Cincin kawin couple menjadi pilihan yang tepat bagi kamu dan pasangan yang mencari desain cincin. Cincin memang tak selamanya harus punya desaign yang sama untuk pengantin perempuan dan laki-laki. Banyak design yang membedakan bentuk dari cincin untuk suami dan istri. Namun jika kamu ingin membeli cincin kawin couple, berikut ini beberapa yang perlu diperhatikan.

Hal pertama adalah modelnya. Menyamakan selera laki-laki dan perempuan bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, kamu perlu memilih kategori model cincin kawin couple yang umumnya dipakai oleh para pasangan. Berikut ini rekomendasi modelnya.

1. Plain Collection

Jika kamu dan pasangan termasuk orang yang simpel dan bebas ribet, maka memilih plain collection adalah pilihan tepat. Kamu tak perlu memikirkan bentuk dan tidak menyematkan berlian atau batu apapun. Mungkin kamu bisa membuat bentuk cincin sedikit bergelombang sebagai variasi. Untuk model seperti ini harganya mulai dari Rp 5 jutaan.

2. Simple Collection

Cincin mungkin bisa dijadikan lebih bervariasi atau tidak terlalu polos. Maka, kamu bisa memakai cincin dengan model simple collection. Bentuknya seperti cincin biasa pada umumnya, hanya saja memang ada berlian kecil yang disematkan di bagian tengah cincin.

Jika tidak ingin terlalu polos, ada aksen yang bisa ditambahkan di beberapa bagian cincin. Kamu juga bisa memilih variasi warna dan bahan supaya tidak bosan seperti warna silver, rosegold dan emas kuning. Harganya pun variatif sekitar Rp 8 juta sampai Rp 10 juta. Harga ini berdasarkan bentuk dan model yang akan kamu pilih.

3. Exclusive Collection

Mau memiliki cincin yang mewah dalam cincin kawin? Kamu bisa memakai cincin dengan model Exclusive Collection. Model ini membuat kamu bisa menyematkan banyak aksen dan berlian di sekitar cincin. Model ini membuat cincin yang kamu pakai semakin mewah.

Tapi tak perlu khawatir bila cincin yang kamu pakai terkesan norak karena cincin akan tetap anggun dan menawan. Harga dari koleksi ini bervariasi tergantung kerumitan designnya. Harganya mulai Rp 12 juta sampai di angka Rp 30 juta.

4. Unique Collection

Cincin nikah tak mesti hanya itu-itu saja. Kamu dan pasangan bisa memilih model yang unik dan pastinya tidak biasa. Ada banyak variasi yang bisa kamu pilih misalnya cincin dengan model batik, inisial nama hingga finger print. Semua itu bisa kamu pilih sesuai dengan kesukaan dan modelnya.

Kamu juga bisa custom sesuai dengan keinginan asalkan toko perhiasan mampu mengakomodir keinginan kamu tersebut. Harganya pun pasti bervariasi karena model dan bentuknya yang berbeda-beda. Jika dilihat harganya bisa mencapai angka Rp 30 sampai 40 juta.

Bahan Cincin Kawin Couple yang Tepat

Bahan Cincin Kawin Couple yang Tepat
Foto: Pixabay

Hal berikutnya yang jadi pertimbangan adalah bahan cincin kawin couple. Pada agama islam misalnya pemakaian bahan emas yang dilarang. Maka dari itu, kamu dan pasangan harus mencari bahan selain emas yang dijadikan cincin. Tak perlu khawatir sebab ada beberapa jenis bahan yang bisa dipakai.

Palladium

Pertama adalah palladium. Jenis palladium ini merupakan salah satu logam mulia yang baru terkenal. Tentu saja karena tidak terbuat dari emas kuning, logam mulia ini sangat direkomendasikan untuk dipakai oleh para pria. Salah satu keunggulan dari palladium adalah tahan lama dan tidak mudah tergores karena bahannya yang logam mulia.

Cincin kawin palladium ini juga akan menimbulkan kesan elegan dan maskulin bila kamu buat sebagai model polos. Apalagi cincin ini harganya lebih murah dibandingkan emas. Tentu sangat cocok sebagai bahan cincin kawin untuk pria. Kelebihan lainnya adalah palladium juga cocok dipakai orang dengan kulit sensitif.

Platinum

Selain palladium, bahan yang juga kerap dipakai oleh para pria adalah platinum. Keunggulan dari bahan cincin ini adalah bahannya yang bisa dibilang sangat padat. Meskipun sedikit berat, cincin kawin platinum juga menjadi favorit karena memiliki bentuk yang sangat kokoh. Maka tak heran jika cincin ini termasuk yang sulit untuk tergores.

Namun ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan. Pertama yaitu dari segi bobot. Cincin dengan bahan platinum memang sedikit lebih berat. Maka sebaiknya kamu perlu memperhatikan aspek bobotnya mengingat cincin kawin akan dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Tapi dari segi tampilan dan desain, platinum akan tampak menawan dan maskulin meski designnya polos.

Perak

Perak termasuk salah satu bahan yang cukup dikenal sebagai pengganti emas. Maka dari itu, bahan ini sangat cocok untuk dipakai laki-laki. Cincin berbahan perak ini  umumhya polos. Maka dari itu, cincin ini sangat cocok untuk cincin kawin pria supaya bisa tampak wibawa dan gagah.

Orang yang memakai cincin perak ini biasanya tidak memakai desain yang aneh. Umumnya hanya polos dengan permata kecil di atasnya. Selain karena tidak terbuat emas, kesederhanaan ini yang akhirnya membuat cincin ini sangat disukai oleh para pria.

Emas putih

Meski sering disebut emas putih, tapi bahan ini berbeda dengan emas kuning yang warnanya kuning. Emas putih sendiri sebenarnya dibentuk dari bahan yang disebut dengan platina. Logam ini termasuk jenis yang kurang reaktif. Tapi memang alangkah baiknya kamu mengecek apakah bahan yang dibeli benar-benar terbebas dari emas putih atau tidak.

Cincin kawin emas putih punya bobot yang ringan sehingga enak jika dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Namun kamu mungkin sedikit merasa repot jika harus merawat cincin sebab emas putih sendiri harus rajin dirawat.  Kamu bisa datang ke jasa pemoles perhiasan yang ada di berbagai toko perhiasan.

Tungsten Karbida

Berikutnya adalah tungsten karbidra. Logam satu ini mungkin kurang terkenal tapi sebenarnya sangat umum bila dipakai sebagai bahan cincin kawin untuk pria. Kelebihan dari logam satu ini adalah bisa mempertahankan bentuk aslinya. Artinya, cincin ini sendiri tidak mudah tergores.

Jenis logamnya termasuk yang memiliki titik lebur cukup tinggi sehingga cocok jadi bahan cincin. Meskipun warnanya tidak mengkilap, logam ini tetap nyaman apabila dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Jadi, kamu dan pasangan bisa memilihnya sebagai bahan cincin yang menggantikan emas.

Perhiasan yang berwarna kuning tidak selamanya terbuat dari emas. Kamu bisa memakai kuningan sebagai alternatif bahan cincin kawin untuk pria. Secara umum warna logam ini akan membentuk seperti emas. Tapi memang tidak ada kandungan emas di dalam bahan ini. Maka, kamu sendiri jangan mengharapkan adanya kilauan dari kuningan seperti emas kuning.

Tapi tak masalah jika kamu dan pasangan ingin memakai kuningan sebagai bahan dasar cincin. Logam kuningan sendiri tidak kalah indah jika dipakai sebagai perhiasan. Tak sampai situ saja, kuningan juga logam yang mudah dibentuk sehingga kamu bisa membuat cincin dengan desain yang unik. Tak ada salahnya mencoba bahan cincin satu ini.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin