the Hope Diamond

Ini Dia Lima Berlian Termahal di Dunia: Permata Cantik nan Megah

Siapa yang tidak tahu dengan berlian? Permata cantik ini telah memikat hati manusia bahkan sejak zaman kuno. Di antara banyaknya berlian, ada lima yang dikatakan sebagai berlian termahal di dunia. Mulai dari The Koh-I-Noor hingga The Pink Star.  Setiap berlian memiliki cerita dan pesonanya masing-masing.

Berikut ulasan lebih lanjut mengenai lima berlian termahal di dunia.

  • The Koh-I-Noor – Berlian Terkenal dengan Sejarah yang Penuh Intrik

Queen Mary's Crown
Queen Mary’s Crown | Foto: Britannica

The Koh-I-Noor adalah berlian yang mengundang decak kagum dengan berat 105,6 karat dan sejarah yang menarik. The Koh-I-Noor ini diyakini berasal dari India pada abad ke-14. 

Berlian ini telah berpindah tangan dari generasi ke generasi penguasa terkemuka. Hingga pada akhirnya ia menjadi bagian tak terpisahkan dari mahkota Kerajaan Britania Raya sejak abad ke-19 dan menjadi salah satu harta tak ternilai dari koleksi kerajaan Inggris.

Berlian tanpa warna ini memiliki potongan oval dan juga dikenal sebagai Mountain of Light dan Diamond of Babur. Dalam potongan yang menakjubkan, berlian ini memancarkan kilauan yang luar biasa. Permata berlian terindah ini diperkirakan memiliki nilai sekitar US$ 10-12 miliar atau sekitar Rp 171 triliun. Temukan alasan mengapa The Koh-I-Noor menjadi berlian termahal di sini.

  • The Cullinan – Berlian Terbesar yang Pernah Ditemukan 

The Cullinan I (The Great Star of Africa) | Foto via 64facets

The Cullinan terkenal karena menjadi berlian terbesar dengan berat mencapai 3.106,75 karat dengan menghadirkan kilauan yang tak tersaingi. Ditemukan di Cullinan, Afrika Selatan pada tahun 1905 dan kemudian diberikan kepada Raja Edward VII. 

Batu kasar yang mempunyai julukan sebagai Star of Africa ini diubah menjadi 9 batu permata utama, dengan yang terbesar disebut sebagai Cullinan I yang memiliki berat sebesar 530,2 karat. Estimasi harga berlian ini mencapai US$ 2 miliar atau sekitar Rp 28,6 triliun.

Selain itu, ada juga Cullinan II (atau Star of Africa II), yang memiliki berat sekitar 317,4 karat. Cullinan II juga memiliki peran penting dalam mahkota kerajaan dan bersama Cullinan I menciptakan tampilan yang megah.

  • The Hope Diamond – Berlian Biru Langit yang Legendaris 

Hope Diamond
The Hope Diamond | Foto via si.edu

The Hope Diamond adalah berlian biru langit terkenal yang menawarkan kilauan dan kemurnian yang menakjubkan. Berlian ini memiliki cerita sejarah yang misterius dimana berlian ini ditemukan berasal dari tambang India pada tahun 1600-an dan disimpan sebagai mata satu dewa. Sebuah legenda menyebutkan bahwa seorang penjahat mengambil berlian ini dan kemudian mengalami kutukan yang mengerikan.

Pada tahun 1642, berlian ini muncul di Perancis dan menjadi milik keluarga kerajaan. Sejak itu, berlian ini berganti tangan beberapa kali dan dikatakan membawa sial kepada pemiliknya. Salah satu pemiliknya yang terkenal adalah Marie Antoinette, ratu Perancis yang mendapat eksekusi selama Revolusi Perancis.

Raja Louis XIV membeli The Hope Diamond pada tahun 1668. Berlian ini memiliki keanggunan yang tak terlupakan. Berlian ini mempunyai potongan antik bantal dengan warna Fancy Dark Grey-Blue dan berat sebesar 45,52 karat. Pada tahun 1791, seorang pencuri mencuri berlian ini, namun pada akhirnya permata ini muncul kembali di London pada tahun 1839.

Pada tahun 1949, Harry Winston membeli berlian ini dan menyumbangkannya ke Smithsonian Institution dan menjadi daya tarik bagi turis. Banyak kabar mengatakan bahwa The Hope Diamond ini memiliki kutukan sehingga menyebabkan pemilik-pemilik sebelumnya mengalami berbagai kejadian sial dan tragedi. Meskipun demikian, berlian ini memiliki nilai perkiraan sebesar US$ 200-250 juta atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Secara keseluruhan, The Hope Diamond terus mempesona dan menjadi salah satu permata yang paling mengesankan di dunia, dengan cerita misterius di baliknya, harganya yang mengejutkan dan keanggunannya.

  • The Centenary Diamond – Keindahan dan Kemurnian yang Tak Tertandingi 

273-Carat De Beers Centenary Diamond
273-Carat De Beers Centenary Diamond | Foto via Robb Report

De Beers menemukan berlian terbesar ketiga ini di tambang Premier di Afrika Selatan pada tahun 1986. De Beers menyebut he Centenary Diamod sebagai berlian yang sempurna karena memiliki kombinasi yang luar biasa dari ukurannya yang besar, kejernihan tingkat VVS1 ( Very Very Slightly Included 1), dan potongan yang sempurna.

Sebagai berlian mentah, The Centenary Diamond memiliki berat melebihi 500 karat. Seorang ahli berlian, Gabi Tolkowsky,  dengan keahliannya memotong permata  tersebut menjadi bentuk hati dan dengan berat 273,85 karat. 

The Centenary Diamond memiliki 247 permukaan berlian yang sempurna, termasuk 164 permukaan pada bagian atasnya. Berlian ini memiliki kejernihan yang luar biasa. Bahkan GIA memberikan sertifikat pada warna berlian ini sebagai D, yaitu peringkat tertinggi untuk berlian tak berwarna. 

Berlian ini memiliki nilai yang tidak dapat diukur dengan uang, karena menggambarkan keindahan dan keajaiban alam yang luar biasa. Namun berlian ini diasuransikan sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,43 triliun. Mengingat ukurannya yang besar, kejernihannya yang langka dan reputasinya sebagai berlian terbaik di dunia.

Hingga saat ini, The centenary Diamond menjadi salah satu permata yang paling mengagumkan dan eksklusif di dunia permata, dengan kombinasi ukuran yang besar, kejernihan yang menakjubkan, dan keindahan potongan berlian yang sempurna.

  • The Pink Star – Berlian Pink Terbesar dan Paling Berharga di Dunia 

The Pink Star Diamond
The Pink Star Diamond | foto via dailymail.co.uk

The Pink Star merupakan sebuah berlian pink langka yang memancarkan pesona yang luar biasa. De Beers menemukan berlian ini di Afrika Selatan pada tahun 1999 dan sebelumnya dikenal sebagai Steinmetz Pink.  Saat ditemukan pertama kali,  permata cantik ini memiliki berat 132,5 karat. Kemudian ahli dari Steinmetz Group memotong dan memolesnya sehingga beratnya tinggal 59,60 karat.

The Pink Star memiliki klasifikasi Fancy Vivid Pink, menjadikannya berlian pink terbesar yang pernah ditemukan. Pada tahun 2017, Chow Tai Fook Enterprises dari Hong Kong berhasil membeli The Pink Star melalui telepon dalam sebuah lelang yang diselenggarakan oleh Sotheby’s. Berlian ini terjual dengan harga yang mencapai US$ 71,2 juta atau sekitar Rp 1,01 triliun. 

Berlian yang memiliki berat sebesar 59,60 karat ini kemudian diubah namanya menjadi CTF Pink Star sebagai penghormatan kepada ayah dari ketua Chow Tai Fook yang telah meninggal. Hingga saat ini CTF Pink Star merupakan berlian termahal yang pernah dijual melalui ajang lelang.

Itulah lima berlian termahal yang ada di dunia. Selain lima berlian di atas, masih ada lagi jenis-jenis berlian lainnya. Walaupun bukan termasuk berlian termahal. Berlian memiliki berbagai macam warna yang cantik dan bermacam bentuk yang cocok untuk dijadikan koleksi perhiasan, sekaligus sebagai instrumen investasi.

Jika kamu tertarik untuk memiliki berlian atau menambah koleksi perhiasanmu, Kamu bisa langsung mengunjungi V&CO Jewellery. Berbagai bentuk dan jenis perhiasan berlian tersedia di V&CO Jewellery. Terlebih lagi, V&CO Jewellery menyediakan berlian yang sudah tersertifikasi GIA (Gemological Institute of America). Jadi transaksi pembelian berlian kamu akan lebih mudah dan aman. Tunggu apa lagi? Temukan berlian cantik pilihan Kamu di webstore V&CO Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *