Cara Membersihkan Cincin Kawin Palladium yang Perlu Anda Ketahui

Cara Membersihkan Cincin Kawin Palladium yang Perlu Anda Ketahui

Cincin kawin palladium kini mulai banyak dilirik oleh pasangan yang hendak menikah untuk dijadikan cincin kawin, namun belum banyak yang tahu bagaimana membersihkan cincin kawin palladium. Hal ini cukup penting untuk diketahui mengingat cincin tersebut akan dipakai selamanya.

Cincin kawin palladium dipilih menjadi salah satu solusi bagi  pasangan yang tidak ingin menggunakan emas sebagai bahan dasar cincin kawin mereka. Cincin kawin emas selain memiliki harga tinggi, dalam ajaran Islam pun penggunaanya tidak dianjurkan bagi laki-laki.

Palladium memang baru diperkenalkan sebagai logam berharga pada tahun 1939, tapi kini banyak pembuat perhiasan yang menjadikan palladium sebagai bahan utama perhiasan mereka. Masuk dalam golongan logam platinum, palladium memiliki tekstur yang lebih padat tapi saat digunakan lebih terasa ringan daripada platinum. Pada awalnya memang palladium hanya digunakan sebagai campuran dalam emas putih karena logam yang satu ini memiliki kemilau yang indah. Namun seiring berjalannya waktu, palladium dijadikan sebagai bahan pembuatan perhiasan utama.

Walau memiliki harga yang lebih murah daripada cincin kawin emas, Anda jangan ragu untuk memilih cincin kawin palladium nantinya. Beberapa keuntungan pun bisa Anda rasakan jika membeli cincin kawin palladium. Seperti halnya kemilau yang dimiliki oleh cincin kawin berbahan palladium ini akan bertahan selamanya, tidak seperti emas putih yang warnanya mudah pudar seiring berjalannya waktu. Dengan memiliki kemilau yang tahan lama ini, cincin kawin palladium akan sangat mengagumkan melingkar di jari manis Anda dan pasangan setelah menikah nanti.

Untuk desain cincin kawin palladium, Anda tentunya akan mudah menemukan berbagai macam cincin yang memiliki model menarik dan unik. Palladium adalah jenis logam yang mudah dibentuk sehingga Anda bisa menemukan bentuk yang tidak monoton dengan kualitas yang mirip dengan emas. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, menggunakan cincin kawin palladium bisa meringankan kekhawatiran Anda sebab palladium tidak memiliki kandungan nikel di dalamnya.

Memang banyak orang yang meragukan kualitas cincin kawin palladium karena cenderung terasa ringan daripada cincin kawin yang berasal dari logam lainnya. Namun, melihat lebih banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan cincin kawin palladium, tentu hal yang satu ini tidak akan berdampak pada banyak hal. Dan bukankah menggunakan cincin kawin yang terasa ringan akan membuat Anda lebih nyaman dalam melakukan aktifitas?

Merawat dan Membersihkan Cincin Kawin Palladium

Agar cincin kawin palladium Anda tetap memiliki kemilau yang menawan, Anda patut mengingat beberapa hal di bawah ini :

  • Jangan gunakan cincin kawin palladium Anda ketika Anda akan melakukan pekerjaan berat atau yang sekiranya bisa menggores permukaan cincin Anda.
  • Sebaiknya lepas cincin kawin palladium tersebut sebelum Anda mencuci pakaian. Bahan kimia dari pemutih dan deterjen bisa memudarkan kemilau cincin kawin palladium.
  • Sebaiknya untuk tidak menyimpan cincin kawin palladium Anda berdekatan dengan perhiasan yang terbuat dari logam lain. Jika disimpan berdekatan, perhiasan ini akan saling merusak.

Untuk membersihkan cincin kawin palladium yang Anda miliki juga tidak terlalu sulit, Anda bisa melakukan pembersihan cincin kawin palladium di rumah dan menggunakan bahan-bahan yang bisa dengan mudah di dapatkan di rumah.

Hampir sama dengan membersihkan perhiasan jenis lain, Anda bisa menggunakan beragam bahan dan cara :

  • Sabun dan air

Jika Anda merasa bahwa cincin kawin Anda mulai berdebu dan kehilangan kilapnya karena kotor, yang perlu Anda lakukan adalah mengambil air dan sabun cuci piring. Seperti yang Anda tahu, sabun cuci piring bisa membersihkan berbagai barang dari kuman dan kotoran.

Masukkan air hangat kuku ke dalam sebuah panik berukuran kecil dan campurkan beberapa tetep sabun cuci piring ke dalamnya sampai kemudian air berubah menjadi busa. Kemudian masukkan cincin kawin palladium Anda ke dalam larutan tersebut, tunggu hingga 15 – 25 menit. Setelahnya, angkat kemudian usap menggunakan kain yang lembut atau dengan menggunakan tissue.

  • Air perasan lemon – soda

Membersihkan cincin kawin palladium menggunakan perasan lemon dan soda tidak terlalu sulit tapi akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Yang perlu Anda lakukan adalah memotong lemon menjadi beberapa bagian, kemudian meremasnya hingga menghasilkan perasan air lemon. Nah, kemudian tambahkan soda dan aduk menggunakan sendok hingga menjadi pasta. Setelah memastikan perasan lemon dan soda itu tercampur, oleskan ke permukaan cincin kawin palladium Anda hingga menutupi secara keseluruhan cincin kawin Anda. Jangan luput mengolesi pasta tersebut hingga mendekati sela-sela cincin. Setelah menunggu beberapa saat, bilas menggunakan air mengalir hingga pasta hilang secara menyeluruh dan keringkan cincin kawin palladium Anda menggunakan kain yang lembut atau tissue.

Mengapa cincin kawin palladium Anda harus sering dibersihkan? Selain untuk mempertahankan kilau cincin Anda seperti perhiasan baru, cincin kawin adalah sebuah perhiasan yang akan selalu Anda gunakan kemana saja dan dimana saja. Tentu cincin kawin Anda akan mudah terkena debu atau kuman, sangat disarankan untuk paling tidak sebulan dua kali untuk membersihkan cincin kawin palladium Anda.

Menemukan toko perhiasan yang menyediakan cincin kawin palladium kini tidak lah sulit. Banyak toko perhiasan high end yang menjual cincin kawin palladium dengan desain beragam, mulai dari cincin kawin couple palladium, cincin kawin palladium simple, cincin kawin palladium exclusive hingga cincin kawin palladium yang dibuat sesuai dengan permintaan Anda atau yang biasa disebut cincin kawin palladium custom.

Cincin kawin palladium pun akan tampak lebih menarik jika digabungkan dengan batu permata sebagai hiasannya. Anda bisa menggunakan berlian untuk menambah kecantikan cincin kawin Anda, atau Anda juga bisa mengkombinasikan cincin kawin palladium Anda dengan logam lain seperti emas kuning atau emas merah sehingga membentuk cincin kawin dua warna.

Tidak hanya bisa membeli cincin kawin palladium melalui toko perhiasan terkemuka yang biasanya terdapat di berbagai pusat perbelanjaan saja, membeli cincin kawin palladium secara daring kini juga bisa Anda coba. Memang memerlukan kehati-hatian yang lebih dalam memilih toko perhiasan daring, tapi ada banyak cara untuk menemukan toko perhiasan daring yang terpercaya. Anda bisa langsung mencari lewat media sosial lalu melihat testimoni pembeli sebelumnya, Anda juga bisa bertanya langsung pada teman yang pernah membeli cincin kawin melalui toko perhiasan daring dan menanyakan bagaimana pengalaman mereka.

 Setelah membaca ulasan di atas tadi, semoga Anda semakin yakin untuk memilih logam palladium sebagai bahan utama cincin kawin Anda. Mulai dari harga beli, solusi bagi cincin kawin pria, berat cincin yang terasa ringan dan nyaman digunakan, sampai dengan mulai beragamnya desain yang disediakan oleh berbagai toko perhiasan, memilih cincin kawin palladium menjadi sebuah jawaban bagi Anda yang masih bimbang akan pilihan cincin kawin.

Saran bagi Anda, untuk mempersiapkan cincin kawin sejak jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan Anda, sehingga Anda tidak akan merasa terburu-buru. Dan pastikan, untuk memilih cincin kawin sesuai dengan ukuran jari Anda, jangan membeli yang satu nomer diatas atau satu nomer dibawah jari Anda. Semangat memilih!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *