mengenakan perhiasan emas

Bolehkah Memakai Perhiasan Emas di Bandara?

Memakai perhiasan emas dengan pesawat terbang tentu berbeda dari bepergian dengan bis, kereta api, atau kapal laut. Bepergian dengan pesawat yang melalui bandara mempunyai banyak peraturan yang begitu banyak dan rumit.

Hal ini karena tidak lepas dari panduan keselamatan dalam penerbangan. Peraturan yang paling utama adalah jangan membawa cairan, gel, dan aerosol lebih dari 100 ml.

Adanya peraturan tersebut dikarenakan cairan bisa dijadikan sebagai alat peledak di pesawat oleh sekelompok teroris, dan peristiwa ini pernah terjadi pada 2006. Namun, rencana itu berhasil digagalkan.

Peraturan lainnya adalah tidak boleh menyalakan hp ketika di dalam pesawat yang dapat menyebabkan tabrakan sinyal hp dan pesawat sehingga menyebabkan kecelakaan. Belakangan, peraturan itu diubah seiring dengan adanya mode pesawat pada hp atau tablet supaya dapat mengusir kebosanan di pesawat.

Nah, terkait dengan perhiasan emas bolehkah dipakai saat di pesawat? Jawabannya boleh-boleh saja.

Namun untuk bisa mengenakan perhiasan emas itu kamu tentunya harus melewati prosedur pemeriksaan yang ketat saat hendak masuk ke pesawat. Apabila kamu melewati pemeriksaan, dan lampu detektor menyala itu karena adanya perhiasan emas yang melekat pada tubuhmu.

Petugas yang mengetahui hal tersebut lantas akan memintamu melepaskannya, dan ini bisa memakan waktu yang cukup lama. Alasan perhiasan emas harus dilepaskan karena dia termasuk logam yang dianggap bisa dijadikan alat yang membahayakan terutama untuk tindak kejahatan.

Prosedur seperti ini memang benar-benar merepotkan bagi kamu yang gemar memakai perhiasan, dan bisa jadi tidak melepaskannya karena takut hilang atau raib diambil pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebenarnya, kamu bisa dengan lancar melewati pemeriksaan petugas bandara ketika kamu memakai perhiasan emas. Beberapa tips ini di bawah ini akan berusaha membantumu supaya kamu lancar melewati pemeriksaan.

Apa saja tipsnya? Tanpa berlama-lama, yuk mari simak!

Tips Memakai Perhiasan Emas di Bandara

Tips Memakai Perhiasan Emas di Bandara
Jangan Menyimpan di Bagasi

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah jangan menyimpan perhiasan emasmu di bagasi sebab hal tersebut malah akan membuat perhiasanmu hilang, dan pihak bandara tidak akan menjamin hal tersebut.

Sebaiknya simpan saja di kabin pesawat yang memang aman dan kamu jangan melepaskan pandangan dari perhiasan emasmu.

Pakai Saja yang Tidak Magnetik

Sebenarnya ketika kamu sedang menghadapi pemeriksaan di bandara, perhiasan emas yang kamu pakai tidak perlu kamu lepaskan. Namun dengan catatan, itu adalah perhiasan asli dan bukan imitasi serta tidak bersifat magnetik karena yang dicari oleh detektor adalah bahan-bahan dari logam.

Perhiasan emas yang imitatif sudah pasti mengandung logam sehingga akan mudah berbunyi saat terkena detektor.

Taruh di Koper/Tas Kalau Jumlahnya Banyak

Kamu tentunya memakai perhiasan bisa lebih dari satu karena kamu punya anggapan dengan banyak perhiasan akan membuat diri lebih bernilai. Namun, kalau sudah di bandara, perhiasan yang lebih dari satu atau berjumlah satu set itu sebaiknya disimpan di koper atau tas lalu ditaruh di kabin.

Kalau seperti itu, hal itu tentu saja akan merepotkan kamu karena akan melepaskan perhiasan satu per satu, dan bisa memakan waktu yang lama. Jika kamu menaruh di tas atau koper, hal itu tentu juga akan memudahkan petugas memeriksa semua perhiasan di dalam tasmu tanpa harus melepasnya satu per satu.

Simpan di Satu Tempat

Supaya tidak merepotkan kamu dalam melewati pemeriksaan petugas bandara, ada baiknya kamu menyimpan semua perhiasanmu di satu tempat seperti di tas. Itu berarti kamu harus melepas semua perhiasanmu itu meskipun perhiasan yang kamu kenakan tidak mengandung bahan magnetik.

Hal ini tentu saja akan memudahkan kamu dalam melewati pemeriksaan dengan aman dan lancar serta tanpa kendala.

Jangan Berlebihan

Ini hal dasar yang mesti kamu perhatikan dalam memakai perhiasan emas ketika bepergian dengan pesawat. Kamu jangan berlehihan dalam memakainya. Selain merepotkan dalam pemeriksaan, hal tersebut juga akan mengundang kejahatan yang bisa menimpa kamu, yang bisa saja dilakukan oleh oknum-oknum tertentu di bandara.

Komunikatif Saja dengan Petugas

Apabila kamu membawa perhiasan emas dalam bepergianmu melalui pesawat, sebaiknya bersikap komunikatif saja dengan petugas.’

Beritahu saja kalau kamu membawa perhiasan di dalam tas dalam jumlah sekian. Hal tersebut tentu saja akan memudahkan mereka dalam memeriksa, dan kamu tentunya bisa melewati pemeriksaan dengan cepat.

Jangan Bawa Sama Sekali!

Tips terakhir dalam memakai perhiasan emas ketika bepergian dengan pesawat adalah jangan membawa sama sekali semua perhiasan yang kamu punya. Cara ini memang tidak mengenakkan buat kamu yang terbiasa memakai perhiasan ketika melancong namun hal ini tentunya demi keamanan dan keselamatan kamu.

Keamanan dan keselamatan itu bukan hanya di bandara dan pesawat tetapi juga saat kamu sudah berada di tempat tujuan.

Itulah tips-tips yang bisa membantu kamu memakai perhiasan emas ketika bepergian dengan pesawat dan melewati pemeriksaan di bandara.

Semoga tips-tips yang diberikan ini dapat membantu, dan apabila kamu menginginkan perhiasan emas yang asli dan tidak bersifat magnetik serta bersetifikat, yuk cari di V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *