Aneka permata biru

Yuk, Mengenal 9 Jenis Batu Permata Biru Terpopuler untuk Perhiasan

Di alam, terdapat beragam pilihan batu permata biru yang bisa menjadi perhiasan. Mulai dari batu safir yang termasyur hingga berlian biru yang langka, semua menawarkan kilau indah yang memesona.  Keindahan dan pesona warna birunya telah memikat hati banyak orang. Tak heran, batu permata biru telah lama menjadi favorit di dunia perhiasan.

Selain memiliki keindahan yang menawan, dari segi psikologi warna, biru dikaitkan dengan kedalaman, stabilitas, pengetahuan, kekuatan, gravitasi, dan ketenangan. Di samping itu, warna biru juga melambangkan keyakinan, kepercayaan, iman, dan kebenaran. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan mengapa batu permata dengan warna biru banyak peminatnya.

Jika kamu sedang mencari batu permata biru untuk perhiasan, alangkah baiknya kenali dulu, yuk, beberapa jenis permata biru yang paling populer berikut ini.

1. Safir

Blue sapphire
Blue sapphire | Foto: GIA

Dari sekian banyak permata berwarna biru, safir adalah salah satu permata yang paling terkenal dan berharga. Warna biru safir tampil dalam berbagai nuansa, mulai dari biru terang hingga biru tua, membuat safir menjadi pilihan yang elegan dan mewah untuk perhiasan. Kekerasan dan keindahan warna safir menjadikannya pilihan ideal untuk cincin, kalung, dan gelang yang tahan lama.

Warna biru yang kuat dari batu safir sendiri terbentuk dari proses alami di alam. Dengan kandungan sejumlah kecil titanium dan besi, menghasilkan beragam corak nuansa biru yang indah dan memukau. Dari segi kekerasan, batu permata safir memiliki skala kekerasan berada satu tingkat di bawah berlian yakni 10 Mohs.

Cincin permata safir biru
Diamond Blue Sapphire DRP0364 – V&Co Jewellery

Permata safir biru juga lekat dengan kesan kemewahan. Bahkan, keluarga kerajaan Inggris sangat menggemari batu permata biru yang satu ini. Salah satu contohnya adalah Putri Diana yang memilih cincin tunangan dengan batu safir biru yang menjadi ikonik. Cincin tersebut bahkan masih menjadi salah satu cincin pertunangan yang paling populer di dunia hingga saat ini.

2. Topaz Biru

Permata Blue Topaz
Blue Topaz | Foto: pexels/abdul-matloob

Permata lainnya yang tak kalah cantik untuk perhiasan adalah batu topaz biru atau  blue topaz. Permata biru yang satu ini harganya lebih terjangkau namun tetap menawan. Warna biru yang indah dan kejernihan kristal topaz biru menjadikannya pilihan yang populer sebagai perhiasan. Oleh karena itu, batu topaz pun sering kali menjadi pilihan alternatif perhiasan sebagai pengganti batu safir yang harganya relatif lebih mahal.

Di alam, permata topaz biru terbilang langka. Adapun sebagian besar batu yang tersedia di pasaran telah mengalami perlakuan khusus untuk menciptakan warna biru yang indah dan menyerupai tampilan aslinya. Jenis topaz biru ini memiliki beragam variasi warna, mulai dari biru muda yang cerah hingga biru tua.

Dari segi kekerasan, topaz biru memiliki tingkat kekerasan sebesar 8 Mohs. Karena itu,  menjadikannya batu permata yang ideal untuk perhiasan, sebab mampu bertahan selama beberapa dekade. Selain itu, kelebihan utama topaz ini adalah harganya yang sangat terjangkau, sehingga cocok bagi para penggemar ingin memiliki perhiasan berpermata biru tanpa memberatkan kantong.

3. Aquamarine

Batu permata aquamarine
Batu permata aquamarine | Foto: Robert Weldon/GIA

Aquamarine adalah salah satu jenis batu permata yang berasal dari keluarga mineral beryl dan memiliki pesona warna biru yang indah. Sesuai dengan namanya, aquamarine memiliki warna biru lembut yang menyerupai warna laut, mulai dari nuansa biru kehijauan hingga hijau kebiruan. Semakin dalam dan pekat warna birunya, semakin berharga nilai keindahan batu tersebut.

Sebagian besar aquamarine yang tersedia di pasaran mengalami perlakuan panas tambahan untuk mengurangi nuansa warna hijaunya, sehingga menghasilkan warna biru muda yang murni. Kejernihan dan kilau kristal aquamarine menghadirkan nuansa segar dan menenangkan. Batu ini sering digunakan dalam perhiasan yang menggambarkan keindahan dan ketenangan alam, seperti cincin, liontin, dan gelang.

Dalam hal ketahanan, aquamarine mendapatkan peringkat 7,5 hingga 8 pada skala kekerasan Mohs. Cocok untuk perhiasan sehari-hari karena cukup tahan lama dan tidak mudah rusak, tetapi perlu menghindari dari paparan panas berlebihan, ya.

4. Zirkon Biru

Blue zircon
Permata zircon biru | Foto: GIA

Ingin memiliki koleksi perhiasan permata biru namun terkedala budget? Jangan khawatir, zirkon biru adalah alternatif yang terjangkau namun indah untuk batu permata biru. Meskipun demikian, warna birunya yang cerah dan kilauannya menyerupai safir, loh.

Dari segi ketahanan, zirkon pun terbilang cukup tangguh untuk pemakaian sehari-hari karena memiliki kekerasan 7-7,5 Mohs. Batu permata yang satu ini pun terdapat sedalam berbagai jenis perhiasan seperti cincin, anting-anting, dan gelang. Dengan mengenakannya, memberikan kilau yang mencolok pada penampilanmu meskipun dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Tanzanite

Batu Permata Tanzanite
Batu Permata Tanzanite | Foto: GIA

Tanzanite adalah batu permata biru yang ditemukan di Tanzania. Dengan kombinasi warna biru dan ungu yang intens, tanzanite menawarkan penampilan yang unik dan menarik. Batu ini sering digunakan dalam perhiasan seperti cincin, kalung, dan gelang, memberikan sentuhan glamor yang elegan.

Berbeda dengan berlian yang memiliki kekuatan dan ketahanan tinggi, tanzanite adalah batu permata yang cenderung rentan terhadap goresan. Skala kekerasannya hanya mencapai 6,5 Mohs, yang tergolong cukup rendah. Namun, tingkat kerentanannya terhadap goresan dapat dikurangi melalui desain cincin yang dipakai.

Meskipun begitu, batu ini tetap mudah pecah dan perlu kehati-hatian dalam pemakaiannya. Tak hanya itu, tanzanite juga sensitif terhadap perubahan suhu yang tiba-tiba, dan ketika terjadi, batu permata ini berisiko mengalami kerusakan.

6. Turmalin Biru (Indicolite)

Batu turmalin (indicolite)
Batu turmalin (indicolite) | Foto: gem.agency

Batu turmalin adalah jenis batu permata yang memiliki warna biru dan termasuk kristal silikat, mengandung unsur-unsur mineral seperti aluminium, besi, natrium, magnesium, litium, atau kalium.  Oleh proses pembentukannya di alam yang melibatkan banyak mineral, batu turmalin sering disebut sebagai “batu bunglon” karena memiliki beragam warna, termasuk hitam dan putih.

Khusus untuk batu turmalin biru, disebut juga indicolite. Memiliki variasi warna, mulai dari biru cerah, biru kehijauan, hingga biru keunguan dengan intensitas warna mulai dari light sampai pekat. Warna birunya bisa cerah atau kurang jenuh dan keabu-abuan.

Tak hanya itu, warna biru keunguan yang kaya dari turmalin juga banyak peminatnya. Salah satu jenis turmalin biru yang paling langka adalah turmalin Paraiba dengan nuansa biru neon dan biru-kehijauan yang begitu indah.

Seperti halnya turmalin pada umumnya, turmalin biru juga memiliki tingkat kekerasan yang mencapai 7 hingga 7,5 pada skala Mohs, yang berarti batu ini relatif tahan terhadap goresan dan pemakaian sehari-hari dengan perawatan yang tepat.

7. Turqoise

batu turqoise
Turquoise Mixed Shape | Foto: Gemstone

Turquoise atau pirus adalah satu-satunya batu permata biru yang dinamai berdasarkan warnanya. Pirus terbuat dari mineral tembaga dan memiliki varian warna mulai dari biru kehijauan hingga biru cerah yang mempesona. Di dunia perhiasan, batu turquoise juga sering dikenal dengan sebutan ‘biru telur robin’ atau ‘biru langit’.

Secara umum, turquoise memiliki ciri khas berupa buram dan mengandung inklusi seperti urat gelap. Namun, terdapat variasi turquoise dengan tingkat inklusi yang lebih rendah, yang lebih diminati oleh banyak orang. Batu pirus sering ditemukan pada perhiasan antik, tetapi juga dapat ditemui dalam desain perhiasan modern.

Batu permata pirus sering diolah menjadi cabochon dan dibentuk menjadi manik-manik bundar yang digunakan dalam untaian kalung. Namun, batu ini tergolong lunak dan mudah rapuh, terutama jika digunakan untuk cincin, gelang, atau perhiasan yang dapat terkena gesekan atau benturan. Oleh karena itu, turquoise bukanlah pilihan terbaik jika kamu mencari perhiasan yang tahan lama untuk pemakaian sehari-hari.

8. Larimar

permata biru larimar
Batu Larimar | Foto: Rananjay Exports

Larimar adalah batu permata biru langka yang berasal dari Republik Dominika. Dengan warna biru langit yang menenangkan dan corak yang mirip dengan pantai. Terkadang terdapat corak serat putih atau garis-garis yang menyerupai awan  dalam batu ini, menambahkan sentuhan keindahan dan misteri.

Satu hal yang menarik tentang larimar adalah setiap potongannya memiliki keunikan tersendiri. Tidak ada dua larimar yang sepenuhnya serupa, menjadikannya batu permata yang langka dan bernilai tinggi bagi para kolektor dan pencinta permata. Dengan tampilannya yang unik, larimar memberikan sentuhan tropis yang eksotis pada perhiasan. Oleh karena itu, banyak yang menggunakannya menjadi kalung, gelang tangan, dan anting-anting yang unik dan menarik perhatian.

9. Intan atau Berlian Biru

the Hope Diamond
the Hope Diamond | Foto via telegraph.co.uk

Last but not least, apa lagi kalau bukan intan atau berlian biru! Batu permata biru yang sangat cantik untuk perhiasan. Berlian biru termasuk dalam kategori “fancy colour diamond” (berlian berwarna selain putih) yang paling langka, membuatnya memiliki nilai yang sangat tinggi di pasaran.

Selain memiliki kemilau dan warna yang indah, keistimewaan intan biru tidak berakhir hanya pada itu saja. Proses pembentukannya terjadi sekitar empat kali lebih dalam di bawah permukaan Bumi daripada kebanyakan berlian lainnya, loh! Banyak pula yang meyakini bahwa berlian biru ini berasal dari zaman laut purba.

Intan biru pun memiliki tingkat kekerasan yang sama dengan berlian tanpa warna, yaitu mencapai 10 pada skala kekerasan Mohs, dengan berbagai variasi warna yang beragam. Secara umum, semakin dalam dan pekat warna biru pada berlian, semakin tinggi nilai dan harganya. Salah satu jenis berlian termahal di dunia berwarna biru yang sangat terkenal dan langka adalah berlian Hope.

Itu dia berbagai jenis batu permata biru yang paling populer sebagai perhiasan. Kamu bisa memilih sesuai dengan gaya dan preferensi pribadi. Sebab, setiap batu memiliki keindahan dan pesona sendiri.

Sebuah tips sebelum membeli perhiasan favoritmu, pastikan untuk memilih batu permata berkualitas tinggi dan membeli dari penjual tepercaya, ya. Kamu juga bisa melihat berbagai koleksi perhiasan dengan permata biru dari V&Co Jewellery serta  perhiasan lainnya. Tentunya dengan jaminan keaslian produk dan bersertifikat. Mari pancarkan pesona kilau biru yang memikat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *