Perbedaan Emas

Emas Kuning, Emas Putih dan Rose Gold. Simak Bedanya!

Di zaman yang semakin canggih ini, penjual perhiasan menyediakan banyak pilihan warna logam yang cantik dan menarik. Meskipun banyak yang mulai beralih ke cincin platinum dan paladium, emas tetap menjadi pilihan yang populer. Mempelajari perbedaan emas kuning, emas putih dan rose gold akan mempermudah kamu menentukan warna yang mewakili kamu. Yuk, lihat bersama perbedaan ketiga jenis emas ini agar kamu dapat membuat keputusan yang tepat!

Emas Kuning

Emas Kuning

Kebanyakan orang mengira bahwa emas kuning yang digunakan pada cincin adalah emas murni. Tetapi sebenarnya, emas kuning yang digunakan untuk cincin adalah campuran dari emas murni dengan logam lain seperti seng dan tembaga. Seperti pada warna emas lainnya, semakin tinggi jumlah karat, semakin tinggi kandungan emas murninya. Namun perhiasan akan menjadi kurang tahan lama karena tekstur emas murni 99,9% yang lunak. Oleh karena itu, emas 18K/75% atau 14K/58% digunakan untuk cincin kawin dan cincin tunangan. Hal ini akan membuat warna emas pada cincin menjadi lebih cantik dan lebih tahan meskipun dipakai setiap hari.

Emas kuning terlihat bagus pada siapa saja, tapi sangat indah bila dikenakan pada warna kulit sawo matang atau yang cenderung lebih gelap. Warna ini terlihat kurang mengesankan jika dipakai di kulit berwarna lebih terang.

Emas kuning sangat cocok untuk berbagai desain cincin kawin dan cincin tunangan, baik yang bergaya modern atau vintage. Secara historis, emas kuning merupakan emas yang paling populer untuk cincin kawin dan cincin tunangan. Jenis emas ini paling mudah ditempa dan akan lebih mudah jika kamu ingin mengubah ukurannya di kemudian hari.

Emas Putih

Emas Putih

Perbedaan emas putih dan emas kuning selain dari warna adalah campurannya. Jenis logam paling umum untuk campuran emas putih adalah paladium, mangan, atau nikel, yang membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Sama seperti emas kuning, kemurnian emas putih juga dihitung dari jumlah karatnya.

Jika kamu menyukai platinum tetapi ingin sesuatu dengan harga yang lebih terjangkau, emas putih adalah pilihan yang tepat. Jika dibandingkan dengan emas kuning, emas putih cenderung lebih tahan terhadap goresan dan tidak mudah melekuk. Seperti logam mulia lainnya yang digunakan untuk cincin, emas putih tetap memerlukan perawatan khusus. Membersihkan dan memolesnya merupakan suatu keharusan. Logam ini juga harus dilapisi lagi dengan rhodium beberapa tahun sekali untuk mempertahankan warnanya.

Tetapi emas putih juga memiliki kekurangan tersendiri. Emas putih yang mengandung nikel dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif. Jika kamu memiliki alergi nikel dan ingin memakai emas putih, kamu harus memilih perhiasan yang dibuat dengan campuran bebas nikel.

Emas putih memiliki kilau yang elegan dan menawan. Emas putih cocok untuk segala warna kulit, namun sangat sempurna untuk warna kulit yang lebih terang. Jika kamu mencari cincin yang cocok untuk warna kulit zaitun atau yang lebih gelap, pertimbangkan emas kuning atau rose gold.

Rose Gold

Rose Gold

Rose gold terbuat paduan emas dan tembaga yang kadang disebut juga sebagai emas merah atau emas merah muda. Rose gold menjadi pilihan yang sangat populer untuk cincin akhir-akhir ini. Meski tidak sebanyak emas putih atau emas kuning, popularitasnya semakin meningkat terutama di kalangan pasangan muda yang menginginkan cincin kawin atau cincin tunangan dengan tampilan romantis dan unik. Rose gold cocok untuk segala jenis desain, namun sangat menarik untuk cincin tunangan dan cincin kawin yang terinspirasi gaya vintage. Emas ini dapat dikombinasikan dengan emas putih atau kuning untuk menciptakan aksen tiga warna yang unik untuk menonjolkan sisi artistik pemakainya.

Daya tahan adalah pertimbangan lain yang perlu diingat saat membandingkan rose gold dengan emas kuning dan emas putih. Di luar dugaan, emas berwarna romantis ini justru adalah yang terkuat dari ketiganya. Karena tembaga merupakan logam yang sangat kokoh, paduan yang dihasilkan lebih tangguh daripada emas kuning atau putih. Sisi negatifnya, tembaga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang dan tidak dianggap sebagai logam hypoallergenic. Jika kamu ingin menghadiahi perhiasan emas untuk seseorang dengan kulit yang sangat sensitif, emas kuning dapat menjadi pilihan terbaik kamu.

Rose gold adalah pilihan yang fantastis untuk orang-orang dengan rona kulit hangat dan juga rona kulit yang lebih dingin. Warna mawar menonjol dengan indah di kulit pucat, namun warnanya mungkin tidak secantik emas kuning pada warna kulit yang lebih gelap. Jika warna kulit kamu lebih netral, rose gold bisa menjadi pilihan tepat.

Pemilihan warna emas yang tepat, ternyata bukan sekedar masalah warna emas itu sendiri. Perbedaan emas dan kandungan-kandungan di dalamnya ternyata berpengaruh juga. Ada banyak pertimbangan yang harus kamu lakukan sebelum memilih emas-emas tersebut. Dengan perbandingan dan penjelasan di atas, kamu tidak perlu bingung lagi menentukan yang terbaik untuk kamu! Nah, jika kamu sudah menemukan jawabannya, yuk, kunjungi webstore V&Co Jewellery untuk mendapatkan koleksi emas terbaik!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.