merencanakan pernikahan singkat

Merencanakan Pernikahan Dalam 6 Bulan? Siapa Takut!

Biasanya, pertunangan berlangsung selama 18 bulan hingga akhirnya pernikahan diselenggarakan. Namun banyak pasangan yang mempercepat proses perencanaan pernikahan untuk mendeklarasikan ikatannya lebih cepat. Pasangan kerajaan Duke and Duchess of Cambridge dan Duke and Duchess of Sussex, keduanya menikah dalam waktu enam bulan setelah mereka mengumumkan pertunangannya. Merencanakan pernikahan singkat bisa kamu wujudkan, kok!

Namun, jika kamu tidak memiliki daftar anggaran atau perencanaan pernikahan untuk membantumu mencatat semuanya, hal itu tetap bisa mewujudkan pernikahan impianmu dalam kurang dari 6 bulan. Bernadette Chapman, pendiri UK Alliance of Wedding Planners (UKAWP) yang telah mengorganisir lebih dari 100 pernikahan dan melatih lebih dari 600 perencanaan pernikahan, dan membagikan saran ahlinya.

Bernadette mengatakan: “Beberapa pasangan biasanya menghabiskan satu hingga dua tahun merencanakan pernikahan mereka, tetapi bagi yang lainnya, mereka ingin melakukan perencanaan pernikahan dengan lebih cepat. Selama pengalaman saya sebagai perencana pernikahan, perencanaan pernikahan paling cepat hanya sekitar tiga bulan.”

“Jika kamu memiliki waktu yang sedikit dalam merencanakan pernikahan, kamu harus lebih realistis dan logis. Hal itu mungkin lebih intens dan menantang tapi hal itu jauh membuat stress. Berikut tujuh langkah utama saya untuk merencanakan pernikahan di bawah 6 bulan.”

Mengetahui Apa yang Kamu Punya

Jika kamu tahu apa yang sedang kamu fokuskan, itu akan membantu kamu menetapkan prioritas pengeluaranmu. Secara pribadi, Bernadette mengatakan tidak ada yang harus berhutang untuk memulai kehidupan pernikahan. Buat pesta pernikahan yang kamu mampu. Jadi berapa total pengeluarannya? (Uang yang sudah disimpan + kontribusi keluarga + apa yang bisa kamu simpan sampai menjelang pernikahan)

Apa Prioritasmu?

Apa prioritas tertinggi untukmu? Apakah tempat pesta pernikahannya atau makanannya atau hiburannya? Setiap pasangan itu unik-unik dank arena itu, prioritas setiap pasangan mungkin berbeda. Hal ini akan membantu kamu dengan alokasi anggaran, memastikan kamu berbelanja hal-hal yang penting yang telah kamu prioritaskan. Tetapi  juga membantu memastikan kamu memesannya di tangan pertama, lalu menyusun daftar prioritas lainnya.

Fleksibel

Sangat penting untuk kamu untuk bersikap fleksibel pada pilihan kamu mengenai tempat dan vendor pernikahan lainnya. Setiap pasangan perlu menyadari bahwa terkadang pilihan pertama mereka mungkin tidak tersedia. Jangan terlalu keras kepala, buka pikiranmu ke berbagai vendor dan tempat. Pertimbangkan untuk melangsungkan pernikahan saat bukan musimnya atau pertengahan minggu untuk ketersediaan vendor yang lebih besar peluangnya.

Membuat Timeline

Sebagian besar perencana pernikahan akan membuat timeline tugas untuk klien mereka, dan akan lebih baik jika kamu membuatnya sendiri. Tuliskan setiap tindakan atau keputusan terkait pernikahan kamu dan berikan tenggat waktu di sebelahnya. Hal ini membantu kamu untuk tetap fokus dengan menyelesaikan semua list di waktu yang tepat. Dengan demikian, tidak akan ada kepanikan di minggu-minggu terakhir.

Menentukan dengan Tegas

Ini tips yang sangat besar. Kamu tidak punya waktu untuk menunda-nunda atau ragu-ragu. Kamu perlu memastikan jika kamu mengambil keputusan dengan cepat. Berkomitmen untuk mengikuti timeline dan tetap berpegang pada keputusanmu. Percaya pada nalurimu, dan tidak menebak setiap keputusan.

Legalitas

Periksa kembali venue untuk pernikahan kamu, apakah tersedia atau tidak. Apakah venue tempat ibadah, kantor registrasi atau memang tempat untuk resepsi. Jika kamu membuat upacara sipil, kamu perlu memeriksa registrasinya. Biasanya perlu 29 hari untuk memberikan pemberitahuan.

Delegasi

Sekarang bukan saatnya untuk membuktikan bahwa kamu adalah pahlawan super. Belajarlah untuk mendelegasikan aspek-aspek tertentu dari pernikahan ke teman dan keluarga untuk meringankan beban pekerjaan.

Bernadette menambahkan, “Jika anggaran memungkinkan, bisa menjadi waktu yang tepat untuk menyewa seorang wedding organizer dan mereka sudah sangat ahli dalam mengatur pernikahan dengan waktu yang singkat. Mereka tahu vendor terbaik untuk digunakan dan telah diperiksa oleh mereka. Mereka memiliki sistem dan prosedur untuk mengatur pernikahan dengan sempurna bahkan hanya dengan pemberitahuan beberapa bulan saja.

Bagaimana, dear? Jangan ragu untuk merencanakan pernikahan meski hanya memiliki waktu kurang dari enam bulan. Kamu bisa mengikuti cara-cara di atas agar setidaknya kamu tahu apa yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Merencanakan pernikahan singkat bisa terwujud jika kamu tahu apa prioritasmu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *