Pakai Perhiasan Saat Lebaran Bikin Kamu Makin Anggun dan Menawan

Perhiasan Saat Lebaran yang Bikin Kamu Makin Anggun dan Menawan

Lebaran sebentar lagi. Kamu pasti sudah menyiapkan perintilan-perintilan untuk hari raya ini, bukan? Misalnya baju baru, mukena, sandal baru, dan sebagainya. Nah, jangan lupa juga untuk menyiapkan perhiasan saat lebaran.

Jangan salah, memakai perhiasan di hari lebaran ini penting, lho. Penampilanmu akan semakin anggun, menawan, dan elegan. Lalu, perhiasan yang seperti apa sih, yang cocok dikenakan saat hari raya? Simak ulasannya berikut ini!

Pentingnya Penampilan di Hari Raya

Urusan penampilan memang harus pas dengan situasi dan kondisinya. Penampilan diri saat hari raya Idul Fitri tentu berbeda dengan penampilan sehari-hari. Kenapa harus begitu?

  • Menghormati Hari Raya

Hari raya Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi setiap muslimah. Setelah sebulan penuh berpuasa, di hari raya semua orang merayakan dengan semarak. Penampilan yang sopan, bersih, dan wangi adalah bentuk penghormatan untuk hari itu.

Di hari raya Idul Fitri, Nabi Muhammad sendiri menganjurkan untuk memakai pakaian terbaik. Perlu diingat bahwa pakaian terbaik tidak harus baru. Yang penting suci dari kotoran dan najis.

  • Menunjukkan Citra Diri

Penampilan saat hari raya juga akan menunjukkan citra diri kamu sebagai seorang muslimah. Jika di hari-hari biasa kamu lebih memilih pakaian santai, maka di hari itu kamu memilih pakaian tertutup.

Sebut saja gamis atau abaya, lengkap dengan hijabnya. Penampilan seperti itu akan memancarkan auramu di hari kemenangan. Biasanya, gamis atau abaya didominasi warna putih sebagai simbol kesucian karena jiwa telah bersih.

  • Menunjukkan Prestise dan Kecantikan

Siapa sih, yang ingin berpenampilan kucel di hari raya Idul Fitri? Tentu tidak ada, ya. Semua orang ingin terlihat cantik dan gagah dengan penampilan terbaik mereka. Tidak pandang usia, kecil, dewasa, hingga tua semua akan tampil menarik.

Dengan berpakaian santun, anggun, dan menawan, kecantikan dirimu akan semakin terpancar. Apalagi jika kamu menambahkan perhiasan sebagai aksesori, hal itu dapat mendongkrak prestise diri.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Siapa nih, yang tidak bisa lepas dari pertanyaan ‘mematikan’ saat hari raya tiba? Seperti kapan nikah, pacarnya mana, dan sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan semacam ini pasti membuat telingamu panas, ya. Kadang juga bikin insecure kalau kamu tidak punya kepercayaan diri yang kuat.

Dengan penampilanmu yang menawan, rasa PD akan meningkat, lho! Misalnya, ketika kamu memakai perhiasan bagus. Kamu akan lebih tenang menjawab pertanyaan tersebut dan membuat si penanya berpikir kamu sudah bahagia dan cukup secara finansial meski belum menikah. Tuh, perhiasanmu yang bicara.

Perhiasan Sebagai Penunjang Penampilan

Mengenakan perhiasan saat lebaran bukan sebuah tindakan pamer atau lebay. Niatkan itu untuk membuat penampilanmu semakin stunning. Tak hanya bisa menunjang penampilan, perhiasan juga menegaskan banyak hal.

  • Mapan dan Cukup

Di hari raya Idul Fitri, mungkin kamu dan keluarga besar akan berkumpul. Di situ, kamu akan bertemu dengan anggota keluarga yang mungkin jarang kamu temui sehari-hari. Mulai dari sepupu-sepupu, om dan tante, nenek-kakek, dan banyak lagi.

Mereka semua juga mungkin saja tidak tahu bagaimana kondisi pekerjaanmu saat ini. Dengan memakai perhiasan yang menawan, mereka tidak perlu lagi bertanya. Kamu sudah menunjukkan bahwa saat ini kamu telah mapan dan berkecukupan.

  • Family Goals

Dengan memakai perhiasan, bukan hanya kamu saja yang tampil stunning, lho. Khususnya untuk kamu yang sudah berkeluarga, hal ini juga akan mengangkat harga diri suamimu. Bagaimana tidak? Cantik tidaknya istri kan, tergantung pada perlakuan suami.

Keluarga besar yang melihatmu mengenakan perhiasan indah tentu akan menilai suamimu dengan baik. Itu juga menegaskan bahwa kondisi finansial rumah tanggamu tercukupi. Nah, kalau sudah begini, kamu dan suami pasti akan jadi family goals untuk saudara-saudaramu.

  • Kelas Sosial

Dipandang remeh memang tidak mengenakkan, ya. Namun, kadang hal seperti itu bisa terjadi saat keluarga besar berkumpul. Seperti ada saja komentar-komentar nyelekit tentang pekerjaan atau dibanding-bandingkan dengan sepupu-sepupu yang lain.

Jika kamu mengenakan perhiasan menawan, hal ini tidak akan terjadi. Perhiasan adalah barang yang dapat menunjukkan kelas sosialmu. Semakin bagus dan mahal perhiasan yang dikenakan, semakin orang bisa menyimpulkan isi dompetmu.

Perhiasan yang Cocok Saat Lebaran

Perhiasan yang Cocok Saat Lebaran

Memakai perhiasan saat lebaran tidak seperti memakai perhiasan ketika kamu pergi ke pesta. Ingat bahwa perhiasan ini hanya untuk menunjang penampilanmu dengan baik. Maka dari itu, jangan sampai kamu terkesan berlebihan atau bahkan pamer. Begini tips mengenakan perhiasan di hari Idul Fitri.

  • Sesuaikan dengan Baju

Jangan sampai tampil terlalu ramai. Bukan elegan, nanti malah jadi kelihatan norak. Jika baju muslimmu penuh dengan payet atau ornamen di bagian dada, tidak usah mengenakan kalung yang berlebihan. Bros elegan yang sederhana akan lebih cocok disematkan di hijab. Namun, jika baju muslimmu polosan saja, memakai kalung panjang dengan liontin besar sekalipun bukan masalah.

  • Lakukan Eksperimen

Melakukan eksperimen atau mix and match sebelum hari raya bisa kamu coba. Tujuannya agar kamu semakin percaya diri. Misalnya kamu bisa mencocokkan perhiasan rose gold dengan emas putih. Matching-kan dengan warna baju yang sesuai juga tidak ada salahnya, agar perhiasan dan bajumu tidak terkesan tabrak lari.

  • Seimbangkan Penampilan

Kamu ingin orang-orang lebih fokus ke perhiasanmu? Maka kenakanlah outfit yang minimalis. Sebaliknya, jika kamu ingin perhiasanmu hanya sebagai pelengkap, kenakan perhiasan minimalis. Outfit-mu yang kece badai sudah cukup menyita perhatian, kok. Intinya, seimbangkan penampilanmu agar tidak terlihat berlebihan.

  • Pemakaian yang Tepat

Artinya, jangan memakai lebih dari satu perhiasan di tempat yang sama. Contohnya jangan memakai bros dan liontin kalung bersamaan. Kalau sudah mengenakan bros, jangan pakai liontin.

Begitu pula jika ingin mengenakan cincin dan gelang sekaligus, jangan pakai keduanya di tangan yang sama, ya. Pilih juga perhiasan yang sesuai dengan kepribadianmu agar kamu semakin percaya diri dan nyaman.

Itu dia tips yang bisa kamu coba untuk memakai perhiasan saat lebaran. Nah, ini dia hal yang harus kamu hindari!

  • Jangan Terlalu Berlebihan

Urungkan niat untuk memakai semua koleksi perhiasanmu. Tampil maksimal bisa kok, tanpa harus berlebihan. Masih ingat moto ‘less is more’, bukan? Apalagi untuk perhiasan, yang sudah memancarkan kilaunya tanpa harus berlebihan.

Mungkin saja kamu tertarik memakai cincin emas berukuran besar. Jika iya, maka jangan kenakan cincin lain di tangan yang sama. Misalnya juga, kamu ingin mengenakan gelang lebih dari satu. Maka, pilihlah gelang dengan desain polosan saja, serta jangan memakainya lebih dari tiga buah.

  • Ikut Lebih dari Satu Tren

Boleh kok, mengikuti tren perhiasan saat ini. Namun, untuk hari raya, jangan menerapkan semua tren, ya. Cukup gunakan satu tren saja dan mix and match-kan dengan busana hari rayamu. Menerapkan semua tren tidak cocok untuk momen hari raya seperti ini. Bisa-bisa kamu dibilang toko perhiasan berjalan, lho.

Itulah ulasan tentang pemakaian perhiasan saat lebaran. Bagaimana, kamu sudah dapat inspirasi OOTD dan perhiasan untuk menyambut hari raya nanti?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.