dekorasi warna emas

Dekorasi Warna Emas untuk Pernikahanmu? Baca Tipsnya, Yuk!

Warna emas yang sering menjadi simbol kejayaan dan kekayaan ini adalah salah satu warna yang terbilang sering digunakan dalam suatu konsep acara. Selain karena sifatnya yang netral dan mudah dipadupadankan dengan warna lain, warna emas juga memberi kesan kemewahan pada suatu acara baik itu acara formal maupun non-formal. Warna emas juga dengan mudah memberikan kesan glamor pada suatu perhelatan, baik itu sekadar pesta ulang tahun, sampai pesta pernikahan yang sekali seumur hidup saja. Sebegitu menakjubkannya warna emas itu sendiri, sampai ada banyak hal yang bisa diusut mengenai warna satu ini. Apa sajakah itu?

Dekorasi Warna Emas untuk Acara Adat

Di Indonesia sendiri, penggunaan warna emas telah banyak digunakan dalam pesta-pesta pernikahan adat, baik itu untuk dekorasi pelaminan, dekorasi ruangan, aksesoris yang digunakan pengantin, sampai suvenir yang diberikan. Beberapa daerah yang sering menjadikan warna emas sebagai warna dominan dalam pesta adat pernikahan mereka. Salah satunya adalah Padang, Sumatera Barat. Pesta adat Minangkabau ini, menggunakan perpaduan warna emas dan merah. Selain dekorasi yang meriah, penggunaan warna emas yang dominan menambah kemewahan acara pernikahan tersebut. Mulai dari dekorasi pelaminan yang hampir keseluruhan didominasi warna emas, sampai dekorasi ruangan yang dibuat semenarik mungkin tanpa mengurangi konsep adat yang sesungguhnya. Di adat-adat lainnya, banyak hiasan kepala pengantin yang terbuat dari bahan emas atau dilapisi bahan sewarna emas, yang membuat seorang pengantin nampak lebih elegan dan glamor di hari sakralnya. Coba, ingat-ingat lagi pesta pernikahan yang pernah kamu datangi, apakah ada warna emas di sana, sekecil apa pun itu? Sebegitu banyaknya adat yang tergila-gila dengan warna emas, tak heran warna satu ini tidak bisa lepas dari pernikahan.

Dekorasi Warna Emas untuk Pernikahan

Tidak hanya untuk pernikahan adat tradisional, untuk pernikahan umum pun dekorasi warna emas masih menjadi salah satu warna favorit yang sering digunakan. Namun, perlu diperhatikan, tidak semua warna bisa sembarangan dipadukan dengan warna emas ini. Berikut beberapa poin penting yang harus diperhatikan jika kamu ingin menggunakan konsep Gold atau warna emas untuk pesta pernikahan kamu.

Pemilihan Warna

Memilih warna yang sesuai untuk disandingkan dengan warna emas tidak semudah kelihatannya. Perlu perhatian khusus dalam proses pemilihan warna ini, jika salah, akan mempengaruhi suasana pesta yang akan berlangsung! Karena kesan pertama yang akan dilihat tamu tertuju pada konsep pernikahan dan kesesuaian warna yang dipilih dengan konsep acara. Kamu bisa melihat dari color wheel mengenai warna kontras, warna komplemen, dan sebagainya untuk melihat warna apa saja yang akan cocok bila disandingkan dengan emas. Memang, ada beberapa kombinasi warna emas yang sangat identik dengan kebudayaan-kebudayaan tertentu, seperti merah-emas yang mengingatkan kita pada budaya Imlek. Bukannya warna itu dilarang, kamu tentu saja boleh memilih kombinasi warna tersebut! Akan tetapi, cobalah cari dekorasi yang tidak terlalu berhubungan dengan Imlek dan budaya lainnya, agar nuansa sakral pernikahanmu tetap terasa.

Dekorasi Pelaminan

Untuk dekorasi pelaminan, sebaiknya tidak mengombinasikan terlalu banyak warna. Karena akan mengurangi kesan mewah yang diberikan warna emas itu sendiri. kembali lagi ke poin sebelumnya, emas sendiri merupakan warna yang kuat dan mencolok, sehingga perlu pintar untuk bermain warna untuk dekorasi pelaminan kamu. Terlalu banyak memberikan warna lain di luar emas, bisa membuat pernikahan kamu terlihat norak, ternyata! Jadi, pilihlah dekorasi pelaminan yang tidak terlalu berlebihan, sehingga warna emas di sana tidak terlihat terlalu mencolok dan out of place.

Dekorasi Ruangan

Seperti halnya dekorasi untuk pelaminan, dekorasi ruangan juga sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan banyak kombinasi warna. Cukup tambahkan beberapa aksesoris tambahan untuk mempercantik ruangan. Warna memang menjadi salah satu hal terpenting yang harus kamu pertimbangkan saat menghiasi venue pernikahanmu dengan nuansa emas. Bahkan, dengan sedikit warna emas saja sudah membuat pernikahanmu makin terlihat mencolok. Karena itu, supaya tidak terlalu menonjol, pilih dekorasi yang sederhana dan kontras dengan warna emas yang kamu gunakan.

Jas dan Gaun Pengantin

Salah satu aspek terpenting lainnya dalam pernikahan dengan tema warna emas, yaitu kostum yang digunakan pengantin. Usahakan warna jas dan gaun yang akan digunakan serasi dengan konsep pernikahan yang dipilih! Pilihan warna gaun terbaik untuk konsep ini adalah putih, nude dan cream. Sedangkan untuk jas, bisa hitam, putih atau cream. Warna emas sendiri bisa kamu masukkan ke pakaian yang akan digunakan oleh pengantin. Entah itu sebagai hiasan segaris kecil, dekorasi, sampai hiasan warna. Akan tetapi, bila kamu menggunakan gaun atau jas yang all-gold, dikhawatirkan kesan formal dan sakral dari pernikahan sendiri akan berkurang dan kamu nampak seperti pasangan yang hendak berdansa di atas lantai disko.

Aksesoris Pengantin

Ini juga tidak kalah penting. Aksesoris menjadi poin penting untuk pengantin, terutama mempelai wanita! Gunakan hiasan kepala seperti mahkota kecil atau tudung pengantin yang berwarna senada dengan gaun yang digunakan. Gunakan kalung yang berwarna sama dengan hiasan kepala, yang terlihat simpel, tapi tetap memberikan kesan mewah!

Di atas adalah beberapa poin utama yang harus kamu pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan konsep apa yang akan kamu gunakan. Sangat disarankan untuk berdiskusi dengan pasangan kamu terlebih dahulu dan mencari wedding organizer, atau wedding planner yang berpengalaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dekorasi warna emas akan menjadi warna yang sangat indah, cantik nan mewah yang akan membuat pesta pernikahan kamu berkesan dan tidak terlupakan jika dieksekusi dengan benar. Sebaliknya, jika tidak disiapkan secara matang dan tidak dieksekusi secara benar, akan menjadi bumerang dan “kemewahan” yang diharapkan tidak tampak dan membuat pesta pernikahan terlihat biasa saja. Jangan sampai ini terjadi, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *