10 Cara Membedakan Kalung Berlian Asli dengan yang Imitasi

Tips Memilih Kalung Berlian yang Tepat, Agar tidak Menyesal Dikemudian Hari

Kalung berlian adalah perhiasan mewah yang berhiaskan dengan berlian. Berlian adalah batu permata yang paling keras dan memiliki kilau yang indah, menjadikannya salah satu batu permata yang paling dicari dan berharga di dunia perhiasan. Kalung berlian sering kali dianggap sebagai simbol kemewahan, keindahan, dan status sosial.

Kalung berlian dapat memiliki berbagai desain, mulai dari yang sederhana dengan satu berlian solitaire hingga model yang lebih rumit dengan berbagai ukuran dan bentuk berlian yang disusun indah. Beberapa kalung berlian juga dapat memiliki hiasan tambahan seperti batu permata berwarna, seperti safir, zamrud, atau ruby, untuk menambahkan keindahan dan warna pada perhiasan.

Kalung berlian sering kali menjadi pilihan populer untuk acara-acara formal, pernikahan, dan perayaan penting lainnya. Mereka juga sering dijadikan hadiah istimewa dalam momen-momen spesial dalam kehidupan, seperti pertunangan atau ulang tahun.

Memilih kalung berlian adalah keputusan penting karena melibatkan investasi yang signifikan dan juga menyangkut estetika serta kepuasan pribadi. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu memilih kalung berlian yang sempurna:

1. Tentukan Anggaran

kalung berlian asli
Kalung berlian – V&Co Jewellery

Tentukan anggaran yang dapat kamu alokasikan untuk kalung berlian. Harga berlian dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti karat (berat), warna, kejernihan, dan potonganannya. Tetapkan anggaran yang sesuai dengan preferensi dan keuangan kamu.

Jadi sebelum membeli kalung berlian atau perhiasan jenis lainnya, wajib dan penting dalam menentukan anggaran. Hal ini akan menentukan berlian mana yang akan kamu beli. Karena setiap perhiasan memiliki model yang berbeda serta hal tersebut berpengaruh pada harga dan kualitas.

2. Pahami 4C, Hal Penting dari Berlian

10 Model Liontin Berlian yang Timeless dan Elegan
Liontin Berlian V&Co Jewellery

Karat (Carat)

Karat merujuk pada berat berlian. Semakin besar karatnya, semakin mahal berliannya. Sebab jika kamu memilih karat yang tidak sesuai dengan keinginanmu maka akan berdampak pada nilai jualnya. Jika kamu membeli berlian bertujuan untuk investasi, maka wajib memilih perhiasan yang memiliki kadar karat yang tinggi. Biasanya selain nilainya baik maka peluang terjualnya semakin mudah.

Warna (Color)

Skala warna berlian dimulai dari D (tanpa warna) hingga Z (warna kuning atau coklat). Berlian dengan warna lebih tinggi biasanya lebih mahal. Memahami warna dalam setiap perhiasan sangat berpengaruh pada penampilan seseorang, jadi wajib pilih warna sesuai karaktermu.

Kejernihan (Clarity)

Kejernihan mengukur sejauh mana berlian memiliki inklusi atau cacat internal. Berlian yang lebih jernih cenderung lebih mahal. Tidak hanya itu saja, berlian mahal akan cenderung memiliki beberapa ciri yang signifikan.

Potongan (Cut)

Merujuk pada cara berlian diproses dan dipotong. Potongan yang baik memastikan berlian memantulkan cahaya dengan indah, menciptakan kilauan yang spektakuler. Hindari memilih perhiasan berlian dengan potongan yang tidak sesuai dengan ketentuan atau yang menjadi standar sebuah berlian berkualitas.

3. Pilih Bentuk Berlian

liontin berlian
Lionting Berlian – V&Co Jewellery

Berlian datang dalam berbagai bentuk, termasuk round (bulat), princess (persegi), oval, marquise (perahu), pear (pir), dan lain-lain. Pilih bentuk yang sesuai dengan selera dan preferensi penerima kalung. Walaupun berlian secara umum memiliki bentuk yang sama, namun dalam setiap kalung terdapat berbagai motif yang berbeda, mulai dari desain, ukiran, bentuk dan lain sebagainya.

4. Pilih Logam untuk Kalung

Kalung berlian biasanya terbuat dari logam mulia seperti emas (putih, kuning, atau rose gold) atau platinum. Pilih logam yang cocok dengan warna kulit dan preferensi penerima kalung.

Karena setiap orang memiliki referensi tersendiri dalam memilih perhiasan, maka untuk menghindari ketidakcocokan, pentingnya memilih perhiasan yang sesuai selera. Selain memberi manfaat untuk bisa dipakai terus menerus, juga memberi dampak positif lebih percaya diri.

5. Periksa Sertifikat Berlian

contoh isi sertifikat berlian GIA
contoh isi sertifikat berlian GIA | Foto: GIA.edu

Pastikan berlian yang kamu beli disertifikasi oleh lembaga gemologi terkemuka seperti GIA (Gemological Institute of America) atau sertifikat yang dikeluarkan oleh perusahaan berlian tersebut. Sertifikat memberikan informasi terperinci tentang kualitas berlian. Tidak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikat, maka nilai jual berlian yang kamu miliki akan cenderung stabil. Karena tingkat kepercayaan seseorang terjaga.

6. Perhatikan Desain Kalung

White Gold diamond
Kalung berlian DPP39 – V&Co Jewellery

Selain berlian, pertimbangkan juga desain kalungnya. Apakah kamu menginginkan kalung berlian solitaire atau kalung dengan desain yang lebih rumit? Pilih desain yang cocok dengan gaya penerima kalung. Walaupun desain terlihat tidak terlalu penting, namun bagi sebagian orang membeli perhiasan seperti berlian wajib mempertimbangkan desain. Desain memiliki ciri, nilai serta karakteristik. Pemilihan desain pada perhiasan secara tidak langsung menggambarkan bahwa seseorang tersebut memiliki karakter sesuai dengan desain pada perhiasan tersebut.

7. Uji Kualitas Cahaya

Periksa berlian di berbagai kondisi cahaya, termasuk cahaya alami dan lampu terang. Berlian yang berkualitas baik akan memantulkan cahaya dengan indah dan berkilauan. Karena akhir-akhir ini banyak beredar berlian atau perhiasan palsu, maka sebelum membeli perhiasan penting untuk memeriksa terlebih dahulu dengan cara memantulkan cahaya pada berlian yang akan dibeli.

8. Konsultasikan dengan Ahli Berlian

V&Co Jewellery Store Melawai
V&Co Jewellery Store Melawai

Jika kamu tidak yakin, konsultasikan dengan ahli berlian atau ahli perhiasan yang dapat memberikan panduan dan saran berdasarkan preferensi dan anggaran kamu. Cara ini bisa kamu lakukan dengan catatan bahwa berlian yang ingin kamu beli adalah perhiasan yang memiliki nilai. Secara umum cara ini terjamin dan bisa membantu menyelesaikan masalah keraguan kamu saat memilih perhiasan jenis berlian.

9. Periksa Kebijakan Pengembalian dan Garansi

Perhiasan berlian asli
Gelang dan kalung berlian – V&Co Jewellery

Pastikan untuk memeriksa kebijakan pengembalian dan garansi dari toko perhiasan tempat kamu membeli kalung berlian. Ini penting untuk melindungi investasi kamu. Pastikan kamu membeli di tempat terpercaya, sehingga jika ada beberapa masalah mengenai perhiasan yang kamu beli, kamu dapat klaim garansi.

Namun, sebelum hal itu terjadi, wajib bertanya terkait garansi dan beberapa hal penting lainnya. Dengan memperhatikan tips-tips ini dan meluangkan waktu untuk penelitian, kamu dapat memilih kalung berlian yang memenuhi ekspektasi kamu dan memberikan kebahagiaan jangka panjang.

Demikianlah beberapa tips memilih kalung berlian yang berkualitas. Perlu kamu ingat bahwa dalam memilih perhiasan, baik anting, cincin atau perhiasan lainnya wajib memperhatikan hal-hal di atas agar terhindar dari penipuan ataupun kerugian materi yang cukup besar. Salah satu cara yang harus diperhatikan adalah lokasi toko pembelian, surat-surat pembelian, cek keaslian, hingga rajinlah dalam up date harga terbaru perhiasan yang kamu miliki.

Jika kamu masih merasa ragu dengan berlian atau perhiasan yang kamu beli dari tempat lain, kamu bisa coba membelinya di V&Co Jewellery, di sana kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Selain harganya terjangkau, juga memiliki berbagai keunggulan tersendiri seperti adanya garansi, dijamin keasliannya, gratis ongkos kirim hingga terdapat banyak diskon spesial khusus kamu yang membeli langsung dari laman resmi V&Co Jewellery. Beli sekarang sebelum kehabisan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *