10 Ide Souvenir Pernikahan Eco Friendly

10 Ide Souvenir Pernikahan yang Eco Friendly

Membahas tentang souvenir pernikahan yang eco friendly memang sangat penting di zaman yang semakin modern ini. Saat ini telah bermunculan banyak isu tentang lingkungan yang tak bisa lepas dari pemanasan global. Sebenarnya kita dapat secara perlahan ikut menanggulangi masalah tersebut dengan melakukan hal-hal kecil dan sederhana.

Salah satunya adalah dengan memulai dari mengonsumsi barang-barang yang terbuat dari bahan alami dan bisa menyatu dengan tanah, pada saat dibuang. Hal ini juga bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk kamu, yang ingin mengadakan acara pernikahan.

Apakah kamu menginginkan souvenir yang unik, cantik, berkesan, dan bermanfaat? Berikut ini terdapat beberapa ide souvenir pernikahan eco friendly yang bisa kamu jadikan sebagai kenang-kenangan untuk para tamu undangan yang hadir di Hari-H nanti, mulai dari aneka tanaman yang lucu hingga barang lain yang ramah lingkungan.

  • Sedotan Ramah Lingkungan

Saat ini, kita perlu mulai untuk mengurangi penggunaan sedotan yang terbuat dari bahan dasar plastik. Karena selain bisa mengotori lautan atau perairan lainnya, sedotan plastik juga akan sulit untuk diurai dengan tanah. Di sini kamu bisa menggantinya dengan sedotan yang terbuat dari bahan stainless. Kelebihan dari sedotan ini adalah lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Sedotan ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai souvenir pernikahan eco friendly. Dengan kemasan yang menarik dan bisa digunakan untuk menyimpan sedotan supaya tidak berdebu, pasti akan membuat penampilan souvenir ini semakin menarik dan disukai para tamu yang menerimanya.

  • Tanaman Hias Mini

Ajaklah tamu yang kamu undangan untuk menyayangi lingkungan melalui penghijauan kecil-kecilan, yaitu dengan kamu memberikan tanaman hias sebagai souvenir pernikahan eco friendly. Tanaman hias mini ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan kenang-kenangan paling spesial, sebagai ungkapan rasa terima kasihmu terhadap kehadiran mereka di hari bahagiamu. Berbicara masalah jenis tanaman, kamu bisa memilih salah satu dari sekian banyak jenis tanaman yang bisa kamu jadikan sebagai souvenir pernikahan. Bibit kaktus atau tanaman kaktus mini sedang menjadi tren saat ini.

Tenang saja, saat ini sudah banyak toko yang menjual bibit tanaman yang satu ini sudah bersama dengan potnya. Kamu bisa memberikan bungkusan tanaman ini dengan model sesuai keinginanmu, untuk membuat penampilan souvenir menjadi lebih menarik. Para tamu yang menerima souvenir pernikahan eco friendly ini pasti akan sangat senang sekali. Selain lucu, kaktus juga tak membutuhkan perawatan yang rumit dan bisa bertahan hidup lebih lama dibandingkan dengan tanaman lainnya. Jangan lupa untuk memberi label ucapan terima kasih yang bisa kamu tancapkan di bagian pot juga, ya!

  • Bibit Tanaman

Kamu juga bisa memberi bibit tanaman sebagai souvenir pernikahan eco friendly yang merupakan salah satu souvenir untuk acara pernikahan yang sangat ramah lingkungan. Jika dibanding dengan tanaman hias di atas, biaya yang akan kamu keluarkan untuk membeli bibit tanaman ini tentu saja akan jauh lebih murah. Terdapat banyak pilihan biji tanaman yang bisa kamu pilih, seperti bibit tanaman hias, bibit tanaman konsumsi, atau bibit tanaman obat. Bungkuslah bibit tanaman tersebut menggunakan kertas ivory yang masih ramah dengan lingkungan. Jangan lupa untuk menyertakan juga nama tanaman dan juga manfaat dari bibit yang kamu berikan kepada para tamu yang hadir di pernikahanmu.

  • Sabun Mandi Tanpa Bahan Kimia

Tidak banyak orang sadari, ada juga lho, sabun mandi yang dibuat tanpa menggunakan bahan kimia! Alias dibuat dari bahan-bahan yang alami. Kamu bisa menjadikan sabun mandi ini sebagai souvenir pernikahan eco friendly. Terdapat berbagai macam bentuk sabun mandi, contohnya bentuk yang menyerupai bunga-bungaan atau juga bentuk kotak sederhana seperti sabun pada umumnya. Biasanya, terdapat keharuman minyak esensial dapat di dalam sabun jenis ini. Kamu juga bisa memilih beraneka macam aroma, seperti aroma jeruk, anggur, lavender, dan bahkan ada juga aroma peppermint yang terasa akan sangat menyegarkan. Berikan kemasan dalam bentuk tali yang terbuat dari goni, guna mengurangi penggunaan plastik. Jangan lupa berikan label ucapan terima kasih yang bisa kamu jadikan satu dengan tali, ya!

  • Handuk Kecil

Selain sabun mandi, kamu juga bisa memberikan handuk kecil yang serbaguna. Handuk ini bisa digunakan pada saat olahraga berkeringat atau kegiatan sehari-hari di luar ruangan yang menimbulkan keluarnya keringat dari tubuh. Selain mengutamakan manfaat utama, yaitu untuk membersihkan keringat atau bisa juga mengeringkan tubuh, handuk kecil ini juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi penggunaan tisu sehabis cuci wajah atau membersihkan keringat di wajah. Jadi, handuk kecil serbaguna ini bisa kamu jadikan pilihan untuk kenang-kenangan di acara pernikahanmu nanti.

  • Kipas Kayu

Kamu juga bisa memilih kipas kayu sebagai souvenir pernikahan eco friendly. Apalagi kamu tinggal di tempat yang panas, tak jarang banyak tamu undangan yang akan merasa kegerahan di saat datang ke pernikahanmu. Di sinilah kamu bisa menggunakan kipas kayu untuk kenang-kenangan, sekaligus bisa digunakan langsung oleh para tamu. Misalkan suatu saat kipas tersebut sudah tidak terpakai dan terpaksa harus dibuang, kipas kayu ini tidak akan mencemari lingkungan kok. Mengingat kipas ini dibuat dari bahan alami, yaitu kayu yang tentunya akan mudah lapuk. Jangan lupa untuk mencantumkan namamu dan juga pasangan pada kipas kayu tersebut.

  • Teh dalam Kemasan Unik

Apakah kamu pernah berpikiran untuk memilih souvenir dalam bentuk minuman? Tentu saja souvenir seperti itu akan jarang kita temui di acara pesta pernikahan. Kamu bisa memanfaatkan cacahan daun teh untuk dijadikan souvenir pernikahan eco friendly. Teh sendiri kaya akan manfaat: bisa dikonsumsi sehari-hari dengan aroma wangi dan baik untuk kesehatan. Akan sangat cocok sekali jika teh ini digunakan sebagai kenang-kenangan untuk tamu yang menghadiri acara pernikahanmu. Dengan dibungkus menggunakan tas kecil yang terbuat dari kertas (paper bag) atau botol yang berukuran kecil akan menjadikan souvenir ini menjadi lebih menarik. Kamu juga bisa memberikan tulisan ucapan terima kasih dan namamu dengan pasangan di bagian depan paper bag atau tutup botol jika menggunakan kemasan botol.

  • Biji Kopi

Selain menggunakan teh sebagai souvenir, kamu juga bisa memanfaatkan biji kopi sebagai souvenir pernikahanmu nanti. Pasti para tamu yang menerimanya akan merasa senang dan bahkan tidak akan ada yang menolak souvenir pernikahan unik ini. Biji kopi ini memiliki manfaat untuk menghilangkan bau di dalam mobil maupun dalam ruangan. Kamu bisa mengemas biji kopi ini menggunakan kemasan jar atau toples kecil yang terbuat dari kaca. Sehingga, biji kopi akan lebih awet dan aromanya masih tetap terjaga.

  •  Eco Bag

Kemudian kamu juga bisa memilih goody bag yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan sebagai souvenir di hari pernikahanmu nanti. Tas seperti ini biasa disebut dengan eco bag yang saat ini sedang menjadi produk unggulan para vendor pernikahan yang ada di seluruh Indonesia. Kamu juga bisa menambahkan desain berupa gambar untuk mempercantik eco bag dengan cara di sablon. Ingat! Kamu jangan sampai lupa untuk memberikan tulisan ucapan terima kasih dan namamu beserta pasangan yang dilengkapi dengan tanggal pernikahanmu di souvenir pernikahan eco friendly ini. Dengan tujuan, supaya para tamu yang menerima souvenir ini akan selalu mengingat kenangan di hari bahagiamu ini.

Kesembilan barang di atas merupakan rekomendasi souvenir pernikahan eco friendly yang bisa kamu pilih untuk acara pernikahanmu. Selain memiliki penampilan yang keren dan banyak manfaat, barang yang bisa digunakan sebagai souvenir yang telah dibahas juga ramah dengan lingkungan. Tanpa disadari, kamu secara tidak langsung ikut mengkampanyekan pentingnya menjaga bumi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *