check list sebelum pernikahan

Check List Sebelum Pernikahan itu Penting! #2

Artikel sebelumnya berjudul Check List Sebelum Pernikahan itu Penting!

Selain lima poin yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, masih ada lagi delapan poin selanjutnya tentang check list sebelum pernikahan yang harus kamu perhatikan. Tentunya kamu menginginkan pernikahan yang tak terlupakan, agar menjadi momen yang istimewa dalam hidupmu. Di balik setiap dekorasi, detail motif gaun, hingga hal terkecil sekalipun seperti pemilihan kata-kata dalam souvenir pun butuh persiapan yang mendetail dan seksama. Yuk, simak kelanjutan artikel check list sebelum pernikahan di bawah ini!

6 Menentukan desain undangan pernikahan

Sambil menyelesaikan daftar tamu undangan pernikahan, mulailah untuk menentukan desain undangan pernikahanmu. Buatlah desain yang unik serta identik denganmu dan pasangan. Bila kamu memiliki budget lebih, kamu bisa membuat desain undangan yang bersifat majestic dan grand. Kamu bisa mewujudkannya dengan meminta seorang graphic designer untuk mendesain undangan pernikahanmu. Namun masih banyak opsi lainnya, seperti membuat undangan pernikahan do-it-yourself.

Mulai research dan browsing desain-desain undangan pernikahan yang kamu sukai. Lalu carilah template design yang cocok dengan tema pernikahanmu. Jangan sampai salah pilih, ya!

7 Menentukan gaun pernikahan

Persiapan pernikahan apapun tidak akan lengkap jika belum ada gaun pernikahan yang manis. Luangkanlah waktu yang cukup agar kamu bisa mendapatkan desain & matching accessories, beserta make-up artist yang sesuai dengan style dan seleramu. Seperti halnya dengan persiapan pernikahanmu yang lain, apakah kamu memiliki impian gaun pernikahan? Bagaimana dengan budget yang kamu punya? Hal itu harus menjadi perhatianmu.

Bila waktu persiapan pernikahanmu relatif singkat, mungkin membeli atau menyewa gaun pernikahan menjadi satu pilihan yang tepat, praktis, dan risk-free. Namun bila kamu punya angan-angan atau desain gaun pernikahan tertentu yang ingin kamu pakai di hari terpentingmu, mungkin menjahit gaun pernikahanmu sendiri menjadi pilihan paling tepat.

8 Menentukan make-up look dan make-up artist

Langkah selanjutnya setelah menentukan gaun pernikahan adalah mencari make-up artist yang mengerti selera dan bentuk wajahmu. Mulailah untuk mencari portofolio contoh make-up yang telah mereka lakukan dan mulai untuk berkomunikasi dengan mereka. Hal itu berguna agar mereka bisa memberi saran dan mencoba make-up look untuk pernikahanmu nanti. Jangan lupakan riasan rambutmu. Apakah senada dengan tema pernikahan atau tidak. Itu juga harus diperhatikan.

9 Merencanakan bulan madu

Poin ini juga sangat penting, lho. Kamu harus menyesuaikan jadwalmu dan pasanganmu ketika ingin merencanakan bulan madu. Saat sedang fokus dengan persiapan pernikahanmu, jangan sampai persiapan bulan madumu menjadi terlupakan. Rayakan bulan madumu dengan caramu sendiri dengan berwisata sejenak, di destinasi favoritmu.

10 Menyiapkan dokumen dan data untuk legalitas pernikahan

Persiapan pernikahan yang satu ini tidak semudah check list sebelum pernikahan yang lain, namun penting dan lebih baik untuk tidak menundanya. Lebih awal kamu mengetahui proses dan data-data yang diperlukan untuk legalitas pernikahanmu, lebih mudah nantinya untukmu. Misalnya saja, kamu membutuhkan beberapa macam surat keterangan, beserta data-data diri seperti akte kelahiran, kartu keluarga, pas foto dan KTP. Beri waktu cukup dan mulailah research mengenai surat-surat dan data yang harus kamu penuhi untuk keperluan catatan sipil.

11 Jangan lupakan cincin pernikahanmu

Cincin pernikahan merupakan sebuah simbol ikatan dan komitmen dirimu dan pasanganmu ketika memulai perjalanan hidupmu yang baru. Seperti apakah desain dan material cincin pernikahan impianmu? Sudah tahu cincin seperti apa yang mau kamu beli? Pilihlah cincin yang sesuai budget-mu, sehingga kamu tidak akan merasakan beban saat membelinya.

12 Souvenir pernikahan

Pemilihan souvenir pernikahan mungkin terlihat simple dan sepele, namun souvenir pernikahan sebenarnya penting sebagai barang yang menyimbolkan pernikahanmu berdua. Pilihlah souvenir pernikahan yang unik dan identik dengan kamu berdua, entah itu gelas dengan ukiran tulisan nama kamu berdua, atau tempat lilin cantik, dan lain-lain.

13 Persiapan pernikahan foto pre-wedding

Untuk foto pre-wedding, konsep apa yang ingin kamu gunakan? Sederhana, romantis, fun atau seperti apa? Kamu harus membuat konsep pre-wedding yang sama dengan tema pernikahanmu. Kamu bisa melihat inspirasi pre-wedding milik V&Co Jewellery.

Nah, itulah 13 check list sebelum pernikahan yang bisa kamu terapkan ketika memulai persiapan pernikahan. So, jangan sampai ada yang terlewat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *