Kalung Liontin Emas Lysa LTH0088

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kalung Emas, Wajib Tahu Sebelum Menyesal

Hai pencinta perhiasan! Saat memutuskan untuk mengoleksi kalung emas, secara sadar kamu pasti telah melakukan berbagai pertimbangan sehingga dapat membeli perhiasan tersebut. Biasanya, ada beberapa hal yang menjadi dasar kamu sebelum membelinya, bukan? Atau, kamu tipe yang tak perlu banyak berpikir ketika ingin membeli sesuatu?

Sering kali setelah berhasil membeli perhiasan incaran, barulah kita menyadari adanya ketidakpuasan. Terkadang terbesit berbagai masalah yang tidak diduga, seperti mulai merasa tidak cocok, tak puas karena merasa motifnya kurang bagus, hingga mungkin tergoda dengan model kalung emas terbaru lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut, makanya kamu perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari kalung emas yang hendak dibeli. Pertimbangan-pertimbangan dalam membeli kalung emas biasanya tergantung dari harga, desain, motif, keunikan dan lain sebagainya. Setelah mempertimbangkan hal-hal tersebut, barulah kamu dapat membelinya tanpa ragu dan cemas.

Secara lebih detail, berikut V&Co jabarkan berbagai kelebihan dan kekurangan dari perhiasan emas, khususnya liontin atau kalung emas.

Kelebihan 

kadar emas 18K kalung
Kalung emas rose gold LTH0088 – V&Co Jewellery

Menggunakan kalung emas memiliki beberapa kelebihan, terutama dalam konteks budaya, ekonomi, dan investasi. Jika kamu ingin melihat hal lain dari perhiasan tersebut, berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan kalung emas:

  • Nilai Investasi

Emas merupakan salah satu logam mulia yang nilainya cenderung stabil dan bahkan meningkat seiring berjalannya waktu. Sebagai investasi, kalung emas dapat dijual kembali dengan harga yang tinggi, terutama jika harga emas naik.

Saat kamu memutuskan membeli kalung emas atau perhiasan emas jenis lainnya, wajib memperhatikan harga dan juga kandungan karat, sebab hal tersebut sangat menentukan nilai investasi di kemudian hari jika kamu ada keinginan menjualnya kembali.

  • Status dan simbol

Emas telah lama dianggap sebagai lambang kekayaan, keberuntungan, dan status sosial. Menggunakan kalung emas bisa memberikan kesan yang anggun dan elegan.

Orang yang memiliki ekonomi cukup biasanya menggunakan emas baik berupa kalung atau pun cincin melambangkan suatu status sosial ekonomi yang baik, tidak heran apabila banyak orang kaya menggunakannya guna membuat dirinya terlihat elegan.

  • Tahan Karat dan Alergi

Emas adalah logam yang tahan karat, sehingga tidak mudah rusak atau berubah warna seiring waktu. Selain itu, emas juga sangat jarang menyebabkan reaksi alergi pada kulit, membuatnya cocok untuk digunakan oleh banyak orang.

  • Seni dan Desain

Kalung emas sering kali dihiasi dengan desain artistik dan seni ukir yang memperindah penampilan. Ini membuat kalung emas bukan hanya sebagai perhiasan, tetapi juga sebagai karya seni yang indah. Semua perhiasan memiliki bentuk dan desain yang sangat menarik, biasanya juga punya harga jual yang lumayan tinggi. 

  • Warisan Keluarga

Perhiasan emas sering kali diwariskan dari generasi ke generasi sebagai simbol nilai keluarga, tradisi, dan warisan budaya. Begitu pun kalung emas warisan, biasanya memiliki nilai sentimental yang tinggi.

Dalam keluarga biasanya memiliki suatu tradisi dan kebiasaan mewariskan harga benda yang sangat berharganya kepada anak atau turunannya. Emas atau perhiasan sering dijadikan sebuah warisan yang sangat penting.

Biasanya warisan tersebut dibagikan saat mereka telah beranjak dewasa, diberikan untuk kepentingan yang berkaitan dengan dirinya, seperti untuk dijadikan mas kawin, perhiasan seserahan dan lain sebagainya.

  • Penggunaan Sehari-hari

Kalung emas dapat dikenakan sehari-hari dan cocok dengan berbagai pakaian, baik itu busana formal maupun kasual. Dalam hal ini kita sering melihatnya di berbagai kesempatan baik di acara resmi atau pun tidak resmi. Emas sering digunakan oleh perempuan dalam setiap hal guna mempercantik diri.

Namun, perlu diingat bahwa kelebihan ini harus seimbang dengan pertimbangan keamanan dan kehati-hatian dalam menggunakan perhiasan berharga. Memiliki perhiasan emas juga memerlukan perawatan ekstra untuk memastikan bahwa perhiasan tersebut tetap bersinar dan indah seiring berjalannya waktu.

Kekurangan

Tips Sebelum Membeli Kalung Emas Berlian

Meskipun kalung emas memiliki banyak kelebihan, ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan perhiasan emas:

  • Harga Tinggi

Emas merupakan logam mulia yang mahal. Membeli perhiasan emas bisa menjadi investasi besar, dan ini mungkin tidak terjangkau bagi banyak orang. Selain itu, harga emas juga dapat fluktuatif, yang dapat mempengaruhi nilai investasi kamu. Walaupun sebagai perhiasan yang mahal, tetapi kalung emas dan perhiasan jenis lainnya memiliki dampak yang sangat stabil untuk pemiliknya karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika dijual kembali.

  • Risiko Kehilangan atau Pencurian

Perhiasan emas mudah dicuri atau hilang, terutama jika tidak dirawat dengan baik atau dikenakan saat bepergian ke tempat-tempat umum. Kehilangan kalung emas dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan.

Dampak buruk yang sering terbayang oleh banyak orang adalah rawan pencurian, hal tersebut disebabkan oleh perhiasan yang memiliki nilai tinggi.

  • Perawatan yang Intensif

Perhiasan emas memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kilau dan keindahannya. Emas dapat berkarat atau kehilangan kecemerlangannya jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini memerlukan waktu dan upaya ekstra untuk membersihkan dan merawatnya.

Jika perhiasan tidak dirawat dengan baik, dapat menimbulkan kerugian yang signifikan terutama pada tampilan perhiasan tersebut. Biasanya warna dan keunikan yang ada di dalam perhiasan tersebut berkurang.

  • Alergi Kulit

Meskipun alergi terhadap emas jarang terjadi, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap emas atau logam campuran yang digunakan dalam perhiasan emas. Ini dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan pada kulit.

  • Tidak Cocok untuk Semua Kesempatan

Kalung emas mungkin terlalu mencolok atau tidak sesuai untuk beberapa acara atau situasi. Misalnya, dalam situasi formal atau pekerjaan tertentu, menggunakan perhiasan emas yang mencolok mungkin tidak sesuai. Pentingnya menggunakan perhiasan yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan yang ada.

  • Pemalsuan

Ada risiko membeli emas palsu atau tiruan, terutama jika kamu tidak membeli dari sumber yang terpercaya. Memeriksa keaslian emas bisa menjadi tantangan, terutama jika kamu tidak berpengalaman dalam membedakan emas asli dan palsu. Di era yang serba canggih ini, pemalsuan emas sangat rentan dan bisa terjadi dimana-mana, sehingga pentingnya waspada serta wajib membeli perhiasan di toko langsung atau di laman resmi yang terpercaya.

  • Dapat Menyebabkan Ketidaknyamanan Fisik

Kalung emas yang terlalu berat atau panjang dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik, terutama jika digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kalung emas yang wajib kamu ketahui, dengan begitu kamu dapat membeli perhiasan impian tanpa harus takut lagi. Di sisi lain, sebelum membeli atau menggunakan perhiasan, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, serta memastikan bahwa kamu merencanakan penggunaannya dengan bijak dan hati-hati.

Jika kamu ingin membeli kalung, cincin, anting dan perhiasan dalam bentuk lain penting membeli di V&Co Jewellery yang bisa kamu lakukan secara daring dan dapat dilakukan dimana saja.

Banyak jenis perhiasan yang bisa kamu miliki jika membeli di vncojewellery.com, tidak hanya itu saja kamu akan terbebas dari barang palsu dan kecurangan yang tidak terduga. Di vncojewellery.com, kamu akan banyak mendapatkan keuntungan seperti barang asli, jaminan uang kembali, harga cukup terjangkau serta adanya gratis ongkos kirim.

Namun tidak hanya itu saja, jika kamu membeli perhiasan di vncojewellery.com dengan cara kredit, kamu bisa mendapatkan keuntungan tidak terduga seperti 0 bunga angsuran dan juga diskon hingga 25 persen. Yuk, cek katalognya di sini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *