niali emas batangan

Nilai Emas Batangan untuk Investasi? Simak Selengkapnya di Sini!

Sesuai namanya, emas batangan merupakan emas yang dikemas dalam bentuk batang. Emas ini berbeda dengan emas perhiasan maupun emas koin. Pada zaman modern ini, emas batangan digunakan sebagai alat investasi yang cukup menguntungkan. Hal ini dikarenakan nilai emas batangan cenderung stabil dan bahkan naik dari tahun ke tahun, sehingga sangat aman untuk dijadikan alat investasi. Bagi kamu yang ingin mempunyai tabungan dalam jangka panjang, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan sejak dini, maka berinvestasi dengan emas batangan adalah solusinya.

Perbedaan Emas Batangan Dengan Jenis Emas Lain

Mungkin sebagian orang ada yang masih asing dengan istilah emas batangan. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang lebih familiar dengan emas perhiasan, khususnya ibu-ibu. Selain emas batangan dan emas perhiasan, ada banyak jenis emas yang bisa juga dijadikan alat investasi, lho. Mulai dari sertifikat emas, saham tambang emas, koin emas, dan kontrak emas yang memiliki tenor waktu tertentu. Namun jika dibandingkan dengan jenis emas yang lain, emas batangan adalah yang paling tepat untuk pemula karena dinilai aman dan mudah pengaplikasiannya.

Emas batangan memiliki bentuk persegi dengan tingkat ketebalan sesuai dengan berat gram yang dimiliki. Karena bentuknya batangan, emas jenis ini tidak bisa dirasakan kegunaannya sehari-hari. Hal ini tentu berbeda dengan emas perhiasan yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik diri. Sedangkan untuk koin emas memiliki tampilan unik tersendiri yang cocok untuk dijadikan koleksi pribadi. Seri ini dapat berupa seri shio, seri binatang, dan masih banyak lagi. Berikut ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki emas jenis perhiasan dan koin sebagai bahan perbandingan dengan emas batangan.

Perhiasan Emas

Kelebihan perhiasan emas adalah kamu dapat memakainya sehari-hari untuk mempercantik diri. Selain itu, perhiasan emas juga dapat dijual dengan cepat saat mendesak. Namun di balik kelebihannya, ada kekurangannya yaitu biaya pembuatan perhiasan cenderung mahal, dikenai pajak pula. Model dan ukuran perhiasan emas akan mempengaruhi harga juga dan belum tentu semua toko emas mau menerima perhiasan yang dijual.

Koin Emas

Kelebihan dari koin emas yaitu mudah dijumlahkan dan dibagi-bagi. Selain itu, mudah diperjualbelikan pula. Model dan ukuran mempengaruhi harga. Selain itu, koin emas memiliki nilai jual yang tinggi. Kekurangannya adalah koin emas tidak dapat dipakai sehari-hari, hanya untuk koleksi juga dikenakan biaya PPN 10%.

Kelebihan dan Kekurangan Emas Batangan

Sebelum berinvestasi dengan emas batangan, kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan kamu dalam menentukan apakah emas batangan menjadi sarana yang cocok untuk berinvestasi yang sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Berikut ada beberapa kelebihan dan kelemahan emas batangan yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan

  1. Mudah diperoleh dimana saja
  2. Mudah dicairkan dalam bentuk uang
  3. Harga emas batangan cenderung naik
  4. Emas batangan dapat digunakan sebagai jaminan hutang
  5. Memiliki nilai jual yang tinggi
  6. Tersedia dalam sistem syariah yang sesuai dengan aturan Islam
  7. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara mencicil atau langsung lunas
  8. Tidak tergantung dengan kebijakan pemerintah
  9. Tidak terpengaruh dengan laju inflasi
  10. Tidak dikenai biaya PPN
  11. Memiliki sertifikat sehingga bisa dijual dimana saja
  12. Tidak ada biaya pembuatan layaknya perhiasan dan koin emas

Kekurangan

  1. Tidak cocok digunakan untuk investasi jangka pendek
  2. Tidak bisa dipakai sehari-hari layaknya emas perhiasan
  3. Membutuhkan tempat penyimpanan khusus yang aman
  4. Sulit dicairkan jika ingin menjual dengan satuan yang lebih kecil

Ciri Kemasan Emas Batangan

Emas batangan yang diproduksi oleh PT ANTAM (Aneka Tambang) memiliki ciri khas pada kemasannya. Hal ini perlu kamu ketahui agar kamu tidak terkecoh dengan emas batangan palsu. Pada umumnya, kemasan emas batangan memiliki dimensi 86 mm x 66 mm dengan berat sekitar 8,95 gram. Kemasannya didominasi dengan warna putih yang menampilkan logo Antam pada bagian depan dan watermark logo Antam pada bagian belakang. Untuk informasi lebih rinci, dapat kamu lihat pada gambar berikut.

nilai emas batangan

Tips Mendapat Emas Batangan Asli

Emas batangan tentu saja merupakan barang yang berharga karena nilainya yang sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa emas yang kamu beli adalah barang yang asli atau original. Saat ini, emas batangan memiliki ciri khas tersendiri yang unik sehingga memudahkan kamu untuk mengenalinya. Namun, diperlukan sikap yang teliti dan tidak gegabah dalam membeli emas batangan, dan jangan terkecoh dengan penawaran orang lain hanya karena harga miring. Berikut ada 2 tips yang dapat kamu lakukan agar mendapatkan emas batangan asli tanpa tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Meminta sertifikat resmi keaslian emas batangan

Setiap emas batangan memiliki sertifikat resmi yang menjabarkan informasi penting yang dimiliki emas tersebut, seperti dimensi, berat, kadar kemurnian emas, dan nomor seri unik. Kamu bisa meminta sertifikat ini kepada pihak penjual, jika mereka menolaknya atau terkesan menghindar, maka jangan ragu untuk membatalkan transaksi jual-beli emas batangan dengan mereka.

Membeli emas batangan di tempat yang aman

Semakin berkembangnya zaman, saat ini banyak sekali agen atau tempat yang menjual emas batangan. Pihak penjual emas batangan resmi adalah dari PT Antam, sedangkan distributor resmi adalah dari PT Pegadaian. Jika kamu ingin membeli emas batangan diluar dari kedua perusahaan tersebut, kamu perlu ekstra hari-hati dalam melakukan transaksi jual-beli. Pastikan tempat yang kamu beli merupakan pihak penjual yang terjamin keamanannya dan sudah baik reputasinya. Pihak yang menjual emas batangan dengan harga tinggi belum tentu memiliki barang yang asli, begitu juga sebaliknya. Sesekali kamu perlu melihat review testimoni dari para pembeli yang melakukan transaksi di tempat yang sama dengan kamu.

Setelah membaca ini, tentunya kamu menjadi lebih tahu nilai emas batangan dibanding nilai sebuah perhiasan emas ataupun koin emas. Investasi manapun, pasti bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Nilai emas batangan yang lebih unggul dibanding perhiasan ataupun koin, juga memiliki kekurangan. Jadi, kamu tidak bisa hanya melihat dari sisi baiknya saja. Meski banyak mitos mengenai investasi emas, ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *