6 Mas kawin yang unik Ini Bisa Jadi Inspirasi Kamu, Lho

6 Mas kawin yang unik Ini Bisa Jadi Inspirasi Kamu, Lho! Tertarik Untuk Mencoba?

Apakah kamu adalah salah satu dari sebagian pasangan pengantin yang sedang mencari inspirasi mas kawin yang unik? Biasanya, alasan mereka yang menginginkan mas kawin yang unik adalah hasil dari kejenuhan kebiasaan yang hanya itu-itu aja sehingga ingin tampil berbeda dengan yang lainnya.

Bisa juga mungkin tuntutan keadaan ekonomi yang tidak memungkinkan bagi si pria untuk membelikan cincin kawin kepada wanita yang kelak akan menjadi istrinya. Alih-alih seperangkat alat sholat yang mungkin dinilai mainstream, akhir-akhir ini banyak pasangan yang menghadirkan mas kawin yang unik yang berbeda dari kebanyakan orang.

Kehadiran mas kawin atau yang umumnya disebut juga sebagai mahar pernikahan ini dinilai sangat penting karena menjadi syarat sahnya suatu ijab kabul dalam acara pernikahan. Mas kawin ini nantinya diberikan sebagai bentuk penghormatan dan hadiah kepada mempelai wanita. Menurut tradisi yang berlaku di berbagai negara, mas kawin ditentukan berdasarkan keinginan dari keluarga pihak wanita yang disesuaikan dengan kesanggupan pria yang melamar.

6 Kisah Mas Kawin yang Unik

Namun, dewasa ini banyak sekali kejadian lucu dan menggelitik dari sejumlah pasangan pengantin yang menghadirkan mas kawin yang unik. Penasaran apa saja? Simak 6 mas kawin yang unik dari berbagai negara yang mungkin bisa menjadi inspirasi kamu!

  1. Segelas air putih

Mas kawin yang unik yang satu ini datang dari Kota Aceh, Indonesia. Di Kota yang terkenal dengan peraturan islamnya yang kental ini terdapat sepasang pengantin yang menghadirkan mas kawin yang sangat berbeda dengan yang lainnya. Pria yang bernama Hari memberikan segelas air putih sebagai mas kawin kepada calon istrinya, Rohani, saat akad nikah yang dilangsungkan pada bulan Mei 2016 di Masjid Alfalah Kampung Pea Jambu. Kejadian ini sempat diberitakan lewat postingan yang diunggah ke halaman facebook oleh akun yang bernama Purwanto dan langsung menjadi viral di Indonesia. Banyak yang kagum dan terharu melihat keikhlasan dan ketulusan sang istri yang mencintai suaminya apa adanya.

Menurut berbagai sumber, kedua pasangan ini berprofesi sebagai pegawai agama yang memiliki penghasilan pas-pasan sehingga tidak mampu membeli perhiasan sebagai mas kawin. Setelah ijab kabul selesai, mempelai wanita langsung meminum mas kawinnya sendiri hingga habis tak tersisa. Bagi kamu yang memiliki gaji pas-pasan, apakah terinspirasi untuk menghadirkan mas kawin yang serupa? 

  • Ayat Alquran

Apakah kamu adalah orang yang rajin membaca Al-Quran dan ingin menguji kemampuan bacaan Alquran pasanganmu? Kamu bisa menggunakan hafalan Al-Quran sebagai mas kawin yang unikmu, lho! Meskipun terbilang unik, namun hafalan alquran saat ini sudah banyak dipraktikkan di berbagai negara di belahan dunia, termasuk negara Indonesia. Di Kota Bandung, misalnya, terdapat pasangan pengantin yang bernama Dodi dan Rahmi ini menggunakan mas kawin berupa hafalan surat Ar-Rahman yang terdapat di kitab suci Alquran.

Surat ini termasuk surat yang paling unik di antara 114 surat yang ada di Alquran karena mengulang ayat yang sama sebanyak 31 kali. Ayat tersebut bermakna menyuruh umat manusia untuk tidak mendustakan nikmat Tuhan yang sudah diberikan. Mungkin hal inilah yang membuat sang wanita menyukai surat ini dan meminta calon suaminya untuk menghafal surat Ar-Rahman sebagai mas kawin. Hafalan Alquran sebagai mas kawin akan membuat pernikahan semakin berkesan dan bermakna bahwa sang suami telah siap menjadi imam bagi keluarga secara jasmani maupun rohani.

  • Sejumlah uang

Zaman sekarang pasti tidak ada orang yang tidak membutuhkan uang. Barang yang satu ini dianggap sangat bernilai harganya karena dapat menunjang kebutuhan hidup. Kamu tidak perlu repot-repot menjual perhiasan untuk mendapatkan uang. Mas kawin yang unik berupa uang ini sudah seringkali terjadi di berbagai negara di dunia. Di Amerika, misalnya, terdapat seorang Ayah yang menuntut laki-laki yang ingin menikahi anaknya untuk memberikan mas kawin berupa uang sejumlah 194 juta. Dengan uang sebanyak itu, laki-laki yang akan menjadi suami dari anaknya tidak mampu memenuhi permintaan sang Ayah. Alhasil, Ayahnya melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

Selain di Amerika, mas kawin serupa juga terjadi di negara Sudan. Di Sudan, terdapat seorang laki-laki tertangkap basah sedang berhubungan intim dengan seekor kambing. Pemilik kambing tersebut tidak menerima kambingnya dijadikan alat kepuasan seksual. Akhirnya dia memaksa laki-laki tersebut untuk menikahi kambingnya dengan tuntutan 15000 dinar sebagai maharnya. Terlepas dari kisah kontroversial yang tadi, uang juga merupakan alat yang sah untuk dijadikan mahar. Barang ini bisa disusun sedemikian rupa dengan bentuk buket atau kotak parcel dengan tambahan dekorasi yang cantik.

Baca: Pertimbangan Hal Berikut Sebelum Membeli Mas Kawin Unik

  • Kain Kafan

Dari namanya saja, kedengarannya cukup menakutkan jika dijadikan mas kawin untuk pernikahan, ya. Namun hal ini tidak berlaku untuk pasangan pengantin yang bernama Ariyati dan Indra. Mereka berdua menggunakan sepaket kain kafan berukuran dewasa yang dibungkus cantik layaknya seserahan untuk mempelai wanita. Sontak cerita pernikahan mereka berdua menjadi viral di media sosial dan diperbincangkan banyak orang karena keinginan sang wanita yang cukup aneh dan tidak lazim. Namun, setelah diketahui alasannya, banyak yang terharu dan memuji ide sang wanita yang so sweet.

Wanita ini ingin menjadikan kain kafan sebagai mas kawinnya dengan alasan agar ketika suaminya meninggal nanti, kain kafan tersebut akan tetap menemaninya dan melekat dengan tubuhnya. Di dunia ini mungkin tidak ada yang abadi, namun cinta mereka berdua tidak dapat terpisahkan dan tak lekang oleh waktu.  Tidak sempat terpikirkan namun tak ada salahnya dicoba, kan? Mas kawin ini bahkan bisa jadi pengingat tentang adanya kematian yang sewaktu-waktu dapat menjemput kamu, sehingga kamu bisa lebih menghargai waktu untuk terus menghabiskan momen bersama. 

  • Sandal/Sepatu

Sandal dan sepatu adalah dua hal yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari. Namun, apa jadinya jika barang yang satu ini dijadikan mas kawin? Di Lombok yang terkenal dengan gunung rinjani-nya ini, ada seorang laki-laki yang menikahi pujaan hatinya dengan mas kawin berupa sepatu gunung. Pernikahan yang terjadi pada tahun 2017 silam di Mataram ini menarik perhatian warga sekitar Lombok setelah video akad nikahnya diunggah ke laman sosial media Instagram oleh akun insidelombok.

Kejadian serupa juga terjadi pada tahun 2018 di daerah Kebumen, Jawa Tengah.  Pasangan pengantin yang bernama Budi dan Julia ini menggunakan sandal jepit dengan merk swallow sebagai mas kawin yang unik. Sandal jepit ini dikemas dalam sebuah bingkai yang cantik layaknya sebuah foto yang bisa dipajang di dinding rumah. Sang mempelai wanita meminta mas kawin tersebut dengan alasan tak ingin memberatkan calon suaminya. Dia juga mengatakan bahwa sandal seharga 9 ribu tersebut melambangkan harapan kesederhanaan dalam hidup berumah tangga nanti. 

  • Perhiasan berbentuk unik

Ingin memberikan pujaan hati mas kawin yang unik namun tidak terlihat aneh? Kamu bisa menggunakan perhiasan sebagai mas kawin dengan bentuk dan desain yang unik, lho. Misal, jika pasanganmu menyukai tokoh film  tertentu, kamu bisa meminta sang pengrajin perhiasan untuk membuatkannya. Namun, sebaiknya memesan dari jauh-jauh hari karena proses pembuatannya pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Saat ini toko cincin kawin V&Co Jewellery juga menjual cincin dengan desain yang eksklusif untuk menghasilkan mas kawin yang unik. Ada banyak pilihan desain yang tersedia, mulai dari cincin batik, cincin berbentuk crown (mahkota), dan masih banyak lagi. Cincin dengan desain batik cocok untuk kamu yang sangat cinta tanah air dan ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kamu bangga menjadi warga negara Indonesia.  Sedangkan cincin berbentuk mahkota cocok untuk kamu yang memiliki karakter feminim. Semua cincin dengan desain eksklusif ready stock dan siap diantar ke alamat rumah kamu, sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama. Tertarik untuk mencoba?

Nah, itu tadi 7 mas kawin yang unik namun bermakna dalam dari berbagai negara di seluruh dunia. Manakah yang cukup menginspirasi kamu dan pasangan? Sebelum menentukan mas kawin atau mahar pernikahan, diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan dan keluarga.

Pastikan mereka menyetujui dan menerima barang yang akan dijadikan mas kawin saat pernikahan nanti. Sebaiknya mas kawin yang nantinya akan digunakan tidak membuat pria terbebani dan menjadi masalah di kemudian hari. Tentu kamu dan pasangan tidak ingin gagal menikah hanya gara-gara mas kawin, bukan? Semoga kamu dan pasangan dapat menemukan mas kawin yang tepat dan sesuai dengan selera, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *