8 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Cincin Titanium

8 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Cincin Titanium

Ada banyak jenis bahan cincin yang bisa kamu pilih. Tentu banyak orang yang memikirkan emas putih maupun kuning yang dijadikan bahan dasarnya. Mungkin juga ada bahan lainnya seperti perak hingga palladium. Namun, tahukah kamu bahwa ada bahan lain yang bisa kamu pilih yaitu cincin titanium. Yuk kenali lebih dalam mengenai perhiasan ini.

1. Bahan yang Cukup Menarik Perhatian

Meski tidak seterkenal perak apalagi emas, titanium ternyata cukup dilirik oleh para penggila perhiasan. Cukup banyak orang yang memilih titanium sebagai salah satu bahan dasar perhiasan. Hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan di toko perhiasan. Karakteristik bahannya menjadi salah satu keunggulan dari titanium.

2. Memiliki Karakteristik yang Unik

Tentu sesuai namanya, cincin titanium dibuat dari bahan yang disebut dengan titanium. Mengapa bahan ini begitu banyak menarik perhatian orang? Titanium digemari karena sifat bahannya yang ringan. Meski ringan, bahan logam ini ternyata punya kekuatan kurang lebih mirip seperti baja. Tentu saja sangat cocok dipakai sebagai cincin nikah.

Salah satu karakteristik dari cincin nikah adalah harus tahan lama. Perlu diingat bahwa cincin nikah harus dipakai kemana-mana dan untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Kalau bahan yang dipakai tidak kuat, tentunya cincin akan mudah rusak. Kondisi ini bisa merugikan kamu apalagi pasangan. Begitu pula jika ingin menjadikannya sebagai koleksi. Tentu harus dipastikan kuat dan tahan lama.

3. Tidak Mudah Berkarat

Tidak hanya karakteristiknya yang kuat seperti baja, bahan titanium juga tidak mudah berkarat. Banyak orang yang merasa malas untuk melakukan perawatan cincin. Apalagi memang ada sebagian bahan perhiasan yang harus betul-betul dirawat. Bila tidak cincin tersebut akan dengan mudah mengalami karat.

Berbeda dengan titanium yang lebih kuat sehingga tak mudah berkarat. Pastinya akan merugikan bagi kamu jika perhiasan mudah berkarat. Selain bisa mengurangi nilai dari perhiasan tersebut, kondisi ini juga merusak kulit. Maka jika kamu ingin mencari bahan yang tahan lama tentu cincin titanium adalah pilihan yang sangat tepat.

4. Tidak Membuat Alergi

Alergi pada kulit bisa dipicu oleh banyak hal. Misalnya saja karena makanan atau bahkan karena perhiasan. Banyak orang yang bahkan tidak bisa memakai jenis perhiasan apapun seperti kalung, gelang, anting hingga cincin karena alergi tersebut. Biasanya orang mengalami kondisi ini jika memakai bahan yang tidak sesuai.

Tiap orang bisa saja memiliki perbedaan alergi. Ada yang alergi terhadap cincin perak, emas atau bahan lainnya. Jika muncul ruam berwarna merah saat memakai perhiasan, sudah dipastikan kamu alergi terhadap berbagai jenis logam. Hal inilah yang membuat kamu harus berhati-hati ketika memilih perhiasan seperti cincin.

Titanium menjadi bahan yang disukai orang karena risiko alerginya sangat kecil. Logam satu ini masuk ke dalam daftar logam yang hypoallergenic atau risiko yang minim mengalami alergi. Kondisi ini membuat kamu tetap aman memakai perhiasan meskipun kulitnya sensitive. Ada banyak jenis logam yang sebenarnya bisa mencegah alergi.

Sebut aja palladium, rhodium hingga platinum. Salah satu penyebab deretan logam ini tidak memunculkan alergi karena sifat anti-karat yang mereka punya. Maka, kamu sebaiknya mencatat alergi yang muncul oleh perhiasan. Jangan sampai salah beli atau salah pilih bahan sebab harga perhiasan bukan termasuk harga yang murah!

8 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Cincin Titanium
Foto: Pikist

5. Sulit Diubah Bentuknya

Sebenarnya ada sisi baik dan buruk jika kamu memilih bahan yang kuat seperti titanium. Di sisi lain tentu kamu akan mendapat perhiasan yang awet. Namun kalau terlalu kuat, tentu akan sulit bagi kamu mengubah bentuk dari cincin tersebut. Maka, kamu harus benar-benar memastikan model dan juga ukurannya.

Jangan sampai ketika perhiasan tersebut sudah jadi, ukurannya malah terlalu kecil ataupun terlalu besar. Bentuk cincin akan sulit diubah sesuai dengan ukuran tersebut. Apalagi jika bukan karena bahannya terlalu kuat. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memastikan ukurannya yang pas.

6. Tidak Bisa Digabung dengan Permata Lainnya

Cincin biasanya dibuat sedemikian rupa supaya sesuai dengan desain dan keinginan kamu. Tak hanya bentuknya yang mungkin sedikit ubah, kamu juga mungkin menyematkan beberapa tambahan elemen misalnya berlian atau batu permata.

Namun sebaiknya kamu tidak memakai bahan tersebut karena pada saat pembuatannya, bahan harus dipanaskan dalam temperature tinggi agar bisa menaruh berlian tersebut. Namun kondisi ini bisa merusak logam dalam titanium.

Maka sering kali kamu akan menemukan cincin titanium yang modelnya sederhana. Biasanya modelnya ukiran nama pasangan jika digunakan untuk cincin kawin. Atau mungkin dibentuk dengan aksen tertentu. Sangat jarang bila kamu menemukan cincin bahan titanium yang memiliki batu berlian dan permata.

7. Memiliki Sifat Berkilau

Jangan hanya menganggap bahwa perhiasan dari bahan emas saja yang bisa berkilau dan mencuri perhatian. Kelebihan dari bahan titanium adalah memiliki sifat berkilau. Hal ini menjadi kelebihan dari bahan cincin tersebut. Kilauan dari cincin titanium ini membuatnya sangat indah dipandang. Maka tak heran banyak orang yang jatuh cinta dengan bahan ini.

Kilaunya juga bisa dibilang tahan lama. Bila cincin harus tergesek dengan benda lainnya, cincin juga tidak akan menghitam dan tetap awet kilauannya. Kamu tak perlu khawatir bila perhiasan dari titanium akan berubah warna jika terpapar debu atau air. Apalagi tampilannya yang klasik membuat titanium terlihat semakin mahal.

8. Harga Terjangkau

Ini bisa menjadi kelebihan bahan titanium yang mendorong kamu untuk memilih bahan ini. Perhiasan tak harus mahal karena ada bahan yang bisa membuatnya terjangkau, termasuk titanium. Harga yang terjangkau bisa menjadi pertimbangan penting ketika kamu ingin membeli perhiasan dengan harga yang terjangkau.

Sebut saja satu gram emas yang bisa mencapai harga Rp 1 juta per gram. Ada juga bahan perak yang mencapai ratusan ribu per gram. Bahkan berlian yang bisa mencapai belasan juta untuk setiap karatnya. Kamu bisa membeli perhiasan dari titanium dengan harga yang lebih terjangkau. Jika dilihat di berbagai toko online harganya mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah per gram.

Tak hanya logam yang terjangkau, modelnya juga simple dan tetap elegan. Maka tak heran jika harga yang dipatok untuk cincin titanium misalnya tidak terlalu mahal. Kamu bisa menjadikan ini sebagai alternatif untuk cincin tunangan atau nikah sekalipun. Jangan khawatir dari segi kualitas. Dari paparan di atas bisa dibayangkan bahwa cincin titanium tetap berkilau dan tampak elegan meski harganya jauh di bawah perak dan emas.

Ada banyak faktor yang perlu kamu perhatikan dan sesuaikan saat membeli perhiasan. Jika kamu memiliki perhatian seputar harga, cincin titanium adalah pilihan yang tepat. Namun, bila kamu ingin cincin yang lebih fashionable, tidak ada salahnya untuk beralih ke cincin emas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.