Inspirasi Model Cincin Tunangan Lucu untuk Hari Spesialmu

Saat bertunangan, hal yang tak mungkin dilupakan adalah cincin tunangan. Jika kamu ingin punya sesuatu yang unik dalam pertunangan kamu bisa memilih desain cincin tunangan lucu. Penasaran seperti apa modelnya?

Nah, cincin tunangan lucu merupakan model yang tak biasa dan unik. Biasanya model cincin ini juga mengikuti kesukaan dari kamu yang memiliki cincin. Maka dari itu, berikut ini sederet rekomendasi model cincin tunangan lucu yang bisa kamu pilih.

Model Mahkota

Cincin dengan model mahkota cukup populer dan juga mudah sekali ditemukan di hampir semua toko emas. Cincin tunangan dengan model mahkota ada yang dijual sepasang, tetapi ada juga yang dijual dengan model untuk wanita saja.

Mahkota adalah lambang kekuasaan dan kepemimpinan. Layaknya sepasang raja dan ratu, pasangan yang memilih cincin tunangan model mahkota umumnya menggunakannya sebagai simbol yang menyatakan bahwa si pria adalah raja, sementara sang perempuan adalah ratunya.

Memilih cincin pertunangan dengan model mahkota kerap diiringi harapan agar kedua pasangan menjadi pemimpin dalam rumah tangga yang akan mereka jalani setelah menikah kelak.

Model Kupu-Kupu

Pada model cincin tunangan lucu ini, kupu-kupu merupakan utama pada cincin tunangan tersebut. Kupu-kupu merupakan salah satu hewan yang memiliki bentuk dan warna yang indah. Keindahan bentuk kupu-kupu inilah yang membuatnya sering dijadikan objek atau motif beragam perhiasan, aksesori, pajangan, dan juga lukisan.

Banyak cincin tunangan dan cincin kawin yang dibentuk seperti kupu-kupu karena dianggap lucu dan menarik perhatian kaum hawa. Jika dipesan secara khusus, desain model dan ukuran kupu-kupu pada cincin juga bisa disesuaikan dengan keinginanmu, lho!

Model Daun

Cincin tunangan model daun juga tergolong lucu dan menarik. Bentuk daun yang sederhana membuat cincin tunangan terlihat manis dan anggun saat dikenakan. Bentuk cincin tunangan model daun yang paling umum adalah dengan mengatur agar daun-daun yang menghiasi cincin melingkar mengitari batu permata di bagian tengah.

Baca juga:  Bagaimana Menentukan Desain Cincin Nikah yang Unik dan Menarik?

Desain ini membuat cincin tunangan tersebut terlihat seperti dihiasi tanaman merambat atau seperti setangkai bunga dengan batu permata sebagai bunganya.

Model Bunga

Bunga merupakan salah satu objek paling umum yang sering digunakan pada berbagai benda, khususnya aksesoris atau perhiasan. Cincin tunangan dengan model bunga juga bukanlah hal yang asing lagi. Meski demikian, masih banyak yang mencari desain cincin seperti ini karena membuat cincin tunangan terlihat lucu dan feminin.

Di antara banyak bunga, mawar merupakan bentuk bunga yang paling sering digunakan sebagai objek pada cincin tunangan atau cincin kawin. Bentuk bunga seringkali digunakan pada cincin tunangan atau cincin kawin karena bunga dikenal sebagai tanda atau ungkapan cinta seseorang kepada orang yang dikasihinya.

Dari sekian banyak jenis bunga yang ada, bunga mawar adalah jenis bunga yang paling umum digunakan karena bentuknya yang indah. Selain itu, bunga mawar merah merupakan simbol cinta antara pria dan wanita. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika kamu mencoba jenis bunga yang lain.

Kini sudah mulai banyak toko perhiasan yang menyediakan model cincin berbentuk bunga lotus dan bunga matahari yang tampak menawan untuk cincin tunangan atau cincin kawin. Tentu saja menyesuaikan dengan selera kamu.

Model Pita

Mau Punya Cincin Tunangan Lucu? Ini Rekomendasi Modelnya

Simbol pita merupakan bentuk yang paling sering dikaitkan dengan benda-benda yang girly dan lucu. Model pita sendiri sangat cocok untuk perempuan dengan sifat yang feminin serta lembut.

Model pita yang digunakan pada cincin tunangan akan terlihat sangat manis dan menawan dikenakan, terlebih apabila perempuan yang menggunakannya memiliki karakter yang periang. Cincin tunangan model pita cenderung lebih cocok diberikan pada perempuan dengan usia yang lebih muda.

Baca juga:  Fungsi Mahar Pernikahan Menurut Islam

Model Simpul

Mau Punya Cincin Tunangan Lucu? Ini Rekomendasi Modelnya

Simpul merupakan simbol paling umum yang digunakan untuk melambangkan ikatan. Mengingat cincin tunangan juga berfungsi sebagai cincin ikatan yang menandakan pasangan sudah siap melangkah menuju jenjang pernikahan, desain ini merupakan pilihan yang tepat sekali.

Cincin tunangan model simpul kerap dianggap lucu dan menarik karena bentuk-bentuk simpul yang beragam. Meski lucu dan unik, cincin tunangan model simpul tetap terlihat sederhana, tetapi elegan, untuk digunakan sehari-hari.

Model Kunci dengan Gembok

Kunci dan Gembok merupakan kombinasi yang paling sering ditemukan pada cincin tunangan lucu. Model ini dapat menjadi inspirasi bagi pasangan yang sedang mencari cincin tunangan yang lucu dan unik. Simbol kunci dan gembok yang terdapat pada perhiasan, baik untuk cincin maupun kalung, memiliki arti mendasar bahwa kedua orang yang mengenakannya terikat satu sama lain.

Seperti analogi kunci dan gembok, di mana gembok hanya dapat dibuka oleh 1 kunci yang menjadi pasangannya. Hati seorang pria tidak dapat dibuka oleh perempuan yang bukan pasangannya. Dengan mengenakan cincin tunangan berbentuk kunci dan gembok, pasangan tersebut mengisyaratkan perasaan satu sama lain yang sudah terkunci dan tidak bisa digantikan oleh orang lain.

Model Kunci Nada atau Not Balok

Model yang satu ini terbilang sangat unik karena sangat jarang ditemukan sebagai model cincin tunangan. Cincin model kunci nada atau not balok sangat cocok dijadikan inspirasi bagi pasangan yang menyukai musik. Bentuk kunci nada atau not balok yang berukuran kecil akan menjadikan cincin tunangan ini tidak hanya terlihat lucu dan unik, tetapi juga manis dikenakan dan tentunya melambangkan kepribadian si pemakainya.

Sejak Kapan Memakai Cincin Tunangan?
Baca juga:  Cara Membersihkan Cincin Silver

Christmas is the most popular time for marriage proposals, says research
Mungkin kamu penasaran mengapa tunangan erat kaitannya dengan cincin. Ternyata sebelum cincin dipakai untuk pernikahan, cincin mula-mula dipakai untuk proses pertunangan. Sejarah cincin kawin dalam upacara perkawinan berasal dari abad pertama masehi. Pada masa kekaisaran Romawi, perhiasan cincin digunakan dalam acara pertunangan untuk pertama kalinya. Pertunangan tersebut adalah janji yang dibuat untuk mekawin di masa yang akan datang.

Di masa tersebut tradisi kekaisaran Romawi masih sangat kental dalam masyarakat, sehingga banyak tradisi setempat yang dimasukkan ke dalam ritual perkawinan agama kristen. Salah satunya adalah pertukaran cincin. Di abad ke-9, gereja kristen mulai mencantumkan cincin kawin dalam tata perkawinan mereka.

Bahkan dalam sejarahnya seseorang yang belum menikah dan masih dalam fase tunangan hanya memakai cincin untuk wanita saja. Sementara ketika sudah menikah baru keduanya memakai cincin. Seiring perkembangan zaman, ada banyak versi dalam cincin tunangan ini.

Ada sebagian orang yang menyematkan cincin tunangan di kedua belah pihak. Namun ada pula yang memilih memakai perhiasan lain seperti kalung. Tentu saja tidak ada aturan baku karena ini adalah simbol komitmen. Maka dari itu, kamu memang bisa memilih model cincin tunangan lucu.

Pada dasarnya tidak ada model baku untuk cincin tunangan. Maka dari itu, kamu dan pasangan bisa memilih modelnya sesuai dengan keinginan masing-masing. Jangan lupa untuk memilih bahan serta warna yang disesuaikan pula dengan selera. Kalau kamu masih bingung menentukannya, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan toko cincin tunangan pilihanmu!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin