Baju akad nikah pengantin

Rekomendasi Model dan Warna Baju Akad Nikah Sederhana Untuk Hari Bahagia

Agar momen pernikahan semakin berkesan, kamu harus mempersiapkan pernikahan dengan cermat agar semakin indah saat dikenang. Salah satu yang harus kamu persiapkan adalah baju akad nikah sederhana yang kamu gunakan untuk mengikat janji sehidup-semati bersama pasangan.

Masih bingung memilih model dan warna baju untuk akad? Tenang aja, dalam artikel ini kami akan membagikan tips memilih baju nikah dan rekomendasi baju akad nikah sederhana yang bisa kamu pilih sesuai selera. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Tips Memilih Baju Akad Nikah Sederhana

Suasana pernikahan yang haru dan menegangkan bisa membuat kamu berkeringat dan tidak nyaman selama prosesi berlangsung. Hal ini bisa mengganggu konsentrasi dan membuat kamu tidak bisa menikmati acara pernikahan sendiri.

Untuk itu, kami akan membagikan beberapa tips memilih model baju akad nikah sederhana agar nyaman selama dipakai dan membuat penampilan kamu semakin elegan. Berikut beberapa tips-nya:

1. Pilih bahan yang nyaman

Pemilihan bahan menjadi salah satu hal terpenting yang perlu kamu perhatikan saat memilih busana pernikahan. Baju pengantin yang nyaman dan mampu serap keringat dengan baik membuat kamu tetap bebas bergerak tanpa takut gerah. Selain itu, kamu juga bisa memperbanyak interaksi dengan tamu undangan tanpa merasa terganggu dengan baju pernikahan yang tidak sesuai.

2. Sesuaikan dengan konsep pernikahan

Tips kedua adalah sesuaikan gaun pernikahan dan konsep acara. Jangan sampai kamu membuat konsep pernikahan yang mewah, tapi gaunnya kelewat simpel. Sehingga membuatmu kurang bersinar di hari bahagia. Hindari juga kasus sebaliknya, di mana konsep pernikahan mengusung tema sederhana, tapi gaun pernikahan yang kamu gunakan malah berlebihan.

Selain konsep, pilih baju akad nikah yang sesuai dengan waktu dan lokasi pernikahan. Misalnya, kamu dan pasangan ingin melangsungkan pernikahan di pagi hari dan dilangsungkan di luar ruangan. Kamu bisa memilih baju akad dengan warna terang agar semua perhatian tertuju padamu. Pastikan potongan baju pernikahan juga memudahkan kamu untuk bergerak agar tidak menyulitkanmu saat berjalan.

3. Desain yang serasi dengan pasangan

Tidak sedikit pasangan pengantin yang memesan pakaian di tempat yang berbeda, yang kadang membuat pakaian pengantin pria dan wanita menjadi tidak serasi. Untuk meminimalisir terjadinya hal ini, kamu dan pasangan bisa memesan atau menyewa baju akad nikah di satu tempat yang sama.

Kamu bisa mendiskusikan bersama pasangan mengenai desain dan pemilihan warna yang sama-sama kalian inginkan. Pilih palet warna yang menjadi kesepakatan bersama agar hasilnya serasi meskipun dibeli atau dibuat dari tempat yang berbeda.

Tidak hanya soal baju pengantin, keserasian ini bisa dipadukan dengan aksesori lainnya. Misalnya menyerasikan buket bunga mempelai wanita dengan warna dasi pria, atau menggunakan motif batik yang sama untuk pasangan mempelai.

4. Seragam dengan pengiring pengantin

Beberapa tahun belakangan ini sedang marak tren menggunakan bridesmaids dan groomsmen dalam prosesi pernikahan. Bridesmaid dan groomsmen sendiri adalah orang-orang yang merupakan saudara atau teman dekat dari pasangan pengantin yang membantu mulai dari persiapan pernikahan hingga acara pernikahan selesai.

Nah bridesmaids dan groomsmen ini menjadi pengiring pengantin pria dan wanita saat prosesi pernikahan, di mana akan dilihat oleh semua tamu undangan. Sehingga alangkah baiknya jika kamu dan pasangan memberikan bahan pakaian agar mereka tampil serasi di pernikahanmu. 

Selain itu, kamu bisa juga memberikan dress code untuk bridesmaids dan groomsmen agar mereka bisa memilih model dan warna pakaian yang pas untuk menyesuaikan dengan baju akad nikah milikmu dan pasangan.

5. Pilih aksesoris yang tepat

Baju akad nikah sederhana juga membutuhkan aksesori agar tampilan semakin elegan. Aksesori ini banyak jenisnya, mulai dari perhiasan, buket bunga, dasi dan sapu tangan pengantin pria, sepatu, serta aksesori lainnya. Pemilihan aksesori yang tepat mampu menyempurnakan baju akad nikah sederhana yang kalian pakai.

Model Baju Akad Nikah Sederhana

Ada banyak model pakaian yang bisa kamu gunakan sebagai busana pengantin. Model baju akad nikah ini bisa kamu pilih sesuai konsep pernikahan yang sudah kamu tentukan. Ini dia beberapa model baju akad nikah sederhana yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

1. Kebaya akad nikah minimalis

kebaya akad nikah
Kebaya akad nikah Maudy Ayunda by Eddy Betty

Model baju akad nikah sederhana yang pertama adalah menggunakan kebaya dengan desain yang simpel, minimalis, dan tetap elegan. Seperti kebaya yang dipakai oleh Maudy Ayunda di pernikahannya. Potongan kebaya yang sederhana dengan brokat yang menawan, berhasil membuat kamu jadi pusat perhatian tanpa banyak usaha.

2. Gamis putih 

baju akad nikah sederhana
Gaun pengantin by Laksmi Muslimah

Gamis putih cocok menjadi baju akad nikah sederhana untuk para muslimah. Dengan potongan yang longgar, mampu menutupi lekukan tubuh dengan baik dan memudahkan kamu untuk bergerak. Agar tampilan semakin elegan, kamu bisa menggunakan gamis putih dengan aplikasi tile, brokat, atau payet.

Pastikan kamu memilih gamis putih yang tebal dan tidak terawang, sehingga bisa menjaga auratmu dengan sempurna. Pilih juga bahan yang mampu serap keringat dengan baik.

3. Kaftan 

Baju untuk akad
Busana Kaftan | Foto via Lazada

Kaftan juga bisa kamu pakai untuk prosesi akad pernikahan, loh. Perbedaannya terletak pada desainya yang lebih longgar. Beberapa kaftan juga dilengkapi dengan tali pinggang untuk membentuk pinggang yang lebih ramping.

Kamu bisa memilih model kaftan dengan payet atau bordiran yang pas dengan konsep pernikahan. Jangan lupa untuk memakai manset atau dalaman karena biasanya bahan kaftan sedikit menerawang.

4. Baju kurung melayu

baju kurung melayu pengantin
Baju kurung melayu | Busana pengantin: Laksmi Muslimah

Model baju akad nikah sederhana selanjutnya adalah baju kurung melayu yang memiliki desain minimalis, namun efektif untuk membuat penampilanmu semakin modis! Kamu bebas memadupadankan setelan baju kurung ini dengan berbagai macam aksesori sesuai konsep pernikahan.

Warna Baju Akad Nikah Sederhana

Biasanya pengantin menggunakan baju akad nikah berwarna putih untuk prosesi ijab qabul, kemudian ganti menggunakan baju pengantin warna lain untuk resepsi. Lalu, apakah baju akad harus putih?

Pemilihan warna putih untuk baju akad sendiri merupakan simbol kemurnian untuk mengawali hal baru yang suci. Warna putih juga memberikan kesan yang elegan untuk pasangan pengantin. Bahkan ada ‘aturan tak tertulis’ yang menyebutkan bahwa sebaiknya tamu undangan menghindari pemakaian baju berwarna putih ketika menghadiri acara pernikahan agar tidak mencuri spotlight pasangan pengantin.

Buat kamu yang ingin melangsungkan pernikahan secara unik, kami memiliki beberapa rekomendasi warna baju nikah yang bisa kamu pakai untuk prosesi akad atau resepsi pernikahanmu, diantaranya:

1. Pink 

Gaun pengantin pink
Gaun pengantin pink Adinia Wirasti by Mel Ahyar Bride

Ketika membicarakan warna baju pengantin yang unik dan cantik, pemilihan warna pink yang digunakan oleh Adinia Wirasti ini pasti langsung muncul di benak kamu. Tidak hanya baju pengantinnya saja yang berwarna pink, namun hampir seluruh dekorasi pernikahan juga memiliki warna yang senada. Bahkan tamu undangan pun mengenakan pakaian berwarna pink! Cocok banget nih buat kamu yang menyukai warna pink elegan seperti ini.

2. Warna pastel

kebaya akad nikah modern
Kebaya pengantin by Dinda Firdausa

Kamu juga bisa menggunakan warna-warna pastel yang lembut dan manis untuk acara pernikahanmu, loh. Warna pastel yang menenangkan membuat kamu terlihat kalem dan menawan di hari pernikahan. Pemilihan warna ini juga semakin sedap dipandang mata karena warnanya yang tidak mencolok.

3. Earthy color tone

baju pengantin warna earth tone
Baju pengantin nuansa earth tone | Foto: Askar Photography

Warna baju pengantin selanjutnya adalah earthy color tone yang warnanya cocok untuk jenis kulit Indonesia. Pemilihan warna ini bisa membuat kulit kamu lebih berkilau dan memukau. Pastikan kamu memilih tone warna coklat yang tepat agar tidak membuat kulit kamu terlihat lebih gelap.

Gambar: baju pernikahan earthy color tone

4. Hijau

Baju pengantin hijau sage
Busana pernikahan by Dinda Firdausa

Warna hijau juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan warna baju pengantin, loh.seperti pernikahan ini. Warna hijau sage memberikan kesan yang segar dan indah untuk dipandang.

5. Hitam

Baju akad nikah warna hitam
Baju akad nikah warna hitam | Foto via The Sasongko Wedding Organizer

Memakai baju warna hitam identik dengan suasana berduka. Tapi jika kamu memilih shade warna hitam yang tepat, maka busana pernikahanmu akan terlihat elegan dan mewah seperti ini, loh.

6. Kombinasikan dengan batik

Pakaian akad nikah kombinasi batik
Busana pernikahan by Griya Manten Kencana

Sebagai orang Indonesia, pemakaian batik di prosesi pernikahan tidak bisa dihindari. Kamu bisa mengkombinasikan kain batik untuk busana pernikahan baik untuk pria maupun wanita. Pilih motif dan warna batik yang sesuai dengan konsep pernikahanmu agar penampilanmu semakin cantik dan menarik.

Itu dia beberapa tips dan rekomendasi model serta warna baju akad nikah sederhana dari kami. Butuh tips lainnya seputar persiapan pernikahan? Baca artikel lainnya di V&CoJewellery biar kamu nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *