Cincin pernikahan adalah lambang sakral dari pernikahan, tidak hanya untuk menunjukkan bahwa kamu telah menikah, tetapi juga menyimpan banyak makna yang dalam. Banyak pasangan memilih cincin emas sebagai cincin pernikahan, apakah ada alasannya tersendiri? Simak artikel di bawah ini.

Pernikahan dan cincin memang kedua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tidak sah rasanya apabila pernikahan tanpa cincin. Bahkan prosesi penyematan cincin nikah telah menjadi sebuah tradisi wajib yang tidak boleh dilewatkan. Lalu sebenarnya apa arti dari cincin nikah? Mengapa cincin nikah menjadi lambang wajib dalam pernikahan?

Cincin nikah berasal dari tradisi Mesir Kuno, bentuk lingkaran cincin nikah mewakili janji cinta dan komitmen yang tak terputus. Lingkaran tidak memiliki awal dan tanpa akhir. Oleh karena itu, dengan harapan pernikahan pun tidak memiliki akhir abadi selamanya.

Hal ini mengingatkan bahwa janji pernikahan kamu dan pasangan tidak akan pernah berakhir hingga akhir hayat. Bagaimanapun keadaan kamu dan pasangan, baik susah atau senang, harus saling mendampingi untuk selamanya.

Apakah sejak awal Mesir Kuno mengenal cincin kawin dalam bentuk emas? jawabannya, tidak. Awal mulanya, mereka menggunakan rumput dan/atau alang-alang untuk membuat cincin dengan cara dipilin melingkar.

Seiring perkembangan zaman disadari bahwa cincin yang berfilosofi tiada akhir harus lah tidak sembarang dalam pemilihan materialnya. Dimulai dari cincin bermaterial besi dan berkembang menjadi cincin emas karena dianggap lebih memiliki keindahan.

Kini cincin nikah hadir dengan berbagai macam jenis yang sering kali membuat bingun setiap calon pengantin karena begitu banyak pilihan, ada yang terbuat dari material emas, palladium, platinum dan lainnya dengan dipercantik menggunakan permata bahkan berlian.

Sekarang ini sangat lumrah untuk sebagian orang memilih cincin nikah dengan logam emas. Cincin emas dianggap memiliki kekuatan dan keindahan yang tidak akan pudar walaupun setiap saat digunakan.

Kenapa Cincin Nikah Lebih Banyak Menggunakan Cincin Emas?

Alasan Cincin Emas Dijadikan Cincin Pernikahan
etsy.com

Pernikahan tidak akan lepas dari yang namanya perhiasan emas. Saat melakukan proses lamaran, pihak perempuan pasti akan diberi cincin emas pernikahan oleh pihak laki-laki. Lalu saat akad nikah, banyak orang yang menjadikan emas batangan atau perhiasan emas sebagai maharnya. Siapa yang tidak suka dengan perhiasan emas.

Selain bisa digunakan sebagai aksesoris juga bisa sebagai investasi di masa depan. Perhiasan emas yang paling umum digunakan adalah cincin emas, karena keindahan kilau dari emas itu sendiri. Cincin sebagai tanda untuk mengikat janji bersama. Dan value harga emas yang baik untuk tujuan investasi kapanpun. 

Untuk mengetahui kandungan emas murni pada sebuah perhiasan dapat dilihat dari jumlah karat emas tersebut. Semakin tinggi jumlah karat, maka semakin tinggi pula kandungan emas murni pada sebuah perhiasan.

Jika kamu berpikir jumlah karat yang tinggi, atau kadar emas yang mencapai 99.9% adalah pilihan terbaik, tetapi sebenarnya emas murni sangatlah lunak, sehingga dari segi ketahanan untuk dipakai sehari-hari sangat rentan untuk berubah bentuk apabila terkena benturan. Maka dari itu, karat emas kuning atau emas putih yang populer digunakan pada perhiasan adalah emas 18 karat (18K) yang mengandung 75% emas murni atau biasa disebut emas tua / emas 750.

Salah satu kelebihan dari cincin jenis ini juga adalah tidak menyebabkan reaksi alergi. Maka, cincin ini sangat cocok bagi kamu atau pasangan yang punya kulit sensitif. Campuran dari emas adalah zat zinc dan tembaga yang sangat aman dipakai untuk jenis kulit pemakainya. Apapun jenisnya.

Hal ini penting karena memang ada beberapa jenis perhiasan yang bisa menimbulkan alergi. Jangan sampai kamu dan pasangan tidak menyadari hal ini. Kelebihan berikutnya adalah dari segi harga. Cincin emas harganya memang lebih murah.

Maka pemilihan cincin nikah emas sangat cocok bagi kamu yang tak ingin membeli cincin terlalu mahal. Meski terjangkau, kualitas dari cincin ini tak perlu diragukan karena sangat tahan lama. Apalagi cincin emas juga tidak mudah pudar.

Tak heran bila cincin emas memang sering jadi pilihan bagi cincin pernikahan. Apalagi ada kelebihan lainnya seperti biaya perawatan yang jauh lebih mudah dan murah. Maka jangan heran jika semakin banyak orang memilih cincin emas untuk pernikahan.

Model Cincin dari V&Co Jewellery

Tentu banyak pasangan terutama perempuan yang mendambakan diberi cincin emas perhiasan dengan hiasan berlian oleh calon suaminya kan? Tentukan pilihanmu di beberapa model koleksi cincin emas dari V&Co Jewellery.

1. Rustic Collection

Alasan Cincin Emas Dijadikan Cincin Pernikahan

Berbagai pilihan desain Rustic untuk kamu yang mencintai segala kemewahan dalam sebuah perhiasan. Emas masih menjadi pilihan yang popular untuk cincin kawin. Kamu pecinta emas dan mengusung tema pernikahan rustic? Cincin yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan.

Desainnya yang rumit di bagian tengah, membuatnya memiliki kesan yang berkelas. Jika kamu tidak menyukai emas, kamu bisa menggunakan bahan logam lainnya juga. Perhatikan di bagian pinggirnya, terdapat berlian yang menghias pinggiran cincin tersebut. Semakin elegan, ya? kamu bisa memiliki cincin ini dengan harga Rp 20.725.000.00.

2. Simple Collection

V&Co Jewellery kembali menghadirkan cincin nikah dengan desain dan kualitas yang terbaik. Didesain dengan sangat cantik menggunakan berlian 0,1 hingga 0,15 karat yang jernih, berkualitas, dan berada di tingkat Vvs dimana berliannya nyaris sempurna, tanpa cacat. Cincin ini seharga Rp 14.694.000.00.

Berlian yang digunakan V&Co Jewellery juga berada di grade F yang dapat menambah keindahan cincin nikah kamu dengan kemampuannya memantulkan cahaya yang sangat baik. Lalu dipadukan lagi dengan finishing cincin doff dan glossy yang menjadi ciri khas dari hampir semua desain cincin nikah V&Co Jewellery.

3. Unique Collection

Bila kamu menikah dengan pernikahan adat yang bernuansa kental dan mewah, tentu saja kamu bisa menyempurnakan acara pernikahanmu dengan hadirnya cincin nikah batik yang kaya akan nuansa khas nusantara. Batik bukan hanya dari Jawa saja, lho! Kamu juga bisa memilih cincin dengan ukiran batik Bali, Bengkulu, hingga Nusa Tenggara Barat.

4. Exclusive Design

Memberikan sentuhan yang luar biasa mewah pada model cincin kawin wanitanya, salah satu cincin dari koleksi exclusive V&Co Jewellery ini tampil begitu memukau.

Cincin kawin ini memiliki desain yang sederhana dan dilapis rodhium. Selain itu, model cincin kawin ini menggunakan bentuk cincin glossy dan doff yang akan membuat warna dari emas terlihat begitu berkilau dan tampak kontras dengan sentuhan permukaan yang terlihat seakan-akan tidak halus.

Uniknya, model pada cincin kawin pria tidak dilengkapi dengan berlian yang berkualitas tinggi yaitu clarity Vvs seperti pada model cincin kawin wanitanya. Tidak hanya 1 atau 2, berlian-berlian pada model cincin kawin wanita ini mencapai jumlah 31 buah yang mengelilingi lingkar cincin.

Masing-masing dari berlian-berlian ini memiliki karat sebesar 0,186 karat yang akan membuat cincin kawin ini terlihat begitu menyilaukan pada jari pemakainya. Kamu bisa memiliki cincin ini dengan harga Rp 16.421.200.00.

Tentukan pilihanmu di V&Co Jewellery.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin