Sebuah pertunangan dimaksudkan untuk mengikat sepasang insan manusia agar kelak dapat menikah pada masa yang telah direncanakan. Banyak adat dan budaya di Indonesia yang menjadikan pertunangan sebagai tradisi sebelum menggelar sebuah pernikahan. Namun tertarik kah kamu menggunakan cincin tunangan titanium?

Masih banyak orang yang hanya mengetahui tentang cincin emas kuning maupun emas putih saja. Sayangnya, emas merupakan logam yang lunak dan tidak termasuk cincin yang kuat dan tahan lama. Terlebih lagi apabila kandungan yang ada didalamnya memiliki tingkat kemurnian yang tinggi.

Namun, ternyata masih banyak cincin berbahan dasar logam lain yang lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan sebuah emas. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah cincin yang kuat  tidak dapat diganti ukurannya, jadi pastikan dengan benar hingga berulang kali ukuran yang ingin dibeli.

Selain itu cincin yang kuat dan tahan lama pun juga susah untuk dibuat dengan berbagai macam model karena tingkat kekerasannya. Akan tetapi, hal ini tidak menjadi masalah bagi sebagian orang. Sebab, bahan dasar yang dibuat untuk cincin merupakan logam yang bagus. Seperti cincin titanium yang merupakan salah satu pilihan logam tahan lama.

Mengenal Titanium

Mengenal Cincin Tunangan Dengan Titanium

Kamu sebagai pencinta perhiasan khususnya cincin, pasti menginginkan jenis cincin terkuat dan tahan lama. Saat mencari model cincin tunangan atau bahkan cincin pernikahan, tentunya kamu akan memilih cincin terbaik sebab cincin merupakan simbol ikatan cinta antara pria dan wanita.

Titanium merupakan jenis logam transisi yang memiliki simbol Ti dan memiliki nomor atom 22 pada tabel periodik. Logam yang dikenal kuat dan tahan korosi ini banyak ditemukan pada kerak bumi, terutama pada mineral-mineral, seperti ilmenite.

Selain itu kandungan titanium juga bisa ditemukan pada mineral lain, seperti sphene, rutil, perovskit, leucoxene, anatese, serta brookite. Titanium sendiri terkandung di dalam mineral-mineral tersebut, yang mana ketika mineral ini mengalami pelapukan hanya akan menyisakan titanium saja. 

Titanium sudah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia, seperti peralatan bedah, kerangka sepeda, gunting, pisau, sarung tangan penjaga gawang, raket bulutangkis, hingga perhiasan. Penggunaan titanium ini sangat menguntungkan sebab bobot logam ini cukup ringan, namun memiliki ketahanan yang cukup kuat.

Titanium berwarna putih perak berkilau ini juga tahan akan korosi, larutan asam pekat maupun bila dibakar pada suhu tinggi. Titik lebur titanium sendiri mencapai suhu 1660 oC.

Harga titanium tentu jauh lebih murah dibanding berbagai logam mulia lain sebab keberadaannya cukup melimpah. Setidaknya setiap tahunnya produksi titanium di seluruh dunia mencapai 90 ribu ton.

Cincin Tunangan Dengan Titanium

Bahan logam titanium ini sangat cocok sebagai alternatif pembuatan cincin tunangan. Kamu bisa membuat berbagai macam model cincin dari bahan ini. Selain itu, material ini juga bisa diberi warna sesuai dengan keinginan kamu. Bobot dari cincin ini juga cukup ringan, sehingga nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Kelebihan lainnya adalah ketahanannya terhadap korosi cincin nikah dari bahan titanium tidak membutuhkan perawatan yang sulit agar bertahan lama. cincin nikah yang berbahan titanium juga tidak akan berubah warna meskipun dipakai dalam jangka lama.

Banyak orang yang merasa malas untuk melakukan perawatan pada cincin. Apalagi memang ada sebagian bahan perhiasan yang harus betul-betul dirawat. Bila tidak cincin tersebut akan dengan mudah mengalami karat. Kamu bisa memilih material cincin titanium ini sebagai pilihan yang tepat untuk cincin tunangan..

Titanium juga merupakan logam yang tidak menimbulkan alergi, sehingga aman untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan cincin tunangan. Bahan titanium mempunyai sifat yang anti karat, sehingga tidak menimbulkan alergi pada kulit sensitif sekaligus. Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah harganya yang sangat terjangkau. 

Meski tidak seterkenal perak apalagi emas, titanium ternyata cukup dilirik oleh para penggila perhiasan. Cukup banyak orang yang memilih titanium sebagai salah satu bahan dasar perhiasan. Hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan di toko perhiasan. Karakteristik bahannya menjadi salah satu keunggulan dari titanium.

Kekurangan yang Dimiliki Cincin Titanium

Cincin Titanium juga memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat digabungkan dengan permata lain. Cincin biasanya dibuat sedemikian rupa supaya sesuai dengan desain dan keinginan kamu. Tak hanya bentuknya yang mungkin sedikit ubah, kamu juga mungkin menyematkan beberapa tambahan elemen misalnya berlian atau batu permata.

Namun, sebaiknya kamu tidak memakai bahan tersebut karena pada saat pembuatannya. Bahan harus dipanaskan dalam temperature tinggi agar bisa menaruh berlian tersebut. Tapi kondisi ini bisa merusak logam dalam titanium. Maka sering kali kamu akan menemukan cincin titanium yang modelnya sederhana.

Cincin Titanium juga sulit diubah bentuknya karena memiliki kekuatan yang kurang lebih sama seperti baja. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa cincin dengan bahan utama Titanium akan sedikit sulit untuk diubah-ubah bentuknya.

Itulah penjelasan tentang cincin titanium, semoga bermanfaat untuk kamu!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin