Kotak perhiasan emas

Serba-serbi Kotak Perhiasan: Mulai dari Sejarah Hingga Tips Memilihnya

Kotak perhiasan adalah wadah atau tempat penyimpanan yang dirancang khusus untuk menyimpan perhiasan, seperti cincin, kalung, gelang, anting-anting, dan barang perhiasan lainnya. Kotak perhiasan biasanya memiliki berbagai kompartemen atau lapisan dalam untuk membantu pengguna dalam menyimpan perhiasan dengan baik.

Ada banyak bahan kotak perhiasan, mulai dari kayu, kaca, logam, kulit, sampai plastik, dan sering kali dihias atau diberi sentuhan artistik untuk memberikan tampilan yang menarik. Beberapa kotak perhiasan bahkan dilengkapi dengan kunci atau sistem keamanan lainnya untuk melindungi perhiasan yang disimpan di dalamnya.

Selain sebagai tempat penyimpanan, kotak perhiasan juga sering dijadikan sebagai hadiah untuk acara khusus seperti ulang tahun, pernikahan, atau perayaan lainnya. Sebab kotak perhiasan ini tentu akan sangat berguna untuk membantu seseorang menjaga perhiasannya dengan rapi dan terorganisir.

Mengapa Penting untuk Menggunakan Kotak Perhiasan?

kotak perhiasan emas
Foto: M & A Accessories

Ada beberapa alasan kenapa kotak perhiasan itu penting. Salah satunya adalah dengan menggunakan kotak perhiasan akan kamu dapat menyimpan perhiasan-perhiasan yang kamu miliki disimpan dalam satu tempat sehingga jadi risiko kehilangan atau lupa dimana tempatnya jadi lebih kecil. Selain itu, kotak perhiasan juga bikin kamu bisa lebih rapi dalam mengatur koleksimu.

Terlebih lagi, buat yang suka banget sama perhiasan, mereka tahu banget kalo kotak perhiasan  bukan cuma buat ngatur, tapi juga buat memisahkan setiap potong perhiasan, biar tidak saling merusak. Contohnya nih jika memiliki perhiasan yang terbuat dari berlian, yang paling keras di alam, jika disimpan sembarangan dapat menggores batu permata lain, termasuk berlian lainnya. Kalo dibiarkan bersamaan dengan potongan lainnya lama-lama, bisa bikin rusak permanen, lo. 

Beda lagi ceritanya dengan perhiasan yang terbuat dari mutiara. Mutiara mempunyai  permukaan yang lembut dan berkilau yang perlu perhatian khusus. Oleh karena itu, untuk penyimpanannya pun harus dipisah dari potongan perhiasan lainnya.

Sejarah Kotak Perhiasan

Kotak Perhiasan Vintage
Foto: Apollo Box

Zaman Mesir Kuno

Meskipun sulit untuk menentukan siapa yang pertama kali menciptakan kotak perhiasan, sejarah menunjukkan bahwa kotak perhiasan ini merupakan alat fungsional yang digunakan sejak sekitar 5000 SM dan mungkin lebih awal. Karena Emas lebih disukai oleh orang Mesir kuno dan sering dihiasi dengan batu mulia, mereka membutuhkan tempat yang aman untuk menyimpan perhiasan mereka sebelum membawanya ke tempat peristirahatan abadi mereka di dalam makam

Di Mesir Kuno, kotak perhiasan umum digunakan baik oleh pria maupun wanita tanpa memandang status sosial mereka. Hal ini disebabkan karena bagi mereka perhiasan memiliki aspek spiritual yang sangat penting. Bahkan orang Mesir percaya bahwa beberapa jenis perhiasan tertentu dapat memberikan manfaat bagi mereka di akhirat. Mereka telah mengembangkan metode canggih untuk membuat kotak dan peti kayu yang berguna untuk menyimpan perhiasan dan barang berharga lainnya. Kotak penyimpanan ini menjadi kebutuhan bagi setiap orang Mesir, kaya atau miskin. 

Biasanya kotak perhiasan milik orang yang berada di kelas atas dirancang indah dilengkapi ukiran yang luar biasa, logam dengan hiasan permata yang ditempelkan serta dipadu dengan emas dan perak. Emas dan barang berharga lainnya disimpan dalam kotak perhiasan dan dikubur bersama para Firaun. Sementara untuk masyarakat Mesir kelas bawah menggunakan kotak kayu atau peti hias, yang telah dihiasi, untuk menyimpan barang mereka.

Abad ke-16

Pada abad ke-16, memiliki perhiasan masih dianggap sebagai kemewahan yang jarang dimiliki. Para pengrajin perhiasan memenuhi keinginan raja dengan memberikan perhatian pada pembuatan perhiasan paling indah dengan kotak penyimpanan yang dirancang dengan detail yang rumit.

Kotak perhiasan yang dirancang dengan indah dan dipoles dengan permata seringkali membuatnya lebih berharga daripada perhiasan yang ada di dalamnya. Para pengrajin menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk fokus pada detail yang rumit dan indah untuk membuat kotak ini sempurna. Setiap kotak dibuat satu per satu dari bahan seperti perak, emas, dan gading, serta dilapisi dengan beludru atau kulit. Tidak hanya kotak ini seindah barang yang ada di dalamnya, tetapi juga menjadi wadah kedap udara yang juga berfungsi praktis untuk melindungi barang berharga dari kotoran dan debu.

Abad ke-18

Kotak perhiasan kuno
Foto: Daraz.pk

Di abad ke-18 produksi kotak perhiasan melonjak. Hal ini membuat desain dari kotak perhiasan pun mulai lebih beragam. Pada bagian atas kotak pun memiliki berbagai macam desain yang dihiasi dengan bunga, dan motif lainnya yang halus dan memiliki ruang kosong ketika dibuka. Ukuran kotak ini pun lebih kecil daripada kotak perhiasan sebelumnya, tetapi masih merupakan ukuran yang sempurna untuk menyimpan perhiasan dan barang kerajinan lainnya. Kotak ini terbuat dari berbagai bahan seperti emas, besi, kayu, batu, porselen, dan kertas mache. Penyebaran barang porselen, enameling, dan logam seni melahirkan popularitas kotak untuk menyimpan perhiasan yang satu ini dan menjadi barang yang diperlukan di kalangan bangsawan.

Pada akhir abad ke-18, kotak perhiasan musikal muncul. Contoh pertama kotak musik terlihat pada tahun 1502. Charles Reuge, seorang pembuat jam Swiss, adalah seorang pengrajin terkemuka yang mengembangkan kotak musik. Dia mulai membuat jam saku musik yang memainkan melodi yang terinspirasi oleh burung berkicau di pegunungan Swiss dan kemudian membuat kotak perhiasan musikal. Kotak ini berisi drum kecil, lonceng berdering, dan sisir logam yang bekerja sama untuk menciptakan suara merdu saat kotak dibuka atau sekrup diikutkan.

Abad ke-20 – Art Nouveau

Art Nouveau berkembang di seluruh Eropa dan Amerika Serikat dan ditandai oleh penggunaan garis yang halus dan penekanan pada tujuan daripada bentuk. Art Nouveau memiliki dampak besar pada kotak perhiasan dan menandai transisi dalam desain dari abad ke-19 ke abad ke-20. Art Nouveau merupakan lambang kebebasan dan menandakan kembalinya ke alam. Kotak perhiasan dicat dengan indah dengan tema alami dan motif bunga untuk tampilan yang lebih ringan dan feminin.

Abad ke-21

Pada abad ke-21, beberapa pembuat barang mewah yang berani memilih untuk mendorong batas kerajinan kotak perhiasan. Perusahaan brand mewah, Mouwad, memperkenalkan ‘Flower of Eternity Jewellery Coffer yang merupakan sebuah kotak perhiasan yang dibuat menggunakan emas 18K dan perak sterling, dan dihiasi dengan 542,39 karat berlian putih dan kuning, 293,42 karat safir putih dan pink, 20,06 karat ruby, dan 1.799,95 karat lapis lazuli. Dengan nilai $3,5 juta, kotak perhiasan memukau ini dinobatkan sebagai kotak perhiasan paling berharga di dunia oleh Guinness World Records pada tahun 2016.

Jenis Kotak Perhiasan

Ada berbagai jenis kotak perhiasan yang dirancang untuk menyimpan dan menjaga perhiasan dengan aman. Beberapa jenis kotak perhiasan melibatkan desain dan fungsi khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Berikut adalah beberapa jenis kotak perhiasan yang umum:

  • Kotak Perhiasan Biasa

Jewelry Box
Foto: Lisa Angel

Kotak ini memiliki desain yang simpel dan minimalis, biasanya terbuat dari bahan seperti kayu, plastik, atau logam ringan. Kotak ini dilengkapi dengan beberapa kompartemen atau sekat yang berbeda di dalamnya. Setiap kompartemen dirancang khusus untuk menyimpan jenis perhiasan tertentu, seperti cincin, anting-anting, dan kalung.

Material yang digunakan umumnya ringan dan tidak terlalu mewah, menjadikannya pilihan yang praktis dan terjangkau untuk penyimpanan perhiasan sehari-hari. Meskipun sederhana, kotak ini tetap dirancang dengan memperhatikan ketahanan dan keamanan perhiasan. Tutupnya biasanya cukup rapat untuk mencegah perhiasan keluar atau terkena debu.

  • Kotak Perhiasan Berlaci

Jewelry Storage
Foto: Lady Yard

Kotak perhiasan dengan laci dapat menjadi pilihan menarik karena biasanya dirancang dengan satu laci atau lebih yang dapat ditarik keluar. Desain ini memberikan kemudahan akses ke seluruh isi laci sekaligus.

  • Kotak Perhiasan Musik

Jewelry storage model Kotak musik
Foto: Lisa Angel

Kotak yang dilengkapi dengan mesin musik di dalamnya. Alunan musik dapat terdengar ketika kotak perhiasan dibuka. Ada berbagai macam model dan desain kotak perhiasan dengan musik, mulai dari yang memiliki nuansa klasik hingga yang lebih modern. 

  • Kotak Perhiasan Cermin

Kotak perhiasan Cermin
Foto: Urban Outfitters Singapore

Kotak perhiasan yang satu ini memiliki cermin di dalamnya. Jadi ketika kotak dibuka, selain dapat melihat koleksi perhiasan, kamu juga dapat sekaligus melihat bagaimana perhiasan tersebut terlihat saat dikenakan. Jadi tidak perlu pusing-pusing mencari cermin lagi.

  • Kotak Perhiasan Bertingkat

Jewelry box
Foto: Etsy

Terdiri dari beberapa lapisan atau tingkat yang dapat diakses secara terpisah. Setiap tingkat dapat digunakan sebagai kompartemen tersendiri untuk menyimpan jenis perhiasan tertentu. Salah satu keunikan dari mode kotak perhiasan ini adalah desainnya yang memungkinkan untuk memiliki lapisan yang dapat digeser atau putar, menambah variasi dalam penyimpanan perhiasan.

  • Kotak Perhiasan Custom

Kotak cincin kayu
Foto: Pikoi

Seperti namanya, kotak perhiasan yang satu ini memungkinkan kamu untuk membuat  kostum yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhanmu. Kamu dapat menentukan desain, ukuran, warna, dan bahkan bahan yang ingin digunakan untuk membuat kotak perhiasan. Dengan memilih opsi kustom, kamu dapat memiliki kotak perhiasan yang benar-benar unik dan spesial, sesuai dengan gaya dan preferensimu sendiri.

  • Kotak Perhiasan Berkunci

tempat perhiasan
Foto: iWOODESIGN

Kotak ini dilengkapi dengan kunci atau sistem keamanan lainnya, seperti kombinasi angka atau teknologi biometrik, untuk mengamankan isi kotak. Dengan adanya kunci atau sistem keamanan, hanya pemilik atau orang yang memiliki kunci atau kode akses yang dapat membuka kotak. Sehingga kotak ini tidak hanya dapat melindungi perhiasan dari debu dan goresan tetapi juga membuat perhiasan ini aman dari pencurian.

  • Kotak Perhiasan Travel

Box perhiasan
Foto: Shopee Malaysia

Kotak Perhiasan Travel adalah wadah khusus yang dirancang untuk membawa perhiasan dengan aman dan teratur saat bepergian. Kotak ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan desain yang ringkas, memungkinkannya mudah dibawa saat bepergian. Biasanya, ukurannya dirancang agar pas di dalam tas atau koper tanpa memberikan beban berlebih.

Kotak perhiasan ini juga memiliki kompartemen atau sekat yang dirancang khusus dan dilengkapi dengan bantalan atau pelapis tambahan untuk menyimpan berbagai jenis perhiasan agar tetap terorganisir dan tidak bersentuhan satu sama lain. Terbuat dari material yang ringan namun tetap tahan lama, seperti plastik keras, kain tahan air, atau bahan sintetis. Hal ini membantu mengurangi beban total saat membawa perhiasan.

Tips Membeli Kotak Perhiasan

kotak cincin beludru
Diamond Ring – V&Co Jewellery

Setelah mengetahui jenis dari kotak perhiasan, ada beberapa tips nih yang bisa kamu pertimbangkan ketika ingin membeli kotak perhiasan:

1. Ukuran dan kapasitas

Cek dulu koleksi perhiasan kamu dan buat daftar apa saja yang kamu punya. Kalau kebanyakan koleksinya cincin, kamu bisa memilih kotak perhiasan yang punya banyak slot khusus untuk menampung cincin. Kalau suka koleksi gelang, kotak perhiasan yang ada laci luas bisa jadi pilihan oke. Buat kalung, bisa diletakan secara rata di dalam laci yang lebar. Biar masing-masing perhiasan punya tempat sendiri, jadi tidak gampang rusak atau bersentuhan.

2. Desain dan Gaya

Pertimbangkan desain dan gaya kotak perhiasan yang sesuai dengan selera pribadimu. Apakah kamu lebih suka yang klasik, modern, atau mungkin yang bergaya vintage? Pilihlah yang mencerminkan kepribadianmu ya!

3. Material

Pilih bahan kotak perhiasan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kotak perhiasan dapat terbuat dari kayu, logam, kaca, atau bahan sintetis. Pastikan bahan tersebut kokoh dan memberikan perlindungan yang cukup untuk perhiasanmu.

Selain itu, bagian dalam kotak perhiasan juga penting banget. Pastikan lapisannya bersih dari debu dan enak disentuh, sehingga perhiasan tidak mudah tergesek atau rusak. Kalau punya batu permata yang agak rentan, lebih baik disimpan dalam tas perhiasan sebelum dimasukin ke dalam kotak. Biar pengamanannya lebih ekstra

4.  Kompartemen dan Organisasi

Pilih kotak perhiasan yang memiliki kompartemen atau sekat yang cukup untuk menyimpan berbagai jenis perhiasan dengan rapi. Ini membantu mencegah perhiasan saling bersentuhan dan terjalin.

5. Harga dan Kualitas

Tentukan anggaran sebelumnya dan carilah kotak perhiasan yang sesuai dengan anggaran tersebut. Pastikan untuk memperhatikan kualitas bahan dan konstruksi.

6. Pilihan Kustom

Jika kamu menginginkan sesuatu yang unik, pertimbangkan untuk memilih kotak perhiasan kustom. Beberapa pembuat kotak perhiasan menawarkan layanan kustomisasi yang memungkinkanmu untuk menyesuaikan desain dan fitur sesuai keinginan.

7. Ulasan dan Rekomendasi

Sebelum membeli, cari ulasan pengguna atau rekomendasi dari orang lain yang telah membeli kotak perhiasan yang sama atau serupa. Ini dapat memberikan wawasan tentang kualitas dan kepuasan pengguna lainnya.

Demikianlah serba-serbi tentang kotak perhiasan yang mungkin selama ini belum kamu ketahui, Selama ini, orang-orang hanya tertarik dengan perhiasannya baik itu anting, kalung dan gelang. Padahal memiliki kotak perhiasan juga tidak kalah penting loh. Apalagi ternyata, kotak perhiasan itu ternyata banyak bentuk dan memiliki keunikan masing-masing. 

Dengan memiliki kotak perhiasan yang cantik dapat memberikan kebahagiaan bagi pemiliknya ketika membuka kota tersebut. Ditambah lagi jika ketika dibuka, tampak perhiasan cantik di dalamnya. Yuk , temukan perhiasan cantikmu hanya di V&CO Jewellery!