lamaran nikah romantis

6 Waktu yang Terbaik untuk Melamar Pujaan Hati, Berkesan dan Penuh Arti

Menyatakan lamaran pernikahan kepada sang pujaan hati, bagi sebagian orang adalah momen besar yang perlu persiapan matang. Sebab ini akan menjadi saat-saat mendebarkan, sekaligus sangat berarti dalam hubungan pasangan. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan kapan waktu terbaik untuk melamar sang kekasih.

Mengingat lamaran ini akan menjadi momen yang begitu spesial, alangkah baiknya untuk memilih hari-hari yang istimewa pula. Nah, buat kamu yang masih bingung kapan sebaiknya waktu untuk mengungkapkan ‘Will you marry me?’ kepada sang pujaan hati, berikut kami berikan rekomendasinya. Agar proses meminang kekasih ini menjadi berkesan dan penuh arti.

1. Di hari ulang tahun sang kekasih

wedding proposal
Menyatakan lamaran nikah | Foto: Freepik

Hari ulang tahun adalah momen istimewa bagi setiap orang yang hanya datang sekali dalam setahun. Pada hari yang spesial ini, banyak orang merasa gembira karena pertambahan usia mereka. Biasanya orang-orang terdekat pun ikut merayakannya, baik dengan ucapan selamat, memberikan kado ataupun dengan perayaan. Nah, kamu juga dapat mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan lamaran nikah kepada kekasihmu.

Setelah memberikan kejutan ulang tahun yang tak terlupakan baginya, kamu dapat secara diam-diam menyiapkan surprise lamaran yang telah kamu rencanakan. Kamu juga dapat meminta bantuan dari orang-orang yang hadir dalam perayaan ulang tahun pasanganmu untuk memberikan dukungan.

Pastikan juga untuk menyiapkan cincin lamaran agar menjadi simbolis pada momen tersebut dan membuatnya semakin berkesan. Dengan demikian, kelak ketika merayakan ulang tahun kembali, momen lamaran ini akan selalu terkenang.

2. Di hari jadian

Momen melamar pacar
Momen melamar pacar | Foto via Cloris Decoration

Melamar kekasih pada hari jadian juga menjadi pilihan yang umum dan populer di kalangan banyak pria. Pasalnya, hari jadian merupakan momen bersejarah dalam menjalani hubungan. Pada saat itu, kamu dan kekasih secara resmi membentuk ikatan khusus dan menggabungkan perasaan cinta antara kalian berdua.

Apalagi bila hari jadian merupakan tanggal cantik dengan angka kembar, misalnya tanggal 2 bulan 2, tanggal 11 bulan 11 dan sebagainya.  Tentunya, momen yang akan membuatnya semakin berkesan adalah saat kamu melamarnya pada hari jadian dengan tanggal yang sama. Hal ini akan membuat proses lamaran menjadi semakin unik dan tak terlupakan.

Di hari tersebut tak hanya anniversary,  kamu bisa sekaligus merencanakan surprise wedding proposal yang istimewa. Pastikan untuk mempersiapkannya dengan baik agar momen tersebut menjadi spesial dan tak terlupakan baginya.

3. Di Hari Valentine

melamar kekasih
Lamaran romantis | Foto: instagram/akhairunnisa

Terkenal sebagai hari paling romantis di dunia, tak mengherankan jika pada hari Valentine banyak pasangan ingin menghabiskan waktu bersama dengan berbagai kegiatan istimewa yang menyenangkan. Nah, melamar kekasih menjadi salah satu hal yang paling populer dan sering dilakukan oleh pria di hari Valentine.

Lamaran di hari biasa saja sudah membuat doi ‘meleleh’, apalagi di hari Valentine, bukan? Pastinya, peluang untuk dia bilang ‘Ya’ akan lebih besar. Jangan lupa memilih cincin lamaran yang indah dengan desain yang cantik dan elegan, serta siapkan kejutan yang spesial pula, ya!

4. Di malam Natal

Surprise lamaran pernikahan jess no limit dan sisca kohl
Surprise lamaran pernikahan | Foto: instagram/jessnolimit

Bagi mereka yang merayakan Natal, malam Natal merupakan saat-saat yang spesial dan penuh kehangatan. Biasanya, banyak orang yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang yang terkasih. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika malam Natal sering dipilih sebagai waktu yang populer untuk melamar kekasih.

Menurut survey dari Wedding Ideas Magazine, di Amerika Serikat,  malam Natal menjadi waktu paling populer untuk melamar kekasih. Sekitar 7.000 pasangan yang mengisi survey, 32% memilih untuk melamar kekasih saat malam Natal. Di urutan kedua yakni 30% memilih di hari Valentine, sementara di hari Natal 13%.

Selain itu, melamar kekasih di hari Natal juga akan memberikan nuansa yang terasa lebih magical. Berbagai ide untuk melakukan lamaran pun bisa kamu pilih, seperti dengan makan malam romantis berdua, berlutut sembari menyodorkan cincin di depan pohon natal yang berhias lampu-lampu yang indah, memberi kejutan kado yang terduga dan sebagainya.

5. Malam Tahun Baru

Lamaran di malam tahun baru
Wedding proposal | Foto: Freepik

Tak kalah spesial, momen menyambut tahun baru juga bisa kamu pilih sebagai hari untuk meminang sang kekasih. Pergantian tahun ini dapat kalian sambut dengan menghabiskan  waktu bersama sembari mengenang kilas balik berbagai pencapaian yang telah kalian capai sepanjang tahun. Kamu bisa memberikan kejutan melamar pasangan pada malam yang spesial ini.

Melamar pasangan pada malam tahun baru juga akan memberikan kesan yang istimewa. Sebagaimana banyak orang sedang menyambut pergantian tahun baru dengan suka cita. Begitu pula dengan kalian yang sedang memulai babak baru dalam hubungan. Merayakan momen lamaran bersama dengan tahun baru akan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

6. Saat Liburan Bersama

Destinasi untuk melamar kekasih
Destinasi untuk melamar kekasih | Foto: instagram/robclintonkardinal

Terakhir, kamu bisa menciptakan kenangan tak terlupakan seumur hidup dengan melamar kekasih pada saat kalian melakukan liburan bersama. Terutama bila kalian berdua memiliki minat yang sama dalam berwisata. Lamaran adalah awal dari babak baru dalam hubungan pasangan, dan meminta kekasih untuk menikah saat mengunjungi tempat baru melambangkan perjalanan baru dan menarik yang akan kalian lalui dalam pernikahan.

Mengajukan lamaran nikah saat berlibur akan membuat tujuan wisata tersebut menjadi sangat istimewa bagi kalian berdua. Selain itu, lokasi baru tersebut akan menjadi tempat yang spesial dan akan kalian kenang sepanjang hidup. Tentunya, tempat tersebut akan menjadi saksi sejarah perjalanan cinta kamu dan dia sehingga bisa menjadi destinasi yang kalian kunjungi untuk merayakan hubungan di masa depan.

berlian solitaire
Solitaire Diamond Ring – V&Co Jewellery

Yang tak kalah penting selain memilih waktu terbaik untuk mengungkapkan lamaran kepada kekasih adalah melakukan persiapan, di antaranya yakni memilih cincin lamaran yang tepat. Cincin tersebut akan menjadi simbol cinta sekaligus bukti keseriusanmu dalam menjalin hubungan yang lebih serius. Khususnya sebelum melakukan proses pertunangan secara resmi.

Buat kamu yang masih bingung dalam memilih cincin lamaran, jangan khawatir! Cek segera koleksi cincin tunangan V&Co Jewellery yang menawarkan berbagai desain mulai dari klasik hingga modern. Tak cuma itu, kamu pun bisa customize cincin tunangan sesuai dengan keinginan, loh. Jangan segan-segan menghubungi Customer Service V&Co Jewellery, ya!  Semoga lamaranmu, sukses!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *