Sudah Tahu Apa Itu Cincin Listring?

Sudah Tahu Apa Itu Cincin Listring?

Apa yang kamu pikirkan ketika diberikan cincin listring oleh pasangan? Yang pasti kebahagiaan tiba-tiba saja datang dan membuat kamu semakin jatuh hati. Pemberian cincin dari seorang pasangan menunjukkan ketulusan cinta yang luar biasa. Selain itu ada unsur komitmen, kesetiaan, pengorbanan, dan hal-hal berharga lainnya yang ingin diberikan oleh pasangan. Namun, apakah kamu tahu apa sebenarnya cincin listring itu? Darimana asalnya, dan apa makna yang terkandung di dalamnya?

Apa Itu Cincin Listring?

Jika mendengar kata listring pasti setiap wanita akan sangat antusias. Cincin ini merupakan salah satu jenis cincin berlian yang sangat mewah. Hal ini dibuktikan dengan adanya deretan batu berlian yang ada di sepanjang lingkaran cincin.

Tidak seperti jenis cincin yang bernama solitaire, dimana batu permata yang berupa berlian hanya ada satu. Sedangkan listring memiliki barisan berlian yang menghias sepanjang pergelangan jari.

Sudah terbayang kan bagaimana keindahan yang ditampilkan, selain juga tentunya kemewahan yang dihadirkan oleh cincin ini?

Dengan desain permata yang berderet dan berukuran kecil ini, membuat listring sendiri memiliki karakter yang sangat elegan dan mewah. Meski demikian, apa yang dihasilkan dalam desain tersebut tidak terlihat terlalu glamour, malah sebaliknya terlihat simpel dan sederhana, namun tidak menghilangkan kesan mewah dan elegan.

Sebagai sebuah cincin yang sangat diidam-idamkan oleh para wanita, keindahannya memang tidak diragukan lagi. Batu berlian yang berderet merupakan material paling mahal di dunia. Siapapun pastinya akan merasa sangat bahagia ketika memakainya.

Ketika mengenakan cincin listring ini kamu akan menjadi seorang wanita yang berkarakter, percaya diri, dan bisa memunculkan pesona keindahan dan kecantikan yang maksimal.

Cincin ini biasa digunakan untuk prosesi lamaran dan tunangan. Keduanya memiliki makna yang sama-sama mampu menunjukkan bahwa cinta selalu layak untuk mendapatkan harga yang mahal, bahkan tak terkira.

Bagaimana Sejarah Cincin Ini?

Cincin ini juga memiliki nama lain, yaitu cincin eternity atau banyak juga yang menyebutnya cincin infinity. Kata-kata tersebut menunjukkan bahwa cincin emas ini melambangkan sebuah cinta tiada akhir.

Nah, sebenarnya bagaimana sejarah dari cincin ini?

Dari berbagai macam literatur disebutkan bahwa ternyata listring telah ada sejak dahulu kala. Tidak ada yang bisa memastikan kapan pertama kali muncul, hanya saja ditemukan sebuah fakta bahwa cincin ini sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu.

Tentu sebuah waktu yang tidak pendek dari perhiasan. Di masa itu, cincin ini juga sudah menjadi lambang ikatan cinta dari seorang pria untuk kekasihnya. Hal ini menjadi tradisi Mesir kuno yang sangat fenomenal.

Tidak hanya itu, cincin ini dulunya memiliki desain yang sangat unik. Rangka cincin memiliki bentuk seperti ular yang melingkar, lengkap dengan kepala dan ekornya. Bagian kepala seperti memakan ekornya sendiri.

Perlambang ini disebut sebagai ouroboros, yang memiliki arti bahwa lingkaran ular ini melambangkan keabadian. Begitu juga dengan ikatan sebuah cinta yang tidak akan pernah berakhir meski usia memisahkan keduanya.

Sedangkan untuk batu permata yang menghiasi rangka cincin tersebut tidak hanya dari berlian. Ada yang memilih batu permata lain yang tidak kalah mewah, seperti zamrud, batu rubi, dan berlian itu sendiri.

Meski waktu yang berlalu sudah sangat lama, hingga ribuan tahun, namun hingga sekarang cincin ini masih saja digunakan. Khususnya bagi kalangan masyarakat dengan ekonomi atas yang selalu mendambakan kesempurnaan.

Dari dulu hingga sekarang cincin ini juga biasanya diberikan di hari-hari yang istimewa. Ada tiga momen penting yang digunakan untuk momen spesial tersebut, yaitu untuk pasangan di hari tunangan, dan pernikahan. Sedangkan, momen lainnya adalah untuk anak yang sangat dicintainya.

Jenis dan Model Cincin Listring

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa cincin ini dikelilingi oleh berlian di area rangkanya. Namun, ada beberapa model cincin yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Nah, apa saja jenis dari cincin ini?

  • Cincin Listring Full

Seperti juga namanya, cincin jenis pertama ini memiliki berlian di sepanjang rangka cincin yang melingkar. Tentunya tampilan berlian di permukaan cincin ini sangat mewah dan harganya jauh lebih mahal dibanding dengan yang setengah.

Namun bentuk ini tentunya memiliki kekurangan dimana ada bagian yang tidak tampak. Selain itu, bagian dalam cincin akan lebih mudah kotor oleh minyak, debu, ataupun kotoran dari tangan kamu sendiri.

  • Cincin Listring Half

Tentunya kamu sudah paham dengan penjelasan sebelumnya, bahwa jenis cincin yang kedua ini hanya memiliki berlian di bagian depan saja. Tentunya dengan menggunakan cincin ini, lebih praktis, dan harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan yang jenis full.

Dilihat dari konsepnya saja, cincin ini sudah tampak sempurna. Namun demikian adanya model desain yang diberikan pada cincin akan menambah keindahan yang dimilikinya.

  • Cincin Listring dengan Berlian Kecil

Cincin yang memiliki mata berlian kecil akan terlihat lebih sederhana dan tidak terlalu meriah. Meski tetap saja akan terlihat mewah dan sangat berharga. Dengan rangkaian berlian kecil ini, kamu bisa menggunakan cincin listring ini dalam aktivitas sehari-hari. Sehingga kamu akan merasa lebih praktis dan nyaman dalam menggunakannya.

Berbagai acara formal maupun non formal tak perlu bingung untuk melepas atau memakainya. Karena dengan tampilannya yang sederhana kamu tidak perlu cemas akan menarik perhatian terlalu besar.

  • Cincin Listring dengan Tambahan Berlian di Atas
Cincin Listring dengan Tambahan Berlian di Atas

Sebenarnya model yang satu ini sama dengan sebelumnya, yaitu dengan hiasan berlian kecil di sepanjang ring. Hanya saja ada tambahan berlian besar yang lebih menonjol pada bagian atasnya. Tambahan berlian ini tentunya akan terlihat lebih mewah dan memang meningkatkan kesan mewah yang dimiliki cincin ini.

Memakai cincin dengan model ini sangat cocok untuk agenda-agenda yang formal. Kamu akan terlihat lebih menonjol, karena kemewahan yang diberikan oleh mata berlian di bagian atas cincin.

Kesan glamour pastinya akan membuat kamu semakin percaya diri. Cincin ini akan sangat manis bagi kamu yang menggunakan gaun pesta atau saat acara pernikahan kamu.

  • Cincin Listring dengan Berlian Sedang

Desain cincin yang satu ini berada di tengah-tengah antara model yang pertama atau yang kedua. Dimana kamu tetap bisa tampil sederhana, namun juga tetap terasa elegan. Kamu juga tidak akan terlihat terlalu menonjol dengan berlian berukuran sedang ini.

Keindahan yang dipancarkan oleh berlian ini tentunya akan membuat kamu selalu percaya diri, dan bisa memenuhi ekspektasi kamu untuk tampil lebih sempurna. Apalagi saat acara penting di hari pernikahan kamu.

Setiap perhiasan atau aksesoris apapun pastinya membutuhkan perawatan, termasuk juga cincin listring yang sangat berharga ini. Perawatan ini akan menjaga cincin kamu tetap terlihat selalu berkilau, layaknya ikatan cinta kamu dengan sang kekasih.

Salah satu perawatan yang wajib dilakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin. Namun, kamu harus sangat berhati-hati saat membersihkannya. Salah langkah, maka cincin berharga kamu ini bisa saja menjadi kusam, atau bahkan rusak.

Ada sepuluh langkah dalam membersihkan cincin yang juga sering disebut sebagai ethernity atau infinity ini. Nah, berikut ini cara membersihkan cincin listring yang benar:

Cara Membersihkan Cincin Listring

  1. Perendaman

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membersihkan cincin adalah dengan melakukan perendaman cincin. Gunakan air hangat dan deterjen sebagai larutan perendam. Akan lebih baik, jika kamu menggunakan sabun cuci piring, karena biasanya bahan kimia yang terkandung di dalamnya lebih kecil dibandingkan deterjen.

    Proses perendaman ini bisa kamu lakukan kurang lebih selama 5 menit. Hal ini akan membuat kotoran yang menempel pada cincin lebih mudah terurai, dan nantinya akan lebih mudah dibersihkan.

  2. Penyikatan

    Kamu harus menggunakan sikat yang benar-benar lembut, sehingga membuat cincin akan tetap aman, dan tidak merusak tekstur pada cincin. Selain itu, kamu harus berhati-hati ketika menggosokkan sikat. Lakukan selembut mungkin dengan pengulangan, hingga membuat kotoran benar-benar terlepas.

  3. Perhatikan Sudut-sudut Berlian

    Kotoran yang berukuran mikro akan sulit dibersihkan terutama di bagian sudut-sudut berlian. Bahkan tidak sedikit kotoran yang menumpuk jika kamu jarang melakukan proses pembersihan ini. Usahakan semua kotoran yang menempel benar-benar tersikat dengan bersih.
    Jika dibiarkan kotoran yang menempel di sudut tersebut akan menumbuhkan jamur, dan akan membuat kerak. Hal ini pastinya membuat tampilan cincin kamu akan rusak.

  4. Pembersihan Minyak

    Kotoran yang berupa minyak biasanya akan membuat kilau berlian memudar. Bagian kusam tersebut bisa kamu bersihkan dengan sikat dengan ujung yang panjang. Terus saja sikat bagian yang kusam di cincin hingga benar-benar membuat kilau cincin kembali.

  5. Pengusapan

    Pengusapan ini bisa kamu lakukan dengan tangan secara langsung atau kain yang lembut. Pengusapan ini akan meminggirkan kotoran yang sudah tersikat sebelumnya. Lakukan pengusapan di dalam larutan yang digunakan untuk merendam cincin.

  6. Perhatikan Keamanan

    Saat melakukan pembersihan jangan sampai teledor. Jika kamu membersihkannya di wastafel pastikan bahwa saluran pembuangan tertutup. Jika tidak, cincin kamu bisa saja tergelincir dan masuk ke dalam saluran. Selain itu, saat pembersihan jauhkan dari jangkauan anak-anak atau barang-barang yang berbahaya lainnya.

  7. Pencucian

    Setelah perendaman dan penyikatan selesai, cuci cincin listring kamu dengan air hangat. Langkah ini akan membuat cincin kamu bisa lebih bersih, karena menghilangkan berbagai macam kotoran yang menempel pada cincin. Air hangat yang digunakan dalam pencucian ini juga akan lebih efektif membersihkan berbagai macam kotoran. Dengan begitu, kotoran akan hilang secara total.

  8. Pengeringan

    Proses pencucian tentunya membuat cincin basah oleh air. Lakukan pengeringan dengan segera, sehingga cincin tidak lagi terkena kotoran. Untuk mengeringkannya bisa kamu lakukan dengan menggunakan kain kering tanpa serat. Kamu juga bisa menggunakan microfiber. Material ini akan lebih efektif dalam membersihkan dan menghilangkan sisa air yang menempel pada cincin.

  9. Penyemprotan

    Biasanya disediakan cairan semprot yang khusus digunakan untuk cincin string. Cairan ini bisa membuat cincin kamu terlihat lebih mengkilap. Selain itu, cairan ini juga akan melindungi cincin dari noda-noda yang bisa membuatnya semakin kusam. Kamu bisa mendapatkan cairan ini di toko perhiasan, dan mintalah rekomendasi ke toko untuk mendapatkan produk pembersih cincin berlian terbaik.

  10. Penyimpanan

    Untuk menyimpan cincin kamu bisa menggunakan berbagai macam wadah yang aman. Ada wadah khusus yang biasanya disediakan oleh toko dan bisa membuat cincin kamu tetap aman.

Itulah semua hal mengenai cincin listring yang harus kamu tahu, mulai dari sejarah, maknanya, modelnya, hingga cara membersihkan dan merawatnya. Kamu bisa menemukan semua cincin terbaik yang kamu inginkan di VCo Jewellery untuk memenuhi ekspektasi kamu. Jadi, segera temukan lambang ikatan cinta terbaik untuk hari istimewa!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.