perhiasan vintage

Kenapa Harus Membeli Perhiasan Emas Vintage?

Perhiasan emas vintage adalah salah satu jenis perhiasan yang sebenarnya kamu harus beli sebab ada daya tarik tersendiri yang dipancarkan oleh kandungan di dalamnya. Daya tarik itu selain sifatnya yang memang evergreen atau timeless juga perhiasan jenis ini bisa membuat kamu tahu cerita di baliknya.

Disebut vintage karena perhiasan ini berumur 20-30 tahun dari saat dibeli oleh, misalkan, orang tuamu, temanmu, atau kenalanmu. Jadi, hal ini untuk membedakannya dengan perhiasan antik yang umurnya di atas 100 tahun, dan diwariskan secara turun-temurun.

Serta perhiasan estate yang umurnya hanya berkisar 4-5 tahun ketika kamu membelinya, baik untuk pasanganmu atau sekadar koleksi. Meskipun berumur cukup lama, terutama dari saat kamu belum dilahirkan atau kamu masih kecil, jangan diragukan mengenai nilai jualnya.

Nilai jual perhiasan vintage itu termasuk tinggi apalagi jika itu adalah perhiasan emas yang selalu menjadi primadona.

Buang jauh pikiranmu mengenai kata vintage yang melekat pada perhiasan dengan anggapan bahwa sesuatu yang kuno atau klasik itu tidak berharga. Supaya kamu yakin untuk membeli jenis perhiasan ini yang bisa berguna untuk ke depannya terutama investasi, berikut kami paparkan alasan-alasan di bawah ini.

Alasan Membeli Perhiasan Emas Vintage

1. Mempunyai Nilai yang Begitu Berseni dan Historis

Yang namanya perhiasan vintage itu adalah perhiasan yang memang sudah pasti memiliki nilai seni tersendiri dari yang bukan vintage. Nilai seni itu bisa terlihat dari tampilannya yang unik, yang bisa saja ditemukan pada perhiasan zaman now.

Misalkan, liontin yang bentuknya dipadukan dengan arloji dan punya rantai emas atau kalung dengan gantungan berbentuk kunci. Hal inilah yang membuat para kolektor perhiasan emas melihatnya sebagai sebuah keuntungan yang menyejukkan secara visual dan bernilai seni tinggi.

Apalagi model-model seperti tentunya sudah jarang di pasaran sehingga menambah nilai lebih jika sudah bisa dimiliki. Selain bernilai seni yang tinggi, perhiasan vintage juga punya nilai historis yang bisa saja berkesan untuk pemiliknya.

Nilai historis itu bisa berupa kisah manis dan pahit di baliknya. Misalkan, kamu punya perhiasan vintage yang kamu beli dari temanmu, tentu kamu akan mendengarkan kisah bagaimana temanmu berjuang mendapatkannya untuk pasangan dengan susah payah.

Selain kisah, juga kamu akan mengetahui sisi historis lain bahwa perhiasan vintage yang kamu akan beli itu ternyata memiliki cara pembuatan yang unik, dan tidak akan ditemukan lagi karena langka.

2. Kualitas yang Tidak Perlu Diragukan

Karena perhiasan vintage itu dikerjakan dengan begitu hati-hati sehingga prosesnya memakan waktu yang lama demi mendapatkan nilai-nilai estetis, sudah pasti kualitasnya begitu bagus.

Kamu pun karenanya tidak perlu meragukan, dan kamu bisa bandingkan dengan perhiasan yang kamu miliki sekarang; awet atau tidak sama sekali jika dibandingkan dengan perhiasan vintage.

3. Mempunyai Efek Ramah Lingkungan

Beberapa puluh tahun terakhir ini, Bumi sering ditempa oleh isu pemanasan global yang berakibat pada menurunnya kualitas lingkungan hidup. Hal tersebut berdampak pada menurunnya kualitas hidup kebanyakan orang yang cepat mendapatkan penyakit dan meninggal.

Sebenarnya, dengan kamu membeli perhiasan emas vintage sudah berperan dalam menyelamatkan Bumi. Kenapa? Ternyata perhiasan ini malah mempunyai efek ramah lingkungan yang begitu bagus, yaitu menghemat proses pertambangan dan produksi.

Apabila kamu membeli perhiasan baru, otomatis kamu akan menyumbang dalam proses pertambangan dan produksi lagi, dan polusi udara akan semakin bertambah. Selain itu, bahan-bahan untuk perhiasan vintage itu alami karena berasal dari batu-batu alam yang tentu saja proses pengerjaannya simpel dan menghemat energi.

4. Harga Lebih Terjangkau

Kamu tidak perlu pusing mengenai harga perhiasan vintage sebab harganya lebih terjangkau atau jauh lebih murah daripada perhiasan zaman now. Dengan harga yang bersahabat ini kamu bisa mendapatkan sebuah perhiasan yang memang benar-benar berkualitas sehingga tidak rugi dalam merogoh kocek.

Meski begitu, ada pengecualian kalau perhiasan vintage yang kamu pakai itu langka dan dicari-cari banyak orang karena nilai historisnya, harganya bisa selangit.

5. Sebagai Modal Investasi

Dengan membeli perhiasan vintage kamu sebenarnya sudah mempunyai modal untuk investasi masa depan terutama di saat pandemi Corona. Hal itu akan menjadikan keuntungan yang lebih buat kamu karena nilai perhiasan yang kamu miliki itu bagi para pembeli terutama kolektor.

Kolektor tentu saja tidak akan segan-segan mengeluarkan uang, dan itu bisa menjadi keuntungan finansial yang tidak disangka-sangka. Selain ada alasan untuk membeli perhiasan vintage, kamu tentu juga bisa harus memakainya dan dipadupadankan dengan tepat.

Perhiasan ini sendiri memang dapat memberikan sentuhan personal pada kamu ketika memakainya karena nilai-nilai yang dikandungnya. Supaya kamu dapat memakainya dengan tepat berikut ini adalah tips-tipsnya yang kamu bisa praktekkan kala menghadiri pesta atau pertemuan informal.

Tips Memakai Perhiasan Bergaya Vintage

1. Perhatikan Busana

Supaya perhiasan vintage mu benar-benar menonjol dan memberi kesan yang lebih, kamu harus memakai busana yang tepat. Busana yang bisa dipadukan adalah warna hitam terutama saat kamu menghadiri pesta di malam hari.

Soalnya, warna tersebut akan menonjolkan perhiasan yang kamu kenakan. Beda halnya jika kamu mengenakan pakaian dengan warna terang.

2. Memadukan dengan Era yang Berbeda

Mempunyai  perhiasan vintage memang bisa jadi membingungkan untuk kamu kenakan. Sebenarnya, kamu tidak perlu bingung untuk hal tersebut.

Kamu cukup padukan pakaian yang kamu yang sedang trendi dengan perhiasan vintage yang kamu miliki itu. Pastinya akan menimbulkan kesan yang tidak membosankan dan personal.

3. Padukan dengan Anting Emas

Supaya perhiasan emas vintage mu benar-benar cocok ketika dipakai, coba padukan dengan anting emas yang kamu punya. Namun, dengan catatan warna emasnya harus polos.

Kalau yang vintage itu adalah anting, kamu bisa membiarkan lehermu polos tanpa perhiasan untuk mendapatkan tampilan yang simpel.

Memiliki perhiasan vintage bukan berarti tidak bisa digabungkan dengan perhiasan modern, yuk padukan perhiasan vintage milikmu dengan perhiasan emas kekinian dari V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *