Hukum nikah siri

Panduan Membuat List Persiapan Pernikahan Tanpa WO, Simak Tips Biar Tidak Over Budget!

Bagi setiap pasangan, menggelar pesta pernikahan adalah momen yang penuh sukacita. Meski begitu, persiapan pernikahan memang cukup menantang. Apalagi bagi yang ingin menggelar pesta tanpa bantuan Wedding Organizer (WO). 

Namun, jangan khawatir kamu bisa memperhatikan list persiapan pernikahan dengan cermat. Meskipun persiapan pernikahan tanpa wedding organizer memerlukan kerja keras dan perencanaan yang matang, kamu tetap bisa menggelar acara sesuai impian. Bahkan, kamu bisa menyesuaikan segala kebutuhan dengan anggaran, sehingga momen bahagiamu jadi lebih berkesan.

Berikut panduan membuat list persiapan pernikahan tanpa WO yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lupa perhatikan juga tips-tips yang akan membantumu mempersiapkan pesta pernikahan impian, ya!

  • Tentukan Anggaran

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan anggaran untuk keperluan pernikahan. Ingat, penentuan anggaran ini harus realistis sesuai kondisi keuanganmu. Jangan lupa tentukan batas atas atau batas maksimal yang akan kamu keluarkan.

Supaya anggaran tidak membengkak, kamu harus memastikan bahwa dana digunakan dengan bijak. Tipsnya, selain menentukan anggaran total, kamu juga harus menentukan anggaran maksimal untuk setiap kebutuhan. Misalnya berapa yang akan kamu keluarkan untuk kebutuhan dekorasi, catering, gaun, riasan, fotografi, suvenir, undangan, hingga hiburan.

  • Pilih Lokasi dan Tanggal

Setelah menentukan anggaran, selanjutnya kamu bisa mulai memilih lokasi sekaligus menentukan tanggal pernikahan. Hal ini cukup penting bagi kamu yang ingin menggelar pernikahan di hotel, taman atau vanue tertentu yang mengharuskanmu memesan tempat  lebih dulu. Jangan lupa sesuaikan juga dengan konsep pernikahan dan jumlah tamu yang akan diundang, ya.

  • Buatlah Rencana yang Terjadwal atau Timeline

Wedding Planner
Foto: Natasha Fernandez

Setelah menentukan anggaran tadi, kini kamu sudah memiliki gambaran apa yang harus kamu lakukan. Misalnya memesan suvenir, undangan, gaun, dan sebagainya. Nah, supaya semuanya lebih terorganisasi, buatlah rencana yang terperinci dan daftar apa saja yang kamu butuhkan. Jangan lupa buat report mingguan sehingga progres persiapanmu lebih jelas.

Cara ini akan membantumu memilih mana yang harus diprioritaskan lebih dulu. Misalnya harus mencari atau memesan suvenir atau gaun lebih dulu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu dan menentukan deadline pada setiap tugas. Sehingga, tidak terlalu terburu-buru menjelang hari pernikahan dan pastinya untuk mengantisipasi ada keperluan yang terlewatkan.

  • Kumpulkan Tim Pendukung

bridesmaid
Foto: Los Muertos Crew

Meski tidak menggunakan jasa WO, tapi kamu tetap membutuhkan bantuan dari keluarga dan teman-teman terdekat untuk menyukseskan hari bahagiamu. Maka, bentuklah tim pendukung yang dapat membantumu dalam mempersiapkan semua aspeknya persiapan pernikahan.

List pernikahan tanpa WO ini cukup penting kamu perhatikan, karena kamu tidak akan sanggup mengurus segala sesuatunya sendiri. Beberapa hal yang bisa kamu pasrahkan pada keluarga atau teman terdekat misalnya dekorasi, catering, fotografi, MUA atau rias pengantin.

Selain bisa membantu memastikan semua persiapan lebih baik, bantuan orang-orang terdekat juga bisa menghemat biaya, lho. Maka dari itu jangan ragu untuk membentuk tim ini demi kelancaran hari bahagiamu.

  • Dekorasi

Dekorasi pernikahan tema garden party
Dekorasi: Excelsior Decoration

Meski tanpa bantuan WO, kamu tetap bisa menghadirkan dekorasi pernikahan yang tidak kalah keren, loh! Rencanakan lebih dahulu tentang dekorasi yang kamu inginkan. Pertimbangkan juga dengan tema pestanya. 

Buatlah daftar peralatan dan aksesoris yang diperlukan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan juga untuk menyewa atau membeli piranti dekorasi bekas jika kamu perlu menekan biaya.

Nah, untuk eksekusi dekorasinya kamu bisa menyewa tukang dekorasi atau meminta bantuan orang-orang terdekat untuk mewujudkan dekorasi yang kamu inginkan. Jangan lupa tentukan waktu yang cukup jika kamu ingin membuat dekorasi yang rumit.

  • Jamuan Makanan dan Minuman

Catering pernikahan
Foto: Al’s Catering

Dalam sebuah pesta pernikahan tentunya ada jamuan makanan dan minuman (catering) yang bisa dinikmati oleh tamu yang hadir. Kamu harus menyiapkan hal ini mulai dari menentukan menunya, hingga menentukan siapa yang akan menyediakannya. Kamu bisa memesan ke jasa catering atau disediakan oleh keluarga.

Jika kamu memilih menggunakan jasa catering, luangkan waktu untuk mencicipi semua menu yang akan kamu pesan demi memastikan kualitas dan rasa sesuai dengan yang kamu harapkan. Jika kamu memutuskan seluruh menu disediakan oleh keluarga, jangan lupa tunjuk siapa saja yang akan membuat tiap menu atau juru masaknya.

  • Dokumentasi

Di momen bahagiamu tentu tidak ingin melewatkannya untuk diabadikan dalam bidikan lensa yang apik. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencari fotografer, bila perlu juga sekaligus videografer untuk mengabadikan momen bahagiamu. Kamu bisa mencari jasa wedding photographer dengan kualitas yang bagus dan harga sesuai dengan budget.

Jangan lupa untuk memeriksa portofolio mereka sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut. Pastikan hasil dokumentasinya baik foto dan video sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tips biar bisa menghemat budget, kamu bisa minta tolong pada teman atau keluarga yang memiliki keahlian fotografer. Namun, dengan catatan kamu menyukai hasil foto dan video mereka supaya bisa berjalan sesuai keinginanmu.

  • Busana Pengantin

Busana pernikahan
Foto: Jonathan Borba

Salah satu hal sangat penting yang tidak boleh luput dari perhatian adalah busana yang akan kamu dan pasanganmu kenakan di hari pernikahan. Dalam menentukan busana pengantin, perlu mempertimbangkan anggaran dan konsep pernikahan dan temanya. Kamu juga bisa pilih untuk membeli busana pengantin atau menyewanya.

Jika membeli, kamu bisa memilih untuk membeli busana yang sudah jadi atau menjahitnya. Hal ini berkaitan dengan waktu yang kamu butuhkan untuk pemesanan, menentukan desain dan prosesnya. Baik membeli ataupun menyewa, kamu tetap harus melakukan fitting hingga H-7 acara untuk memastikan bahwa busanamu sudah sesuai baik ukuran, warna, hingga desainnya.

  • Musik dan Hiburan

Jangan lupa pertimbangkan jenis hiburan yang akan menjadi pelengkap di pesta pernikahan. Hiburan atau musik yang akan kamu hadirkan bisa menyesuaikan konsep pernikahan yang kamu inginkan. Kamu bisa menyewa grup wedding singer dan mengatur playlist sendiri. Jika memiliki teman atau keluarga yang memiliki bakat musik, jangan lupa meminta mereka untuk ‘menyumbang’ lagu di hari bahagiamu.

  • Undangan dan Suvenir

desain undangan pernikahan mewah
Desain Undangan: Vinas Invitation

Satu lagi hal yang tidak boleh tertinggal adalah menentukan undangan dan suvenir yang akan kamu bagikan untuk tamu yang datang. Kamu bisa memilih undangan fisik atau cetak yang dikirim ke alamat orang yang ingin kamu undang atau undangan digital yang bisa kamu kirimkan lewat media sosial da platform chat. Jangan lupa buat pertimbangan biaya, waktu, efisiensi dan preferensinya.

Terakhir adalah suvenir, hal ini sebenarnya tidak wajib, tapi bisa kamu pertimbangkan. Jika ingin membagikan suvenir, tentukan lebih dulu anggaran yang ingin kamu keluarkan dan sesuaikan dengan jumlah tamu yang kamu undang. Carilah suvenir yang menggambarkan kamu dan pasangan atau suvenir yang bisa bermanfaat untuk penerimanya.

Jika sudah menentukan suvenir apa, maka aturlah waktu pemesanan dan pantau terus progres pembuatannya. Pastikan pesananmu selesai maksimal H-7 pernikahan, supaya kamu bisa mengatur teknis pengemasan atau pembagian.

Tips Biar Budget Tidak Membengkak!

persiapan pernikahan tanpa wo
Foto: By My Sight

Pembengkakkan biaya pernikahan adalah hal yang harus kamu perhatikan saat membuat list persiapan pernikahan tanpa WO. Sering kali ada hal-hal tidak terduga yang muncul dan memakan biaya yang besar. Maka dari itu, perhatikan tips berikut:

  1. Buat daftar anggaran maksimal tiap kebutuhan. Pastikan kamu dan pasangan bisa mematuhi anggaran yang sudah ditetapkan.
  2. Cari vendor dari orang-orang terdekat supaya kamu bisa memastikan kualitas dan harga yang sesuai dengan budget.
  3. Jangan menuruti gengsi atau saran-saran yang di luar kemampuan. Maka berkomitmenlah untuk menerapkan apa yang sudah direncanakan dan dianggarkan.
  4. Buat pertimbangan untuk membeli atau menyewa kebutuhan pesta pernikahan, supaya bisa lebih menekan biaya.
  5. Buat anggaran suvenir dari sisa anggaran keperluan lain yang harus lebih diprioritaskan. Misalnya sisa dari anggaran undangan atau sisa dari pembayaran jasa fotografer.

Nah, itulah panduan list persiapan pernikahan tanpa WO yang bisa kamu jadikan referensi menuju momen bahagiamu. Meski segala sesuatunya diurus tanpa bantuan WO, tapi kamu masih bisa meminta bantuan orang-orang terdekat untuk menyukseskan pernikahanmu, kok. Untuk kebutuhan cincin pernikahan, kamu bisa melihat referensinya di V&Co Jewellery, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *