Cara Menghitung Harga Cincin Emas 1 Gram

Cara Menghitung Harga Cincin Emas 1 Gram

Ketika seseorang ingin membuat cincin, tentunya harus mengetahui budget yang sesuai. Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga cincin emas 1 gram. Dengan demikian kamu juga bisa menyesuaikan budget dengan cincin yang diinginkan.

Tentunya ada sederet faktor yang bisa dibilang dapat mempengaruhi harga cincin emas 1 gram. Jika kamu ingin membeli cincin, ketahui faktor-faktor berikut ini. Hal inilah yang yang wajib dipahami terlebih dahulu sebelum akhirnya kamu membuat cincin yang diinginkan.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin

  1. Tingkat Gramasi Cincin

    Gramasi merupakan jumlah kandungan emas atau logam yang terkandung di dalam cincin. Untuk cincin emas sendiri termasuk yang paling mahal. Untuk harga cincin emas 1 gram ada di kisaran Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu. Sementara cincin pada umumnya memiliki besaran emas sekitar 1 sampai 2 gram. Bahkan ada orang yang memilih cincin dengan kandungan emas mencapai 5 gram.

    Dalam setiap cincin terdapat kandungan logam yang berbeda-beda. Biasanya kandungan perak di dalam sebuah cincin juga tidak 100%. Terdapat campuran logam lain untuk memberikan kesan indah dan juga elegan. Sementara untuk cincin perak, harganya juga beragam. Bila kamu ingin mengambil yang paling murah, harga cincin dimulai dari harga Rp 300 ribuan.

    Salah satu bahan lain yang cukup banyak dipakai adalah palladium. Logam berwarna silver ini adalah jenis logam yang ringan. Harganya juga bisa dibilang terjangkau. Maka tak heran banyak orang yang senang memakai bahan ini. Untuk harga cincin dengan kadar palladium 10% yaitu Rp 200 ribuan per gram.

  2. Bahan Cincin

    Tak hanya emas, kamu juga bisa memilih bahan lainnya yang juga sama-sama bisa dijadikan bahan cincin misalnya platinum, palladium, titanium, tungsten, perak hingga emas putih. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera dan karakteristik. Ada yang modelnya berat, ringan hingga ada yang mudah untuk dibentuk.

    Pastinya bahan yang terbuat dari emas akan paling mahal. Tapi, kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa memilih cincin dengan kadar emas yang lebih rendah. Dengan begitu, kamu bisa tetap mendapatkan cincin emas meski budget yang dimiliki terbatas.

  3. Desain Cincin

    Nah, desain ini sebenarnya bisa ditentukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah cara menentukan cincin kawin dengan karakter atau kepribadian. Beberapa desain cincin emas mungkin bisa kamu riset terlebih dahulu dengan mana yang benar-benar sesuai selera. Apakah ingin cincin yang simpel, unik atau mewah. Begitu pula dengan ornamen yang akan diletakkan di cincin.

    Kamu juga wajib menyesuaikan selera dengan budget yang disediakan.  Jangan sampai modelnya terlalu sulit bila budget terbatas. Tingkat kerumitan desain juga berpengaruh pada harga. Nah, untuk mengetahui cara menentukan cincin kawin dari segi desain.

  4. Besar Cincin

    Besarnya cincin juga ternyata berpengaruh terhadap harga cincin kawin yang kamu beli. Ukuran cincin juga dapat disesuaikan dengan selera. Misalnya apakah kamu ingin cincin dengan model tipis dan elegan atau cincin yang mewah dan tampak lebar.

    Cincin yang tipis pastinya akan lebih sedikit memakai bahan dasar logam dibadningkan yang lebar. Maka, ukuran dan bentuk cincin ini juga harus disesuaikan dengan budget yang sudah kamu siapkan. Tentunya yang terpenting adalah harus dipastikan bahwa ukuran cincin kawin yang kamu beli sudah pas dengan jari kamu.

  5. Kadar Emas

    Sebeleum mengetahui berapa kadar emas untuk cincin, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu kadar emas yang ada di sebuah perhiasan. Kerap kali banyak orang yang tidak memahami hal ini saat membeli perhiasan. Terkadang yang dilihat hanya model cincin emas dan bentuknya. Utamanya adalah tampak elegan dan glamor.

    Padahal yang terpenting adalah kadar emas dalam perhiasan tersebut. Percuma saja memiliki bentuk yang indah namun kadar emasnya tidak sepadan. Kamu dan pasangan juga harus memahami pengukuran kadar emas ini. Jangan sampai ketika kamu ingin membeli kadar emas hingga 75% tapi ternyata tidak sampai segitu.

Tentu saja kadar emas sendiri merupakan jumlah emas yang terkandung dalam sebuah perhiasan. Misalnya saja ada perhiasan yang mengandung 75% emas. Berarti 75% dari kandungan perhiasan tersebut adalah logam mulia emas. Sementara sisanya sebesar 25% biasanya kandungan bahan lain yang menjadi campuran seperti tembaga dan nikel.

Maka dari itu, kamu harus membeli di tempat penjualan perhiasan yang terpercaya. Bila tidak, kamu bisa hanya mendapatkan cincin yang mungkin tidak sesuai. Banyak pedagang yang tidak jujur yang pastinya bisa merugikan kamu. Apalagi saat kamu ingin membeli emas untuk keperluan investasi. Pastinya akan merugikan kamu di kemudian hari.

Cara Agar Cincin Emas 1 Gram Tetap Elegan dan Mewah

Cara Agar Cincin Emas 1 Gram Tetap Elegan dan Mewah

Lalu, apakah dengan kamu membeli harga cincin emas 1 gram lalu akan mendapatkan cincin yang tidak bagus? Sebab banyak yang menyebutnya sebagai cincin murahan. Kamu tak perlu khawatir sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar cincin tetap tampak mewah dan elegan. Agar cincin kawin tampak mewah dan glamor sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah dari segi batu yang disematkan di cincin. Semakin besar batu pastinya akan tampak semakin mewah dan glamor. Ada banyak jenis batu yang disematkan. Mulai dari berlian sampai swarovski. Tentu saja itu berdasarkan selera kamu.

Tak hanya berlian dengan ukuran besar saja. Berlian dengan ukuran kecil juga bisa memberikan kesan cincin kawin mewah. Hanya saja jumlahnya pasti banyak dan menyebar di semua bagian band. Jika modelnya seperti itu maka sudah dipastikan cincin kawin akan tampak mewah. Seperti yang disebutkan di atas bahwa pemilihan batu berlian juga menentukan kemewahan sebuah cinci. Misalnya kamu bisa memiliki cincin dengan desain unik yang ekslusif. Coba pilih cincin yang punya 12 berlian kecil 0,085 karat dan 1 berlian besar 0,1 sampai 0,18 karat.

Tentunya kamu harus mencari toko perhiasan yang menjamin berlian yang digunakan berkualitas tinggi dengan grade F serta berada pada tingkatan Vv. Hal ini akan membuat berlian yang digunakan pada kondisi yang nyaris sempurna dan memiliki kemampuan memantulkan cahaya yang sangat baik. Band dari cincin kawin ini juga bukan band monoton yang banyak beredar di pasaran. Band pada desain cincin kawin satu ini membesar di bagian tengah membentuk sisi-sisi tegas yang membuat cincin terkesan mewah. Dengan finishing glossy dan doff membuat kilau dari berlian dapat dimaksimalkan.

Jangan lupa untuk memastikan kualitas dari berlian. Dimulai dari besaran berlian, kualitas berlian sampai warna dari berlian itu sendiri. Kamu bisa membeli berlian di tempat yang tepat supaya mendapatkan berlian yang mewah dan memancarkan kilau tersendiri. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan aksen yang akan diberikan. Untuk memberikan kesan mewah, kamu bisa memberikan aksen gelombang atau membuat cakram untuk meletakkan berlian. Disinilah aksen yang berlebihan bisa diberikan supaya membuat cincin kawin mewah semakin terlihat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *