cincin emas di jari manis

Cincin Emas di Jari Manis? Ini Aturannya!

Pemberian cincin memiliki filosofi, bahkan jika kamu memberikannya kepada mereka tanpa mengucapkan sedikit kata pun. Cincin merupakan sebuah perhiasan yang dipasang di jari. Tapi tahukah kamu, jika pemakaian cincin pun tidak boleh sembarangan? Jika cincin kawin dipasang di jari manis tangan kanan, apakah kita boleh menyandingkannya dengan cincin lainnya? Bagaimana dengan cincin emas di jari manis tangan kiri?

Jika kamu memakai cincin sebagai bagian dari gayamu dan sebagai perhiasan, kamu harus memiliki pertimbangan di jari dan tangan sebelah manakah yang ingin kamu kenakan. Simak poin-poin di bawah ini, yuk!

Tangan Kanan VS Tangan Kiri

cincin emas di jari manis

Tidak ada aturan yang saklek tentang di jari tangan mana sebaiknya kamu memakai cincin. Cincin pertunangan dan cincin pernikahan biasanya menjadi pengecualian. Sebagai contoh, kebanyakan pria Amerika akan mengenakan cincin kawin mereka di jari manis kiri. Tetapi seorang pria yang menikah di gereja Ortodoks Timur dapat menggunakan tangan kanan sebagai gantinya.

Sejauh simbolisme berjalan, tangan kanan secara umum dilihat sebagai tangan yang aktif, yang paling dominan membuat gerakan. Sedangkan tangan kiri dianggap sebagai “mental” tangan, mewakili karakter dan keyakinanmu. Tak perlu takut dan bingung tentang ingin memakai cincin di tangan yang mana, percayalah dengan diri kamu sendiri.

Arti Cincin dan Jari Tangan

1. Cincin Emas di Jari Kelingking

Cincin emas di jari kelingking sering menjadi pilihan pertama bagi seorang pria yang ingin memakai cincin emas sebagai lambang “pernyataan”. Cincin di jari kelingking tepat dipakai jika kamu ingin mencari perhatian dari banyak orang. Orang-orang yang menyukai simbolisme astrologi atau palmistry akan mengasosiasikan jari kelingking dengan kecerdasan dan persuasi.

2. Cincin Emas di Jari Manis

Jari manis sendiri dalam bahasa Inggris disebut dengan ‘ring finger’ atau dengan kata lain, jari tempat meletakkan cincin. Penyebutan ini ada benarnya, karena memang di banyak kebudayaan, jari manis selalu menjadi tempat terbaik untuk meletakkan cincin. Sehingga ada pandangan umum, di saat kamu bertanya cincin sebaiknya di jari apa, jawabannya sudah pasti: jari manis. Peletakan di jari manis, yang disebut Matahari/Apollo dalam dunia pembacaan jari tangan, menyebabkan pemakainya akan nampak bersinar dan dipercaya mengenakan aksesoris di jari manis akan menambah antusiasme kamu dalam hidup! Usut punya usut, rupanya makna pemakaian cincin di jari manis ini ada bermacam-macam. Simbol pernikahan, simbol pertunangan, simbol janji, sampai simbol keperawanan dan kemurnian.

Ada budaya yang mengenakan cincin tunangan di jari manis tangan kiri dan memindahkan cincinnya di jari manis tangan kanan, begitu pula sebaliknya. Apapun itu, semuanya memiliki kesamaan, yakni janji. Akan tetapi, kamu bisa membuat interpretasimu sendiri mengenai jari manis, terutama mengingat cincin di jari ini juga melambangkan kreativitas pemakainya. Tentu pemandangan adanya cincin di jari manis tidak asing dan jangan takut dianggap membosankan bila mengenakan cincin di jari manis! Toh, desain cincin di pasaran juga ada beraneka macam dan tidak pernah membuat bosan.

3. Cincin Emas di Jari Tengah

Terlepas dari gerakan tangan yang jelas, jari tengah adalah jari kamu yang terbesar dan paling berani. Cincin yang dikenakan di jari tengah merupakan hal yang tidak umum karena bersentuhan dengan jari telunjuk dan paling sering bersentuhan dengan pekerjaan berat.

Konon, banyak pemakai cincin pertama kali mungkin merasa lebih nyaman dengan jari tengah, karena terasa sangat sentral, kokoh dan terus terang, juga terasa lebih “jantan”. Karena lokasinya sentral, jari tengah dipegang untuk melambangkan keseimbangan dan tanggung jawab dan dikaitkan dengan saturnus. Logam saturnus adalah timbal, logam abu-abu sederhana seperti baja adalah pilihan cincin untuk jari tengah yang umum.

4. Cincin Emas di Jari Telunjuk

Jika kamu kembali ke ratusan tahun silam, jari telunjuk adalah lokasi yang paling umum digunakan sebagai tempat meletakkan cincin pria. Jari telunjuk merupakan tempat yang baik untuk menggunakan cincin klub, cincin persaudaraan, keluarga, atau keanggotaan. Asosiasi astrologi untuk jari telunjuk adalah Jupiter, yang melambangkan kekuasaan, kepemimpinan, dan otoritas.

5. Cincin Emas di Jari Jempol

Cincin emas yang diletakkan di jempol biasanya sebagai tanda kekayaan atau pengaruh, dan mereka cenderung luar atau besar untuk mencerminkan hal tersebut. Sebuah cincin jempol juga sering menjadi pilihan alami bagi pria yang ingin memakai beberapa cincin di tangan yang sama karena itu setidaknya agak menjauhkan dari yang lain.

Gerakan jempol dikaitkan dengan interaksi dan persahabatan. Jempol tidak memilki asosiasi astrologi, tetapi dalam mitologi klasik (dan obat pra-ilmiah) diyakini menjadi indicator karakter: jempol yang kuat dan lurus berarti memiliki kepribadian yang otoritatif, sementara yang bengkok dipandang sebagai tanda kejahatan atau ketidakjujuran.

Bila kamu kurang peduli dengan artinya, sebenarnya jempol sendiri adalah tempat paling tepat untuk meletakkan statement piece atau perhiasan yang paling melambangkan dirimu. Sehingga, bila kamu memiliki sebuah fashion ring yang berukuran cukup besar dan bingung hendak meletakkan cincin sebaiknya di jari apa, maka jempolmu bisa menjadi salah satu opsi. Hanya saja, jempol merupakan salah satu jari dominan yang seringkali kamu pakai di dalam hidup sehari-hari. Sehingga, bila kamu memiliki pekerjaan atau keseharian yang membutuhkan aktivitas fisik, maka sebaiknya gunakanlah cincin di tangan yang bukan dominan. Bila tidak kidal, kenakan di tangan kiri, sementara untuk yang kidal bisa menggunakan jari di jempol kanan!

Nah, itulah filosofi dari cincin emas di jari manis yang mungkin bisa membantu kamu yang masih bingung ingin memakai cincin di jari mana. Intinya, cukup percaya dengan diri kamu, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *