Melihat deretan angka pada harga cincin berlian pernikahan memang cukup menyesakkan. Harga cincin kawin simple saja sudah cukup mahal, ditambah dengan berlian, harga cincin kawin tentu akan menjadi lebih tinggi lagi.

Namun, demi lambang cinta sekali seumur hidup, membeli cincin kawin istimewa bukanlah sesuatu yang berarti. Ditambah lagi dengan cincin berlian pernikahan akan digunakan sebagai perhiasan sehari-hari yang akan membuat penampilan Anda dan pasangan semakin berkelas.

Cincin kawin memang sekadar simbol, tapi tentunya tidak ada salahnya untuk memiliki yang sempurna dengan tambahan berlian asli. Jika Anda kemudian bertanya-tanya, ‘Berapa harga cincin berlian pernikahan?’ tentu tidak ada kepastian berapa anggaran yang perlu dipersiapkan. Sebab, setiap toko perhiasan memiliki pertimbangannya sendiri untuk memberi harga pada setiap perhiasan yang mereka pasarkan. Bahan, desain, kualitas cincin kawin berlian juga mempengaruhi harga.

Logam pada cincin berlian pernikahan mempengaruhi harga, terutama jika Anda menginginkan cincin dengan emas 24 karat. Emas 24 karat adalah emas dengan kadar 99,9% emas, sehingga akan menimbulkan harga cincin yang lebih tinggi. Harga emas 24 karat per gram-nya bisa mencapai Rp500.000,00. Apabila Anda menginginkan dengan harga yang lebih rendah, Anda bisa memilih cincin emas dengan karat yang lebih rendah. Ada cincin dengan 23 karat, 22 karat, 21 karat, sampai dengan 14 karat. Pilihan tentu tergantung pada Anda.

Cincin Berlian Pernikahan dengan Logam Palladium

Tips Memilih Cincin Berlian Pernikahan yang Sesuai Harga

Apabila Anda atau pasangan Anda memiliki kulit sensitif sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan emas, cincin berlian pernikahan Anda bisa menggunakan logam palladium atau platinum yang bersifat lebih aman daripada emas. Selain itu, menggunakan palladium atau platinum juga cocok untuk Anda pasangan muslim yang tidak ingin menggunakan emas. Palladium dan platinum juga tidak kalah baiknya dengan emas putih dan bahkan memiliki harga yang lebih rendah dengan kemilau yang sama.

Kualitas berlian yang terdapat dalam cincin pernikahan Anda juga menjadi salah satu faktor penentuan harga. Biasanya, berlian dinilai dengan 4 C, yaitu Cut, Color, Clarity dan Carat. 4 C ini adalah standar yang digunakan oleh GIA atau Gemological Institute of America untuk menggambarkan kualitas sebuah berlian. Dengan 4 C tersebut, GIA ingin mengajarkan pada calon pemilik berlian bahwa mereka tahu berlian seperti apa yang mereka beli dan memiliki pemahaman yang baik mengenai berlian.

Dalam memilih cincin berlian pernikahan Anda, menerapkan 4 C ini juga penting untuk Anda, sehingga Anda tahu bahwa berlian yang Anda dapatkan sesuai dengan biaya besar yang Anda keluarkan. Atau, apabila Anda ingin custom berlian, Anda juga lebih memahami berlian seperti apa yang Anda inginkan. Dalam Bahasa Indonesia, 4 C ini berarti potongan, warna, kejelasan atau kejernihan, dan juga karat.

Potongan atau cut dalam sebuah bagaimana berlian tersebut dipotong sedemikian rupa. Potongan berlian akan sangat penting dalam hasil akhir. GIA menggolongkannya dalam beberapa standarisasi yaitu Excellent, Very Good, Good, Fair, serta Poor. Banyak orang masih mengira bahwa yang dimaksud dalam ‘cut’ sebuah berlian ini adalah bentuk, melainkan yang sebenarnya adalah bagaimana kesempurnaan berlian itu diciptakan, seperti simetri, proporsi dan kehalusannya.

Sedangkan Color atau warna dalam berlian yang bening, tidak memiliki warna apapun layaknya setetes air adalah berlian dengan nilai jual tertinggi. GIA mengukur standar warna pada berlian mulai dari D-Z. Mulai dari berlian tingkat D yang semakin ke bawah hingga Z ialah berlian dengan jumlah warna paling banyak. Warna dalam berlian memang akan sulit dilihat dengan kasat mata, tapi semakin jernih berlian yang digunakan, harga cincin berlian pernikahan Anda akan semakin mahal.

Clarity atau kejelasan berlian yang biasanya cukup sulit untuk dilihat tanpa menggunakan test tertentu. Walau tidak ada berlian yang benar-benar sempurna, tapi semakin sedikit noda atau kecacatan yang terdapat dalam berliannya, tentu akan memiliki harga yang lebih tinggi. Standar kejernihan yang digunakan oleh GIA meliputi 6 kategori dan dibagi dalam 6 kelas. Untuk Anda yang ingin memiliki cincin kawin berlian, pastikan berlian Anda memiliki tingkat di atas VS1 atau VS2. Sebab, semakin ke bawah berlian tersebut, akan memiliki nilai jual yang kurang.

Dan yang terakhir adalah Carat atau dalam berlian digunakan untuk penilaian berat berlian. Berlian tidak dijual menurut ukuran besar kecilnya, melainkan menurut berat yang dimiliki. Sebuah berlian dengan volume yang besar, belum tentu memiliki harga yang tinggi karena yang digunakan sebagai acuan beli adalah beratnya.

Pastikan Membeli di Toko Perhiasan Terpercaya!

Nah, setelah membaca standarisasi berlian menurut GIA tadi, pastikan bahwa cincin kawin berlian Anda memiliki kualifikasi yang sesuai. Jangan hanya melihat pada harga cincin berlian pernikahan yang tinggi, tapi juga perhatikan mengenai keaslian dan kualitas cincin dan berlian.

Agar Anda mendapatkan cincin kawin berlian yang layak dengan uang yang dikeluarkan, pastikan Anda membeli pada toko perhiasan yang terpercaya. Kini, cukup mudah menemukan toko perhiasan yang menggadang-gandang memiliki berlian asli dan dijual dengan harga yang murah. Cukup Anda pahami bahwa cincin berlian dengan kualitas terbaik tidak mungkin dijual dengan harga murah, sebab menemukan berlian yang nyaris sempurna saat sini pun sulit, belum lagi dengan biaya pembuatan perhiasannya yang dikerjakan dengan teliti.

Dalam memilih cincin kawin berlian, pastikan Anda dan pasangan memiliki waktu luang yang panjang, sehingga bisa memilih dengan tenang mana yang sesuai dengan keinginan dan anggaran belanja cincin kawin berlian Anda. Minta pendapat saudara atau teman yang sudah pernah membeli cincin berlian sebelumnya. Mereka tentu akan memberikan saran dengan jujur sebagai teman Anda. Atau, Anda bisa memiliki beberapa toko high end yang pasti terpercaya seperti V&Co Jewellery. Toko perhiasan berkelas biasanya tidak hanya menjual perhiasan dengan beragam desain mulai dari yang simple sampai dengan unik, tapi mereka juga memastikan bahwa perhiasan yang mereka jual memiliki kualitas yang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Memilih cincin kawin berlian bisa dibilang susah, tapi juga tidak terlalu susah. Yang perlu Anda dan pasangan lakukan adalah fokus dan sejak awal sudah sepakat dengan desain yang diinginkan serta memiliki anggaran, sehingga nantinya ketika dihadapkan pada banyak pilihan cincin kawin berlian, Anda tidak akan kebingungan terlalu lama dan memastikan semua seperti kesepakatan berdua. Selamat memilih cincin kawin berlian, wahai love birds! Semoga simbol cinta Anda berdua bisa seistimewa hubungan kalian berdua. Cheers!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin