membeli emas batangan

Hati-hati Saat Membeli Emas Batangan, Simak Tipsnya!

Sesuai namanya, emas batangan merupakan emas yang dikemas dalam bentuk batang. Emas ini berbeda dengan emas perhiasan maupun emas koin. Pada zaman modern ini, emas batangan digunakan sebagai alat investasi yang cukup menguntungkan. Hal ini dikarenakan nilai emas batangan cenderung stabil dan bahkan naik dari tahun ke tahun, sehingga sangat aman untuk dijadikan alat investasi. Bagi kamu yang ingin mempunyai tabungan dalam jangka panjang, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan sejak dini, maka berinvestasi dengan emas batangan adalah solusinya. Namun sebelum membeli emas batangan, kamu harus tahu informasinya, agar tidak tertipu.

Harga Emas Batangan

Harga emas batangan tidak menentu, kadang dapat naik atau turun seiring bergantinya tahun. Namun, sebagai gambaran, emas batangan memiliki harga kisaran 400 ribu – 600 ribu per gramnya. Harga ini dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu seperti nilai dolar Amerika, sumber daya alam penghasil emas, suku bunga bank, keadaan perang/politik, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui harga emas batangan hari ini, kamu dapat mengunjungi situs resmi emas www.harga-emas.org/.

Cara Membeli Emas Batangan

Kunci kesuksesan investasi emas batangan adalah membeli emas batangan saat harga emas sedang terjun bebas atau turun drastis. Untuk melakukan hal ini, diperlukan kiat khusus agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi. Berikut ada kiat yang perlu kamu lakukan saat ingin membeli emas batangan.

  1. Memeriksa harga emas hari ini pada situs terpercaya
  2. Menentukan berapa gram emas batangan yang akan dibeli
  3. Mendatangi lokasi tempat penjualan emas yang memiliki reputasi baik
  4. Memeriksa kondisi keaslian emas batangan 
  5. Melakukan transaksi pembelian emas batangan
  6. Memberikan identitas dan berkas yang diminta oleh pihak penjual
  7. Menerima emas batangan dan menyimpannya di tempat penyimpanan yang cukup aman

Macam-Macam Teknik Investasi Emas Batangan

Untuk menjalankan investasi emas batangan, ada banyak sekali teknik yang bisa kamu pilih. Kamu bisa berinvestasi emas batangan secara online ataupun face to face. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera dan kondisi anggaran kamu. Berikut kami jabarkan semuanya secara singkat sebagai informasi kamu mengenai teknik mana yang tepat untuk dipilih.

Teknik investasi klasik

Teknik ini merupakan teknik yang sangat umum digunakan oleh kebanyakan orang dalam berinvestasi emas batangan. Bagi kamu yang masih pemula, teknik ini dinilai sangat aman karena memiliki cara yang cukup mudah dengan tingkat resiko yang rendah. Teknik ini memiliki aturan berupa membeli emas batangan saat harga rendah dan menjualnya kembali saat harga emas sedang tinggi. Namun, sebelum kamu menjual emas batangan, kamu perlu menghitung terlebih dahulu selisih harga jual dan harga beli yang akan kamu peroleh, apakah dinilai cukup banyak atau kurang bagi kamu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi sesuai ekspektasi.

Teknik tabungan emas

Jika kebanyakan orang menabung dalam bentuk uang, maka kamu bisa memulai menabung dalam bentuk emas batangan. Kamu dapat mencicil tabungan semampunya, misalnya dimulai dari 1 gram dulu. Setelah itu, jika tabungan emasmu sudah terkumpul cukup banyak, kamu bisa mencairkannya untuk memenuhi kebutuhan kamu. Menabung dengan cara ini akan lebih memudahkan kamu dalam membeli kebutuhan dengan anggaran yang cukup tinggi, seperti umroh, rumah, mobil, dan lain sebagainya. Pasalnya, kamu tidak bisa mengambil secara tunai karena tabungan yang digunakan adalah dalam bentuk emas.

Berkebun emas

Berkebun emas memiliki konsep berupa menggadaikan emas batangan yang kita miliki kepada bank/pegadaian untuk ditukarkan dengan uang tunai. Biasanya, bank/pihak pegadaian akan mengenai biaya administrasi sebesar 15-20% sehingga kita hanya mendapatkan 85% dari harga emas yang kita gadaikan. Setelah itu, uang tersebut digunakan untuk modal membeli emas batangan berikutnya.

Cara ini cukup populer pada tahun 2010 ke atas. Namun, cara ini memiliki kelemahan sehingga mulai banyak ditinggalkan orang. Hal ini dikarenakan cara ini melalui perantara pegadaian sehingga beresiko harus mengeluarkan banyak anggaran ketika harga emas jatuh. 

Trading gold forex

Teknik ini memiliki sistem menggadaikan emas yang kamu miliki sebagai modal trading atau modal usaha. Jika usahanya berkembang pesat, maka emas yang kamu investasikan akan berubah menjadi berlipat ganda. Namun, jika usahanya bangkrut, maka kamu juga harus menanggung resiko kerugiannya. Cara ini tidak dianjurkan untuk pemula yang masih belajar dalam berinvestasi karena memiliki resiko yang sangat tinggi.

Tips Berinvestasi dengan Emas Batangan

Berinvestasi dengan emas batangan memiliki banyak resiko sehingga perlu dilakukan secara hati-hati. Diperlukan tips dan strategi yang tepat agar kamu sukses dalam mengelola bisnis investasi emas batangan kamu. Oleh karena itu, kami memberikan tips untuk kamu agar investasimu berjalan dengan sukses tanpa hambatan.

  1. Mengetahui waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas batangan
  2. Memahami perhitungan dasar dalam meraup keuntungan emas batangan
  3. Memilih tempat yang aman untuk membeli emas batangan
  4. Membeli emas batangan dengan berat yang berbeda-beda
  5. Melakukan negosiasi dalam menawar biaya ongkos yang dibebankan oleh pihak penjual
  6. Memilih tempat penyimpanan emas yang aman

Nah, itu tadi info lengkap tentang emas batangan yang harus kamu ketahui agar investasi berhasil. Semoga investasimu berhasil meraup keuntungan yang tinggi, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.