Cara Membersihkan Cincin Silver

Cara Membersihkan Cincin Silver

Cincin silver merupakan sebuah perhiasan dengan material silver, yaitu logam berharga yang biasanya di gunakan pada perhiasan, koin, elektronik dan fotografi.

Silver mempunyai konduktivitas tertinggi dari logam lain dan merupakan material berharga. Di banyak budaya dan agama, silver di gunakan pada perayaan tradisional dan di pakai sebagai perhiasan selama acara-acara penting.

Bukti penambangan silver pertama kali di lakukan 3000 tahun sebelum Masehi di  Anatolia, sebuah tempat dimana Turki sekarang berada. 1200 sebelum Masehi, kebanyakan penambangan silver beralih ke timur Yunani seiring berkembangnya peradaban. 100 tahun setelah Masehi, tambang silver Spanyol memberikan pasokan terhadap ekonomi kerajaan Romawi.

Popularitas silver bertambah pada tahun 1000 hingga 1500, berkat berkembangnya teknologi, semakin banyak tambang dan teknik produksi yang lebih baik. Pencarian silver dan logam lain mendorong armada Spanyol untuk berlayar ke seluruh penjuru dunia mencari kemakmuran dan lahan baru untuk di kuasai. Produksi silver di Amerika serikat mencapai puncaknya pada 1870-an. Hingga pada akhir abad ke-19, manusia memproduksi lebih dari 120 juta ons Troy setiap tahunnya. Salah satu pemakaian terkenal dari silver di kehidupan manusia adalah pada koin dan perhiasan.

Silver telah lama digunakan untuk investasi dan mata uang. Selain itu, penggunaan silver juga banyak terdapat pada perhiasan dan barang General lainnya. Beberapa contohnya dapat di lihat pada alat-alat makan dan bahkan pada alat musik seruling. Kaca dengan lapisan silver digunakan untuk cermin, tabung reaksi, dan dekorasi pohon natal.

Apakah Cincin Silver Bisa Berkarat?

Karena silver murni bersifat sangat lunak, kebanyakan cincin silver yang digunakan untuk tujuan ini di campur dengan tembaga. Alasan lain kenapa cincin silver harus di campur logam lain adalah silver gampang memudar ketika terpapar hidrogen sulfida dan turunannya.

Mencampur cincin silver dengan logam lain seperti palladium; platinum dan emas akan memberikan ketahanan terhadap pemudaran warna tapi akan lebih mahal harganya. Logam lain seperti zink, kadmium, silikon dan germanium tidak secara penuh menghalangi pengaratan dan condong mempengaruhi kilatan dan warna dari campuran.

Bisa dikatakan bahwa cincin silver tidak bisa berkarat, tapi memudar. Karat adalah istilah umum yang diasosiasikan dengan pelapukan dari logam berbasis besi karena oksidasi. Sementara silver adalah logam yang bukan turunan besi dan tidak bisa menjadi berkarat hanya memudar. Pemudaran pada silver dapat diatasi dengan beberapa cara.

Pengolahan kembali pelapisan cincin silver secara elektolitikal sangat efektif untuk meningkatkan ketahanan terhadap pemudaran. Solusi lain yang biasanya digunakan untuk mengembalikan kilau dari cincin silver yang pudar adalah dengan mencelupkannya pada cairan yang dapat mengurangi permukaan sulfida menjadi logam silver. Pendekatan kimia yang simpel untuk menghilangkan sulfida tersebut adalah membuat kontak antara silver dengan aluminium foil sambil merendamnya dengan air yang mengandung garam konduktor, seperti sodium klorida.

Pemakaian Silver dalam Kehidupan Sehari-hari

Terdapat sekitar 10.000 bentuk pemakaian silver dalam industri. Dengan fitur silver yang unik –mempunyai konduktivitas panas dan listrik-, silver akan terus menjadi raja dalam industri dan penggunaan listrik. Penemuan terbaru tentang partikel Nano dan silver Nano, melambungkan penggunaan silver dan aplikasinya di rumah. Berikut beberapa penggunaan silver selain dalam dunia perhiasan.

  1. Penggunaan dalam implan dan protesis. protesis yang di lapisi silver seperti lutut, sendi, tibia, femur dan lain-lain
  2. Mencegah gigi berlubang dengan menggunakan diamine fluoride silver.
  3. Jarum silver dan benang silver digunakan dokter bedah untuk menutup luka. Pertama kali ditemukan di awal tahun 1900 oleh seorang pria bernama Reuben Ottenberg
  4. Tambalan gigi. Di bentuk dari campuran merkuri cair bersama dengan bubuk silver, tembaga dan timah.
  5. Penyaring air tap rumah sakit. Membran lapisan silver digunakan untuk menjernihkan air di rumah sakit. Membran ini membantu mengurangi mikroba dan penyakit Legionnaire.
  6. Penjernih air di negara-negara ke-3. Silver koloid juga digunakan lebih lanjut pada penyaring air keramik yang membantu membunuh bakteri dan patogen dan membantu penyediaan air bersih bagi negara-negara berkembang.
  7. Silver koloid. Penggunaan silver koloid sebagai pembangun sistem imun dan menjaga tubuh terhadap demam dan flu dan juga infeksi telinga semakin meningkat beberapa tahun terakhir.
  8. Mantel laboratorium anti mikroba. Mantel ini digunakan oleh dokter dan teknisi laboratorium untuk menjaga diri dari perkembangan mikro organisme pada mantel. Mantel ini juga melawan bakteri penyebab bau dalam keadaan alami.
  9. Melawan bakteri e. Coli. Garam silver di tambahkan pada antibiotik ternyata 1.000 kali lebih efektif melawannya. Silver mempunyai kemampuan untuk menetralisasi pertahanan bakteri, membuat antibiotik mudah untuk melawan bakteri.

Tipe-tipe Silver dalam Perhiasan

Simple WR0114

Tidak semua silver yang ada di pasaran adalah sama, terdapat berbagai jenis  silver seperti: silver sterling, 925 silver dan masih banyak lagi. Tipe-tipe silver di dasarkan pada bahan campurannya dan silver berikut dapat di temukan di toko. Pemakaian umum silver paling banyak sebagai campuran dengan logam lain, dan hasil dari perhiasan silver ditandai dengan stempel kualitas pada perhiasan tersebut yang menjelaskan apa tipe dari silver yang membentuknya. Berikut beberapa tipe-tipe silver.

  • Fine .999 silver (.999 / .999)

Ini adalah logam paling dekat dengan elemen paling murni dari silver. Nama .999 berarti memiliki 99.9% murni. 0.1% lainnya adalah jejak elemen dengan kualitas tidak signifikan. Fine silver memiliki kilauan yang lebih dari sterling yang telah di poles. Karena sifat silver yang lunak, membuatnya menjadi murah tergores, bengkok dan berubah bentuk dengan mudah.

Karena alasan ini, silver tidak cocok untuk semua perhiasan karena masa hidup yang tidak terlalu panjang. Logam lunak menjadi pilihan baik untuk anting dan kalung, tapi tidak untuk cincin dan gelang; cincin dan gelang terbentur dan tergores dengan sangat mudah.

  • Sterling .925 silver

Sterling silver adalah kualitas standar dari silver di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Eropa dan mayoritas negara-negara di dunia. Campuran logam ini terdiri dari 92,5% silver dan sisanya 7,5% biasanya tembaga. Logam lain harus ditambahkan ke sterling silver untuk meningkatkan kekerasan dari campuran –membuatnya lebih tahan lama dan menciptakan warna dan kilauan yang memikat konsumen.

Penampilan sterling silver adalah warna silver yang sangat familiar. Warna yang terang dan berkilauan, tetapi dapat memudar. Pemudaran tersebut dapat di tunda tapi tidak dapat dihentikan. Sangat mudah untuk di rawat dan dibersihkan menggunakan produk pembersih dan pemoles. Perhiasan yang terbuat dari sterling silver di beri stempel dengan .925 atau 925 STG.

  • Silver Argentium

Logan campuran tidak pudar termasuk masih baru dan memiliki setidaknya 92.5% silver, beberapa campuran memiliki silver yang lebih banyak. Elemen sisanya terdiri atas tembaga dan germanium. Germanium membuat campuran logam menjadi lebih keras, dimana elemen tersebut menunda pudarnya silver. Bagaimanapun juga, silver dapat memudar jika di bawah kondisi ekstrem atau jangka waktu lama. Tapi silver dengan campuran logam tahan pudar akan membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada sterling.

Sisi negatif dari campuran ini adalah harganya, argentium adalah logam yang lebih mahal dari sterling dan juga sulit untuk di per oleh. Ditambah lagi, sangat sulit untuk membedakan sterling dengan argentium, karena memiliki stempel resmi yang sama, yaitu .925.

  • Coin silver

Coin silver biasanya adalah campuran logam yang umum digunakan di Amerika, namun sekarang pemakaiannya semakin langka. Nama yang disematkan juga membingungkan, karena secara teknis, campuran coin silver terdiri dari 90% silver dan 10% tembaga, atau .900. walaupun namanya coin silver, logam ini tidak digunakan sebagai pembuat koin, logam ini dinamakan demikian karena dibuat dari potongan halus koin-koin terbuang.

Sekarang, uang koin yang digunakan di Amerika dan negara-negara lain tidak lagi mengandung silver, mereka sekarang membuat koin dengan bahan logam yang lebih tahan lama dan tidak mahal. Coin silver akan mempunyai stempel kualitas dengan nama .900.

Di dunia, silver yang berasal dari bali cukup terkenal. Silver ini mempunyai stempel .925 dan sebagian di produksi masal di Jawa dan di ekspor ke Bali. Salah satu tempat ternama untuk mencari silver di Bali ada di Celuk, pusat kerajinan silver. Di sini, kerajinan silver seperti perhiasan dapat di tawar dan beberapa toko menjual dengan harga tetap.

Kelebihan perhiasan silver dari Bali adalah orisinal dan dibuat dengan tangan. Selain dapat dibedakan, silver yang di buat dengan tangan memberikan sentuhan desain yang spesial daripada yang di produksi secara masal. Dibandingkan dengan kerajinan tangan silver lain di dunia, Bali memiliki desain yang unik dan rumit, sedangkan desain dari luar Bali lebih sederhana.

Cara Membersihkan Cincin Silver

Semua peralatan yang menggunakan silver pasti akan memudar, tidak terkecuali cincin silver. Siapa pun dapat membersihkan cincin silver sendiri di rumah tanpa harus pergi ke profesional. Cukup dengan membaca cara membersihkan cincin silver di bawah ini dan kehati-hatian, cincin dapat mengkilap kembali seperti baru.

  • Minyak zaitun dan jus lemon. Campurkan ½ cangkir jus lemon dengan 1 sendok teh minyak zaitun di dalam wadah yang cukup besar. Celupkan kain bersih ke dalam larutan dan peras agar tidak menetes keluar. Bersihkan cincin silver tadi dengan kain basahan larutan tadi lalu bilas hingga bersih
  • Cuka putih dan baking soda. Rendam cincin silver dengan larutan yang berisi cuka putih dan baking soda selama 2 hingga 3 jam. Angkat, gosok lalu bersihkan.
  • Baking soda, garam, aluminium foil dan air. Mengkilapkan kembali silver dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan tersebut. Taruh panci atau wadah gelas yang telah di lapisi aluminium foil –bagian aluminium di atas-. Lalu taruh cincin silver ke dalam di ikuti dengan air mendidih dan masing-masing 2 sendok makan baking soda dan garam. Aduk dengan pelan larutan tersebut agar baking soda dan garam larut selama 5 hingga 10 menit –hindari adukan yang terlalu keras yang dapat menggores cincin silver-. Angkat, bersihkan dengan air bersih dan keringkan.

Desain Perhiasan Silver

Silver adalah logam yang telah di gunakan sejak beratus tahun lamanya. Manusia telah memakai silver untuk alat-alat makan, senjata hingga perhiasan dengan logam ini. Dengan naiknya harga emas, membuat semakin banyak orang memilih silver sebagai penggantinya. Permintaan tersebut menimbulkan berbagai desain perhiasan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Berikut beberapa desain perhiasan silver.

  1. Cincin silver simple

Simple WR0234 Simple WR0382 Simple WR0370

Cincin silver simple terlihat sangat cantik dan sulit untuk tidak dimiliki. Cincin silver simple tersedia dalam berbagai pola dan desain. Cincin silver juga dapat di hiasi dengan batu mulia berharga seperti berlian, mutiara atau Swarovski.

  1. Perhiasan kalung rantai silver murni

Kalung silver sangat popular dan dipakai oleh pria dan wanita. Kalung silver tersedia dalam warna silver dan juga dalam bentuk warna oksidasi. Terdapat berbagai macam pola rantai yang tersedia dan dapat memilihnya berdasarkan acara juga pakaian.

  1. Gelang silver untuk pria

Lelaki sangat perhatian akan penampilan dan aksesoris yang dipakai. Gelang silver menjadi barang yang harus dimiliki sebagai aksesoris. Memakai gelang silver memberikan kesan stylish dan keren, juga dapat mengubah kepribadian pengguna yang memberikan penampilan trendi.

  1. Gelang silver batu berlian

Tidak ada yang lebih baik dari perhiasan dengan sentuhan berlian di atasnya. Paduan silver dan berlian adalah kombinasi yang cocok untuk pernikahan, tunangan, maupun dijadikan hadiah. Berlian sebagai lambang tertinggi cinta akan membuat semua orang terpukau jika melihatnya.

  1. Cincin silver berlapis emas (vermeil ring)

Cincin silver berlapis emas atau yang bisa disebut cincin vermeil adalah istilah yang jarang di gunakan dan di dengar. Cincin vermeil adalah istilah yang di gunakan untuk perhiasan atau benda lain yang terbuat dari silver dan di lapisi dengan emas. Cincin Vermeil memberikan tampilan perhiasan emas yang solid dan berani.

Cincin silver sterling adalah pilihan yang bagus karena kekuatan dan keindahannya. Kekuatan tersebut datang dari tembaga yang dicampur dengan silver. Cincin silver dan perhiasan silver lainnya mempunyai banyak desain dan harga. Untuk harga cincin silver yang simple mulai dari $5 hingga paling mahal $12.7. sekali lagi, silver sangat fleksibel dengan harga dan tampilan. Walaupun tanpa hiasan apa pun, cincin silver tetap menarik untuk di gunakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *