gelang tangan

Mengulik Tentang Gelang Tangan, Cara Mengukur sampai Jenis yang Lagi Populer di Indonesia

Gelang tangan jadi salah satu aksesoris populer baik di kalangan remaja sampai orang tua. Tersedia akan beragam bahan, model, juga harga, gelang bisa dengan mudah dibeli dan dikenakan di berbagai momen. 

Sayang, buat beberapa orang memilih gelang ternyata tak semudah yang dibayangkan, lho. Terutama saat beli daring, ada saja yang kekecilan untuk si pemilik tangan besar, atau malah kebesaran buat yang punya tangan kurus. Alhasil, bukannya senang pakai gelang baru justru malah kecewa dan berakhir sia-sia.

Eits, jangan buru-buru sedih, ya! Berikut ini kita akan mengulik soal gelang, baik dari cara mengukur sampai tipe yang populer di Indonesia.

Cara Mengukur Tangan untuk Gelang

gelang bangle emas
Jasmine Gold Bangle – V&Co Jewellery

Maraknya belanja online memang bikin makin mudah buat mendapatkan sesuatu. Apalagi aksesoris seperti kalung, cincin, juga gelang yang tampak desainnya menggemaskan dengan harga yang relatif murah. 

Walau begitu, kamu tetap perlu teliti sebelum beli gelang online, terlebih soal ukurannya. Berikut ini beberapa cara mengukur lingkar tangan untuk gelang yang bisa kamu coba: 

Menggunakan pita ukur jahit

  1. Siapkan pita ukur jahit yang tersedia di rumah.
  2. Lilitkan pita ukur ke pergelangan tangan sampai melingkar dari ujung pita dan bertemu dengan angka di pita yang sesuai dengan kenyamananmu
  3. Ingat, jangan terlalu mepet tapi juga tidak terlalu longgar di tangan

Menggunakan kertas dan penggaris

  1. Siapkan sebuah kertas panjang juga tipis, lalu lilitkan ke pergelangan tangan
  2. Beri tanda di bagian sisi kertas yang bertemu dengan ujung kertas dengan pensil atau bolpoin. Gunting di bagian tanda tersebut
  3. Siapkan penggaris, lalu ukur kertas dari ujung ke ujung. Catat panjangnya untuk bekal memesan gelang tangan emas yang akan kamu beli

Umumnya, toko perhiasan juga menggunakan istilah size dengan angka diameter gelang yang besarannya mengikuti standar tertentu. Berikut adalah tabel size gelang yang bisa menjadi patokanmu:

SizeDiameter dalamDiameter luar (Circumference)
XS5,4 cm16,9 cm
S5,7 cm17,8 cm
M6 cm19 cm
M Plus6,35 cm20 cm
L6,65 cm21 cm
XL7 cm22 cm
XXL7,3 cm22,8 cm

 

Jenis-jenis Gelang yang Populer

Model gelang tangan
Gelang tangan V&Co Jewellery

Saat window shopping ke toko perhiasan, kamu akan melihat sederet gelang dengan desain, warna, dan bahan yang menggoda. Namun alangkah baiknya kamu membekali diri lebih dulu menyoal jenis gelang tangan yang populer digunakan di Indonesia. Sebab, mengetahui jenis gelang bisa membantu kamu menentukan aksesoris terbaik nan sempurna sebagai pelengkap fashion yang sedang digunakan. 

Tennis Bracelet

Sedang mencari perhiasan gelang untuk digunakan di acara formal? Mungkin ini saatnya kamu menggunakan tennis bracelet yang mewah karena dihiasi batu permata secara merata di sisi atasnya. Meski bisa menggunakan ruby sampai zamrud, tapi yang paling disukai adalah yang berhias berlian.

Pemakaian satu tennis bracelet saja sudah mampu membuat tanganmu terlihat istimewa. Apalagi jika tujuannya untuk menciptakan tampilan yang simpel dan fashion forward. Walaupun demikian, tidak ada masalah jika kamu tetap ingin menggabungkan beberapa gelang dengan tennis bracelet, selama desainnya tidak terlalu mencolok.

Charm Bracelet

Gelang tangan wanita yang tak terlalu kaku tapi juga cantik dengan berbagai OOTD adalah charm bracelet.  Terdiri dari gelang rantai yang berhias dengan berbagai liontin, bentuknya bisa menyesuaikan dengan seleramu. 

Misalnya charm bracelet dengan liontin berbentuk bulan, bintang, dan matahari karena kamu yang menyukai tata surya. Atau buat si pencinta traveling, charm bracelet dengan liontin Menara Eiffel mungil bisa menggambarkan sosokmu dengan baik.

Gelang manik-manik 

Salah satu jenis gelang yang serbaguna adalah gelang manik-manik. Mulai dari yang bahan batu permata warna-warni sampai yang berbahan perak murni bisa kamu temukan dengan mudah baik di toko perhiasan online atau toko yang terdekat.

Gelang manik-manik bisa disesuaikan dengan mood pemakainya lewat warna, motif, bahkan bahannya. Inilah mengapa gelang manik-manik sangat personal.

Gelang Bangle

Gelang bangle atau bangle bracelet adalah gelang dengan bentuk melingkar yang bahannya kaku dan keras sehingga banyak dijadikan gelang tangan pria. Selain itu, gelang bangle banyak disukai dengan warna emas dan silver karena terlihat menarik walau sederhana.

Karena tampilannya minimalis, kamu bisa mengenakan beberapa gelang bangle sekaligus, atau malah menggunakan yang ukurannya besar dengan hiasan berupa mutiara atau manik di tengah. Sayangnya, gelang bangle sering tak cukup kuat karena ukurannya yang tipis.

Cuff Bracelet

Cuff bracelet merupakan gelang dengan bentuk mirip huruf C karena terdapat lubang atau potongan di salah satu sisinya. Gelang tersebut sama kakunya dengan bangled tapi karena adanya potongan, membuatnya lebih leluasa dilepas dan pakai. 

Cuff bracelet bisa dibuat dari beragam logam seperti perak, palladium, emas, dan lain-lain. Pengguna cuff bracelet biasanya memiliki selera yang trendi juga kekinian. Namun perlu hati-hati terutama yang memiliki tangan mungil karena bisa sewaktu-waktu terjatuh lewat potongan gelangnya. 

Gelang Mutiara

Gelang tangan yang timeless atau tidak kenal waktu tak lain adalah gelang mutiara. Warnanya yang mengkilap dan bersih memberi penampilan abadi juga indah buat pemakainya. Dan, gelang tersebut bisa jadi rekomendasi aksesoris pernikahan yang luar biasa!

Biasanya gelang mutiara berwarna putih mengkilap, tapi ada juga yang hijau dan abu-abu gelap meski terbilang sulit buat mendapatkannya. Baik mutiara yang mengelilingi gelang sampai yang hanya satu mutiara sebagai center, sama-sama manis buat dikenakan di momen bahagia.

Gelang Rantai

Siapa yang tak tertarik dengan perhiasan yang satu ini? Gelang tangan rantai,  jika dipakai oleh lelaki bisa menambah kesan manly sementara buat perempuan memberikan tampilan yang chic.

Tersedia dalam berbagai jenis logam, ukuran, dan bentuk rantai, kamu akan menemukan banyak sekali pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan acara yang akan kamu hadiri. Eits, yang juga perlu diingat oleh pemakai gelang rantai adalah penyesuaian dengan ukuran pergelangan tangan supaya tak terlihat lebih besar atau sebaliknya, ya!

Slider Bracelet

Slider bracelet lagi naik daun terutama di kalangan remaja putri. Yang unik dari gelang ini adalah adanya pengait yang bisa kamu geser, tarik, atau renggangkan kembali untuk menyesuaikan ukuran dan kenyamanan tangan. 

Yang cukup populer adalah gelang tangan emas karena terlihat mencolok meski tampilannya simpel. Beberapa toko dan pengrajin perhiasan bahkan menambahkan hiasan berupa liontin, batu permata, atau mutiara di tengah gelang guna mempercantiknya.

Tips Memilih Gelang Terbaik

gelang berlian
Gelang berlian V&Co Jewellery

Jujur saja, kita cenderung mencari gelang yang bisa dipakai berulang, yang bisa dipakai di acara siang atau malam, juga sesuai dengan fashion yang tengah dikenakan. Inilah mengapa sangat penting menemukan gelang terbaik untuk dibeli segera. 

Tak usah khawatir, berikut ini adalah tips memilih gelang terbaik yang bisa kamu coba: 

  • Tentukan jenis gelang yang diinginkan

Gelang terbagi atas dua tipe, yakni yang tebal dan tipis. Ini yang mesti kamu pilih lebih dulu sesuai dengan selera. Lalu pikirkan apakah kamu tertarik dengan gelang rantai atau lebih pada gelang tangan tali. Jika masih terasa sulit, mungkin kamu perlu menjauh dari etalase toko dan melihat hal-hal lain yang menyegarkan.

  • Ingat soal selera berpakaian

Kita memang bisa berubah menjadi gadis kue yang dari ujung kepala sampai ujung kaki mengenakan pakaian warna-warni, meski seringnya nyaman dengan warna gelap. Namun coba ingat, gaya seperti apa yang identik dengan dirimu untuk membantu memilih gelang yang terbaik. 

Walau begitu, bukan berarti kamu yang sering tampil polos juga harus memilih perhiasan yang simpel. Kadang, kamu juga butuh terlihat menonjol dan ini bisa kamu perlihatkan lewat gelang. 

  • Perhatikan daya tahannya

Gelang dengan desain dan bahan tertentu sering kali tersangkut benda. Misalnya, tersangkut di baju atau mungkin si mesin di tempat kerja. Kalau sudah begini, gelang bisa putus, bahkan rusak. Atau malah patah karena ukurannya yang kelewat tipis dan kecil karena kamu tak sengaja menjatuhkannya. 

Tenang, kamu bisa, kok, mengurangi risiko terjadi hal tersebut dengan memilih gelang tahan lama dan tahan terhadap aktivitasmu. Cara ini akan membantu mengurangi drama karena kehilangan gelang favorit yang rusak.

  • Pilih bahan yang sesuai dengan kulit

Beruntung jika kulitmu tak bermasalah dengan segala jenis bahan perhiasan. Sebab jika salah memilih, kamu bisa berakhir dengan gatal-gatal sampai infeksi. 

Ini bisa terjadi jika kulitmu sensitif terhadap beberapa logam dan salah satunya yakni nikel yang sering jadi bahan tambahan pembuatan perhiasan imitasi. Kuncinya adalah, kenali kulitmu lebih dulu. Jangan ragu buat mencoba memakai berbagai bahan perhiasan untuk mengetahui apakah kulitmu sensitif atau tidak. Atau jika ingin lebih aman, kamu bisa menghindari gelang logam dan beralih pada yang berbahan seperti kaca, kayu, atau plastik. 

Gelang tangan bukan sebarang perhiasan, tapi jadi yang pertama dilihat lawan bicara saat kalian bersalaman. Untuk itu, pilihlah yang eye catching tapi juga nyaman agar penampilanmu paripurna. 

Well, ada banyak pilihan gelang yang ditawarkan oleh V&Co Jewellery dan bisa kamu beli melalui online atau datang langsung ke gerai terdekat. Tampil memesona kini makin mudah, ‘kan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *