8 Inspirasi Dekorasi Pelaminan

8 Inspirasi Dekorasi Pelaminan

Dekorasi pelaminan bukanlah hal yang pertama kali dapat dilihat tamu undangan saat pertama kali masuk ke dalam area resepsi pernikahanBudaya Indonesia, biasanya di luar pintu masuk disediakan meja panjang untuk para tamu menuliskan nama mereka sekaligus mengambil cinderamata pernikahan.

Lalu, akan ada barisan panitia pernikahan yang terdiri dari keluarga besar mempelai atau kerabat mempelai bertugas memberi salam selamat datang.

Aktivitas penyambutan di awal tersebut, tentu membuat tamu undangan belum bisa memperhatikan suasana pelaminan yang notabene berada di dalam ruangan dengan baik. Oleh karena itu, pernyataan di awal tadi memang benar adanya.

3 Hal yang Diperhatikan Para Tamu Undangan

Jika disimpulkan secara garis besar, perhatian para tamu undangan terhadap suatu acara resepsi pernikahan terbagi menjadi tiga tahapan. Pertama, mereka akan mengikuti sesi penyambutan oleh yang mempunyai acara sekaligus hanya melihat secara sekilas dekorasi luar pada acara resepsi pernikahan tersebut.

Yang kedua merupakan saat untuk naik ke atas pelaminan guna bersalaman dan mengucapkan selamat kepada kedua mempelai dan orang tua mempelai. Rentang waktu ketika berjalan menuju pelaminan dan setelah turun dari pelaminan, adalah saat perhatian tamu undangan tertuju pada dekorasi pernikahan yang menjadi tajuk utama untuk sebuah acara resepsi pernikahan.

Selepas itu, pada tahap yang ketiga, adalah waktu bagi para tamu undangan untuk menikmati sajian yang terhidang memenuhi seluruh ballroom.  Agar tercipta perasaan yang turut berbahagia di hati tamu undangan itu harus diperhatikan dengan sangat baik.

Inspirasi Dekorasi Pelaminan Terbaik

Dekorasi pelaminan harus jadi dekorasi yang paling wajib untuk ditonjolkan keindahannya lebih dari dekorasi yang lain. Beberapa dekorasi pelaminan yang dipilih oleh banyak pengantin ini diprediksi akan menjadi tren di tahun 2019. Minat yang besar terhadap warna-warna terang yang dipadukan dengan corak gelap, pastel, hingga warna cerah masih setia dipilih oleh para calon pengantin sesuai dengan keinginan mereka.

  • Garden

Tipe dekorasi yang bernuansa alam pernah menjadi tren yang banyak diminati para calon pengantin dari banyak kalangan bahkan sejak di awal tahun 2010.

Terlebih dengan tipe taman seperti ini merupakan dekorasi pelaminan yang tak akan lekang di makan perubahan demi perubahan zaman. Jika pasangan pengantin baru saja berpikir akan mengambil tema garden sebagai dekorasi pelaminan nanti, tema hutan bisa dipertimbangkan.

Kelebihan yang paling mendasar tetapi penting dari desain untuk yang bertema alam seperti ini adalah calon pengantin tidak perlu menggelar acara resepsi pernikahan di luar ruangan. Karena dekorasi pelaminan ini tetap cocok dan terkesan indah meski acara resepsi pernikahan berada di indoor.

  • Modern Minimalis

Tren minimalis tidak hanya mempengaruhi desain dunia arsitektural, tetapi juga ke pola gaya hidup, fashion, dan banyak lagi lain. Dalam ranah desain dekorasi pernikahan, banyak yang memiliki ide untuk mengadaptasi aliran tersebut agar diterapkan pada dekorasi pelaminan.

Meski tanpa sentuhan bunga-bunga yang menjadi ciri khas utama sebuah acara pernikahan, tidak akan mengurangi esensi dari acara pernikahan. Justru dengan berani untuk menciptakan ide-ide yang sebelumnya belum pernah ada, acara pernikahan akan menjadi lebih berkesan dan diingat oleh tamu undangan karena unik, serta tidak mainstream.

  • Kastel

Menjadi mempelai yang duduk di pelaminan saat hari spesial datang, merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para calon pengantin manapun. Pepatah mengatakan bahwa sepasang pengantin adalah raja dan ratu sehari, maka, untuk membuat dekorasi pelaminan yang mirip seperti sebuah istana atau menjadi ide yang patut dipertimbangkan.

Ide untuk membuat dekorasi pelaminan yang bak istana tentu saja akan membawa nilai tambah dan kemewahan yang berlipat ganda. Dekorasi pelaminan dengan tipe istana ini cocok jika dipadukan dengan warna dasar seperti putih, lace, atau merigold.

  • Rustic

Dekorasi pelaminan dengan tipe rustic banyak sekali diminati oleh para calon pengantin yang menginginkan tema alam yang lebih bernuansa tanah sekaligus tidak seramai dekorasi dengan tipe garden.

Penambahan ornamen kayu dan ranting-ranting yang lebih banyak pada dekorasi pelaminan dengan tipe ini. Bunga-bunga yang cenderung berwarna putih, serta daun-daun artifisial maupun asli yang cenderung berwarna olive, diciptakan untuk memperkuat kesan alam yang lebih nyata. Rustic memang terlihat seperti sebuah kebun yang tidak segar, tetapi keminimalisannya yang menonjol memberi kesan cantik dan real.

  • Klasik

Tidak jauh berbeda dengan tema Kastel, tema bertipe Klasik memamerkan kesan megah yang mengagumkan. Biasanya, dekorasi pelaminan dengan tipe seperti ini akan mengusung warna putih dan warna pastel yang ditujukan untuk memperkuat kesan lembut dan elegan.

Penempatan berbagai macam bunga-bunga asli yang segar juga dilakukan karena elemen tersebutlah yang akan menciptakan suasana yang mewah. Calon pengantin bisa memilih desain Klasik Eropa yang memiliki khas pahatan-pahatan dengan detil sebagai penyokong dekorasi pelaminan.

  • Adat

Perkembangan desain untuk dekorasi pelaminan semakin maju dengan berbagai macam tema yang diserap dari tren dalam ataupun luar negeri. Hal tersebut mengakibatkan dekorasi pelaminan dengan nuansa asli adat daerah semakin jarang dipilih oleh para calon pengantin masa kini.

Selain karena unik, menggabungkan unsur sebuah adat daerah dengan desain dekorasi pelaminan yang sesuai dengan keinginan calon pengantin, adalah suatu tantangan tersendiri. Calon pengantin bahkan tidak perlu repot memikirkan desain yang rumit jika ingin sesuatu yang lebih simpel.

  • Outdoor

Acara pernikahan yang dilakukan di luar ruangan banyak digemari oleh calon pengantin yang menyukai alam. Ide tentang lokasi untuk menggelar pernikahan di hutan, atau hingga di pantai menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan oleh calon pengantin.

Pilihan untuk desain dekorasi pelaminan dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara. Misalnya mengisi dekorasi pelaminan dengan kursi dan meja panjang sebagai tempat untuk mempelai menyambut para tamu undangannya di awal acara.

  • Warna Cerah

Warna yang lembut memang menjadi tren, tetapi warna cerah atau bold tetap menjadi pilihan yang apik untuk dekorasi pelaminan masa kini. Warna yang berani akan memunculkan kesan yang kuat, hal tersebut dapat mendukung menjadi lebih meriah.

Namun harus diperhatikan, meskipun ingin memilih warna yang cerah harus tetap dipadukan dengan warna natural dan lembut. Sedangkan warna-warna cerah tersebut digunakan hanya untuk mempertegas beberapa bagian tertentu saja, agar dekorasi pelaminan tetap terlihat elegan dan lembut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.