Pesta Pernikahan Tanpa Kursi Pelaminan

Pesta Pernikahan Tanpa Kursi Pelaminan! Apakah Mungkin?

Apakah kamu ingin hari pernikahanmu berbeda dari yang lainnya? Kamu bisa mencobanya dengan membuat pesta pernikahan tanpa kursi pelaminan. Apaakah mungkin? Tentu saja sangat mungkin untuk dilakukan!

Pernikahan merupakan sebuah hari bahagia yang mengajak semua orang untuk ikut bergabung di dalamnya. Pesta pernikahan digelar sebagai bentuk rasa syukur atas bersatunya dua insan. Doa-doa banyak tercurah dalam balutan pesta pernikahan itu. Teman lama, teman baru, dan keluarga, semuanya berkumpul menikmati masa-masa kebersamaan dalam pesta.

Banyak hal yang identik dengan pesta pernikahan. Uniknya dekorasi, banyaknya hantaran, souvenir nan cantik dan juga pelaminan yang indah. Kamu pasti sudah sering melihat, memperhatikan atau bahkan merasakan sendiri berada di sebuah pesta pernikahan. Walau mungkin itu bukan pesta yang kamu selenggarakan, pesta pernikahan orang lain terkadang bisa menarik perhatian kita.

Di dalam pesta itu kamu pasti menemukan kursi pelaminan. Tempat di mana kedua mempelai duduk berdampingan dan menyambut para tamunya. Apa yang terjadi bila kursi ini dihilangkan? Apakah mungkin pesta tetap bisa berjalan? Nah, bagi kamu yang masih merencanakan untuk membuat pesta pernikahan, bisa memasukkan ini dalam salah satu referensi.

Pelaminan merupakan sorotan utama dalam pesta pernikahan. Coba kamu ingat-ingat, saat memasuk gedung pernikahan, apa yang kamu cari? Makanannya atau letak para pengantin? Semoga jawabannya letak pengantinnya, ya. Kedua mempelai biasanya sedang duduk manis di kursi pelaminan. Kemudian para tamu datang menghampiri. Bercengkrama sebentar, bertanya kabar dan memberikan doa kepada kedua mempelai.

Kelebihan Tidak Menggunakan Kursi Pelaminan

Pesta Pernikahan Tanpa Kursi Pelaminan
Foto: Liputan 6

Kini seiring berjalannya waktu, budaya pelaminan ini agaknya tergeser. Tak jarang orang yang membuat sebuah pesta pernikahan tanpa adanya pelaminan di sana. Jika biasanya para tamu yang menghampiri mempelai, sebaliknya sekarang mempelai berdua yang datang menghampiri para tamunya.

Sebut saja aktris cantik yang cetar membahana syahrini dengan Reino Barack. Mereka menggelar resepsi pernikahan tanpa adanya kursi pelaminan. Pesta pernikahan mereka bak konser yang meriah disertai kedekatan dengan para tamu. Bahkan, ada juga yang memberikan sumbangan lagu.

Tak hanya untuk kalangan artis yang bisa membuat pesta seperti ini. Kamu juga bisa. Walau begitu, pesta pernikahan tanpa menggunakan pelaminan tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Beberapa kelebihan dari pesta pernikahan tanpa kursi pelaminan seperti ini.

1. Lebih Dekat dengan Para Tamu

Tanpa adanya kursi di pelaminan, kedua mempelai bebas untuk menghampiri tamunya. Waktu yang dihabiskan untuk bercengkrama juga bisa lebih banyak. Para pengantin bisa menjamu tamunya secara langsung. Selain tamu, interaksi dengan keluarga juga bisa lebih dekat.

Komunikasi yang terjalin antara sang pengantin dengan tamu maupun keluarga akan lebih intim. Bisa saja orang-orang yang hadir di pestamu ini sudah lama tidak berjumpa denganmu. Sehingga, banyak kabar dan cerita yang perlu disampaikan. Mereka akan merasa benar-benar dihargai dan tidak sia-sia menyempatkan sedikit waktu untuk datang ke pesta pernikahanmu.

2. Tamu tak perlu mengantri

Karena tidak ada kursi pelaminan, para tamu tidak perlu mengantri untuk menunggu giliran bertemu dengan sang mempelai. Tamu bisa santai menikmati momen berada di pesta tersebut. Menikmati hidangan, dekorasi, dan hiburan yang diberikan. Apalagi jika ini adalah pesta kebun.

Suasana akan semakin hangat dengan para tamu yang bisa leluasa menikmati waktu dan pemandangan. Udara segar bisa menambah kenyamanan para tamu saat menikmati pestamu ini, sembari menunggu kedua mempelai yang sedang menjamu tamu lainnya.

3. Berfoto ria dimana-mana

Jika biasanya berfoto perlu fotografer profesional yang berada di satu titik, tamu dan pengantin bisa mengadakan sesi foto bersama tanpa fotografer profesional sekalipun.

Teknologi handphone yang semakin canggih bahkan dengan kualitas kamera yang bagus, membuat hasil foto dengan handphone tak kalah dari hasil fotografer profesional. Ditambah dengan dekorasi pesta pernikahan yang eye catching dan instagramable, pasti setiap sudut di pestamu semakin cocok untuk berfoto.

4. Hemat budget

Bagi kamu yang ingin pesta pernikahanmu tetap berjalan dengan baik walaupun budget menipis, pesta pernikahan tanpa pelaminan ini cocok untuk kamu. Kamu tidak perlu menyewa kursi pelaminan. Cukup dekor beberapa spot menjadi lebih menarik. Dekorasi yang kamu buat untuk ruang pesta bisa dimanfaatkan sekaligus untuk latar belakang foto. Hal ini seperti pepatah “sekali dayung, dua, tiga pulau terlampaui”

Tips Menciptakan Pesta Pernikahan Tanpa Kursi Pelaminan

Arch or no arch?
Foto: Weddingbee

Cukup banyak kelebihan dari pesta pernikahan tanpa pelaminan ini. Bagi kamu yang ingin menyelenggarakan pesta tanpa pelaminan ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan Gaun yang Nyaman

Gaun pernikahan biasanya besar, kaku, dan sulit saat berjalan. Dengan konsep pernikahan yang satu ini, gaun kamu harus nyaman saat diajak bergerak. Membiasakan menggunakan gaun juga penting agar tidak mudah terinjak saat kamu melangkah. Bahan gaun kamu juga seharusnya tidak panas dan mudah menyerap keringat.

2. Sediakan Tempat yang Luas

Dengan adanya para tamu yang bersantai di pestamu, bisa jadi jumlah tamu yang bertahan di waktu yang agak lama cukup banyak. Maka, kamu perlu menyisihkan meja makanan sedikit ke pinggir agar ruang yang di tengah lebih lega. Tempat yang longgar juga akan membantu kamu yang memakai gaun besar. Gaun kamu tidak akan kespitan melewati celah-celah yang ada.

3. Undang tamu yang benar-benar dekat

Konsep utama dengan pesta pernikahan tanpa kursi pelaminan ini agar mempelai berdua bisa langsung berinteraksi dengan tamu-tamunya. Akan lebih baik jika jumlah tamu yang hadir dibatasi dan hanya orang-orang terdekat. Hal ini juga mengantisipasi overload ruang pestamu..

4. Buat spot foto

Karena tidak adanya kursi pelaminan, maka kamu dan para tamu membutuhkan tempat lain untuk mengabadikan momen. Kamu bisa membuat sebuah photobooth. Photobooth yang kamu buat juga bisa disesuaikan dengan uang di kantong. Barang-barang bekas pakai juga terkadang bisa dimanfaatkan untuk membuat photobooth. Selain photobooth, kamu juga bisa memanfaatkan dekorasi di ruangan pestamu. Gunakan dekorasi yang fotogenik. Sehingga, di sudut manapun kamu berada saat di ruang pesta itu, kamu bisa mengabadikan momen bersama tamu dan keluarga.

5. Sediakan meja dan kursi ekstra

Dalam pesta pernikahan pasti ada meja dan kursi. Meja untuk meletakkan makanan dan dekorasi. Serta kursi untuk para tamu. Karena konteks pesta konsep ini adalah kedekatan, kamu harus bisa membuat para tamu nyaman. Dengan adanya kursi tambahan, para tamu bisa sambil duduk bersantai di dalam pestamu. Meja juga bisa melengkapi kehadiran kursi tadi. Para tamu bisa meletakkan barang mereka di sana. Tak perlu meja yang berukuran besar. Yang terpenting sebar beberapa meja dan kursi tersebut di berbagai penjuru ruangan.

Pesta tanpa pelaminan nampaknya cukup seru ya ladies. Kamu juga bisa ikut mencoba membuat pesta dengan konsep ini. Kamu dan para tamu yang hadir bisa benar-benar dekat, berkomunikasi santai sambil menikmati kudapan yang kamu sediakan. Pesta ini pasti akan berkesan. Bukan hanya untuk kamu, tapi juga untuk para tamu yang hadir.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.