Fotografer Pernikahan Solusi Modern Mengabadikan Momen Indah Pernikahan

Fotografer Pernikahan: Solusi Modern Mengabadikan Momen Indah Pernikahan

Fotografer pernikahan dewasa ini menjadi profesi yang menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Profesi ini sebenarnya bukan merupakan hal baru di Indonesia, tapi  perkembangan zaman membuat aktivitas fotografi saat ini menjadi mudah dan murah. Beragam paket dokumentasi dapat kita pilih mulai dari prewedding hingga dokumentasi acara pernikahan. Lalu, apa yang membuat kegiatan ini menjadi menu wajib dalam pernikahan?

  • Tren prewedding menjadi menu wajib bagi masyarakat saat ini.

Siapa yang tidak kenal dengan istilah prewedding? Prewedding adalah sebuah karya seni fotografi yang melibatkan kedua mempelai sebelum acara pernikahan di mana foto tersebut diambil dengan berbagai latar belakang sesuai dengan tema yang dianut. Foto prewedding tersebut diyakini merupakan gambaran dari kehidupan dan perjalanan hidup dari kedua mempelai. Tren ini sangat populer saat ini terlebih dengan berkembangnya sosial media, sehingga kurang lengkap rasanya bila di media sosial kamu belum terpampang foto prewedding.

Fungsi lain dari foto prewedding adalah untuk memberitahukan kepada relasi bahwa kamu akan melangsungkan pernikahan. Latar belakang pengambilan foto prewedding biasanya dilakukan di tempat yang indah seperti di pegunungan, danau, pantai, maupun cagar alam. Untuk mengabadikan momen tersebut diperlukan fotografer pernikahan yang mumpuni agar hasil yang didapat bagus, menarik, dan sesuai dengan tema yang kamu harapkan.

  • Dokumentasi pernikahan merupakan kenangan yang berharga

Pernikahan bagi setiap orang lazimnya dilakukan sekali dalam seumur hidup, meskipun tidak menutup kemungkinan jika ada yang melakukan pernikahan lebih dari sekali. Dokumentasi perlu dilakukan agar momen berharga tersebut dapat diabadikan dengan baik. Fotografer pernikahan merupakan figur penting dalam mendokumentasikan acara pernikahan. Momen akad nikah dan berfoto bersama relasi kita merupakan kenangan yang berharga.

Biasanya seorang fotografer tidak bekerja seorang diri, mereka bekerja bersama tim. Seluruh ide kreatif berdasarkan pengalaman mereka menjadikan kegiatan dokumentasi pernikahan kamu menjadi indah dan menarik. Kamu tidak perlu ragu jika ingin meminta sejumlah detail tertentu agar hasilnya lebih menarik. Pilihlah fotografer pernikahan yang menurut kamu bagus dan kreatif.

  • Beragam paket menarik menjadikan konsumen tertarik

Dalam bisnis barang dan jasa pasti kamu sering tergoda dengan beraneka macam promo yang ditawarkan. Strategi pemasaran yang beragam dalam mempromosikan produknya akan membuat kamu tertarik dengan jasa yang ditawarkan. Mulai dari diskon yang tinggi, hingga fasilitas yang beragam, menjadikan orang yang awalnya tidak membutuhkan akhirnya berubah menjadi menginginkan. Tentunya saat ini paket dokumentasi yang ditawarkan beragam, apalagi persaingan antar fotografer pernikahan akan menjadikan harga semakin bersahabat dan layak untuk kamu coba. Sebagai pelanggan kamu bebas memilih mana yang menurut kamu paling baik dan dapat kamu percaya.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dari banyak manfaat fotografer pernikahan tersebut, ada hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan menggunakan jasa mereka. Jangan sampai momen spesial kamu dalam pernikahan yang seharusnya diabadikan dengan baik menjadi rusak karena kamu melupakan hal-hal berikut ini. Mulai dari besaran budget pernikahan hingga hal simpel yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jasa fotografer, inilah hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih fotografer pernikahan:

1. Pilih paket dokumentasi yang tepat

Sebagai pelanggan yang baik, kamu harus memilih paket dokumentasi sesuai dengan kemampuan. Dalam sebuah acara pernikahan, kamu tidak perlu mendokumentasikan keseluruhan acara dari awal hingga selesai. Sesuaikan budget pernikahanmu! Perlu diingat bahwa kebutuhan biaya dalam pernikahan tidak hanya dihabiskan untuk dokumentasi semata.

Biasanya, foto prewedding adalah hal wajib yang diambil, sedangkan dalam acara pernikahan akad pernikahan dan foto bersama relasi adalah momen indah yang perlu diabadikan. Bila kamu memiliki budget pernikahan untuk dokumentasi yang besar, tidak ada salahnya jika keseluruhan acara hingga dokumentasi berupa video ikut diabadikan dalam acara pernikahan kamu. Semakin tinggi budget pernikahan yang kamu keluarkan, biasanya hasil dokumentasi juga semakin baik.

2. Tentukan garis besar objek yang didokumentasikan

Bila kamu memutuskan untuk memilih jasa fotografer, tentukanlah apa saja yang kamu inginkan dalam dokumentasi. Sebagai contoh jika kamu ingin membuat foto prewedding, diskusikan kepada tim kreatif mengenai lokasi prewedding yang kamu inginkan, kegiatan apa saja yang harus diambil,

Bahkan jika kamu ingin hasil yang lebih baik tentukan pula jenis kamera apa yang ingin kamu gunakan dalam proses dokumentasi. Kamu harus melakukan diskusi dan negosiasi dengan baik bersama tim kreatif sehingga hasil akhirnya dapat maksimal. Proses diskusi dan negosiasi ini sangat penting di awal kerjasama agar dalam proses dokumentasi tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Bekerjasamalah dengan baik dengan fotografer

Ketika kamu telah berdiskusi dan bernegosiasi dengan tim kreatif, saatnya kamu mempercayakan keseluruhan proses dokumentasi kepada fotografer pernikahan. Selayaknya kita sedang bekerjasama dalam hal apapun, selalu bekerjasamalah dengan baik. Percayalah dengan apa yang sedang fotografer kerjakan. Kamu harus yakin dengan apa yang sudah didiskusikan sebelumnya akan berjalan dengan baik.

Hubungan yang baik akan menjadikan hasil yang baik pula. Namun, bila dalam proses dokumentasi ada kejanggalan atau kesalahan yang menurut kamu fatal, sampaikanlah kepada fotografer dengan sopan dan berikan saran yang baik agar tidak ada kecanggungan ke depannya dan hasil dokumentasi menjadi lebih baik.

4. Cek kembali hasil kerja fotografer pernikahan.

Langkah terakhir, jika seluruh paket dokumentasi yang kamu pilih telah selesai, pastikan kembali fotografer pernikahan yang kamu pilih sudah menjalankan kewajibannya. Hak kamu sebagai pelanggan adalah mendapatkan pelayanan yang baik. Kamu harus memastikan seluruh pelayanan seperti dalam paket yang ditawarkan sudah terlaksana.

Kamu harus meminta seluruh hasil dokumentasi baik dalam bentuk hard file maupun soft file. Apabila ada kesalahan dalam proses dokumentasi, jangan ragu untuk membicarakan dengan tim yang bekerja. Sebagai pelanggan tidak dibenarkan pula jika kamu menuntut fotografer secara tidak rasional.

Semua hal penting tersebut sebaiknya dipersiapkan dengan baik. Selalu ingat bahwa semua pihak bekerjasama dengan tujuan agar saling menguntungkan. Sebagai pelanggan percayakan dokumentasi kepada fotografer pernikahan yang kamu pilih, begitu pula sebaliknya dari sisi fotografer pernikahan pun juga harus memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan yang telah mempercayakan kepada kamu.

Keseluruhan hal menarik mengenai fotografer pernikahan di atas terkadang masih menimbulkan pernyataan untuk masyarakat umum, seberapa pentingkah peran fotografer pernikahan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kembali kepada diri kita masing-masing. Pada dasarnya esensi dari pernikahan adalah menyatukan dua insan manusia. Sementara itu semua hal yang mengikuti dalam ritual pernikahan tersebut bergantung kepada kepercayaan, tradisi, dan budaya masing-masing masyarakat yang melakukannya.

Namun, kemudahan teknologi saat ini telah menawarkan beragam hal yang pada dahulunya tidak ada, kini menjadi sebuah pilihan menarik untuk diterapkan. Ritual pernikahan yang lazimnya dilakukan setiap orang sekali dalam seumur hidup bisa kamu abadikan dalam bentuk karya seni fotografi yang indah. Pada akhirnya, fotografer dalam pernikahan bukan sebuah kewajiban, tapi sayang bila dilewatkan begitu saja.

Memilih Fotografer Pernikahan dengan Mempertimbangkan Hal Berikut

Dalam memilih fotografer pernikahan, kamu bisa mencarinya berdasarkan kriteria tertentu. Penentuan kriteria tersebut bisa berdasarkan lokasi, tema fotografi, atau budget yang dikeluarkan. Dalam penentuan kriteria, sifatnya subjektif sehingga akan berbeda-beda antara tiap individu. Inilah kriteria yang dapat kamu jadikan acuan dalam memilih fotografer pernikahan yang tepat:

  • Berdasarkan lokasi

Lokasi merupakan kriteria yang paling sering digunakan ketika mencari sebuah jasa, termasuk dalam mencari fotografer pernikahan. Contohnya, jika kamu bertempat tinggal di Jakarta, maka kamu bisa mencari fotografer pernikahan Jakarta yang memang mengerti wilayah tersebut. Sehingga, dalam menentukan lokasi prewedding maupun gedung yang bagus untuk diadakan acara pernikahan akan lebih mudah bila bekerja sama dengan ahlinya. Selain itu, ketika kamu yang asli Jakarta berencana mengadakan proses pemotretan di Bandung, maka kamu bisa membawa fotografer pernikahan dari Jakarta. Namun, akan lebih bagus bila kamu mencari langsung fotografer yang merupakan ahlinya di Bandung. Kamu juga bisa menghemat biaya transportasi dan konsumsi yang biasanya ikut dibayarkan dalam paket.

  • Berdasarkan tema fotografi

Sedikit berbeda dengan kriteria lokasi, dalam kriteria ini seorang fotografer pernikahan biasanya memiliki spesialisasi dalam tema fotografinya. Contoh dari tema tersebut adalah fotografer pernikahan dengan tema Jawa. Seorang fotografer pernikahan bertemakan jawa harus terbiasa dengan serangkaian ritual tradisi Jawa dalam pernikahan. Hasil foto yang diambil akan sangat on point dan bermakna bila dibandingkan dengan fotografer pernikahan biasa yang kurang memahami ritual pernikahan dengan budaya Jawa. Untuk itu pemilihan fotografer pernikahan dengan tema tertentu perlu kamu pertimbangkan, sehingga momen yang ingin didokumentasikan tidak terlewatkan begitu saja.

  • Berdasarkan budget pernikahan

Jika ternyata kamu harus menghemat biaya pengeluaran dalam pernikahan, kamu bisa mempertimbangkan biaya untuk menyewa fotografer pernikahan. Dengan mencari fotografer pernikahan dengan harga yang murah, kamu bisa menghemat pengeluaran dan menggunakan sisa uang tersebut untuk biaya pernikahan yang lain, seperti konsumsi atau dekorasi. Namun, murahnya tarif fotografer pernikahan bisa berdampak dengan hasil fotografi yang diberikan. Semakin mahal tarif yang ditawarkan, berdampak pula dengan semakin tingginya tingkat profesionalitas dari fotografer pernikahan tersebut. Meski tidak semua fotografer pernikahan yang murah memiliki kualitas yang buruk, kamu tetap harus mewaspadainya dengan melakukan survei terlebih dahulu. Pilihlah paket yang menurut kamu cukup, karena sebenarnya kamu tidak perlu mendokumentasikan keseluruhan acara. Kamu juga harus terbiasa melakukan negosiasi agar harga yang diberikan tidak merugikan kamu secara sepihak.

Apabila kriteria yang kamu cari sudah sesuai, kamu bisa mulai mencari fotografer pernikahan tersebut. Semua pilihan yang ada, tentu memiliki manfaat dan resiko yang berbeda-beda. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu mencoba keseluruhan cara tersebut. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mencari dan harus segera mendapatkan fotografer pernikahan, kamu harus memilih langkah yang tepat. Inilah beberapa pilihan yang dapat kamu manfaatkan untuk mencari fotografer pernikahan yang tepat:

1. Mendatangi langsung alamat fotografer pernikahan

Salah satu pilihan yang sangat mudah dan aman adalah dengan mendatangi langsung alamat dari fotografer pilihan. Selain aman dari fotografer palsu, kamu juga bisa bertanya langsung dengan penyedia jasa yang dituju. Sebelum kamu memutuskan memilih fotografer tersebut, kamu bisa mendatangi juga fotografer lain, sehingga kamu memiliki banyak referensi dan tinggal menentukan fotografer yang tepat. Tentunya memang rasanya agak canggung kalau kamu hanya datang untuk bertanya, tetapi kamu justru bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menawar. Kamu bisa berpura-pura mencari fotografer lain dengan alasan harga yang ditawarkan terlalu mahal.

2. Melalui rekomendasi teman dan keluarga

Media terbaik untuk mencari adalah melalui forum, salah satunya bila ada saran dari teman atau keluarga kamu. Keunggulan dari pilihan ini adalah kamu bisa mendapat rekomendasi terbaik berdasarkan pengalaman langsung. Kamu juga tidak perlu mencari alamat dan memperkirakan harga karena hal tersebut bisa dijawab langsung oleh teman atau keluarga kamu. Untuk hasil karya juga dapat kamu lihat langsung dari foto yang dimiliki oleh teman atau keluarga.

3. Melalui sosial media dan mesin pencari

Jika teman atau keluarga kamu tidak memiliki referensi mengenai fotografer pernikahan, kamu bisa mencarinya melalui sosial media maupun mesin pencari. Jika kamu ingin mencari fotografer pernikahan di internet, kamu harus berhati-hati dengan iklan palsu. Banyak sekali iklan palsu yang mengaku menawarkan jasa, tapi mengharuskan mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu. Banyak juga iklan palsu yang berujung kepada konten phising dan malware yang dapat merusak gadget yang kamu gunakan. Jika kamu memilih menggunakan sosial media, carilah fotografer yang masih dekat dan bisa kamu jangkau.

Sebagai contoh, apabila kamu ingin mencari fotografer di Pulau Bali, kamu tinggal cari saja dengan kata kunci “fotografer pernikahan Bali”. Selain Bali tentunya kamu bisa melakukan pencarian di kota lain seperti Surabaya, Yogyakarta, Depok, Purwokerto, dan Semarang. Apabila kata kunci yang kamu cari adalah berdasarkan harga, kamu bisa menggunakan tanda pagar seperti misalnya “#fotograferterbaikjakarta” atau “#fotografermurahjakarta”. Setelah kamu menemukan fotografer yang sesuai, kamu juga harus cek langsung dengan menemui fotografer pernikahan tersebut sebelum hari pelaksanaan. Waspadai selalu penipuan seperti misalnya jika diharuskan mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu.

Jika akhirnya kamu memilih menggunakan jasa fotografer pernikahan, kamu harus segera mempersiapkan mulai dari sekarang. Diskusikan dengan pasangan kamu konsep yang menarik untuk pernikahan kamu, tentukan budget pernikahan kamu, dan tentukan konsep prewedding hingga acara pernikahan yang sesuai. Langkah terakhir untuk mewujudkan itu semua adalah dengan mencari fotografer pernikahan yang menurut kamu sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi ini dapat membantu dan selamat menempuh hidup baru!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *