Bolehkah Pria Memakai Cincin Nikah Berlian

Bolehkah Pria Memakai Cincin Nikah Berlian?

Mengenakan cincin nikah berlian memang sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang mempelai pria. Namun tidak jarang banyak orang yang tidak tahu bagaimana hukum mengenakan cincin berlian tersebut pada saat melangsungkan pernikahan.

Apabila kamu berniat untuk mengenakan cincin berlian sebagai cincin pernikahan sebaiknya ketahui dulu bagaimana hukumnya bagi pria muslim mengenakannya. Setelah mengetahui bagaimana hukum dari mengenakan cincin berlian baru kamu bisa memutuskan untuk membeli atau tidak.

Apabila berbicara mengenai hukum islam maka ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi terkait dengan masalah ini. Bagaimana bentuk cincin, bahan cincin, dan juga ada beberapa kondisi yang membuat hukum bervariasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengenakan cincin atau perhiasan dari berlian.

1. Bentuk Cincin

Bagi seorang pria bentuk cincin memang menjadi pengaruh terhadap hukumnya. Apabila cincin tersebut menyerupai cincin milik wanita maka pria tidak boleh mengenakannya. Dasar hukum dari hal tersebut adalah pria tidak boleh mengenakan pakaian dan aksesoris untuk menirukan wanita.

Dengan adanya hukum tersebut maka pria bisa tidak boleh memakai perhiasan apabila perhiasan tersebut memiliki model untuk perempuan. Sedangkan apabila pria mengenakan perhiasan dengan model khusus pria maka diperbolehkan karena tidak menirukan gaya wanita.

2. Bahan Cincin

Dalam hukum islam pria dilarang mengenakan perhiasan dengan warna kuning. Jadi jika pria mengenakan cincin berbahan tembaga atau emas maka hukumnya tidak boleh. Untuk mengatasi hal ini maka dibuatlah cincin berwarna putih sehingga pria tetap bisa mengenakannya.

Bahan apapun bisa dikenakan oleh pria asalkan warnanya tidak kuning atau menyerupai kuning keemasan. Hal ini dilarang karena warna kuning keemasan mencerminkan kehidupan yang hedonisme. Jadi lebih baik mengenakan cincin dengan pilihan warna selain kuning.

Saat ini dengan semakin bervariasinya bahan pembuat cincin membuat hukum mengenakan cincin ini semakin fleksibel. Pria muslim bisa dengan bebas mengenakan cincin karena tetap tidak melanggar aturan syariah. Selama pria mengenakan cincin khusus pria maka hukumnya boleh-boleh saja.

3. Kondisi Khusus

Ada beberapa kondisi khusus yang bisa membolehkan pria memakai cincin dari berbagai macam bahan. Salah satunya adalah adab, apabila mengenakan cincin merupakan sebuah adab bagi suku tertentu maka hukumnya menjadi diperbolehkan.

Dengan adanya akulturasi budaya di Indonesia maka mengenakan cincin berlian bagi seorang pria menjadi boleh. selain itu tidak ada juga hadits yang menyatakan bahwa perak dilarang untuk digunakan. Jadi apabila kamu masih ragu dengan hukum yang ada pada ajaran islam lebih baik gunakan cincin dari bahan utama perak.

Selama bahan utama cincin tersebut terbuat dari perak maka siapa saja bisa mengenakannya. Meskipun ada hiasan berlian atau kandungan logam lainnya pada cincin tersebut selama bahan mayoritas adalah perak maka tetap diperbolehkan dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.

Dengan mengetahui tiga poin penting tersebut kamu sudah mengetahui bahwa penggunaan cincin pernikahan untuk pria itu diperbolehkan dalam islam. Jadi jangan khawatir jika kamu ingin membeli cincin kawin karena tetap bisa digunakan kapan saja.

Bahan Cincin Pernikahan yang Paling Pas dan Diperbolehkan dalam Islam untuk Pria

Memang masalah penggunaan cincin atau perhiasan untuk acara pernikahan ini selalu menjadi perdebatan antara boleh tidaknya. Padahal sebenarnya jika melihat dari sumber hadits sendiri tidak ada yang melarang penggunaan perhiasan bagi pria selama tidak menyerupai perhiasan wanita dan berbahan dasar emas.

Alasan pelarangan mengenakan perhiasan bagi pria adalah karena perhiasan tersebut selalu identik dengan wanita. Oleh karena itu Islam melarang pria mengenakan perhiasan agar pria tersebut tidak menirukan gaya wanita. Inilah mengapa penggunaan cincin dan perhiasan menjadi makruh bagi pria.

Namun dengan perkembangan zaman desain cincin sudah semakin bervariasi. Bahkan sudah didesain secara khusus cincin yang digunakan untuk pria. Dengan adanya desain khusus ini saja semua laki-laki sudah bisa mengenakan cincin. Ini sudah membatalkan hukum dari pria yang menirukan gaya wanita.

Oleh karena itu pemilihan motif atau desain cincin juga harus teliti. Selama cincin tersebut memberikan kesan maskulin maka hukum pemakaiannya tetap diperbolehkan. Tidak Hanya perhiasan saja bahkan pakaian selama itu memiliki gaya menirukan wanita maka pria tetap tidak boleh mengenakannya menurut hukum islam.

Kemudian ada juga bahan logam lain yang bisa dikenakan oleh pria yaitu platina dan paladium. Semua bahan yang warnanya menyerupai perak kecuali besi bisa dijadikan aksesoris bagi seorang pria. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu solusi apabila kamu menginginkan perhiasan di jari kamu.

Tempat Membeli Cincin Nikah Berlian dengan Aman

Apabila kamu tertarik untuk membeli cincin baik untuk agenda pernikahan maupun pertunangan memang disarankan untuk memilih tempat terpercaya. V&Co Jewellery adalah salah satu situs yang menjual berbagai macam perhiasan secara daring sehingga kamu tidak perlu repot pergi keluar rumah.

Berbagai macam desain dan warna dari cincin maupun perhiasan lainnya ada disini sehingga kamu bisa mencari referensi perhiasan untuk pernikahan. kamu tidak perlu lagi harus berkeliling atau kesulitan mencari toko online lagi untuk berbelanja kebutuhan aksesoris dan perhiasan.

Disini semuanya lengkap dan tersedia dengan harga bersaing. Tentunya kamu menginginkan barang dengan harga bersaing namun juga kualitas yang tidak kalah dari lainnya. Tidak banyak situs penjual perhiasan terpercaya di Indonesia seperti di V&Co Jewellery. Oleh karena itu kamu perlu teliti untuk memilih vendor daring.

Situs ini sudah berdiri sejak lama dan terpercaya sebagai salah satu penyedia perhiasan terlengkap di Indonesia. Berbagai macam cincin pernikahan mulai dari bahan emas, perak, palladium hingga berlian ada disini. Koleksi disini memang paling lengkap dibandingkan dengan situs penjual perhiasan lainnya.

Jadi kamu tidak akan pernah salah dalam memilih desain cincin apabila pilihan yang diberikan oleh vendor banyak. Memang dalam memilih sebuah cincin perhiasan kamu tidak hanya perlu memperhatikan desain saja namun juga tempat menjualnya. Jadi kamu benar-benar akan mendapatkan perhiasan berlian berkualitas tinggi.

Apalagi setelah mengetahui hukum mengenakan perhiasan bagi pria. Tentunya kamu tidak akan ragu lagi dalam mencari perhiasan untuk acara pernikahan maupun pertunangan kamu. Berbagai macam pilihan cincin tersedia di situs V&Co Jewellery untuk memenuhi kebutuhan aksesoris kamu.

Mengapa kamu harus repot mencari cincin perhiasan untuk agenda pernikahan jika disini saja semuanya sudah bisa ditemukan. Apabila dengan satu situs saja kebutuhan perhiasan sudah dapat terpenuhi mengapa kamu harus kesulitan mencari berbagai referensi, cukup disini saja pasti semua kebutuhan perhiasan kamu sudah terpenuhi.

Bagi para pria, mengenakan perhiasan diperbolehkan dalam Islam apabila memenuhi beberapa kriteria yang tadi telah dibahas. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengenakan cincin pernikahan. Jadi jangan urungkan niat membeli cincin nikah berlian di toko terpercaya seperti V&Co Jewellery.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.