3 Model Anting Emas untuk Mempercantik Penampilan

3 Model Anting Emas untuk Mempercantik Penampilan

Model anting emas merupakan model dari salah satu jenis perhiasan yang dikenakan di telinga dan cocok untuk dikenakan di berbagai acara, dan selalu memiliki peminat.

Warna emasnya memberikan sentuhan tersendiri bagi penampilan pemakainya, ditambah lagi kebanyakan model anting emas sangat cocok untuk dipadu padankan dengan jenis busana apapun. Bahkan setelah sering terkena air maupun unsur yang kurang baik untuk logam mulia lainnya.

Anting emas merupakan pilihan yang tepat untuk busana yang berwarna cerah seperti merah dan kuning. Sedangkan untuk anting emas putih busana yang berwarna lebih netral merupakan pilihan yang bagus, seperti warna abu-abu, putih maupun pastel.

Sejarah Anting Emas

Ragam model anting emas memang lebih identik dengan kaum wanita, dimana sejak usia dini biasanya orang tua dari anak wanita sudah memasangkan anting di telinga anak perempuannya. Perhiasan anting sendiri telah dikenal oleh peradaban manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Pada 5000 tahun yang lalu, ditemukan sebuah bukti arkeologis dari situs Persepolis, Persia Kuno. Bukti tersebut berbentuk sebuah lukisan yang menggambarkan zaman kekaisaran Persia, dimana sang kaisar mengenakan anting di kedua telinganya.

Tidak seperti zaman sekarang, zaman dahulu perhiasan anting digunakan sebagai penanda bagi kaum pria bahwa dirinya adalah prajurit. Tidak hanya itu, model anting emas juga telah digunakan sebagai penanda status sosial seseorang dalam masyarakat.

Hampir sama dengan para prajurit, para nelayan juga mengenakan anting emas sebagai penanda kesuksesan mereka mendapatkan banyak kekayaan dari laut. Kedua profesi tersebut sama-sama melihat anting sebagai simbol yang mewakili kekuatan kaum pria.

Sedangkan bangsa Yunani tercatat telah mengenal perhiasan anting sejak 2000 tahun SM, dimana kaum wanita di Yunani saat itu memanfaatkannya sebagai pelengkap untuk mempercantik penampilan mereka. Namun kaum prianya justru tidak menyukainya karena anting dilihat sebagai simbol dari kelemahan.

Walaupun merupakan perhiasan yang sangat penting, akan tetapi tren anting emas ini sempat tenggelam di abad ke-17, dimana rambut palsu dan berbagai hiasan kepala yang menutupi telinga sedang banyak diminati. Namun pada abad ke-20, perhiasan anting ini kembali menjadi favorit seiring dengan ditemukannya teknologi yang dapat melubangi daun telinga tanpa rasa sakit dan juga jenis anting jepit yang mudah dilepas dan dipasang kembali.

Manfaat Anting Emas Untuk Kesehatan

Tidak hanya dapat mempercantik penampilan saja, perhiasan anting emas ternyata juga memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh. Mengenakan aneka model anting emas dipercaya dapat memberikan efek ketenangan pada tubuh, terutama yang terbuat dari emas 24 karat. Selain nyaman ketika dikenakan, anting emas merupakan salah satu perhiasan yang direkomendasi sebagai penenang alami sekaligus menjaga kestabilan emosi.

Selain itu anting emas juga bermanfat untuk membantu sistem sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Dengan manfaat tersebut maka peredaran oksigen dalam tubuh akan terus stabil dan secara keseluruhan dapat membuat tubuh terasa lebih sehat serta mengurangi resiko untuk terkena berbagai penyakit berat.

Macam-Macam Model Anting Emas

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan kreatifitas, perhiasan anting emas juga telah mengalami banyak perubahan dan penambahan model. Berikut ini berbagai model dari anting emas.

  • Model Anting Emas Bulat

Dari berbagai model anting emas yang ada dipasaran, model anting emas bulat merupakan salah satu model klasik yang tidak terpengaruh oleh zaman. Desainnya yang berbentuk bulat dan simple, membuat perhiasan yang satu ini mudah untuk dipadukan dengan gaya apapun, tanpa terlihat berlebihan. Peminatnya pun datang dari berbagai kalangan mulai dari pekerja kantoran hingga selebritis dunia.

Anting emas bulat memiliki berbagai pilihan jenis, beberapa diantaranya adalah anting bulat diameter besar, anting bulat berpola, anting bulat berwarna hingga anting bulat twist.

  • Model Anting Emas Custom

Jika dari berbagai pilihan model anting emas masih kurang sesuai dengan selera, saat ini sudah banyak tempat perhiasan yang menerima anting emas custom. Dengan pilihan ini maka bentuk, ukuran dan bahkan nama pribadi bisa ditentukan sendiri oleh masing-masing orang. Akan tetapi dari sisi harga tentunya juga akan berbeda dengan perhiasan anting emas lainnya yang sudah jadi. Selain itu juga diperlukan waktu tertentu untuk membuat anting emas custom ini, tergantung dari tingkat kesulitan si pemesan sendiri.

Pilihan untuk membuat anting emas custom sendiri menjadi sangat berguna ketika ingin mendapatkan perhiasan anting yang spesial, baik untuk acara khusus maupun sebagai tambahan koleksi yang unik dan tidak ada duanya.

  • Model Anting Emas Rose Gold

Bagi yang sudah bosan dengan pilihan anting emas kuning biasa dan anting emas putih, sekarang sudah ada tambahan pilihan warna perhiasan anting yaitu rose gold, yang kini sedang menjadi tren. Warna rose gold sendiri didapatkan dari mencampurkan bahan emas murni dan perunggu atau perak, sehingga menghasikan perhiasan dengan warna pink keemasan yang cantik.

Salah satu alasan mengapa anting emas rose gold kini lebih disukai adalah karena warna dari perhiasan ini cenderung lebih tahan lama jika dibandingkan dengan perhiasan yang terbuat dari emas putih. Anting emas rose gold dapat bertahan lebih lama karena bahan emas dan perunggunya memang dicampur hingga mendapatkan warna yang merah rose gold. Tidak seperti perhiasan emas putih yang hanya dilapisi saja dengan rhodium, yang tentunya akan dapat memudar seiring waktu.

Ragam Harga Anting Emas

Anting emas memiliki rentang harga yang cukup beragam, hal tersebut dikarenakan bentuk serta tingkat kerumitan model menjadi faktor penentu untuk harga akhirnya. Untuk model anting emas yang simple, harganya berkisar mulai angka Rp 300,000 hingga jutaan rupiah. Sedangkan untuk anting custom harganya menjadi lebih mahal karena termasuk jasa pembuatannya, jumlahnya juga bervariasi tergantung pada toko perhiasan itu sendiri.

Harga dari anting emas ini dipengaruhi oleh kadar karatnya, serta jumlah gramnya. Sehingga harganya bisa berubah-ubah sesuai dengan harga emas dunia. Selain itu harga anting emas juga bisa mencapai jutaan bahkan hingga ratusan juta rupiah jika dihiasi dengan berbagai batu-batu mulia. Contohnya seperti berlian yang hrganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu juga ada safir, ruby dan zamrud yang seringkali dipilih untuk melengkapi sebuah perhiasan anting emas.

Pada intinya perhiasan anting menawarkan tambahan aksesoris kecil namun dapat memberikan efek yang cukup berkesan bagi keseluruhan penampilan. Perhiasan yang satu ini juga memiliki berbagai model mulai dari model yang sederhana hingga desain yang rumit bahkan pilihan untuk memesan anting custom yang dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli.

Perawatan yang dibutuhkan agar anting emas tidak kehilangan kilauan dan kecantikannya juga tergolong cukup mudah. Hanya perlu direndam dalam air panas selama beberapa menit setelah dikenakan. Dari sisi harga, anting emas dijual dengan harga yang cukup bervariasi, mulai dari harga ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Sehingga pembeli leluasa untuk menentukan pilihan yang tepat dengan selera dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Keunggulan lain dari semua model anting emas yang membuatnya selalu diminati adalah ketahanannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.