Membeli Cincin Tunangan

Menikah adalah salah satu keputusan yang penting dan biasanya terjadi sekali seumur hidup. Maka dari itu segalanya harus disiapkan dengan matang. Tak terkecuali cincin untuk tunangan. Cincin tunangan penting dalam pemilihannya. Apalagi terkadang, pria sangat sulit menentukan pilihan untuk cincin tunangannya dan pasangannya. Ingat, ya, cincin tunangan itu berbeda dengan cincin kawin. Cincin tunangan tidak sepasang, beda dengan cincin kawin yang sepasang. Nah, V&Co Jewellery punya panduan membeli cincin tunangan untuk pria. Simak artikelnya di bawah, yuk!

Menentukan Model Kesukaan

1. Cincin Tunangan Seperti Apa yang Disukai Tunanganmu?

Cari tahulah cincin seperti apa yang diinginkan tunanganmu. Mengetahui model cincin pertunangan yang ia sukai akan membantu kamu mempersempit kemungkinan yang ada. Jika kamu ingin pertunanganmu menjadi kejutan, perhatikan bagaimana ia mengomentari cincin yang ia lihat di toko atau ketika teman-temannya yang lain bertunangan. Kamu juga bisa bertanya kepada teman-temannya jika kamu merasa tidak yakin. Mereka biasanya akan mengetahui model seperti apa yang tunanganmu inginkan.

Jika pertunanganmu bukan sebuah kerjutan, lebih baik tanyakan kepada tunanganmu cincin seperti apa yang ia inginkan. Berbelanjalah berdua dan biarkan ia memilih beberapa model yang ia suka. Jadi tidak akan ada kemungkinan tunanganmu tidak menyukai cincin tunangan yang kamu berikan.

2. Cari Tahu Ukuran Cincinnya

Mencari tahu ukuran cincin calon tunangan, dapat meyakinkan kamu bahwa pada saat kamu melamarnya, kamu sudah memiliki cincin yang sempurna untuknya. Orang lain biasanya tidak mengetahui ukuran cincin mereka. Bawalah cincin yang sering ia kenakan dan ukurlah. Beberapa orang lebih menyukai cincin yang sedikit lebih longgar untuk menghindari pembengkakan. Saat membeli cincin tunangan, kamu bisa memperbesar atau memperkecil ukuran cincin sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:  Cara Mengetahui Cincin Emas Putih Asli dan Palsu

3 Tentukan Anggaran yang Masuk Akal

Mengetahui seberapa banyak uang yang bisa kamu pakai untuk membeli cincin sangatlah penting. Dapatkan cincin yang sempurna untuk calon tunangan kamu tanpa terlibat utang. Bersikap realistislah terhadap apa yang bisa kamu beli. Sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Jangan sampai memaksakan juga, ya! Jika kamu mengetahui anggaran sebelum mencari dan membeli cincin tersebut, kamu bisa membuat beberapa aspek seperti potongan dan warna cincin. Hal ini meyakinkan kamu untuk mendapatkan kualitas terbaik dan sesuai dengan uang yang dikeluarkan.

Mencari Cincin Pertunangan

1. Ketahuilah Dua Komponen Sebuah Cincin

Membeli cincin tunangan bukanlah tugas yang mudah seperti pergi ke sebuah toko dan langsung memilih. Dengan dibekali pengetahuan mengenai cincin yang disukai tunanganmu dan sedikit informasi tentang berbagai komponen cincin pertunangan, kamu bisa dengan mudah membuat pilihan yang tepat. Setiap cincin terdiri dari dua bagian, desain rangka dan batunya. Ada berbagai macam kombinasi logam, batu, bentuk dan potongan yang bisa dikombinasikan sebagai cincin pertunangan yang sempurna untuk calon tunanganmu.

2. Tentukan Desain Rangka Cincin

Desain rangka adalah kerangka logam cincin yang meningkatkan kecantikan batu dalam sebuah cincin. Desain rangka biasanya dibuat dari logam-logam mulia seperti emas, platina, atau palladium. Perak juga bisa dijadikan pilihan. Platinum adalah logam antialergi dan merupakan pilihan yang baik untuk seseorang yang berkulit sensitif.

3. Tentukan Model Rangka Cincin

Setelah memutuskan logam mulia yang kamu inginkan sebagai bahan rangka cincin, kamu bisa mencari tahu model rangka yang kamu inginkan. Ada banyak pilihan seperti klasik, pave, bezel atau channel. Kamu juga bisa memilih desain setelah menentukan batu yang akan digunakan. Seringkali, kecantikan batu cincin dipengaruhi oleh logam mulia rangkanya. Sebagai contoh, berlian transparan terlihat bagus di cincin dengan rangka yang terbuat dari emas putih atau platinum karena emas kuning akan memantulkan sedikit warna kuning pada bebatuan yang transparan. Kamu juga bisa merakit cincin pertunangan desain sendiri yang cocok dengan kepribadian, selera, dan ukuran jari tunanganmu.

Baca juga:  Kelebihan yang Kamu Dapatkan Bila Kamu Memilih Cincin Tunangan Palladium

4. Pilihlah Batu Cincin

Bagian ini adalah bagian yang tersulit saat membeli cincin tunangan karena batu memiliki banyak perhitungan. Batu adalah apa yang diletakkan pada rangka cincin dan merupakan fokus utama dari cincin pertunangan.

5. Pilihlah Warna Batu

Biasanya cincin pertunangan adalah berlian murni. Berlian yang tak berwarna, berbentuk bulat, dan dipotong dengan baik masih menjadi favorit untuk dijadikan cincin tunangan. Banyak orang yang menjadikan batu hias lain untuk cincin tunangannya, seperti safir, zamrud, atau delima. Baik sebagai batu utama atau sebagai hiasan untuk membingkai batu utama.

Membeli Cincin Pertunangan

1. Kenali Pilihan Kamu

Ada banyak cincin pertunangan yang dijual dan pastikan bahwa kamu memilih cincin yang tepat untuk calon tunangan kamu dengan mengenali model-model yang tersedia di berbagai toko.

2. Kunjungi Beberapa Toko yang Berbeda

Kunjungi beberapa toko untuk melihat-lihat dan mencari tahu apa yang setiap toko tawarkan dari segi model cincin dan faktor lain seperti asuransi dan kebijakan pengembaliannya. Carilah toko perhiasan yang besar, agar menjamin kualitas pula. Kamu bisa mencoba untuk datang ke V&Co Jewellery, tak perlu takut dengan kualitasnya.

Nah, cara-cara di atas bisa membantu kamu dalam membeli cincin tunangan, lho! Masih bingung ingin membeli di toko perhiasan mana yang paling terpercaya? Kamu bisa coba V&Co Jewellery, lho! Kamu bisa jamin kualitas dan harga yang pas untuk budget kamu.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin