Cincin Palladium

Alasan Cincin Palladium Lebih Disukai Laki-laki

Cincin palladium kini menjadi tren di kalangan para pria. Tak hanya itu, logam ini juga menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang mulai bosan dengan emas. Palladium merupakan salah satu logam yang ideal untuk sebuah perhiasan. Oleh karena itu, banyak pria yang memilih logam ini untuk cincin mereka.

Apa itu cincin berbahan palladium? Cincin palladium adalah cincin yang berwarna abu-abu mirip putih dengan bentuk simpel yang cocok untuk dijadikan cincin kawin laki-laki. Warna abu-abu ini didapatkan dari bahan asalnya, yakni palladium yang merupakan logam perak putih yang langka dan mampu mengubah emas yang awalnya kuning menjadi putih.

Cincin berbahan palladium tidak teroksidasi oleh asam yang menjadi salah satu sebab cincin cepat menghitam. Di suhu ruangan pun, cincin berbahan palladium dapat bertahan dari korosi udara, sebab bahannya memiliki kemampuan serap hidrogen yang lebih tinggi. Ini berarti, memiliki cincin berbahan palladium sendiri berarti memiliki cincin yang tidak mudah pudar dan awet dari segi warna!

Karena ketahanannya dari karat, goresan, juga modelnya yang relatif simpel, tidak heran bila cincin ini menjadi idaman para lelaki. Apalagi, mengingat aktivitas laki-laki yang biasanya lebih banyak dari perempuan, tidak heran bila cincin palladium ini menjadi salah satu alternatif cincin kawin laki-laki yang banyak dicari! Selain hal-hal yang tadi disebutkan, rupanya cincin palladium sendiri memiliki sederet alasan yang membuatnya makin disukai laki-laki, seperti:

Termasuk Logam Berharga

Sama seperti emas, platinum, dan perak, palladium pun termasuk salah satu logam berharga atau logam mulia. Karena itulah palladium merupakan logam yang ideal untuk dijadikan perhiasan. Selain empat logam tersebut, logam lain yang juga biasa digunakan untuk membuat perhiasan seperti tembaga, aluminium, dan tungsten, tidak dianggap sebagai logam mulia.

Harga Terjangkau

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, palladium merupakan logam mulia dengan harga yang terjangkau. Selain itu, walaupun palladium termasuk keluarga Platinum dengan keindahan yang hampir serupa, namun harganya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Platinum.

Tahan Lama

Banyak pria yang bekerja di luar ruangan atau senang melakukan aktivitas yang berat dan ekstrem. Karena itulah mereka membutuhkan cincin kawin dengan daya tahan yang kuat dan tidak mudah rusak, seperti palladium.

Ringan

Tak seperti platinum, cincin palladium memiliki berat yang lebih ringan. Logam palladium memiliki kepadatan yang lebih rendah, sekitar 40% lebih ringan daripada platinum. Jadi, kamu tak akan merasa risih dan terganggu saat menggunakan cincin kawin palladium untuk sehari-hari.

Tidak Mudah Noda

Hal lain yang menjadi keuntungan logam palladium adalah logam ini tidak mudah ternoda. Jika logam perak akan noda seiring berjalannya waktu, maka hal tersebut tidak berlaku untuk palladium. Walaupun telah lama digunakan, paladium tidak akan rusak karena teroksidasi unsur yang mengandung udara. Tak hanya itu, cincin palladium pun tak akan menjadi kusam atau kuning seiring berjalannya waktu.

Hypoallergenic

Logam palladium memiliki sifat hypoallergenic atau tidak menimbulkan reaksi alergi. Logam yang mengandung nikel biasanya dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit, misalnya gatal-gatal, ruam, hingga menimbulkan bekas kemerahan. Jadi, jika kamu seringkali alergi saat menggunakan perhiasan dari logam tertentu, maka kamu dapat memilih palladium karena lebih aman untuk digunakan oleh para pemilik kulit sensitif.

Dengan kelebihan-kelebihan yang sudah disebutkan tadi, kamu bisa lihat sendiri mengapa palladium menjadi pilihan untuk cincin kawin laki-laki. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang masih belum familier dengan cincin ini dan lebih menyukai cincin emas. Padahal, cincin emas tidak diperbolehkan dalam beberapa agama untuk dikenakan oleh laki-laki. Sayang sekali, bukan, kalau hanya membeli cincin emas untuk cincin kawin, tapi tidak pernah dipakai?

Akan tetapi, cincin palladium sendiri bukannya lepas dari kekurangan. Sama seperti logam-logam mulia lainnya, palladium memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah harga jual kembali cincin palladium yang rendah, tidak seperti cincin emas. Jika kamu berencana untuk membeli perhiasan dan menjadikannya instrumen investasi setelah upacara pernikahan, maka cincin kawin dari palladium bukanlah benda yang tepat! Hal ini dikarenakan tidak semua toko cincin kawin mau menerima cincin palladium. Jadi, bila kamu membeli cincin palladium, jangan membelinya dengan harapan bisa menabung. Simpanlah cincin palladiummu baik-baik, toh, dijual pun percuma karena harganya turun jauh.

Murni

Faktor lain yang membuat para pria memilih palladium adalah karena palladium termasuk logam murni. Karena inilah palladium sering disebut 950 palladium. Hal ini juga yang menjadi kandungan standar (95% kandungan palladium) di Amerika Utara dan Eropa Barat jika ingin menggunakan palladium sebagai perhiasan.

Setelah melihat beberapa keutungan cincin palladium di atas, tentunya kamu tak ragu lagi ‘kan memilih logam palladium? Kamu bisa kunjungi webstore V&Co Jewellery untuk melihat koleksi cincin palladium dengan desain dan harga yang sesuai dengan seleramu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *