati-hatilah dengan ejaan atau spelling penamaan tamu, jumlah tamu yang bisa dibawa undanganmu, dan alamat undangan tersebut dikirimkan.

5 Menyiapkan seserahan pernikahan

Seserahan atau hantaran pernikahan ini sebenarnya merupakan simbol komitmen pernikahan dan bekal untuk masa depan pernikahan, beserta kesempatan yang baik bagi kedua keluarga untuk lebih lagi mengenal satu sama lain. Isi hantaran seserahan pernikahanmu dengan barang-barang bermakna yang kira-kira disukai dan berguna bagi calon pasanganmu. Salah satu isi seserahan pernikahan yang paling umum adalah perhiasan, buah. Apapun isi hantaran pernikahanmu, pastikan seserahanmu berguna dan bermakna bagi calon pasanganmu, ya!

Nah, kelima poin di atas masih separuh dari check list sebelum pernikahan yang harus kamu perhatikan. Lihat selanjutnya di artikel selanjutnya di sini, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *