Cincin merupakan salah satu perhiasan yang yang tidak bisa dilupakan bila kamu berencana untuk membeli cincin tunangan atau cincin nikah. Biasanya cincin tunangan dan cincin nikah diberi hiasan batu berlian. Dengan cincin berlian cantik, tentunya cincin tunangan akan terkesan lebih mewah ketika kamu melamar kekasihmu. Walaupun sudah sering dipakai oleh pasangan-pasangan untuk bertunangan ataupun menikah, apakah kamu sudah tahu tentang sejarah dan tradisi cincin berlian? Jika belum tahu, simak sejarah dan tradisi tentang cincin berlian cantik di bawah ini, yuk!

Sejarah dan Tradisi Cincin Berlian

Tradisi memberi cincin berlian yaitu sebagai tanda pertunangan atau pernikahan, hal itu sudah dilakukan pada zaman Mesir Kuno. Cincin pertunangan bukan hanya sering dipakai pada jari wanita melainkan juga pada jari pria. Cincin berlian yang diberikan bukan hanya sebagai tanda cinta dan lambang kasih saja. Cincin berlian juga diartikan sebagai orang yang mampu karena sudah memiliki cincin berlian. Pasangan yang bertukar cincin pertunangan tidak hanya melambangkan cinta saja, juga sebagai lambang suatu pertukaran harta dari kedua pasangan.

1 Zaman Yunani Kuno

Pada zaman Yunani Kuno, tradisi memberi cincin tunangan biasanya dilakukan oleh sepasang kekasih yang akan melaksanakan pernikahan dalam waktu dekat. Tetapi pada masa ini terdapat tradisi yang sangat unik, seperti cincin tunangan yang ingin ditukarkan harus berupa emas murni dikarenakan sebagai lambang atau simbol kesungguhan pria kamu untuk menikahi kamu.

2 Zaman Romawi Kuno

Berbeda dengan zaman Romawi Kuno. Tradisi menukar cincin tunangan itu sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh sepasang kekasih yang akan menikah saja, tetapi juga dapat dilakukan oleh orang tua masing-masing. Pada abad ke-11 di zaman Romawi Kuno, ada beberapa gereja di negara-negara barat yang telah memberitahukan betapa pentingnya pertukaran cincin tunangan itu.

Dan pada akhirnya, ketika sudah memasuki abad ke-16, tradisi tukar cincin atau tunangan dijadikan sebuah tradisi atau sebuah bagian yang resmi dalam setiap upacara pertunangan ataupun pernikahan. Pada masa ini juga sudah ditetapkan di Gereja Katolik, bahwa sebuah cincin pertunangan hanya wanita saja yang pantas memakainya.

3 Era Modern

Tradisi menukar cincin atau tunangan sampai saat ini masih sering dilakukan oleh pasangan muda-mudi. Tetapi ada perbedaan pada era modern ini, cincin pertunangan biasanya memiliki desain dan detail berbeda.

Cincin berlian sudah mulai digunakan sekitar tahun 1930, di mana pada saat itu ada sebuah perusahaan produsen berlian yang membuatkan sebuah iklan untuk mempromosikan tentang penggunaan cincin berlian untuk tunangan dan pernikahan.

Dan sejak saat itulah cincin berlian cantik disimbolkan sebagai kesetiaan pasangan dan lambang cinta kasih yang abadi, jadi tidak heran sampai saat ini banyak sekali cincin tunangan yang menggunakan model cincin berlian dengan berbagai bentuk yang unik dan warna yang bervariasi.

Sebelum kamu membeli cincin berlian, ada baiknya kamu mencari referensi atau model-model tren cincin berlian yang cocok untuk pasanganmu. Serta mencarikan bentuk yang pas untuk dipakaikan di jari manisnya. Memasuki tahun 2020, sudah banyak sekali model-model cincin berlian yang cocok untuk dijadikan cincin tunangan. Apa saja sih tren cincin berlian di tahun ini? Kita cari tahu dan simak, yuk!

1 Desain minimalis

Desain minimalis dibagi lagi menjadi dua model yaitu:

Classic

Cincin berlian yang menjadi tren di tahun ini yaitu dengan model classic. Cincin berlian yang diberikan model rangka yang tipis seperti khas cincin berlian yang dipakai oleh wanita yang bermodelkan classic ini menciptakan kesan yang sangat elegan, jika dipakaikan dijari pasangan kamu. Cincin yang memiliki model polos seperti ini bisa memiliki berlian yang tersematkan di tengah lingkaran cincin. Dengan model seperti itu menciptakan kesan klasik dari cincin berlian tersebut.

L-String

Dilihat dari beberapa website toko yang menjual perhiasan, model cincin berlian yang minimalis untuk melakukan prosesi pertunangan maupun pernikahan menjadi salah satu tren pada di tahun ini. Bisa dilihat model cincin berlian yang sedang tren di tahun ini dengan model cincin berlian L-String, dengan model cincin berlian L-Sting ini memiliki keindahan model yang sangat simpel tapi terlihat sangat elegan dengan adanya beberapa berlian yang mengelilingi sisi luar cincin, menciptakan tampilan yang bersih, ramping tetapi terlihat sophisticated, dan juga terlihat modern. Cincin berlian dengan model ini merupakan jenis elemen yang sempurna untuk menampilkan tampilan yang sederhana dengan gaya yang tidak begitu rumit dan gaya yang bersih.

2 Gold Ring

Cincin dengan warna emas ini sekarang sedang tren. Pada tahun lalu pun cincin dengan berwarna rose gold dan platinum berhasil mencuri perhatian para pasangan yang akan melangsungkan tunangan maupun pernikahan. Cincin berlian yang memiliki nuansa rose gold ini akan kembali hadir untuk mencuri perhatian pengoleksi cincin emas dan untuk pasangan yang akan bertunangan ataupun menikah.

Model-model Cincin Berlian

Cincin berlian memang sangat disukai oleh semua kaum hawa, penampilannya yang berkelas dan anggun membuat orang ingin segera memilikinya. Cincin berlian juga menjadi favorit banyak pasangan untuk merayakan cinta. Model cincin berlian, bentuk, nilai karat, dan juga desain band-nya harus disesuaikan dengan keinginan kamu. Mungkin saja kamu sedang mencari model cincin berlian untuk pernikahan atau tunangan? Atau kamu ingin memberikan cincin berlian sebagai hadiah ulang tahun pasanganmu? Agar pemberian cincin berlian yang kamu berikan ke pasangan kamu tidak terkesan asal jadi saja, kamu tentunya harus mengamatinya terlebih dahulu. Atau pertimbangkan bagaimana bentuk atau model cincin berlian yang kamu dan pasanganmu inginkan. Berikut ini ada beberapa model cincin berlian yang bisa kamu jadikan model untuk cincin pertunangan.

1 Bentuk Lingkaran

Model cincin berlian bentuk bulat ini memiliki mata berlian yang menonjol di tengah. paling banyak disukai oleh yang suka mengkoleksi perhiasan dan juga banyak dijadikan model cincin untuk pertunangan ataupun pernikahan. Refleksi cahaya yang dipancarkan juga dihasilkan dari bentuk bulat cincin ini tidak dapat bisa ditandingi lagi dengan bentuk cincin yang lainnya.

Tidak heran jika nilai berlian yang berbentuk bulat lebih besar dari bentuk yang lainnya. Untuk teknik pemasangan berlian juga menyerupai seperti bunga, sehingga membuat berlian tersebut terlihat lebih besar. Cincin berlian ini terbuat dari emas putih, jadi akan semakin membuat jarimu berkilau.

2 Bentuk Hati

Cincin berlian yang memiliki potongan berbentuk hati juga sangat diminati. Para wanita pasti akan sangat senang jika diberikan cincin dengan model ini. Modelnya sangat modern dan juga terkesan romantis. Cincin berlian bentuk hati bisa juga dijadikan sepasang cincin tunangan atau pernikahan yang memiliki bentuk yang simpel dan cantik.

3 Bentuk Kotak

cincin berlian cantik

Model cincin yang memiliki satu permata berlian dengan bentuk yang kotak biasanya sering disebut dengan princess. Desain princess ini juga sudah ada di Amerika pada tahun 1980, bentuk model cincin berlian ini sangat bernilai lebih jika dibandingkan dengan yang berbentuk persegi panjang.

4 Bentuk Emerald

cincin berlian cantik

Model cincin emerald merupakan bentuk berlian yang menyerupai persegi panjang. Salah satu ciri khas yang dimiliki cincin berlian ini adalah sudut-sudut yang berada pada cincin memiliki sisi yang tumpul, biasa juga disebut dengan bevel dan dipotong bertingkat pada bagian permukaannya. Dengan bentuk unik ini, maka kejernihan sebuah berlian pun sangat memancarkan kecantikan cincin berlian ini.

5 Bentuk Pear

Model cincin berlian yang satu ini potongannya memang mirip seperti bentuk bulat, tetapi hanya saja bagian ujung bawah cincin agak memanjang. Bentuk ovalnya terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan bentuk bulat.

6 Bentuk Marquise

cincin berlian cantik

Memiliki bentuk berlian yang memanjang dengan ujung yang meruncing. Bentuk cincin berlian ini cukup populer juga, lho! Cincin berlian bentuk marquise ini dibalut dengan emas putih 18 karat. Cantik sekali, kan?

Bentuk-bentuk cincin berlian memang beragam. Kamu bisa membelinya sesuai dengan selera dan juga budget-mu. Jika kamu seseorang yang selektif, maka kamu tentunya akan memilih sesuatu yang berkelas, elegan dan juga berbeda. Jadi, favorit kamu yang mana girls?

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin