Faktor yang Mempengaruhi Harga Berlian Asli

Faktor yang Mempengaruhi Harga Berlian Asli

Banyak orang yang memburu berlian sebagai perhiasan untuk investasi. Meski harganya mahal, cincin berlian tetap banyak penggemarnya. Nah ketahuilah ada sederet faktor yang berpengaruh terhadap harga berlian asli. Dengan demikian, kamu bisa menentukan jenis berlian sesuai dengan kemampuan.

Potongan Berlian

Siapa sangka ternyata potongan berlian cukup memainkan peran penting dalam menentukan harga sebuah berlian. Potongan berlian ternyata bisa menentukan bagaimana batu tersebut bisa memantulkan cahaya sehingga dapat menghasilkan sebuah tingkat kecemerlangan tertentu. Berlian yang sudah dipotong dengan tepat akan menghasilkan pantulan cahaya yang cemerlang.

Meskipun warna atau kejernihannya tidak begitu bagus, tetapi potongan yang bagus akan membuatnya bagus. Sebaliknya percuma jika warna dan kejernihannya bagus jika potongannya buruk. Maka hal ini membuat banyak orang berhati-hati dalam melakukan pemotongan berlian. GIA sendiri juga menentukan standar untuk tingkat pemotongan berlian.

Jika dilihat tingkat pemotongan bisa dilihat dari yang tertinggi sampai yang terendah. Mulai dari kelas Excellent sampai Poor. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Namun yang utama adalah bentuk dari berlian itu sendiri.

Kepemilikan Sertifikat

Faktor yang Mempengaruhi Harga Berlian Asli

Pastinya semua unsur dari berlian yang sudah diteliti oleh GIA akan dituangkan dalam sertifikat. Maka sebelum memilih berlian untuk cincin, ada baiknya kamu mengecek sertifikat yang dimiliki oleh ebrlian tersebut. Mengapa sertifikat begitu penting? Sebagai orang awam tentu akan sulit bagi kamu untuk membedakan mana berlian dengan kualitas yang bagus atau tidak. Sulit pula bagi kamu untuk mengetahui misalnya noda yang ada di berlian itu.

Maka dari itu sertifikat menjadi hal yang penting. Kamu jadi memahami tingkat kejernihan, berat berlian sampai potongan. Sertifikat menjadi jaminan bahwa berlian yang kamu beli benar-benar dari sumber yang terpercaya. Selain itu, hal ini pastinya menghindarkan kamu dari penipuan berlian yang pastinya akan merugikan.

Warna Berlian

Learn What Diamond Color Is and What it Means | GIA 4Cs of Diamond Quality

Siapa sangka ternyata harga berlian asli untuk cincin bisa dilihat dari segi warnanya. Sebab, warna menentukan harga dan juga keindahannya. Maka dari itu, warna berlian merupakan faktor utama di saat kita sedang memilih batu berlian. Perlu kamu ketahui bahwa berlian sebenarnya muncul dari karbon yang mengalami proses pemampatan hingga akhirnya mengeras.

Proses ini akhirnya menghasilkan batu keras yang berwarna kering. Namun seiring dengan prosesnya kerap kali ada zat-zat lain yang muncul sehingga membuatnya menjadi warna. Misalnya ketika ada zat nitrogen akhirnya membuat warna berlian menjadi sedikit agak kekuningan.

Maka tak heran jika berlian yang benar-benar bersih tanpa warna termasuk ke dalam jenis berlian yang langka. Bila dilihat dari standar yang dibuat oleh Gemological Institute of America atau GIA, warna berlian dibagi skalanya mulai dari D sampai Z. Lembaga internasional yang dipercaya untuk menganalisis kualitas berlian ini menggolongkan berlian yang paling sedikit jejak warnanya ke dalam skala D.

Sementara berlian yang masih tampak banyak warnanya akan masuk ke dalam Z. Dengan kata lain semakin banyak warna yang ikut ke dalam berlian maka kualitasnya akan semakin menurun. Tentu hal ini wajib diperhatikan sebagai tips memilih berlian untuk cincin. Lalu, bagaimana caranya agar bisa melihat warna dari berlian tersebut?

Sebagai awam kamu mungkin tak bisa melihat secara jelas jejak warna yang dimaksud. Kamu membutuhkan alat khusus yang bisa memperbesar ukuran berlian. Dengan begitu, kamu jadi bisa melihat dan menentukan kualitas dari berlian tersebut. Maka dari itu, GIA menjadi ukuran atau standar internasional yang dipercaya untuk mengukur kualitas berlian.

Namun, kamu pasti pernah melihat berlian yang memang ada warnanya. Tentu saja hal ini berbeda karena ada standarnya sendiri. Bila berlian memiliki warna akan masuk ke dalam kelompok Fancy Color Diamond. Tentu saja parameter untuk mengukur kualitas berlian ini akan berbeda dengan yang memiliki warna bening.

Kejernihan Berlian

Batu mulia yang terbaik adalah yang paling jernih. Berlian pastinya tidak luput dari cacat atau noda lain yang dapat memberi pengaruh terhadap tingkat kejernihan dari berlian. Cacat ini biasanya berbentuk goresan, titik atau bentuknya seperti gelembung air. Tingkat kejernihan ini ditentukan dari besarnya cacat.

Pastinya semakin besar cacat akan semakin besar pula harganya akan turun. Letak cacat inilah yang kemudian menentukan grade atau level dari berlian. GIA sendiri sudah membuat standar mengenai tingkat kejernihan dari sebuah berlian. Tingkat yang paling tinggi adalah FL atau Flawless. Dalam tingkatan ini, tidak ada kecacatan yang dimiliki oleh berlian.

Grade berikutnya adalah Internally Flawless atau IF. Dalam grade ini, berlian memang tidak memiliki cacat pada bagian dalam. Tetapi ada tanda di bagian luar berlian yang hanya bisa dilihat dengan alat khusus. Level di bawahnya adalah VVS atau Very Very Slightly Included. Dalam level ini ada cacat di bagian dalam berlian yang hanya bisa dilihat memakai teropong berlian.

Berikutnya adalah Included yang merupakan tingkatan terendah. Level cacat pada berlian ini mudah dilihat memakai kaca pembesar atau cacatnya dalam jumlah banyak sehingga akan mudah jika dilihat dengan mata telanjang.

Bahan Cincin Berlian

Tentu saja harga berlian asli juga membutuhkan bahan logam. Biasanya harga juga dipengaruhi dari pemilihan logam ini. Ada beberapa jenis bahan yang bisa kamu pilih. Misalnya saja emas kuning. Jika berbicara perhiasan pasti yang ada di benak banyak orang adalah emas berwarna kuning. Logam mulia satu ini memang masih menjadi idola bagi banyak orang dalam hal bahan pembuatan cincin.

Bila dilihat emas kuning memiliki kilau yang asli dari warna kuning yang ditimbulkan. Cincin yang terbuat dari emas kuning bisa dibilang tidak pernah lekang oleh waktu. Padahal sekarang sudah semakin banyak jenis bahan cincin yang memberikan kesan elegan misalnya emas putih maupun rosegold.

Tak hanya emas saja,  perak memang menjadi salah satu bahan yang cukup umum bila berbicara apa saja bahan cincin. Bahkan, cincin perak sudah lebih dikenal sebelum banyak jenis bahan cincin yang cukup populer sampai saat ini. Cincin perak sendiri juga memiliki bentuk yang beragam. Mulai dari yang paling simpel hingga yang paling rumit sekalipun.

Banyak orang yang malas memakai cincin perak karena kerap kali dianggap mudah kotor. Tetapi tentu saja ada banyak cara untuk membersihkannya sehingga kamu tak perlu merasa ragu untuk memakai cincin dengan bahan dasar perak. Kamu cukup menyiapkan air hangat dan sabun untuk membersihkan nodanya.

Ada faktor lain mengapa perak disukai sebagai bahan cincin. Salah satunya adalah dari segi harga yang lebih terjangkau. Apalagi kamu bisa membentuk cincin yang terbuat dari perak menjadi desain yang lebih modern. Misalnya membentuk cincin seperti ada satu berlian kecil di tengah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *