Pahami Penyebab Perbedaan Harga Perhiasan Emas Dan Emas Batangan

Pahami Penyebab Perbedaan Harga Perhiasan Emas Dan Emas Batangan

Ketika kamu ingin membeli sebuah emas, kamu tentunya akan memperhatikan harganya terlebih dahulu. Terlebih apabila kamu berniat untuk membuat emas menjadi sebuah sarana investasi, kamu akan menyadari bahwa harga perhiasan emas berbeda dengan emas batangan. Mengapa harga kedua item ini berbeda?

Mungkin kamu bertanya-tanya perhiasan emas dan emas batangan yang memiliki kadar serta berat yang sama memiliki perbedaan harga yang cukup mencolok. Terlebih keduanya berasal dari logam mulia, bagaimana mungkin keduanya memiliki perbedaan harga? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan harga dari keduanya berbeda.

Penyebab Harga Perhiasan Emas Dan Emas Batangan Berbeda

1. Upah Produksi

Perlu untuk diketahui bahwa perhiasan emas dan emas batangan diproduksi dengan cara yang berbeda. Emas batangan diproduksi oleh produsen yang diakui pemerintah dan tercatat sebagai perusahaan besar. Contoh produsen emas batangan adalah PT. Aneka Tambang, PT. Pamitramas Mulia (ANTAM) dan PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS). Sedangkan perhiasan emas di produksi oleh para pengrajin emas.

Yang pertama harus diketahui adalah biaya produksi dari emas batangan. Emas batangan tersebut diproduksi dengan rangkaian mesin yang dapat membuat ukuran emas batangan sangat presisi. Saat proses pembuatan tentunya membutuhkan sumber daya yang besar. Sehingga ongkos pembuatan yang besar dibebankan pada emas batangan berukuran kecil, karena prosesnya yang semakin sulit.

Hal tersebut berbeda dengan perhiasan emas yang menggunakan jasa para pengrajin. Mayoritas dari perhiasan emas tersebut tentunya merupakan buatan tangan. Pembuatan perhiasan emas secara handmade tersebut dikarenakan perlu sebuah penilaian estetika yang tidak bisa dibuat dengan mesin saat membuatnya. Sehingga harganya akan berbeda dengan emas batangan karena memiliki nilai seni.

2. Asal Bahan Baku

Harga perhiasan emas yang berbeda dengan emas batangan juga diakibatkan oleh asal dari bahan baku yang berbeda. Bahan baku yang digunakan pada emas batangan merupakan hasil dari biji emas dari pertambangan atau bekas dari perhiasan emas yang patah atau rusak dengan kadar emas diatas 37%. Sedangkan bahan dari perhiasan emas berasal dari daur ulang perhiasan emas yang rusak.

Emas batangan yang berasal dari pertambangan biasanya memiliki harga yang relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan bekas dari perhiasan yang rusak.

Namun biji emas yang berasal dari tambang akan memakan ongkos pemurnian yang relatif mahal jika dibandingkan dengan emas bekas. Sehingga harga emas batangan akan bergantung pada perbandingan bahan biji emas atau emas bekas.

Berbeda dengan emas batangan yang menggunakan biji emas dari tambang dan emas sisa, perhiasan emas pada umumnya hanya menggunakan emas lama. Hal ini dikarenakan para pengrajin emas kebanyakan tidak memiliki peralatan yang memadai untuk memurnikan bijih emas. Para pengrajin cukup melelehkan perhiasan emas lama yang rusak dan dibentuk ulang menjadi perhiasan baru.

3. Jaminan Kadar Kemurnian

Harga perhiasan emas selanjutnya juga dipengaruhi oleh kepercayaan konsumen dan jaminan kemurnian emas tersebut. Emas batangan memiliki reputasi yang sangat baik tentang kemurniannya apabila dibandingkan dengan perhiasan emas.

Namun bukan berarti perhiasan emas tidak bisa dipercaya kadar kemurniannya, konsumen cukup memastikan kemurniannya dengan sertifikat. Emas batangan terkenal memiliki kemurnian emas yang mendekati 100%. Hal tersebut dikarenakan emas batangan memiliki produsen yang diregulasi dan diawasi dengan standar mutu yang ketat.

Selain itu masyarakat juga kecil kemungkinannya untuk mencampurkan logam lain ke dalamnya. Karena akan langsung terlihat dari beratnya yang berubah apabila dicampur dengan logam selain emas.

Hal ini berbeda dengan perhiasan emas yang sering kali menggunakan perhiasan emas lama yang terkadang sudah tercampur dengan logam lain seperti perak. Sehingga seringkali para konsumen meragukan kemurnian dari perhiasan emas. Sehingga kamu perlu untuk membeli dari penjual terpercaya seperti V&Co Jewellery dan memeriksa sertifikat kemurniannya.

4. Segmen Pasar Yang Berbeda

Meskipun bahan dari perhiasan emas dan emas batangan adalah sama, yaitu logam emas. Namun keduanya dibuat untuk tujuan yang berbeda. Emas batangan dibuat untuk tujuan investasi sedangkan perhiasan emas untuk dikenakan sebagai aksesoris yang bernilai tinggi. Hal tersebut mengakibatkan keduanya memiliki konsumen dan segmen pasar yang berbeda.

Para konsumen emas batangan merupakan orang yang berniat untuk menjaga nilai dari uangnya dalam bentuk emas. Sehingga mereka terhindar dari resiko inflasi yang setiap  tahun akan mengurangi nilai dari mata uang. Sehingga emas batangan hanya di perjual belikan oleh kalangan tertentu untuk tujuan menyimpan kekayaan.

Berbeda dengan perhiasan emas yang berfungsi sebagai aksesoris berharga yang bisa kamu pakai setiap hari. Karena kegunaannya sebagai aksesoris tersebut, perhiasan emas lebih mudah untuk diperjual belikan karena peminatnya yang terbilang banyak. Para pembeli dari perhiasan emas juga memiliki akses yang lebih mudah untuk transaksi karena banyaknya toko emas yang ada.

5. Nilai Value Yang Berbeda

Penyebab perbedaan antara harga perhiasan emas dengan emas batangan yang terakhir adalah karena nilai value yang berbeda dari keduanya. Meskipun sama-sama terbuat dari emas, nilai dari emas batangan cenderung pada nilai ekonomi sedangkan perhiasan emas pada nilai estetika.

Emas batangan memiliki harga yang diatur dengan sistem secara online. Harga dari emas batangan tersebut ditentukan oleh banyaknya permintaan dan penawaran yang dicatat sistem secara online. Sehingga perubahan harga akan terjadi setiap jam, dan hari ini berlaku untuk semua wilayah secara regional maupun internasional tanpa terkecuali.

Sedangkan harga perhiasan emas merupakan hasil dari kesepakatan antara penjual dan pembeli tanpa memperhatikan harga dari perhiasan emas lain yang dijual. Hal ini dikarenakan perhiasan emas memiliki nilai seni yang hanya bisa ditentukan nilainya oleh kesepakatan penjual dan pembeli saja.

Apakah kamu sudah dapat kesimpulan dari penyebab harga perhiasan emas dan emas batangan yang berbeda? Pada dasarnya perhiasan emas dan emas batangan memiliki tujuan yang berbeda. Apabila kamu menginginkan perhiasan emas dengan kualitas yang bagus dengan harga yang terbaik, kamu bisa mengunjungi vncojewellery.com untuk mendapatkan berbagai promo yang menarik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.