list vendor pernikahan

Panduan Lengkap Memilih Vendor Pernikahan untuk Hari Bahagia

Pernikahan adalah momen istimewa yang selalu diingat sepanjang hidup. Persiapan yang matang dan perencanaan yang baik menjadi kunci utama kesuksesan acara pernikahan. Salah satu aspek terpenting dalam persiapan pernikahan adalah memilih vendor-vendor yang tepat untuk mengurus berbagai detail dan membuat momen tersebut menjadi tak terlupakan. 

Berikut ini adalah panduan lengkap untuk membuat list vendor pernikahan terbaik guna menyelenggarakan hari bahagiamu.

1. Tempat Pernikahan (Venue)

Wedding Venue outdoor
Venue: Kadena Glamping Dive Resort, Anyer

Tempat pernikahan menjadi dasar utama keseluruhan acara. Pilihlah tempat yang sesuai dengan tema dan gaya pernikahan kamu. Pertimbangkan kapasitas, fasilitas, dan lokasi. Pastikan untuk memesan tempat dengan cukup waktu agar dapat menyesuaikan dengan jadwal kamu, pasangan, dan keluarga.

2. Catering

vendor catering pernikahan
Catering: Resep Bunda

Catering berperan besar dalam memberikan pengalaman kuliner pada tamu. Pertimbangkan selera makanan dan kebijakan catering terkait pembatalan atau perubahan jumlah tamu. Sesuaikan pula menu yang kamu pilih dengan waktu diselenggarakannya pesta pernikahan. Misalkan, kamu bisa menyediakan minuman hangat untuk pesta malam hari atau ice cream untuk pesta siang hari. Selain itu kamu bisa tanyakan ke vendor untuk penjadwalan test food sebelum menu-menu disajikan nantinya. 

3. Dekorasi Pernikahan

Dekorasi pernikahan rustic
Vendor dekorasi pernikahan: 4Seasons Decoration

Dekorasi menciptakan atmosfer yang sesuai dengan tema pernikahanmu. Diskusikan ide dan warna favorit kamu dengan desainer dekorasi sebagai referensi serta gambaran untuk dijadikan acuan oleh vendor. Pastikan untuk melihat portofolio mereka dan ajukan pertanyaan tentang opsi dekorasi yang sudah pernah atau memungkinkan untuk mereka kerjakan.

4. Fotografer dan Videografer Pernikahan

Fotografer wedding
Fotografi: Le’Motion

Foto dan video akan menjadi kenangan abadi dari hari pernikahan. Pilihlah fotografer dan videografer yang memiliki gaya sesuai dengan preferensi kamu dan pasangan. Diskusikan paket layanan, waktu liputan, dan apakah mereka memiliki garansi atau tidak. Selain itu kamu juga dapat menanyakan mengenai kapan mereka bisa mengirim hasil foto atau videonya.

5. Baju Pengantin

vendor gaun pernikahan
Gaun pengantin: Gisela Privee

Penampilan pengantin adalah salah satu fokus utama dalam sebuah pesta pernikahan. Selain mencari referensi penampilan saat pernikahan kamu juga harus mempertimbangkan kapasitas vendor yang kamu pilih. Jika kamu suka sesuatu yang tidak terlalu memakan banyak waktu, kamu bisa mencari penyewaan baju pengantin. Namun jika kamu ingin sesuatu yang unik untuk penampilanmu saat pesta pernikahan, kamu bisa mencari vendor desainer baju pengantin. Jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu pemesanan hingga siap untuk kamu kenakan.

6. Makeup Artist dan Hair Stylist 

Make up pengantin sunda
MUA: Barry Ritonga

Penampilan pengantin tidak lengkap tanpa riasan dan gaya rambut yang indah. Sebelum menentukan, kamu bisa meminta portfolio mereka secara langsung atau melihat akun social media mereka. Manfaatkan referensi dari rekan-rekan yang pernah memakai jasanya. Jika kamu masih belum benar-benar yakin, maka kamu bisa jadwalkan uji coba riasan dan gaya rambut sebelum hari pernikahan. Pastikan untuk menyampaikan preferensi terkait tata rias dan gaya rambut kepada vendor.

7. Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan modern
Wedding card: SOLITAIRE

Undangan menjadi pengantar resmi untuk tamu. Baik undangan digital maupun cetak, kamu harus memastikan kualitasnya baik dan layak untuk dibagikan kepada calon tamu. Pilih desainer atau percetakan yang dapat menciptakan undangan sesuai dengan tema pernikahanmu. Jika memungkinkan, kamu bisa meminta sampel terlebih dahulu. Pastikan untuk mencantumkan informasi yang jelas tentang tanggal, waktu, dan lokasi acara pesta pernikahanmu. Selain itu juga harus disiapkan dengan matang, list tamu undangan dengan teliti. 

8. Pembawa Acara (MC)

MC Pernikahan
MC: Graddyy

Ini adalah satu pihak yang akan membuat acara menjadi “hidup”. Kamu harus pertimbangkan cocok atau tidaknya style MC yang kamu pilih dengan tema acara pernikahanmu. 

9. Entertainment Pernikahan

Musik pengiring lagu pernikahan
Foto: Kido Entertainment

Suasana pesta sangat dipengaruhi oleh hiburan yang disediakan. Pilih musik atau hiburan yang sesuai dengan selera kamu, pasangan, dan tamu. Kamu bisa siapkan list lagu wajib atau bahkan kamu bisa menentukan blacklist lagu yang akan dibawakan ketika acaramu nanti. Penting juga loh, untuk siapkan list lagu cadangan di platform music kamu untuk mengisi jeda ketika team entertain belum mulai atau melakukan jeda istirahat saat acara nanti

10. Penyedia Layanan Wedding Organizer

list vendor pernikahan
WO: Clara Wedding

Jika kamu menginginkan bantuan profesional, pertimbangkan untuk menyewa wedding organizer. Mereka dapat membantu mengkoordinasikan semua persiapan, mulai dari pemilihan vendor hingga penjadwalan acara. 

11. Desainer Seserahan/ Hantaran Pernikahan

seserahan lamaran pernikahan
Foto via Seserahan by Rose Arbor

Seserahan atau hantaran pernikahan di Indonesia menjadi 1 item yang wajib ada di list vendor pernikahan kamu. Ini merupakan simbol tradisional yang menggambarkan pertukaran kasih sayang dan harapan bagi pasangan yang akan menikah. Pilihlah hantaran yang bermakna dan sesuai dengan selera dan keinginan kamu. Beberapa opsi hantaran pernikahan yang umum meliputi:

  • Mas Kawin: Sejumlah uang atau harta berharga yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai bentuk tanggung jawab ekonomi.
  • Kebutuhan Primer Perempuan: Menjadi hal yang paling basic untuk sebuah rangkaian hantaran, contohnya peralatan mandi, perlengkapan make-up, baju, tas, sepatu, jam tangan, dan lain sebagainya.
  • Makanan dan Minuman: Paket makanan atau minuman sebagai hantaran, seperti kue basah, kue kering, buah, dan lainnya sesuai tradisi masing-masing keluarga.
  • Perlengkapan Rumah Tangga: Barang-barang keperluan rumah tangga, seperti peralatan masak, alat makan, atau set peralatan tidur.
  • Kitab Suci atau Barang Religius: Selain sebagai syarat wajib, buku suci atau barang-barang religius yang memiliki makna spiritual bagi pasangan.

Saat ini sudah banyak vendor yang menyediakan jasa untuk menghias hantaran atau seserahan supaya cantik untuk dibawa saat pesta pernikahan. Pastikan untuk memilih vendor yang cocok dengan tema pernikahan kamu, serta sesuaikan hantaran dengan nilai-nilai dan tradisi keluarga kamu dan pasangan. Diskusikan dengan keluarga juga untuk memastikan bahwa hantaran yang dipilih memiliki makna khusus bagi kedua belah pihak.

12. Foto Booth Pernikahan

Photobooth pernikahan
Foto via etsy/pinterest

Fotobooth menjadi tambahan yang cukup populer pada acara pernikahan saat ini. Pertimbangkan untuk menyewa fotobooth sebagai hiburan tambahan, bahkan bisa sekaligus sebagai souvenir untuk pesta pernikahanmu.

13. Transportasi Pernikahan

Mobil Pengantin
Foto via pinterest

Hal kecil namun sering terlupakan adalah tentang akomodasi. Sewa transportasi yang sesuai dengan tema pernikahanmu. Pastikan kendaraan yang dipilih dapat menampung pengantin dan pihak pengantin dengan nyaman

14. Nail Art dan Henna Pengantin

Henna pengantin putih
Foto: Fella Mahendy

Pengantin perempuan tentu ingin tampil cantik sempurna dari ujung kepala hingga ujung kaki. Nail art dapat menjadi salah satu vendor yang penting untuk ada di list pengantin. Bahkan kamu juga bisa sekalian untuk menghiasi tanganmu dengan item lain seperti henna yang saat ini juga masih menjadi gaya populer pengantin Indonesia. 

15. Perhiasan

perhiasan aksesoris pengantin
1 Set Perhiasan Emas Raina – V&Co Jewellery

Sebuah pernikahan tak lengkap rasanya jika tanpa ada perhiasan. Kamu bisa masukkan perhiasan ini di list hantaran atau seserahan atau bisa juga terpisah jika ingin langsung memakainya ketika first look pada acara pernikahanmu. Kamu bisa langsung memilih perhiasan yang cocok untuk acara pernikahanmu di V&Co Jewellery, home of wedding ring and jewelry.

Dengan memilih vendor pernikahan yang tepat, kamu dapat memastikan bahwa hari bahagiamu berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Lakukan riset dengan seksama, minta rekomendasi dari orang sekitar, dan jangan ragu untuk mengunjungi pameran pernikahan atau melakukan pertemuan bahkan konsultasi secara langsung dengan vendor-vendor potensial. Kamu juga bisa baca tentang persiapan lamaran pernikahan yang biasanya diadakan sebelum pesta pernikahan. Dengan perencanaan yang baik, pernikahan impianmu akan menjadi kenyataan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *