merawat perhiasan

Lakukan Langkah Sederhana Merawat Perhiasan, Yuk!

Meskipun perhiasan dengan logam mulia terbilang cukup kuat dan tahan lama, bukan berarti mereka tidak perlu dirawat. Justru seharusnya kamu merawat perhiasan itu secara teratur agar perhiasan terlihat berkilau seperti baru. Mungkin kamu berpikir kalau merawat perhiasan mahal itu rumit dan memerlukan banyak biaya, tetapi itu tidak benar. Kamu bisa menjaga kilau perhiasan dengan cara sederhana yang bahkan bisa kamu lakukan sambil bersantai di rumah. Langsung saja simak apa yang bisa kamu lakukan untuk merawat perhiasan dengan mudah melalui artikel di bawah ini.

merawat perhiasan
petridotjewelry.top

1. Tidak Memerlukan Pembersih Khusus

Kamu pasti beranggapan kalau membersihkan perhiasan membutuhkan pembersih yang mewah atau mahal, seperti pembersih jenis ultrasonik. Sebenarnya tidak ada salahnya jika kamu mau membeli pembersih perhiasan khusus. Bahan pembersihnya memang diformulasikan supaya tidak merusak perhiasan.

Tapi, jika kamu kehabisan atau tidak punya pembersih perhiasan, kamu bisa gunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Sabun pencuci piring dan sikat gigi berbulu lembut juga sama efektifnya dengan pembersih perhiasan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau misalnya harus membersihkan perhiasan tapi tidak sempat membeli pembersih perhiasan khusus.

2. Lepas Perhiasan Saat Akan Tidur

Meski kamu sering lupa melepaskan perhiasan sebelumnya, sebaiknya jangan jadikan ini kebiasaan. Kamu tidak tahu kalau nantinya terjadi sesuatu, karena tidur tanpa melepas perhiasan dapat merusak perhiasan atau malah membahayakan dirimu sendiri.

Misalnya, saat kamu tidur, bisa saja rantai kalungmu tersangkut pada bantal dan merusaknya saat kamu berganti posisi tidur. Atau antingmu bisa lepas dan terjatuh ke bawah ranjang, bahkan mengenai orang lain. Lebih baik, pilih cari yang lebih aman dan mudah dengan melepasnya sebelum tidur. Kamu bisa mengenakannya lagi di pagi hari.

3. Menyimpan Perhiasan Secara Terpisah

Menyimpan perhiasan mungkin terbilang hal yang sederhana, tapi kamu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Pastikan kamu menyimpan perhiasanmu di kotak perhiasan dan pisahkan satu dengan yang lain.

Jika kamu menyimpannya bersamaan, kemungkinan perhiasan dengan batu permata yang lunak dapat tergores oleh batu yang lebih keras. Selain itu, rantai kalung atau gelang juga bisa terlilit pada perhiasan lain. Kalau disimpan terpisah,perhiasan akan lebih aman dan kamu akan lebih mudah mencari perhiasan yang kamu mau.

4. Kenali Perhiasanmu

Sebelum membersihkan dan merawat perhiasan, penting untuk memastikan bahan perhiasan tersebut. Setiap logam dan batu permata membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika salah, kamu malah berpotensi merusak perhiasanmu sendiri. Jika memang tidak yakin, lebih baik kamu biarkan saja dan jangan lakukan apa-apa. Misalnya, jika ternyata perhiasan emasmu ternyata adalah perhiasan lapis emas, membersihkannya dengan air malah akan merusak permukaan emasnya.

5. Pakai Terakhir dan Lepaskan Terlebih Dahulu

Pedoman sederhana yang bisa kamu ikuti adalah memakai perhiasan setelah kamu selesai berdandan dan melepasnya pertama kali sebelum kamu mengganti pakaian atau mandi. Perhiasan harus menjadi sesuatu yang terakhir kamu kenakan dan sesuatu yang harus dilepas pertama. Bahan kimia dalam parfum, hairspray, dan lotion berpotensi merusak logam perhiasan dan membuat permata atau berlianmu terlihat kusam, jadi penting untuk memakai perhiasan setelahnya. Juga kalau kamu melepas pakaian sebelum perhiasan, antingmu bisa saja tersangkut pada sweater atau bajumu lalu merusaknya.

6. Hindari Panas dan Sinar Matahari

Sebaiknya jangan menyimpan perhiasanmu di tempat yang bisa dijangkau matahari karena sinar matahari dapat memengaruhi beberapa jenis perhiasan. Warna beberapa permata dapat berubah jika terus-menerus ditinggalkan di bawah sinar matahari. Selain sinar matahari, kamu juga ingin menjauhkan perhiasan dari sumber panas lainnya. Jadi, hindari memakai perhiasan saat memasak dan membersihkannya dengan air yang terlalu panas.

7. Pertimbangkan Tujuan Desain Perhiasan

Jika perhiasan perakmu memang dirancang untuk menunjukkan patina (hasil oksidasi alami dari logam) dari waktu ke waktu, kamu tidak perlu memolesnya untuk menghilangkan corak patinanya. Penting untuk mempertimbangkan bahwa perhiasan itu mungkin dimaksudkan untuk menunjukkan patina di bagian tertentu untuk membuat elemen desain menonjol dan menambahkan tekstur visual. Memolesnya akan menghilangkan bagian tersebut.

8. Jangan Menggantung Perhiasan Mutiara

Kalau kamu punya perhiasan mutiara, ada beberapa hal khusus yang perlu kamu ketahui tentang perawatannya. Hal yang paling penting adalah hindari menggantung perhiasan mutiara terutama kalung mutiara, karena hal ini akan membuat benang sutranya menjadi longgar. Tidak hanya itu, mutiara juga perlu direstrukturisasi secara berkala untuk memastikan bahwa benang yang menyatukannya tidak akan aus dan patah. Mengganti benang setiap lima tahun (atau kurang kalau kamu memakainya lebih sering) akan mencegah hal ini terjadi.

9. Hati-hati dengan Saluran Pembuangan

Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi saat kamu sedang mencuci tangan atau mencuci piring. Kalau kamu lengah, bisa saja cincinmu terlepas dan masuk ke saluran pembuangan di wastafel. Lebih baik tidak mengambil risiko dan lepaslah perhiasan saat menggunakan wastafel. Melakukan perawatan pada perhiasan sebenarnya mudah dilakukan, asalkan kamu tidak malas. Karena hal-hal sederhana di atas bisa kamu terapkan di kehidupanmu sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *