gelang kaki hijab

Tips Memakai Gelang Kaki untuk Wanita Berhijab

Gelang kaki untuk wanita berhijab? Pertanyaan ini akan selalu ada bagi kamu yang berhijab. Apakah kamu boleh memakai gelang kaki?

Sebagai salah satu perhiasan emas, gelang kaki tentunya kamu ingin kenakan juga untuk menambah koleksi perhiasan yang melekat di tubuhmu.

Apalagi, setelah menonton film-film India yang banyak pemeran perempuannya mengenakan jenis gelang tersebut, baik di kaki kiri atau kanan, kamu akan semakin terpincut untuk segera membeli dan mengenakan pada salah satu atau kedua kakimu.

Sekadar informasi saja, pemakaian gelang kaki itu termasuk salah satu bagian dari tradisi negara-negara di Asia Selatan seperti India dan Sri Lanka. Jadi, tidak mengherankan jika gelang kaki yang bernama payal di sana begitu mengakar, dan tidak boleh dihilangkan begitu saja.

Alasan pemakaian gelang kaki di India adalah supaya wanita tetap terlihat menawan dan memukau terutama di saat mereka melangsungkan pernikahan. Bunyi gemericik dari gelang kaki yang dikenakan itu tentu akan semakin menambah kekaguman bagiĀ  orang-orang yang mendengarnya.

Tetapi, balik lagi ke pertanyaan di atas. Apakah kamu yang berhijab boleh mengenakannya?

Mengingat perhiasan adalah kebutuhan jasmani dan fitrah wanita karena tujuan memakai perhisan itu sendiri adalah untuk mempercantik diri terutama di depan suami.

Islam sendiri memperbolehkan wanita untuk memakai perhiasan untuk alasan tersebut namun dengan catatan tidak boleh berlebihan sebab akan mengundang cibiran dari orang-orang sekitar yang akan mengatakan bahwa kamu itu sombong.

Begitu juga dalam Islam, Allah tidak akan menyukai orang-orang yang demikian sebab kesombongan hanyalah milik-Nya.

Jadi, dengan begitu kamu harus memakai perhiasanmu dengan wajar dan seadanya saja, ya. Nah, apabila kamu diperbolehkan memakai perhiasan, begitu juga dengan gelang kaki.

Gelang kaki untuk wanita berhijab itu diperbolehkan asalkan tidak berlebihan dan sopan. Berlebihannya adalah tidak boleh dengan sengaja mengentakkan kaki di depan orang-orang selain suami.

Lalu bagaimana supaya kamu bisa dengan sopan menggunakan gelang kaki meski dalam keadaan berhijab? Berikut ini adalah tips-tipsnya, untuk kamu simak.

Tips Sopan Memakai Gelang Kaki untuk Wanita Berhijab

Tips Memakai Gelang Kaki untuk Wanita Berhijab
1. Pakai Gelang Emas yang Kecil

Tips pertama untuk tetap terlihat sopan memakai gelang kaki dalam keadaan berhijab adalah kamu harus menggunakan gelang emas yang berukuran kecil.

Gelang emas ini bisa kamu kenakan di kaki kiri atau kanan, namun usahakan di satu kaki saja supaya tidak terkesan berlebihan.

Supaya benar-benar terlihat sopan padukan dengan bawahan kamu berupa celana  jins yang bagian bawahnya terpotong, dan gunakan saja sepatu yang berwarna netral seperti warna putih.

Sepatu putih yang kamu kenakan itu bisa dipadukan dengan dress sehingga membuat penampilanmu tetap sopan dan sederhana.

2. Hindari Gelang Kaki yang Punya Lonceng

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahwa menggunakan gelang kaki itu diperbolehkan bagi yang berhijab namun jangan berlebihan.

Berlebihannya adalah tidak boleh dengan sengaja menghentakkan gelang kaki di depan orang-orang yang bukan suami. Karena itu, supaya hal tersebut tidak terjadi sebaiknya kamu menghindari menggunakan gelang kaki yang ada lonceng atau bandulnya.

Tanpa kamu sadari meskipun kamu berusaha tidak membunyikannya namun ia secara otomatis akan berbunyi apabila kamu berlari-lari mengejar transportasi umum.

Bukan hanya berlebihan saja sebenarnya, kalau kamu memakai gelang kaki yang ada lonceng apalagi di keramaian hal tersebut malah akan membuat risih orang-orang di sekitarmu. Tentu kamu tidak mau hal seperti itu terjadi kan? Karena itu, gunakan saja gelang kaki emas yang ukurannya standar.

3. Hindari Juga Gelang Kaki yang Bermotif

Menghilangkan kesan berlebihan juga bukan hanya pada mengenakan gelang kaki yang ada lonceng atau bandul, melainkan juga gelang kaki yang bermotif. Kamu merasa bahwa dengan menggunakan gelang kaki yang bermotif seperti yang ada bunga-bunganya akan menambah kesan indah pada dirimu.

Tapi, kamu harus ingat jika memang ingin menggunakan gelang kaki dengan sopan di saat kamu berhijab sebaiknya hal tersebut dihindari saja. Selain berlebihan, hal tersebut akan juga menimbulkan sesuatu yang mencolok dan tidak berfaedah. Jadi, gunakan saja gelang kaki kecil, standar, dan minimalis.

4. Gunakan Gelang Kaki yang Menyatu dengan Sepatu

Maksudnya adalah apabila kamu punya sepatu yang punya celah untuk bisa dimasukkan oleh tali atau lainnya, coba masukkan saja gelang kakimu di situ.

Hal ini selain menyamarkan gelang kaki yang kamu pakai sehingga banyak orang mengira itu bagian dari sepatu kamu, juga tetap akan membuat kamu terlihat sopan, dan tidak terkesan berlebihan. Kamu pun juga akan merasa nyaman karenanya. Kamu bisa menggunakan yang seperti ini di saat-saat informal seperti pesta atau liburan.

Itulah tips-tips mengenakan gelang kaki untuk wanita berhijab supaya tetap terlihat sopan dan tidak berlebihan, sebagaimana yang dianjurkan dalam Islam. Dengan begitu, kamu bisa tetap tampil modis dan tidak berlawanan dengan syariat.

Selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *