Cincin Emas 18 Karat: Pilihan Tepat untuk Cincin Nikah, Ini Alasannya!

Cincin Emas 18 Karat adalah Pilihan Tepat untuk Cincin Nikah, Ini Alasannya!

Mungkin di antara kamu para wanita berpikir, cincin emas dengan karat tinggilah yang sempurna dijadikan cincin nikah. Ternyata pemikiran tersebut kurang tepat. Itu karena emas berkarat rendah ternyata tepat untuk dijadikan cincin nikah, seperti: cincin emas 18 karat.

Bagi wanita cincin nikah merupakan simbol sakral sebuah ikatan pernikahan. Oleh karena itu, cincin nikah akan melingkar seumur hidup di jari manismu. Jadi, tidak heran jika para wanita selalu berpikir dua kali untuk mendapatkan cincin nikah yang sempurna baik karat maupun desainnya.

Pastinya, kamu ingin memiliki cincin emas yang terbaik untuk dijadikan cincin nikah, bukan? Karena itu, kamu harus tahu tips memilih cincin emas untuk pernikahan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Tips Memilih Cincin Emas untuk Pernikahan

Banyak orang bilang memilih cincin emas untuk pernikahan itu membingungkan. Namun, jika kamu mengetahui tipsnya akan mudah. Nah, apa saja tips memilih cincin emas untuk pernikahan yang tepat dan sesuai keinginanmu? Yuk, simak tips berikut ini.

1. Kumpulkan Referensi Tentang Cincin Nikah

Salah satu persiapan pernikahan yang juga menguras pikiran adalah memilih cincin nikah. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara mudah dalam memilih cincin nikah yaitu mengumpulkan referensi tentang cincin nikah sebanyak mungkin.

Adapun tips mudah mengumpulkan referensi tentang cincin nikah dengan cara sebagai berikut.

  • Mencari informasi dari buku, majalah dan media cetak lainnya tentang cincin nikah.
  • Riset melalui media online atau website toko perhiasan online yang menjual perhiasan terbaik.
  • Datang langsung ke toko pehiasan.

Perlu kamu tahu, sebaiknya mencari referensi tentang cincin nikah 45 hari sebelum hari H. Itu supaya kamu dapat berpikir secara matang dalam menetapkan desain, ukuran dan anggaran untuk membeli cincin nikah.

2. Tetapkan Anggaran untuk Membeli Cincin Nikah

Bukan rahasia lagi harga cincin emas cukup mahal. Oleh karena itu, kamu harus pandai menetapkan anggaran untuk membeli cincin nikah secara bijaksana. Perlu kamu tahu, jangan membeli cincin nikah yang terlalu mahal.

Selain itu, jangan tergiur dengan harga cincin emas yang murah dan memilih karat yang terlalu rendah. Namun, belilah cincin nikah yang tahan lama, tidak mudah luntur dan memiliki harga yang terjangkau.

3. Pilih Kadar Emas yang Tepat

Pastinya, kamu akan memilih kadar emas yang sesuai dengan anggaran pernikahanmu dan kadar emas yang tepat. Perlu kamu ketahui, kadar emas yang tepat untuk perhiasan adalah 18 karat. Itu karena emas 18 karat  mengandung kurang lebih 75% emas murni. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi saat membeli cincin ini untuk kamu adikan sebagai cincin nikah.

4. Pilih Model Cincin Nikah yang Sesuai

Tentu saja, kamu tidak ingin model cincin nikah yang kamu pilih terlihat kuno. Itu karena, cincin nikah yang kamu pakai nantinya akan melingkar seumur hidup di jari manismu. Jadi, pilihlah cincin nikah yang nyaman, simple modelnya dan sesuai dengan karaktermu.

Pastikan, kamu membeli cincin nikah di toko perhiasan yang menawarkan cincin dengan model yang beragam, seperti di V&Co Jewellery. Di V&Co Jewellery, kamu akan mendapatkan beragam model cincin nikah, seperti: unique collection sampai dengan rustic collection!

Apa Itu Cincin Emas 18 Karat?

Cincin emas 18 karat adalah cincin yang terbuat dari kurang lebih 75% emas murni dan 25% lainnya merupakan campuran logam, seperti: nikel, tembaga, seng dan logam lainnya.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang kemurnian emas 18 karat. Meski memiliki karat yang rendah, namun kualitas cincin emas ini tidak kalah dengan cincin emas yang berkarat tinggi. Namun, kamu harus berhati-hati dalam membeli emas karena terkadang penjual emas memanipulasi kadar karat emas.

Pastikan, kamu tahu betul keaslian perhiasan emas yang akan kamu beli. Adapun tips untuk mengetahui keaslian cincin emas itu asli 18 karat, kamu dapat meminta sertifikat cincin emas tersebut. Umumnya, cincin emas yang asli memiliki sertifikas resmi yang menyatakan kadar karat perhiasan tersebut.

Alasan Cincin Emas 18 Karat Tepat untuk Cincin Nikah

Pastinya kamu bertanya-tanya, mengapa emas 18 karat adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan cincin nikah? Berikut adalah alasan emas dengan kadar 18 karat tepat untuk dijadikan cincin nikah.

1. Terlihat Mewah dan Elegan

Banyak orang bilang, cincin emas dengan karat rendah kurang mewah dan elegan. Pernyataan tersebut ternyata kurang tepat. Ternyata, banyak model  cincin emas 18 karat memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Itu karena emas 18 karat mengandung 75% emas murni.

Oleh karena itu, tidak heran jika kamu memakai cincin yang memiliki dengan kadar 18 karat akan terlihat cerah berkilau. Jadi, jangan ragu untuk memakai cincin nikah dengan emas 18 karat.

2. Memiliki Sifat Hipoalergenik

Perlu kamu ketahui, beberapa wanita memiliki kulit yang sensitif jika memakai logam mulia. Oleh karenanya, ada kecenderungan beberapa wanita memilih perhiasan emas yang berkarat tinggi, seperti cincin emas 22 karat sampai 24 karat.

Pastinya, harga emas yang memiliki kadar karat tinggi sangat mahal dan terkadang tidak terjangkau harganya. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dan low budget tidak perlu khawatir karena kamu dapat memakai cincin emas dengan karat yang lebih rendah.

Nah, cincin nikah yang memiliki emas 18 karat ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang berkulit sensitif. Itu karena emas dengan karat memiliki sifat hipoalergenik, artinya emas ini tidak mudah menimbulkan efek alergi pada kulit si pemakai.

3. Memiliki Rangka yang Kuat

Bagi wanita, cincin nikah sangat penting karena akan dipakai seumur hidup. Oleh karena itu dibutuhkan emas yang memiliki rangka yang kuat, tahan goresan, benturan dan tidak mudah longgar. Adapun emas yang memiliki rangka yang kuat dengan harga terjangkau adalah emas 18 karat.

Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk memakai cincin nikah dengan emas 18 karat. Pastinya, dengan memakai cincin nikah yang memiliki emas 18 karat pernikahanmu akan kuat dan awet sepanjang masa.

4. Tidak Mudah Luntur

Tidak perlu diragukan lagi cincin emas 18 karat, tidak akan mudah luntur. Itu karena cincin emas ini mengandung 75% emas murni. Kandungan emas yang cukup tinggi inilah membuat cincin emas tidak mudah pudar kilaunya. Pastinya, cincin nikahmu akan tetap terlihat berkilau meski digunakan beraktivitas sehari-hari.

5. Harga Terjangkau

Selain memiliki kualitas yang bagus, emas 18 karat juga dijual dengan harga terjangkau. Artinya harga perhiasan dengan emas 18 karat tidak terlalu mahal. Oleh karena itu, untuk menghemat anggaran pernikahanmu disarankan untuk memakai cincin emas 18 karat.

Itulah alasan meski memiliki karat rendah, namun cincin emas 18 karat tepat dan layak untuk dijadikan cincin nikah. Selain itu, perhiasan dengan emas 18 karat juga layak untuk dijadikan investasi di masa depan. Pastikan kamu, memilih toko perhiasan yang menawarkan produk emas dan pelayanan terbaik, seperti di toko perhiasan V&Co Jewellery.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.