5 Inspirasi Kue Pernikahan Sesuai Tema Pernikahan

5 Inspirasi Kue Pernikahan Sesuai Tema Pernikahan

Kini telah muncul berbagai ide dan konsep yang unik serta menarik untuk tema sebuah pesta pernikahan. Dengan adanya tema pernikahan membuat seluruh bagian dalam pesta, mulai dari dekorasi, gaun, makanan, undangan hingga souvenir akan lebih terkonsep, termasuk dalam hal lainnya seperti kue pernikahan. Adanya tema membuat persiapan harus jauh lebih matang. Demi semua itu, tak heran banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam dan harus banting tulang mencari tabungan untuk sebuah pernikahan.

Dalam sebuah pesta pernikahan, banyak hal yang akan diperhatikan oleh para tamu. Tak terkecuali kue pernikahan. Kue ini merupakan kue khas yang dibuat khusus untuk momen satu ini. Kue pernikahan bisa menarik perhatian tersendiri. Pesta pernikahan yang memiliki tema, membuat setiap hal yang berhubungan dengannya harus selaras. Begitu juga dengan kue pernikahan. Di bawah ini adalah beberapa kue pernikahan yang bisa kamu gunakan sesuai dengan tema pesta pernikahan.

1. Tema Adat

5 Inspirasi Kue Pernikahan Sesuai Tema Pernikahan
Foto: Mahligai Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budaya. Dalam setiap suku dan budaya tersebut pastilah terdapat berbagai tradisi yang tak sama antara satu dan yang lainnya. Walaupun era saat ini sudah modern, tema pernikahan adat tetap digandrungi. Dengan menggunakan tema pernikahan adat, tentunya akan membantu melestarikan budaya bangsa juga.

Pernikahan dengan tema adat, juga bisa diberikan kue pernikahan. Jika biasanya kue pernikahan identic dengan pernikahan yang modern, kamu bisa memberikan sentuhan tradisional dalam pernikahan yang bertema adat. Kamu bisa menggunakan kue pernikaha yang berasal dari kue tradisional di daerah kamu, ladies. Selain menjadi suguhan, kue pernikahan dari kue tradisional akan menjadi perhatian tersendiri. Apalagi jika kue tersebut ikut dalam salah satu prosesi di pesta pernikahanmu.

Kue-kue tersebut bisa kamu susun dengan rapih membentuk beberapa tingkatan selayaknya kue pernikahan pada umumnya. Selain melestarikan budaya dengan pernikahan adatmu, kamu juga bisa turut memperkenalkan makanan tradisional khas daerah kamu kepada para tamu.

2. Tema Princess

5 Inspirasi Kue Pernikahan Sesuai Tema Pernikahan
Foto: Disney Weddings

Walau bukan princess yang sesungguhnya, kamu bisa menjadi princess sehari semalam dalam pesta pernikahan kamu. Sudah banyak dari kalangan selebriti yang menggunakan tema princess dalam pernikahan mereka.

Salah satunya yaitu Sandra Dewi yang mana pernikahnnya hingga diselenggarakan juga di Disney World. Kamu bisa berpenampilan selayaknya salah satu princess di kartun-kartun yang kamu sukai. Ada Cinderella, aurora, belle, Rapunzel, ataupun Elza yang bisa kamu ikuti gayanya.

Untuk kue pernikahan, tentunya harus menyesuaikan tema yang kamu pilih. Kamu bisa membuat kue pernikahan yang besar dan tinggi. Kue bersusun 3 dengan dekorasi warna pastel atau all white akan cocok dalam tema princess kamu. Akan lebih bagus jika kamu membuat kue dengan ketinggian yang mencapai 40 cm di setiap susunnya. Tapi, perlu diingat bahwa pembuatan kue semacam ini cukup sulit.

Kue yang berada di lapisan paling bawah haruslah sangat kuat. Namun, hal ini bisa disiasati dengan mengganti menggunakan styrofoam untuk dua susun terbawah. Kamu bisa memberikan dekorasi tambahan yang berkenaan dengan tema pernikahanmu.

Misalnya, kamu menggunakan tema pernikahan princess Cinderella, kamu bisa menambah dekorasi di kuemu berupa sepatu kaca, cincin atau kereta kuda. Hal ini akan menambah keindahan tersendiri yang terdapat dalam kue pernikahanmu.

3. Tema Shabby Chic

Wedding Cakes Stand Shabby Chic | Wedding cake stands, Shabby chic ...
Foto: Smartvaforu

Tema yang satu ini mengusung kesan romantis, feminim dan elegan. Kebanyakan wanita akan menggandrungi tema ini. Adanya kesan floral yang lembut dalam tema Shabby Chic, tidak beraturan dan warna-warna pastel, membuat tema ini mengingatkan kita pada desa-desa di Paris.

Untuk tema yang satu ini, bisa menggunakan kue pernikahan yang juga terkesan anggun. Kue pernikahan dengan 3 tingkat dengan lumuran krim putih akan terlihat cocok. Dengan padu padan aksesoris pada kue berupa bunga-bunga berwarna soft pink atau baby blue, membuat kue semakin cocok dengan tema shabby chic. Kamu juga bisa menambahkan patung di puncak kue. Ukuran kue yang tidak terlalu besar lebih mengesankan untuk hadir dalam pesta pernikahanmu.

4. Tema Rustic

Rustic Wedding Cakes: 35 Designs We Can't Get Enough Of
Foto: Brides

Tema rustic sempat booming di tahun lalu. Banyak konsep pernikahan yang menggunakan tema yang satu ini. Dengan gaya yang condong ke konsep country serta memiliki unsur-unsur kayu. Tema ini tetap cocok dipilih baik utnuk pernikahan indoor maupun outdoor. Nuansa yang natural menambah daya tarik tema ini.

Kue pernikahan yang bisa melengkapi konsep pernikahan yang satu ini yaitu kue tart spiku atau kue pancake. Kue spiku, kue 3 layer dengan masing-masingnya terdiri dari original, coklat dan ditutup lagi dengan original. Kue ini bisa dijadikan kue tart dengan krim tart berwarna putih ataupun mocca. Kemudian ditambah dengan hiasan kayu manis dan coklat, akan membuat penampilan kue tart spiku ini semakin cantik.

Di sisi lain, kamu juga bisa mencoba kue dari pancake. Kue yang biasa digunakan untuk sarapan ini bisa juga dijadikan kue dalam pernikahanmu. Kamu bisa menyusun kue dalam 3 tingkat seperti halnya kue pernikahan yang lainnya. Hanya perlu membuat pancake yang memiliki 3 ukuran yang berbeda. Tambahkan madu, selai, gula halus atau buah-buahan.

5. Tema Klasik

Chic and Classy Wedding Cake Inspiration (With images) | Classy ...
Foto: Fab Wedding

Tema klasik ini merupakan tema yang paling sering dijumpai dalam pesta pernikahan. Tema yang satu ini memang bisa cocok dalam segala kalangan usia maupun jenis kelamin. Kesan formal dan sacral begitu melekat dalam tema yang satu ini.

Kue pernikahan yang cocok digunakan untuk tema klasik yaitu kue tart dengan 3 susun dilapisi oleh krim putih pada seluruh bagiannya. Ukuran kue juga tidak terlalu besar. Di bagian atas kue diberikan patung simbol kedua mempelai. Namun, kamu juga bisa mengkreasikan bagian kue dengan jenis kue lainnya selain kue bolu.

Kue yang bisa kamu jadikan sebagai alternative yaitu kue keju atau cheesecake, spongecake dan rainbow cake. Untuk penggunaan rainbow cake sendiri akan menjadi sebuh gebrakan keunikan dalam pestamu. Ini cocok untuk kamu yang melangsungkan pernikahan dengan tema klasik dan ingin lebih banyak warna tapi tidak berlebihan.

Kehadiran kue dalam sebuah pesta pernikahan memang merupakan hal yang biasa saja. Namun, kehadirannya memiliki banyak simbol dan makna sama seperti cincin kawin. Tema pernikahan sendiri merupakan wujud ekspresi diri atas harapan dan kebahagiaan dari kedua mempelai. Itu tadi sudah kami hadirkan beberapa referensi kue pernikahan sesuai konsep dan tema pernikahanmu, dear. Kamu tentu boleh mengkreasikan berbagai hal yang kamu sukai dalam pesta pernikahanmu, lho.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *